Cara Membersihkan Roller dari Pengaplikasian Cat Minyak, Cari Tahu di Sini

1276
Rol cat. Sumber: Unsplash

Mengetahui cara membersihkan roller setelah pengaplikasian cat minyak adalah hal yang penting. Terlebih, jika Anda juga masih membutuhkan rol tersebut untuk digunakan para proses finishing lainnya.

Proses pengaplikasian cat minyak salah satunya dilakukan dengan bantuan roller, khususnya pada area atau bidang yang cukup luas atau besar. Kendati bisa diaplikasikan dengan kuas, penggunaan rol juga tetap jadi pilihan favorit.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Roller

Roller cat. Sumber: Unsplash/Callum Hill

Kegiatan pengecatan atau finishing selalu membutuhkan alat bantu atau alat kerja. Dalam hal ini, penggunaan roller cat adalah salah satu pilihan. Banyak para pelaku DIY maupun profesional yang mengandalkan alat ini.

promo produk biopolish natural oil

Baca Juga : Perbaikan pada Bak Besi Cor dengan Mengecatnya

Khususnya, saat melakukan finishing atau pengaplikasian di bidang atau media yang cenderung luas. Karena penggunaan rol memang dapat membantu dalam hal efisiensi waktu.

Sehingga kegiatan pengaplikasian cat pun dapat dilakukan dengan lebih cepat. Hal ini berlaku untuk segala jenis cat, termasuk di antaranya cat minyak yang paling mudah dan umum ditemukan di pasaran.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Namun, selain memudahkan proses aplikasi sebaiknya Anda juga memahami bahwa menjaga kebersihan roller merupakan hal yang sangat penting. Terlebih, jika Anda juga masih ingin menggunakannya lagi.

Baca Juga : Buat Suasana Rumah Lebih Ceria dengan Perabot Rumah Tangga Warna Terang

Seperti halnya kuas, roller cat juga bisa digunakan secara berkelanjutan alias tidak sekali pakai. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebersihannya dengan baik.

Kebersihan rol juga akan berkaitan dengan penggunaannya pada proses aplikasi selanjutnya. Agar hasil aplikasi juga selaras dan optimal, maka dibutuhkan roller yang siap digunakan.

Siap digunakan bukan hanya dari kondisi alat yang prima, tetapi juga dari segi kebersihannya. Agar penggunaan rol benar-benar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Langkah Kerja untuk Menghilangkan Penyok pada Lantai Kayu

Lantas, seperti apa proses yang perlu dilakukan kaitannya dengan menjaga kebersihan roller cat ini khususnya setelah menggunakan cat minyak? Simak pembahasannya di sini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membersihkan roller dari cat minyak, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan agar prosesnya dapat berjalan lebih mudah. Di antaranya yaitu:

1. Peralatan / Perkakas

– Keranjang

– Kape

– Sikat berbulu kaku

– Sarung tangan karet

– Perlindungan mata

Baca Juga : Tips Perawatan Rak Buku Minimalis Bebas Rayap dengan Biocide Insecticide

2. Bahan

– Cairan pencuci piring

– Roh mineral

– Koran

– Kain sisa

– Wadah sekali pakai

Baca Juga : Penggunaan Lantai Kayu di Rumah dan Cara Memperbaiki Kerusakan yang Timbul

Seperti halnya cat lateks, selalu bersihkan sisa cat dari rol sebanyak mungkin. Perbedaan terbesar dalam membersihkan rol cat setelah menggunakan cat berbahan dasar minyak adalah pelarut.

Seperti mineral spirit harus digunakan untuk menghilangkan cat berbahan dasar minyak.

PERINGATAN: Selalu kenakan sarung tangan karet dan pelindung mata saat membersihkan dengan larutan untuk mencegah iritasi kulit dan percikan ke mata!

Baca Juga : Mengenal Jenis Lantai Kayu dan Cara Membersihkan, agar Awet Digunakan

Cara Membersihkan Roller dari Cat Minyak

Sumber: Unsplash/Sven Brandsma

Ada beberapa langkah yang termasuk dalam cara membersihkan roller dari cat minyak. Setiap tahapnya akan sangat penting dan memberikan dampak dalam proses pembersihan.

Berikut ini langkah-langkah tersebut:

1. Bersihkan Rangka Rol dan Baki Cat

Basahi kain lap tua dengan mineral spirit dan gosok semua cat yang menempel pada rangka rol dan baki cat.

Baca Juga : Rumah Minimalis Nyaman, Cara Memilih Furniture Outdoor yang Tepat

Anda mungkin perlu menggunakan sikat berbulu kaku atau menuangkan sedikit mineral spirit ke dalam baki cat untuk menghilangkan cat kering.

2. Gunakan Pelarut untuk Membersihkan Rol

Tempatkan cukup mineral spirit dalam ember untuk menutupi rol cat sepenuhnya. Gunakan wadah sekecil mungkin untuk mengurangi jumlah pelarut yang dibutuhkan.

Mengenakan sarung tangan karet, gunakan tangan Anda untuk mengoleskan pelarut melalui serat roller cat. Ini akan memakan waktu lima hingga 10 menit.

Baca Juga : Pagar Lisplang untuk Rumah Tampak Lebih Cantik dan Terjaga

Keluarkan rol dari pelarut dan gunakan tangan Anda yang bersarung tangan untuk memeras sebanyak mungkin mineral spirit yang berlebih.

Tuang mineral spirit yang kotor ke dalam wadah sekali pakai. Bersihkan ember dengan lap tua. Isi ulang ember dengan mineral spirit yang cukup segar untuk membilas rol.

Setelah rol dibilas, peras dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan pelarut. Isi ember dengan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring. Berikan rol cat pembersihan terakhir dalam air sabun.

Baca Juga : Cara Desain Apartemen Kecil Agar Tampak Luas

Bilas bersih dengan air bersih dan peras kelembapan berlebih dengan lembut. Atur rol pada ujungnya atau gantung hingga kering.

Tuangkan mineral spirit terakhir ke dalam wadah sekali pakai. Selalu ikuti pedoman dari pemerintah kota Anda untuk membuang wadah yang berkaitan dengan bahan kimia.

3. Keringkan

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan roller agar tidak ada lagi sisa-sisa air yang mengendap di dalamnya saat akan digunakan kembali.

Baca Juga : Daftar Harga Plitur Kayu dengan Banyak Pilihan Varian Warna Menarik

Sebab jika masih ada maka akan mempengaruhi kualitas pengecatan serta keenceran cat yang sudah disesuaikan sebelumnya. Untuk proses pengeringan, bisa dilakukan dengan mengandalkan sinar matahari.

Alias, proses pengeringan bisa dilakukan secara alami dengan menjemur rol cat dan mengangin-anginkannya.

4. Simpan di Tempat Bersih dan Tidak Lembab

Setelah bersih dan kering, jangan lupa simpan rol di tempat yang bersih dan tidak lembab. Agar kebersihannya tetap terjaga dan siap untuk digunakan kembali pada proses finishing selanjutnya.

promo produk biovarnish sanding sealer
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here