Home Blog

Finishing Bangku Taman yang Mudah dan Cepat dengan Cat Besi Kualitas Terbaik

Menggunakan cat besi kualitas terbaik pasti akan memberikan hasil finishing yang optimal. Apapun media yang difinishing, termasuk bangku taman bisa mendapatkan tampilan lebih maksimal.

Namun untuk benar-benar mendapatkannya, Anda perlu melakukan proses aplikasi dengan benar. Apakah cara mengaplikasikan cat besi itu rumit dan hanya bisa dilakukan oleh para profesional saja? Temukan jawabannya di artikel ini bersama dengan rekomendasi produk yang Anda butuhkan.

Apakah Finishing Bangku Taman Bisa Dilakukan dengan Mudah dan Cepat?

Bangku taman besi

Melakukan pengecatan atau kegiatan finishing suatu media pasti ingin mendapatkan hasil terbaik. Namun selain itu juga Anda pasti berharap proses yang dilakukan bisa berjalan lebih cepat dan mudah. Apakah hal tersebut juga bisa terwujud jika ingin melakukan finishing pada bangku taman?

Selayaknya kegiatan finishing pada media aplikasi, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum melakukan finishing bangku taman. Salah satu yang krusial adalah, Anda juga perlu memastikan penggunaan cat yang tepat.

Pemilihan cat sebagai bahan finishing untuk melapisi bangku taman memiliki peran penting yang bisa menjadi kunci kegiatan ini dilakukan. Terlebih jika diperuntukan sebagai bahan pelapis bangku taman yang membutuhkan kualitas terbaik.

Penggunaan bangku taman yang tentunya berada di area outdoor atau luar ruangan harus menjadi pertimbangan utama. Jika Anda menggunakan cat yang tepat, bukan tidak mungkin proses finishing bisa berjalan dengan mudah dan cepat.

Mengingat kebutuhan finishing yang cepat dan bisa dilakukan dengan mudah, Anda tentu mengetahui sepenting apa peran bahan finishing yang digunakan. Dalam hal ini tentunya pemilihan cat besi kualitas terbaik yang perlu Anda gunakan.

Kriteria Cat Besi Kualitas Terbaik untuk Finsihing Bangku Taman

mengecat besi dengan cat warna hitam

Untuk mendapatkan bangku taman dengan hasil terbaik dan awet digunakan tentu membutuhkan usaha tersendiri. Memastikan kualitas cat atau bahan finishing yang Anda gunakan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan.

Agar mendapatkan kualitas yang terbaik, temukan dan gunakanlah cat besi kualitas terbaik. Untuk mempermudah Anda mendapatkan cat besi yang sebaiknya digunakan, berikut kriteria yang perlu ada pada cat kayu tersebut:

1.  Pastikan cat pilihan Anda bisa digunakan untuk kebutuhan finishing outdoor

Penggunaan bangku taman tentunya berada di wilayah outdoor atau luar ruangan. Hal ini membuatnya menjadi rentan terkena berbagai pengaruh lingkungan secara langsung. Maka sudah menjadi hal wajib untuk Anda menggunakan cat yang sesuai bagi kebutuhan outdoor.

Pastikan cat yang Anda pilih benar-benar bisa diperuntukan untuk area outdoor. Sehingga kondisi bangku taman juga lebih terlindungi dengan baik.

2.  Gunakan cat yang tahan cuaca

Katahanan cat terhadap pengaruh cuaca seharusnya juga sudah menjadi fitur unggulan yang dimiliki oleh cat outdoor. Namun pada kenyataannya, tidak semua merk cat outdoor memiliki ketahanan cuaca yang dibutuhkan.

Anda perlu memilih cat dengan fitur ini untuk menghalau efek buruk yang akan terjadi jika bangku taman terkena hujan atau terik sinar matahari secara terus menerus. Bisa dipastikan, jika Anda menggunakan produk tanpa perlindungan khusus akan membuat bangku Anda menjadi mudah rusak.

Lapisan film yang dihasilkan dari penggunaan cat outdoor harus mampu menghalau berbagai pengaruh cuaca yang terjadi. Cat juga tidak mudah luntur terkena hujan ataupun mengelupas karena pengaruh teriknya sinar matahari.

3.  Lapisan film yang kuat tapi juga fleksibel

Masih berkaitan dengan hasil penggunaan cat yang Anda pilih, sebaiknya pilih cat yang punya lapisan film berkualitas. Dari hasil penggunaan cat pada kursi taman Anda sebaiknya memiliki lapisan film yang kuat tapi juga fleksibel.

Salah satu penyebab mudahnya cat terkelupas atau cracking adalah karena kualitas lapisan filmnya. Dengan menggunakan cat yang mampu menghasilkan lapisan film berkualitas tentunya diharapkan cracking bisa lebih diminimalisir.

4.  Gunakan cat anti karat

Lapisan karat pada pagar besi bisa diselesaikan menggunakan cat besi dari Orchid Enamel Paint

Salah satu masalah yang paling sering terjadi sekaligus menjadi musuh utama penggunaan material besi adalah karat. Untuk mencegah terjadinya korosi pada bangku atau kursi taman milik Anda yang berbahan besi tentunya hal ini wajib menjadi perimbangan.

Akan lebih baik jika Anda mampu mencegah terjadinya korosi, sehingga bangku taman milik Anda tetap bebas karat. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara, salah satu yang paling mudah yaitu dengan melapisinya menggunakan cat anti karat.

Pastikan cat yang Anda gunakan telah dilengkapi dengan fitur ini. Sehingga penggunaan bangku taman bisa lebih awet dan terhidar dari korosi.

Cat Besi Berkualitas Terbaik untuk Finishing Bangku Taman

Menemukan cat yang sesuai dengan beragam kriteria di atas tentu bisa Anda lakukan. Bukan hal yang sulit untuk menemukan cat besi berkualitas terbaik agar hasil finishing pada kursi taman jadi lebih maksimal.

Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan Orchid Enamel Paint. Orchid Enamel adalah cat besi yang telah memenuhi seluruh kriteria dari cat besi dengan kualitas terbaik yang disebutkan di atas.

Kebutuhan bahan pelapis outdoor yang tahan terhadap pengaruh cuaca telah dimiliki oleh produk ini. Sehingga seluruh kebutuhan finishing Anda untuk menghasilkan bangku taman dengan kondisi terbaik bisa diperoleh dengan mudah.

Apakah bisa melakukan finishing mudah dan cepat dengan cat ini? Tentu saja bisa. Anda bahkan tidak membutuhkan peralatan yang rumit dan tidak butuh waktu lama untuk menunggu cat Orchid mengering.

Cara Menggunakan Cat Orchid untuk Finishing Kursi Taman

Sumber: YouTube Bio Paint

Mengaplikasikan cat Orchid bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih warna cat yang akan diaplikasikan. Selanjutnya jangan lupa untuk mengencerkannya dengan air bersih.

Encerkan hingga mencapai konsentrasi 20% atau setara dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dan jadi larutan yang homogen. Selanjutnya, siapkan bangku taman yang akan difinishing.

Amplas terlebih dahulu seluruh permukaan bangku taman kemudian bersihkan debu sisa pengamplasannya. Setelah itu, langsung aplikasikan cat Orchid dengan merata ke seluruh permukaan bangku.

Anda bisa melakukannya melalui metode penguasan ataupun penyemprotan dengan spray gun. Sesuaikan dengan kebutuhan finishing yang Anda lakukan. Setelahnya, bisa Anda tunggu hingga kering untuk bisa langsung digunakan.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi Berkualitas Terbaik?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui kontak Whatsapp di website ini, atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Begini Cara Mengecat Jendela Aluminium Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Mengecat jendela aluminium harus dilakukan dengan teknik dan cat yang tepat agar hasilnya lebih awet. Bahan aluminium sendiri sebenarnya merupakan material yang sering digunakan untuk banyak kebutuhan manusia.

Untuk memenuhi kebutuhan interior maupun eksterior dalam hunian, bahan ini juga sering digunakan. Salah satu bagian dari rumah yang sering mengandalkan aluminium adalah jendela. Terutama pada konsep hunian era modern, penggunaan bahan ini semakin sering digunakan.

Agar bisa mendapatkan hasil cat terbaik dan awet, ada langkah khusus yang perlu dilakukan. Cara mengecat jendela aluminium yang benar harus dibantu dengan penggunaan cat yang berkualitas. Ingin tahu seperti apa cara pengecatan yang benar dan merek cat apa yang sebaiknya digunakan?

Mengenal Aluminium Sebagai Bahan Serbaguna untuk Berbagai Kebutuhan

Aluminium termasuk bahan yang umum digunakan untuk digunakan sebagai bahan interior atau eksterior. Benda-benda yang sering menggunakan bahan pelapis aluminium di antaranya yaitu pintu, jendela, hingga rangka wastafel.

Contoh Material Aluminium

Bahan aluminium termasuk bahan yang sejenis dengan besi, sehingga masih ada resiko untuk berkarat jika tidak dirawat. Penggunaan bahan aluminium untuk jendela dipilih untuk menyiasati penggunaan jendela kayu yang mudah keropos. Oleh karena bahan ini sejenis besi, masih dianggap lebih awet untuk digunakan.

Namun, tentu saja ada resiko tersendiri dari penggunaan material ini, yaitu kemunculan karat. Selain itu, aluminium juga dikenal tidak terlalu mudah untuk dilapisi dengan cat. Sementara untuk membantu mencegah korosi, dibutuhkan bahan pelapis atau cat yang mampu melindungi aluminium.

Resiko terjadinya pengelupasan dari cat yang diaplikasikan bisa diminimalisir jika Anda menggunakan cat yang berkualitas. Dan tentunya cat yang digunakan juga sebaiknya mampu memberikan perlindungan maksimal termasuk melengkapi kebutuhan anti karat bagi aluminium.

Jika dilengkapi dengan fitur anti karat, penggunaan aluminium sebagai bahan untuk jendela bisa lebih maksimal. Penggunaan jendela berbahan aluminium ini juga diharapkan akan lebih awet untuk digunakan hingga jangka waktu lebih lama dibandingkan dengan jendela berbahan kayu.

Rekomendasi Merk Cat untuk Melapisi Jendela Aluminium

Setelah mengetahui karakteristik aluminium secara umum, Anda tentu membutuhkan cat yang tepat sebagai lapisan pelindungnya. Selain untuk mempercantik tampilan jendela aluminium, pengecatan juga harus mampu dilakukan untuk memberikan perlindungan pada aluminium yang digunakan.

Untuk medapatkan tampilan yang lebih menarik, tentunya Anda juga membutuhkan pilihan warna cat yang beragam untu diaplikasikan. Saat ini, Anda tidak perlu bingung untuk memilih cat yang bisa diaplikasikan. Karena ada cat enamel dari Orchid yang bisa menjawab kebutuhan finishing jendela berbahan aluminium milik Anda. Cat ini juga mampu melekat dengan baik pada berbagai material termasuk aluminium.

Tidak perlu khawatir mengenai keamanan produk karena cat ini merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan untuk Anda gunakan. Dengan rendahnya kandungan VOC pada cat ini yaitu kurang dari 100 gr/lt tentu membuktikan keamanan bahan pelapis serbaguna ini.

Anda bisa mengaplikasikan Orchid Enamel Paint pada media kayu maupun besi, tentunya bisa juga digunakan pada bahan sejenisnya. Oleh karena itu pemilihan cat ini sebagai bahan finishing untuk jendela aluminium adalah pilihan yang tepat.

Tak perlu khawatir pada pilihan warna yang bisa Anda gunakan, karena cat ini sudah tersedia dengan 24 pilihan warna. Anda bisa bereksplorasi agar mendapatkan tampilan jendela aluminium yang terbaik. Atau bisa menyesuaikan pilihan warna yang ada dengan tema hunian Anda agar telihat lebih menarik.

Langkah Mudah Mengecat Jendela Aluminium

Tahap selanjutnya yang harus Anda pelajari setelah mengetahui merk cat yang akan digunakan, selanjutnya ketahui cara aplikasinya. Untuk mengaplikasikan Orchid Enamel Paint sebenarnya tidak diperlukan cara yang sulit.

Anda juga bisa mengaplikasikan cat Orchid Enamel untuk kebutuhan finishing maupun re-finishing. Dalam proses finishing ulang, Anda tentu harus memastikan lapisan cat yang dahulu sudah benar-benar bersih agar hasilnya lebih maksimal. Cara menghilangkan lapisan cat sebelumnya bisa dilakukan dengan melakukan pengamplasan.

Jika ada bagian cat yang sulit mengelupas, Anda bisa mengandalkan penggunaan perontok cat untuk mempercepat prosesnya. Namun secara keseluruhan, sebelum memulai proses pengecatan Anda perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan:

  • Cat Orchid Enamel Paint sesuai dengan warna yang telah dipilih
  • Siapkan kuas atau spray gun yang akan digunakan untuk mengaplikasikan cat
  • Wadah untuk mengencerkan cat
  • Alat pengaduk
  • Kain lap kering

Tahapan Mengecat Jendela Aluminium dengan Orchid Enamel Paint

Sumber: YouTube Bio Paint

Ada beberapa tahap atau langkah aplikasi yang perlu dilakukan, yaitu:

Siapkan jendela aluminium yang akan difinishing

Sebelum dilapisi dengan cat Orchid Enamel, material aluminium pada jendela harus dipersiapkan terlebih dahulu. Yang paling penting, pastikan kondisi aluminium dalam keadaan kering lalu lakukan pengamplasan.

Hal ini perlu dilakukan agar seluruh permukaan jendela aluminium yang telah difinishing menghasilkan lapisan yang maksimal. Setelah seluruh permukaan aluminium diamplas, jangan lupa bersihkan dengan kain lap kering yang bersih.

Pastikan seluruh debu sisa pengamplasan sudah hilang dan kondisi aluminium menjadi bersih kembali. Selanjutnya, lanjutkan dengan proses persiapan bahan finishing yang akan diaplikasikan.

Larutkan cat Orchid Enamel Paint dengan air dan sesuaikan perbandingannya

Yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah cat Orchid Enamel yang telah Anda pilih warnanya. Larutkan dengan air bersih hingga mecapai konsentrasi 20%. Atau bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan perbandingan 2 cat : 1 air.

Masukkan cat ke wadah pengencer yang telah Anda siapkan kemudian tambahkan air sesuai dengan kebutuhan. Aduk hingga menjadi larutan yang homogen dengan menggunakan alat pengaduk. Jika sudah homogen, Anda bisa langsung mengaplikasikannya.

Aplikasikan cat ke seluruh permukaan jendela aluminium

Tahap selanjutnya, Anda bisa langsung mengaplikasikan cat enamel yang telah diencerkan ini pada jendela aluminium. Anda bisa menggunakan kuas ataupun spray gun sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan alat yang Anda miliki. Jika menggunakan kuas sebaiknya gunakan kuas busa agar tidak meninggalkan brush mark.

Aplikasikan cat dengan tipis namun merata ke seluruh permukaan media agar mampu memberikan hasil yang maksimal. Tunggu hingga lapisan mengering kurang lebih 30 hingga 60 menit setelah selesai diaplikasikan. Lalu amplas secara ambang menggunakan kertas amplas nomor 400.

Untuk mendapat hasil terbaik, Anda bisa mengulang langkah aplikasi ini agar lapisan cat yang dihasilkan lebih maksimal.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi untuk Finishing Aluminium?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui Whatsapp yang tertera di website ini Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cara Membersihkan dan Memperbaiki Pagar Besi

cat pagar besi
Cat Outdoor untuk Pagar. Sumber: dekoruma

Untuk mempertahankan kualitasnya, ada cara membersihkan dan memperbaiki pagar besi yang benar. Anda harus mampu melakukan perawatan secara rutin jika ingin pagar di rumah Anda kondisinya tetap prima dan terlihat tetap menarik.

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan kondisi pagar besi di artikel ini.

Sejarah Singkat Pagar Besi

Pagar besi hitam untuk rumah.

Besi tempa mulai banyak digunakan untuk membuat barang-barang yang sangat dekoratif termasuk gerbang dan layar pada abad ke-17 dan ke-18. Sampai kemajuan teknologi dalam Revolusi Industri membawa produksi massal besi tempa dan cor. Barang-barang dibuat dalam skala sederhana oleh pandai besi lokal.

Setelahnya, ketersediaan besi tempa menjadi lebih banyak termasuk dalam sarana kelas menengah yang sedang tumbuh. Hal tersebut segera menjadikan bahan bangunan ini disukai untuk digunakan sebagai batas dekoratif.

Sampai akhir abad ke-19, bahan ini digunakan untuk komponen seperti engsel dan pegangan, pagar dan balkon sebelum sebagian besar digantikan oleh baja pada akhir abad ke-19.

Besi cor menjadi populer setelah penemuan tungku kubah pada abad ke-18. Hal ini memungkinkan besi cair dituangkan dan dilemparkan ke dalam cetakan dalam pengecoran. Coran sering bergabung bersama dengan mur dan baut atau dengan mengunci bagian-bagiannya.

Besi cor rapuh dan lebih lemah dalam ketegangan daripada besi tempa tetapi lebih cepat dan lebih mudah dibuat. Tidak seperti besi tempa, besi cor tidak pernah sepenuhnya digantikan oleh baja.

Besi tempa memiliki penampilan yang lebih halus dan  setiap bagian terbentuk secara individual. Ada lebih banyak potongan jadi untuk sedikit variasi bentuk. Seiring dengan semakin berkembangnya besi tempa, bahan ini juga mulai umum digunakan sebagai pagar besi.

Pagar dari besi tempa dianggap merupakan material yang cocok digunakan. Penggunaan bahan ini untuk material pagar memiliki ketahanan lebih baik karena kekokohannya.

Mengapa Perlu Mempertahankan Kualitas Pagar Besi?

perbaikan kualitas pagar dengan pengecatan ulang menggunakan cat besi

Pagar besi dan logam lainnya rentan terhadap kerusakan karena patah, karat dan bentuk korosi lainnya. Semua barang harus dipelihara secara teratur dan hati-hati dan jika perlu, dibersihkan, dicat dan dilumasi.

Untuk memastikan pendekatan terbaik, cobalah untuk mengidentifikasi jenis logam yang digunakan. Logam besi yang digunakan dalam pagar atau gerbang memang tidak selalu mudah untuk dibedakan.

Terutama karena material aslinya sering disembunyikan di bawah lapisan tebal cat dan logam yang berbeda yang digunakan dalam kombinasi. Misalnya, kepala dekoratif pada pagar besi tempa terkadang terbuat dari besi cor.

Besi merupakan material yang tahan lama dan jika dipelihara secara teratur, akan bertahan selama bertahun-tahun. Tetapi stelah lapisan cat telah aus, paparan air dan udara dapat dengan cepat mengakibatkan karat dan pembusukan.

Ketika besi terkorosi, material ini akan mengembang hingga 10 kali dari ukuran aslinya. Hal tersebut menyebabkan distorsi dan bagian-bagiannya menjadi dipaksa terpisah. Komponen logam yang diatur ke dalam batu bahkan dapat menyebabkan batu patah.

Membersihkan dan Memperbaiki Pagar Besi

cat pagar besi yang sudah berkarat dan mengelupas

Pemeliharaan rutin dan pengecatan ulang pagar dan pengerjaan logam lainnya adalah perlindungan terbaik terhadap karat dan kerusakan. Masalah potensial lainnya termasuk rekahan besi cor karena dampak atau cacat pengecoran, dan distorsi besi tempa.

Di mana kerusakan telah terjadi, besi tempa dapat diperbaiki dengan memotong panjang yang rusak dan pengelasan pada potongan-potongan baru dalam bahan yang sama. Besi tempa daur ulang tersedia tetapi belum ada sumber baru di Inggris sejak tahun 1970-an.

Besi cor lebih mudah diperbaiki dengan jahitan dingin. Perusahaan spesialis dapat mengambil cetakan dari aslinya yang dibersihkan dan menyusun kembali setiap komponen.

Ingatlah bahwa memperbaiki pagar adalah pekerjaan terampil yang membutuhkan keahlian yang cukup besar. Hubungi pandai besi yang akan melakukan pekerjaan baru berdasarkan kebutuhan.

Gunakan potongan besi cor yang tidak rusak untuk memberikan pola untuk coran baru. Pengecoran kontak karena beberapa masih memegang pola tradisional dalam stok. Hal ini dapat dilakukan sebagai cara memperbaiki pagar besi yang bisa dilakukan.

Anda juga perlu membersihkan pagar secara rutin agar tampilannya secara estetika maupun fungsi tetap terjaga.

Mengecat Ulang Jadi Pilihan Cara Memperbaiki Pagar Besi

Cat Outdoor untuk Pagar

Pengecatan ulang juga dapat menjadi salah satu cara membersihkan dan memperbaiki pagar besi yang bisa dilakukan.

Anda dapat selalu mencoba untuk mempertahankan sebanyak mungkin keaslian bentuk maupun pagar yang ada di rumah Anda saat melakukan perawatan maupun pengecatan ulang.

Saat melakukan pengecatan ulang, Anda juga perlu menghapus lapisan cat sebelumnya dari pagar. Detail halus hitam logam sering dikaburkan oleh akumulasi lapisan cat, sehingga perlu dilakukan penghapusan lapisan cat sebelumnya.

Gunakan bahan perontok cat besi atau paint remover sesuai dengan instruksi untuk memudahkan dan mempercepat prosesnya. Saat melepas cat dari pagar, metode peledakan tembakan atau pembersihan api flash mungkin cocok jika dilakukan oleh seorang profesional yang berpengalaman dalam pekerjaan konservasi ini.

Kadang-kadang, di mana ada kerusakan pada kendaraan, misalnya, penggantian mungkin satu-satunya pilihan. Setara dengan besi cor, baja ringan baru dapat dengan mudah diperoleh. Dan jika ditempa dengan hati-hati, baja ringan juga akan sulit dibedakan dari besi tempa asli.

Dalam hal ini, Anda juga dapat melakukan penggantian material besi pada pagar jika memang sudah benar-benar perlu dilakukan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kondisinya agar tetap prima dengan mengaplikasikan cat besi berkualitas.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan melakukan cara membersihkan dan memperbaiki pagar besi dengan benar agar kualitasnya lebih terjaga.

Cat Besi Tahan Air untuk Pagar Besi Lebih Awet

pagar besi putih

Pagar besi rentan terhadap pengaruh lingkungan luar yang bisa terjadi kapan saja. Salah satu yang sering menjadi masalah adalah saat sedang musim hujan. Air hujan yang mengguyur pagar besi terus menerus selama berbulan-bulan kerap menyebabkan masalah baru yaitu kemunculan karat.

Proses korosi atau karat pada material besi termasuk hal yang lumrah untuk terjadi. Seperti halnya kayu yang terkena serangan rayap, dan tentunya baik karat maupun rayap keduanya bisa merusak material tersebut.

Untuk mencegah kerusakan pada pagar besi sekaligus memperpanjang usia pakai pagar besi, sebaiknya gunakan cat besi tahan air. Anda bisa menemukan rekomendasi produk yang tepat di artikel ini.

Kenapa Memilih Menggunakan Pagar Besi?

Pagar Putih Minimalis Modern

Pagar adalah salah satu bagian dari bangunan rumah atau gedung yang bisa meningkatkan keamanan. Dengan adanya pagar, akses menuju rumah atau bangunan utama memerlukan proses tambahan. Sehingga bisa mengurangi resiko kejahatan terjadi di sekitar hunian Anda.

Namun model serta bahan yang dipilih untuk menjadi pagar juga bisa berpengaruh pada resiko keamanan serta faktor estetika. Anda mungkin bisa memilih untuk menggunakan pagar dari kayu, bambu, maupun material organik lainnya. Tetapi berbagai material atau bahan tersebut merupakan bahan-bahan alami yang bisa melapuk dan rusak kapan saja.

Terutama jika sering terkena sinar matahari dan siraman air hujan secara terus menerus karena diletakan pada area outdoor. Apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan dengan bahan pengawet kayu serta melakukan pengecatan dan perawatan secara rutin. Anda juga bisa membangun tembok khusus untuk dibentuk menjadi pagar.

Namun hal tersebut akan tampak lebih kaku dan tidak bisa dimodifikasi dengan mudah jika Anda ingin menggantinya di kemudian hari. Sedangkan jika Anda memilih untuk menggunakan pagar besi, material besi tentu lebih kuat dibandingkan dengan kayu maupun bambu.

Dari segi estetika, baik model maupun ukuran dari pagar besi bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Tentunya dengan memperhatikan faktor keamanan yang tetap menjadi prioritas utama.

Gunakan Cat Besi Tahan Air untuk Pagar

mengecat besi dengan cat besi warna hitam

Untuk menjaga kualitas pagar besi yang Anda gunakan, akan lebih aman jika Anda melapisinya dengan cat besi tahan air. Masalah yang ditimbulkan akibat interaksi secara langsung dengan air terhadap material besi tentu akan menyebabkan hal yang fatal jika tidak diatasi dengan baik.

Karat bisa muncul pada besi jika terlalu sering terkena air dan pengaruh kondisi cuaca yang lembab. Dan kemunculan karat tentu bisa menjadi awal dari permasalahan serius pada pagar besi. Bahkan pada beberapa kasus yang tidak ditangani dengan baik, kerusakan pagar terjadi lebih cepat hingga tidak bisa digunakan kembali.

Penggunaan cat besi tahan air sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi pagar. Pemakaian pagar dalam jangka waktu lebih lama tentu hal yang diharapkan. Selain lebih hemat, keamanan di hunian Anda juga bisa lebih terjaga dengan adanya pagar besi yang kokoh dan tahan lama digunakan.

Saat memilih merek cat yang akan digunakan untuk melapisi pagar besi, akan lebih baik jika Anda memperhatikan fitur ini. Cari tahu apakah cat besi yang Anda pilih memiliki fitur tahan air sehingga benar-benar mampu menjaga kondisi pagar besi dengan baik.

Akan lebih lengkap jika cat besi yang Anda pilih juga memiliki keunggulan tahan cuaca. Penggunaan pagar besi yang memang dibutuhkan untuk diletakan pada area outdoor akan lebih aman dan awet. Bukan hanya pada siraman air hujan termasuk juga terhadap pengaruh sinar matahari yang langsung mengenai pagar setiap harinya.

Rekomendasi Cat Besi Tahan Air Terbaik

Sumber: YouTube Bio Paint

Menilik pentingnya penggunaan cat besi yang dilengkapi dengan fitur tahan air, Anda tentu membutuhkan produk yang memiliki fungsi tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan ketersediaan cat besi tahan air, Anda bisa menggunakan Orchid Enamel Paint. Percantik dan lindungi pagar besi di rumah Anda dengan menggunakan cat serbaguna ini.

Orchid Enamel Paint adalah cat solid water based yang serbaguna karena bisa diaplikasikan untuk besi maupun kayu. Dilengkapi dengan fitur tahan air, tahan cuaca, dan tentunya anti karat membuat cat ini menjadi produk yang sangat cocok digunakan untuk melapisi pagar besi di rumah Anda.

Cat ini juga dilengkapi dengan 24 pilihan warna menarik yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Pagar besi akan bukan hanya lebih aman dan terlindungi sehingga bisa menjadi investasi hingga bertahun-tahun lamanya. Tetapi tampilannya juga akan semakin menarik sehingga bisa terlihat seperti baru kembali.

Ingin memiliki pagar besi yang aman, tahan air, dan tentunya lebih awet? Lapisi dengan cat Orchid Enamel Paint untuk mendapatkan hasil terbaik.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Cat Besi Orchid Enamel Paint?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui kontak Whatsapp yang tertera di website, atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cara Mudah dan Efisien Mengecat Atap Galvalum Antikarat

atap rumah dari bahan seng
rumah dengan atap seng

Mengecat atap galvalum antikarat biasanya dilakukan untuk menjaga lapisan tahan karat pada galvalum tetap terjaga.

Galvalum dikenal sebagai media yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap karat. Hal ini karena adanya lapisan yang menjadi barier atau pelindung agar karat tidak bisa secara langsung menempel pada galvalum.

Memiliki bahan berupa campuran besi dan juga alumunium membuat lapisan besi bisa terlindungi oleh alumunium. Wajar jika material galvalum dikenal dengan ketahanannya yang baik terhadap karat.

Penyebab Mengikisnya Lapisan Tahan Karat pada Galvalum

Atap Galvalum yang sudah diberi cat khusus galvalum dari Orchid Enamel Paint

Galvalum dikenal sebagai material yang tahan karat. Itu berarti galvalum punya semacam lapisan yang membuatnya tidak bisa berkarat. Namun, apa jadinya jika lapisan alumunium yang selama ini menjadi barier tersebut terkikis?

Lalu apa saja yang terjadi jika lapisan karat muncul pada permukaan galvalum?

Terdapat goresan

Rangka atap dari material galvalum

Lapisan tahan karat pada galvalum sangat mudah terkikis jika terdapat goresan atau baret pada beberapa bagiannya. Dengan adanya baretan akan membuat lapisan tahan karat juga lebih mudah terkikis bahkan hingga benar-benar hilang.

Maka, sebisa mungkin pastikan kondisi galvalum tetap dalam kondisi yang prima. Hindarikan galvalum dari hal yang dapat memicu terbentuknya goresan atau baret karena akan mempermudah terbentuknya lapisan karat pada galvalum.

Terkena adonan semen

Penggunaan galvalum untuk pemenuhan kebutuhan konstruksi bangunan tentu erat kaitannya dengan penggunaan semen. Adonan semen kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam pembangunan gedung atau tempat tertentu.

Namun, tahukah Anda bahwa adonan semen yang sangat penting untuk kebutuhan pembangunan ini justru menimbulkan masalah bagi penggunaan galvalum? Anda sebaiknya menghindari kontak langsung antara baja ringan ini dengan adonan semen.

Lakukan hal ini jika tidak ingin lapisan baja ringan kehilangan lapisan tahan karatnya dan menjadi lebih mudah terkena korosi.

Kontak langsung dengan larutan asam

Selain adonan semen, ada kontak langsung dengan bahan lain yang juga tak kalah penting untuk dihindari. Jangan biarkan baja ringan yang Anda gunakan mengalami kontak secara langsung dengan larutan asam.

Sifat asam dari kandungan bahan kimia tentu akan mempercepat hilangnya lapisan tahan karat pada galvalum. Dari manakah larutan asam yang dimaksud? Jawabannya tentu bisa dihasilkan dari banyak hal.

Jika Anda menggunakan galvalum untuk kebutuhan atap atau kerangka bangunan di rumah, ada beberapa produk yang berpotensi memiliki menjadi sumbernya. Larutan asam yang dimaksud bisa berasal dari larutan produk pembersih lantai, pembersih keramik dan sebagainya.

Pengaruh cuaca

Yang tak kalah penting untuk mempengaruhi lapisa tahan karat pada galvalum adalah cuaca. Cuaca memberikan pengaruh yang cukup besar pada ketahanan karat sebuah galvalum.

Terlalu sering terkena panas matahari dalam waktu berkepanjangan akan menyebabkan lapisan tahan karat pada galvalum lebih cepat terkikis. Begitu juga yang terjadi jika galvalum terlalu sering terkena hujan. Resikonya untuk berkarat justru akan lebih besar terjadi.

Maka sangat besar potensi galvalum berkarat  akibat pengaruh cuaca. Sehingga penggunaan cat atau lapisan yang mampu melindungi galvalum dari pengaruh cuaca jelas sangat diperlukan.

Rekomendasi Cat Antikarat untuk Mengecat Galvalum

Sumber: YouTube Bio Paint

Setelah mengetahui beragam penyebab terkikisnya lapisan tahan karat pada galvalum tentunya Anda juga harus mampu mengatasinya. Dalam proses pencegahan galvalum terkena korosi tentu bisa dilakukan melalui beberapa cara. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengecatan.

Melapisi galvalum dengan cat akan membuat kondisi galvalum lebih baik dan lebih terawat. Terlebih jika cat yang digunakan tersebut juga dilengkapi dengan fitur anti karat. Saat ini Anda tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk menemukan cat dengan fitur anti korosi karena Orchid Enamel Paint adalah jawabannya.

Cat kayu dan besi Orchid Enamel merupakan cat yang sangat cocok digunakan untuk diaplikasikan pada galvalum. Seluruh permukaan galvalum akan lebih terawat dan terhindar dari potensi terjadinya korosi. Cat ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk melapisi atap galvalum karena bisa digunakan sebagai cat ootdoor.

Tentunya ada beragam keunggulan yang dimiliki oleh produk ini jika dibandingkan dengan cat sejenis lainnya. Apa saja fitur unggulan yang dimiliki cat ini? Berikut ini beberapa diantaranya

  • Cocok untuk kebutuhan outdoor maupun indoor
  • Mudah dan cepat diaplikasikan
  • Tahan air
  • Antikarat
  • Bisa diaplikasikan pada beragam media finishing
  • Awet untuk digunakan
  • Lapisan film yang dihasilkan kuat sekaligus fleksibel
  • Aman dan ramah lingkungan
  • Punya banyak pilihan warna menarik

Melakukan Pengecatan untuk Membuat Atap Galvalum Anti Karat

Sangat mudah melakukan pengecatan pada atap galvalum anti karat dengan cat Orchid. Berikut ini 3 langkah mudah yang perlu dilakukan:

1.  Siapkan media dan bahan finishing

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai proses finishing pada atap galvalum adalah persiapan. Lakukan persiapan pada media finishing yaitu galvalum maupun pada bahan finishing yang akan digunakan yaitu cat Orchid.

Amplas galvalum terlebih dahulu agar hasil finishing lebih halus dan permukaannya rata. Proses pengecatan juga bisa lebih cepat dilakukan. Pastinya Anda juga tidak boleh melupakan persiapan bahan finishing.

Encerkan terlebih dahulu cat yang akan Anda gunakan dengan air bersih. Encerkan hingga mencapai konsentrasi 20% atau dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata sampai menjadi larutan homogen.

2.  Lakukan pengecatan

Sumber: YouTube Bio Paint

Jika galvalum maupun cat yang akan diaplikasikan sudah siap, Anda bisa langsung melakukan pengecatan. Tahap ini bisa dilakukan melalui metode penguasan maupun penyemprotan karena cara aplikasi cat Orchid ini juga sangat fleksibel.

Anda bisa mengaplikasikan cat Orchid secara merata hingga seluruh permukaan galvalum tercover. Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan halus dan merata agar seluruh permukaan galvalum bisa terlapisi cat dengan baik.

Setelahnya, tunggu hingga lapisan tersebut mengering sekitar 30 hingga 60 menit setelah diaplikasikan.

3.  Aplikasikan kembali

Selesai dengan aplikasi tahap pertama, sebaiknya Anda melakukan re-coating atau pengecatan ulang. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapat hasil finishing terbaik pada galvalum sehingga bisa mempercantik tampilan sekaligus menjaga dari korosi dengan lebih sempurna.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk untuk Mengecat Atap Galvalum yang Antikarat?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui Whatsapp yang tertera di website ini, atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cat Terbaik Agar dan Pintu Pagar Besi Terlihat Lebih Mewah

cat besi terbaik Orchid
Pagar besi hitam untuk rumah. Sumber: Pagar Besi

Membuat tampilan pintu dan pagar besi agar lebih mewah bisa Anda lakukan dengan mengaplikasikan cat besi terbaik agar tampilan pintu dan pagar besi Anda jadi lebih mewah.

Penggunaan cat besi yang tepat untuk melapisi pintu dan pagar berbahan besi bisa memberikan perlindungan terbaik. Bahkan mampu berkontribusi membuat tampilan pintu dan pagar besi menjadi lebih mewah.

Apakah ada rekomendasi merek cat yang harus digunakan untuk kebutuhan ini? Tentu saja ada, Anda bisa menemukan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan tersebut di artikel ini.

Sejarah Singkat Pintu dan Pagar Besi

warna hitam menjadi pilihan warna pagar besi yang netral dan mewah

Pagar besi atau yang kerap dikenal dengan nama railing adalah hasil olahan besi tempa yang dibentuk sedemikian rupa. Pembuatannya dilakukan oleh tenaga profesional dan mampu menghasilkan beragam bentuk pagar yang menarik.

Jika berbicara mengenai sejarah penggunaan pintu dan pagar besi, tentu sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam. Di Gereja Katedral Santo Paulus Inggris misalnya, penggunaan pagar besi sudah digunakan sejak tahun 1710. Jenis besi yang digunakan adalah besi tuang yang juga masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini.

Meski merupakan material yang lebih rapuh dibandingkan dengan besi tempa, namun harga pagar dari material ini juga lebih murah. Seperti namanya yaitu besi tuang, baik pagar maupun berbagai benda lainnya dari material ini bisa diperoleh dengan menuang bibit besi ke cetakan. Lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan sistem besi tempa yang perlu dipalu atau ditempa terlebih dahulu.

Bahkan, ada pabrik pemasok pintu dan pagar besi terbesar yang sudah berusia ratusan tahun. Stewarts Iron Works adalah salah satu pabrik besi tertua di Amerika Serikat yang sudah menjadi produsen pagar besi untuk berbagai bangunan penting di Amerika Serikat.

Dari gerbang hingga pagar besi untuk Terusan Panama, gedung Kedubes Inggris di Washington DC, hingga pintu gerbang utama Gedung Putih semuanya pernah dibuat oleh pabrik ini. Tak mengherankan jika eksistensi penggunaan pintu dan pagar besi di pabrik tersebut tersohor di seluruh dunia hingga saat ini.

Selain beberapa tempat yang menggunakan jasa pembuatan material besi yang disebutkan di atas, beberapa gedung penting dan bersejarah di dunia juga sudah menggunakan pintu besi sejak ratusan tahun silam. Kini, penggunaan material besi sebagai pagar maupun pintu juga bisa diterapkan pada rumah Anda.

Pentingnya Penggunaan Cat Agar Pintu dan Pagar Besi Tampak Mewah

Pagar besi rumah berwarna hitam

Di balik kekokohan dan keawetan pintu dan pagar besi, tidak berarti Anda tidak membutuhkan perawatan. Pagar besi membutuhkan perawatan agar lebih awet digunakan.

Selain itu, untuk bisa memiliki pagar besi yang lebih menarik dan tampak mewah Anda mengecat pagar besi tersebut. Begitu krusialnya fungsi dari pengecatan yang dilakukan untuk menjaga kondisi pintu dan pagar besi. Untuk itu, Anda juga membutuhkan material cat yang berkualitas untuk memberikan hasil dengan kualitas terbaik.

Cat besi yang Anda aplikasikan untuk melapisi pintu dan pagar besi tentu harus mampu merawat kondisi pagar dalam kondisi awet tanpa adanya jejak karat. Nah, rebagai rekomendasi dari kami, Anda bisa menggunakan Orchid Enamel Paint untuk melapisi pagar besi Anda. Tampilan pagar besi yang mengkilap dan menawan bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui aplikasi cat Orchid Enamel.

Orchid Enamel Paint, Cat untuk Railing Besi Tampak Mewah

Sumber: YouTube Bio Paint

Mengaplikasikan cat enamel Orchid adalah salah satu usaha yang tepat untuk menjaga tampilan railing besi. Bagi Anda yang membutuhkan cat untuk membantu menambah kesan mewah pada pagar besi, cat ini juga sangat mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Orchid Enamel diformulasikan sebagai cat solid opaque yang aman digunakan dibandingkan dengan cat besi konvensional. Orchid Enamel Pain termasuk produk water based. Produk ini tentu sangat relate dengan isu keamanan pada penggunaan cat besi maupun kayu yang ramah lingkungan dan mengedepankan keselamatan para penggunanya.

Pada dasarnya, keamanan pada cat erat kaitannya dengan jumlah konten volatile organic compouds (VOC) di dalam cat tersebut. Orchid Enamel Paint sendiri mengikuti standar keamanan dari US EPA, sehingga kandungan VOC dalam cat ini jauh di bawah ambang batas keamanan VOC Content dalam produk finishing. Cat enamel water based dari Orchid Enamel Paint ini memiliki VOC Content kurang dari 100 gram/liter, jauh dari batas maksimumnya yaitu 250 gram/liter menurut standar keamanan US EPA.

Melakukan pengecatan pada railing besi menggunakan cat Orchid Enamel juga tidak membutuhkan teknik khusus. Anda bahkan tidak membutuhkan penggunaan peralatan khusus untuk bisa melakukan pengecatan pada pintu besi di rumah.

Keunggulan lain dari Orchid Enamel adalah cat ini punya bangak pilihan warna. Salah satunya tentu saja warna hitam yang menjadi andalan untuk pagar besi tampak memukau dan lebih mewah. Cat ini juga fleksibel untuk diaplikasikan, Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan metode kuas atau semprot (spray gun). Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan peralatan yang Anda miliki.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Kayu Besi Orchid Enamel Paint?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui Whatsapp di webstie ini atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cara Merawat Furniture Stainless Steel

kitchen set stainless steel

Salah satu hal yang harus dipahami pemilik furniture adalah teknik perawatan bahan stainless steel yang tepat untuk menjaga kondisinya dan meminimalisir kerusakan. Stainless steel sendiri adalah bahan yang sudah lama digunakan untuk pembuatan berbagai produk untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengolahan produk ini tak luput juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Stainless steel adalah lembaran baja yang memiliki ketahanan terhadap pengaruh korosi. Hal ini menjadikannya sering diandalkan sebagai bahan alternatif untuk pembuatan berbagai furniture untuk kebutuhan rumah tangga.

Apa itu Plat Stainless Steel?

Plat Stainless Steel

Stainless steel merupakan paduan logam yang terbuat dari material kromium dan besi. Material ini dikenal juga dengan sebutan baja tahan karat karena memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap karat. Bahan ini sering diandalkan untuk membuat berbagai peralatan dapur maupun aneka furniture rumah tangga.

Pemakaian stainless steel untuk membuat peralatan makan juga sudah sangat lazim dilakukan. Hal tersebut karena paduan logam ini tidak akan mempengaruhi rasa makanan saat bersentuhan langsung dengan makanan. Penggunaan material ini juga banyak disukai karena permukaannya juga tidak sulit untuk dibersihkan.

Ketahanan material ini dari berbagai pengaruh korosi terjadi karena adanya interaksi antara bahan-bahan penyusunnya dengan kondisi alam. Stainless steel terbuat dari campuran besi, krom, karbon, silikon, molybdenum serta nikel.

Seluruh bahan tersebut dapat berinteraksi secara alami dengan oksigen yang ada di alam lalu membentuk lapisan tipis yang stabil untuk melindunginya dari proses korosi.  Harga jual dari bahan ini cukup terjangkau sehingga pemakaiannya semakin populer.

Namun, tetap harus diperhatikan bahwa dengan minimnya kerusakan yang terjadi pada bahan ini bukan berarti membuatnya tidak bisa rusak. Anda tetap perlu merawatnya dengan baik agar penggunaannya dapat tetap optimal.

Begitu pula yang terjadi jika Anda memiliki furniture dari bahan baja tahan karat ini. Anda perlu memahami bagaimana cara merawat furniture stainless steel yang benar agar mebel tersebut dapat tetap terawat dengan baik.

Merawat Furniture Stainless Steel

kitchen set dari bahan stainless steel

Cara yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan pada mebel dari bahan stainless steel sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin lalu menyimpannya pada tempat yang tepat dan minim paparan sinar matahari langsung.

1. Merawat Furniture Stainless Steel dengan Mencuci Bersih Setelah Selesai Digunakan

Membersihkan peralatan makan maupun peralatan dapur lainnya setelah selesai digunakan adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini juga berlaku pada pemakaian berbagai jenis mebel atau furniture, termasuk yang berbahan baku baja anti karat.

Sebaiknya, usahakan untuk selalu membersihkan furniture dari debu secara rutin. Anda dapat melakukannya dengan memakai lap bersih agar debu yang menempel pada permukaan furniture tetap terjaga kebersihannya.

Karena dengan adanya tumpukan debu yang dibiarkan begitu saja, tentu akan menyebabkan keindahan furniture menjadi berkurang. Sementara untuk alat makan dari stainless steel, Anda tentu harus langsung membersihkannya dengan cara dicuci setelah selesai digunakan.

Cuci dengan bersih, jangan sampai ada kotoran yang masih menempel dan tertinggal. Karena jika ada, maka kotoran tersebut berpotensi dapat mengoksidasi bahan tersebut sehingga dapat menyebabkan terjadinya korosi.

2. Lakukan Penyimpanan di Suhu Ruang untuk Menghindari Terjadinya Korosi

Korosi dapat terjadi karena adanya paparan udara akibat kandungan polutan yang berbahaya. Adanya mineral korosif menjadikan proses korosi terjadi dengan lebih cepat. Hal-hal seperti itu dapat terjadi dengan lebih mudah jika Anda menyimpannya di dalam ruang penyimpananatau tempat yang mengandung mineral korosif.

Hal tersebut bisa terjadi karena pengaruh suhu ruang pula. Dengan adanya proses oksidasi yang terjadi, furniture stainless steel akan lebih mudah mengalami korosi.

3. Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung Secara Berlebihan

Adanya paparan suhu tinggi dengan intensitas tinggi pula tentu dapat memberikan pengaruh nyata terhadap kondisi furniture stainless steel. Anda dapat merawat furniture stainless steel dengan cara menjaga ketahanannya agar tetap prima dan menjauhkannya dari suhu serta intensitas tinggi.

Contohnya dari adanya paparan sinar matahari yang terjadi secara langsung dalam intensitas yang tinggi. Kondisi suhu yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada lapisan krom. Karena faktanya, adanya lapisan krom pada stainless steel dapat membantu mencegah furniture mengalami korosi.

Keunggulan Furniture Berbahan Plat Stainless Steel

furniture stainless steel

Pastinya, ada berbagai macam alasan yang menjadi latar belakang seseorang memilih untuk menggunakan mebel baja stainless. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki material tersebut, tentu menjadi bahan perimbangan. Berbagai keunggulan yang dimiliki di antaranya:

  1. Memiliki Ketahanan yang Baik Terhadap Karat

Seperti namanya, stainless steel memang memiliki keunggulan yang baik terhadap karat atau proses korosi. Bahan ini dilapisi dengan lapisan krom yang mampu menjaganya dari proses korosi yang dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu, pemakaian furniture dari bahan ini juga lebih aman dan tidak membahayakan.

Ketahanan terhadap penyebab terjadinya korosi yang dimiliki oleh material baja stainless memang lebih baik jika dibandingkan dengan besi dan sejenisnya. Meski memiliki ketahanan yang baik terhadap karat, merawat furniture stainless steel tetap harus dilakukan.

  1. Bahan yang Kuat dan Kokoh

Baja stainless merupakan bahan anti karat yang kuat dan kokoh. Dengan struktur demikian, bahan ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan aneka jenis furniture maupun peralatan makan hingga peralatan dapur.

  1. Material yang Tidak Mudah Bengkok

Stainless steel memiliki bentuk lembaran secara fisik, namun saat dibentuk bahan ini tidak mudah bengkok. Bahan ini kuat dan kokoh sehingga bentuknya juga cenderung stabil.

  1. Tahan Pengaruh Cuaca

Penggunaan baja stainless sebagai bahan anti karat ini memiliki ketahanan yang baik pula terhadap berbagai pengaruh cuaca. Namun, tetap harus diingat bahwa Anda perlu menghindarinya dari pengaruh suhu tinggi pada intensitas tinggi pula yang memungkinkan penggunaan furniture semakin awet.

Cat Besi Warna Hitam Serbaguna untuk Segala Kebutuhan Finishing

Menemukan merk cat besi hitam bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Karena tentunya dari berbagai macam merk cat besi yang bisa Anda temukan di pasaran, pasti semuanya menyediakan pilihan warna hitam.

Yang menjadi masalah pasti berkaitan dengan kualitas dan tentunya kegunaannya. Kebanyakan cat besi biasanya hanya berguna untuk dijadikan sebagai pelapis atau pewarna media besi. Sedangkan untuk kebutuhan finishing lainnya tidak bisa dimanfaatkan.

Keuntungan Menggunakan Cat untuk Segala Kebutuhan Finishing

Pagar besi rumah berwarna hitam

Bisa menggunakan satu jenis cat untuk segala kebutuhan finishing tentu lebih menguntungkan. Karena meski bagaimanapun, segala benda yang Anda finishing bisa mempunyai tampilan yang lebih menarik. Dan tentunya melalui pengecatan pula bisa memberikan perlindungan yang lebih optimal pada media yang diaplikasikan.

Beragam benda yang ada di rumah maupun yang sering kita temui sehari-hari sangat banyak yang perlu difinishing. Terutama untuk memberikan kesan menarik dan sesuai dengan tema dekorasi ruangan. Seperti beragam furniture yang berbahan dasar kayu maupun besi diantaranya meja, kursi, lemari, dan mebel lainnya.

Benda-benda lainnya seperti pagar, pintu, plafon, dan beragam benda yang menjadi bagian dari struktur rumah Anda juga tak luput dari pengecatan. Mengingat banyaknya kebutuhan finishing yang perlu dilakukan, penggunaan cat tentu mempunyai peran yang penting.

Untuk melengkapi dan mempermudah proses finishing berbagai benda yang Anda miliki, tentu akan menyenangkan jika bisa dilakukan dengan satu cat yang sama. Pertanyaannya, apakah saat ini ada merk cat yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan finishing?

Jawabannya tentu saja ada. Anda juga bisa menemukan cat tersebut yang memiliki kelengkapan warna hitam sebagai pilihan warnanya. Menjawab segala kebutuhan finishing Anda, Orchid Enamel Paint hadir untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut.

Cat Besi Serbaguna dari Orchid Enamel Paint

Sebagai warna yang netral dan termasuk dalam pattern warna utama, hitam bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan. Warna ini juga bisa disandingkan dengan beragam warna lainnya yang tentunya akan semakin meningkatkan nilai estetika sebuah benda.

Begitu pula peran dari warna hitam pada cat besi, cat ini tetap banyak digemari sebagai warna utama maupun warna pelengkap. Berbagai benda bisa Anda finishing dengan cat besi warna hitam, dari pagar, pintu, kursi, tiang, tralis dan beragam benda lainnya.

Dari banyaknya benda yang bisa dilapisi dan cocok difinishing dengan warna ini, Anda tentu membutuhkan merk cat besi hitam yang berkualitas. Sehingga bukan hanya memperbaiki atau  memberikan tampilan menarik, cat tersebut juga bisa menjaga kualitas media yang diaplikasikan.

Melengkapi kebutuhan finishing Anda, saat ini telah hadir cat solid yang multi purpose dan tentunya dilengkapi dengan pilihan warna hitam. Hasil dari pengaplikasiannya juga tampak lebih menarik dan terjaga kualitasnya. Anda bisa menggunakan Orchid Enamel Paint untuk hasil finishing terbaik.

Berbagai Media yang Bisa Diaplikasikan dengan Cat Kayu Besi Hitam Orchid

Cat Orchid Enamel disebut sebagai cat yang multi purpose atau serbaguna bukan tanpa alasan. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan begitu fleksibelnya cat ini untuk diaplikasikan pada berbagai media. Berikut ini beberapa media finishing yang bisa dilapisi menggunakan cat ini:

Ø  Kayu

cat kayu hitam

Bahan alami ini sering diolah dan paling banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebagai material dengan fungsi sekompleks kayu, material ini tentu termasuk yang bisa dilapisi dengan Orchid Enamel Paint.

Penggunaan kayu sebagai komponen untuk instalasi bangunan termasuk untuk bahan furniture pasti membutuhkan proses finishing. Orchid Enamel adalah cat yang bisa memberikan tampilan solid dengan berbagai warna menarik pada kayu.

Ø  Bambu

Selain kayu, bahan alami yang kerap dimanfaatkan yaitu bambu. Sering menjadi bahan pengganti kayu solid yang keberadaannya semakin langka, bambu juga sering diolah menjadi beragam bentuk.

Tak sedikit pula konstruksi bangunan yang menggunakan bambu. Terkadang digunakan sebagai plafon, bahkan bisa dimanfaatkan untuk seluruh bagian rumah karena Anda juga bisa menggunakan bambu untuk membuat rumah bambu.

Mengingat banyaknya pemanfaatan bahan alami yang satu ini, Anda juga bisa melakukan pengecatan untuk mempercantik tampilannya. Orchid Enamel Paint juga bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuan ini.

Ø  Rotan

Jika biasanya melihat berbagai olahan rotan dijual dengan tampilan natural, Anda bisa mendapatkan tampilan lain jika menggunakan cat Orchid. Rotan yang difinishing dengan warna solid tak kalah menarik dan memiliki nilai jual tinggi.

Beragam bentuk produk kerajinan maupun mebel berbahan rotan tak luput dari finishing solid cat Orchid yang juga memberikan perlindungan penuh. Anda bahkan bisa menggunakan furniture rotan untuk kebutuhan outdoor setelah melapisinya dengan cat Orchid.

Ø  Besi

memilih warna pagar besi
mengecat besi dengan cat warna hitam

Orchid Enamel Paint sebenarnya memang diformulasikan sebagai cat besi yang juga multi purpose untuk kebutuhan finishing lainnya. Dilengkapi dengan fitur anti karat, tentu saja penggunaan cat ini untuk finishing besi adalah pilihan yang tepat.

Penggunaan cat ini bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan finishing besi. Diantaranya termasuk untuk pagar, tralis, bangku taman, maupun beragam benda lainnya yang berbahan besi.

Ø  Galvalum

Material galvalum dianggap sebagai bahan pengganti besi yang punya kualitas tidak kalah baiknya. Dengan bobot yang lebih ringan, kekuatan material ini sebagai bahan kerangka bangunan juga sudah teruji.

Galvalum juga banyak digunakan sebagai atap dan menggantikan peran genting sebagai atap konvensional yang sudah lama digunakan. Meski sudah diklaim sebagai material yang tahan karat, Anda tetap perlu melapisi galvalum dengan bahan ant karat.

Mencegah terjadinya korosi sekaligus mempercantik tampilan galvalum tetap bisa Anda lakukan sekaligus menggunakan Orchid Enamel Paint.

Ø  Aluminium

Aluminium sebagai salah satu bahan yang sejenis dengan besi juga akan lebih menarik tampilannya setelah difinishing. Anda tentu perlu melakukannya dengan seksama agar tidak ada lapisan aluminium yang tergores.

Penggunaan cat enamel serbaguna ini juga bisa digunakan untuk melapisi permukaan aluminium. Anda juga bisa lebih leluasa melapisi aluminium dengan cat Orchid karena bisa digunakan untuk kebutuhan luar ruangan.

Aluminium yang digunakan untuk material pintu, kusen jendela maupun kebutuhan lainnya yang rawan terkena pengaruh lingkungan secara langsung tetap bisa terawat.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi Terbaik Orchid Enamel Paint?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui kontak Whatsapp yang tertera di website ini, atau bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

5 Kriteria Cat Besi Terbaik yang Harus Diperhatikan

pagar besi teralis rapat
pagar besi teralis rapat. sumber: rumahminimalisa.info

Ada beberapa kriteria cat besi terbaik yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan proses pengecatan.

Material besi sebagai furniture atau bahan konstruksi bangunan  sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Jika Anda juga melakukan hal yang sama, maka pengecatan adalah hal yang penting untuk Anda lakukan setelahnya.

Hal ini dikarenakan proses pengecatan merupakan salah satu cara untuk menjaga atau merawat material besi agar tidak mudah rusak. Untuk mendapatkan kualitas cat yang terbaik, ketahui kriteria cat besi terbaik yang harus ada pada cat pilihan Anda di artikel ini.

5 Kriteria Cat Besi Terbaik

mengecat besi dengan cat warna hitam

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda untuk memastikan mendapatkan cat dengan kualitas cat yang terbaik. 5 diantaranya adalah:

Ketahui bahan dasar cat yang Anda gunakan

Pada umumnya, cat besi terbuat dari bahan dasar minyak atau yang sering disebut sebagai cat solvent. Namun, saat ini sudah ada beberapa cat yang berbahan lateks, bahkan berbahan dasar air atau cat besi water based.

Jika Anda sudah mengetahui bahan dasarnya, hal ini akan memudahkan Anda mengetahui cara aplikasinya yang tepat. Selain itu, masalah yang berkaitan dengan keamanan produk juga bisa Anda ketahui terlebih dahulu sehingga bisa memastikan keamanan saat menggunakannya.

Carilah cat yang memiliki perlindungan terhadap karat (antikarat)

Besi adalah material atau bahan yang dikenal sangat rentan terkena karat. Maka untuk memastikan besi yang Anda gunakan bisa digunakan hingga jangka waktu yang lebih lama, carilah cat besi yang dilengkapi dengan fitur anti karat.

Perlindungan dari cat yang digunakan akan lebih lengkap jika ada fitur anti karat juga di dalamnya. Saat membeli cat besi, pastikan Anda mencari tahu mengenai hal ini agar kualitas dari produk cat yang Anda pilih benar-benar teruji.

Karat yang menempel pada besi bisa menjadi pemicu kerusakan yang fatal. Mencegah kerusakan material besi pada furniture maupun rangka konstruksi di rumah Anda dengan menggunakan cat besi anti karat adalah tindakan preventif yang penting.

Pastikan mengandung bahan anti jamur dan tahan pengaruh cuaca

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa cat yang Anda pilih mengandung bahan anti jamur dan tahan terhadap pengaruh cuaca ekstrim. Terlebih jika Anda ingin mengaplikasikan cat besi pada area outdoor.

Seperti saat Anda menggunakannya untuk mengecat pagar besi, bangku taman berbahan besi, dan lain sebagainya.

Jamur bisa muncul dan membuat lapisan cat cepat mengelupas. Selain itu tampilan pagar atau bangku besi yang ditumbuhi jamur pasti menjadi kurang menarik dari segi estetika. Potensi kemunculan jamur dan perubahan cuaca ekstrim bisa terjadi kapan saja.

Maka, berjaga-jaga dengan menggunakan cat besi outdoor yang tahan terhadap pengaruh cuaca dan dilengkapi bahan anti jamur adalah hal yang penting.

Cari cat yang memiliki pilihan warna beragam

cat kayu dan besi berwarna warnai untuk kursi

Tidak akan menarik penggunaan cat jika Anda hanya mengaplikasikan warna yang sama pada seluruh benda. Begitu pula saat Anda menggunakan cat besi untuk diaplikasikan pada berbagai benda dengan material besi di sekitar Anda.

Cari dan gunakan cat yang punya kualitas terbaik juga dilengkapi dengan pilihan warna beragam. Sehingga hasil dari pengecatan yang Anda lakukan sudah pasti lebih berkualitas dan tetap menarik untuk dipandang.

Jangan terjebak dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas

Yang sering menjadi jebakan adalah harga diskon, begitu pula saat sedang melakukan pemilihan cat besi. Jangan hanya karena cat tersebut memiliki harga murah, Anda langsung memilihnya tanpa mmeperhatikan kualitasnya terlebih dahulu.

Pastikan untuk menempatkan kualitas sebagai skala prioritas saat Anda memilih merk cat besi. Agar hasil dari pengecatan yang dilakukan nantinya benar-benar sesuai dengan harapan. Lalu Anda juga bisa menggunakan furniture dari besi hingga jangka waktu yang lebih lama.

Rekomendasi Cat Besi Terbaik

Sumber: YouTube Bio Paint

Sesuai dengan kriteria cat besi terbaik yang sebaiknya dimiliki, kami memiliki rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan pengecatan atau finishing pada pagar besi, bangku, meja, maupun benda lainnya yang berbahan dasar besi, Anda bisa mengandalkan Orchid Enamel Paint.

Selain optimal digunakan untuk melindungi dan merawat material besi, cat ini juga bisa Anda aplikasikan pada kayu serta bahan sejenis kayu. Seperti kerajinan tangan dari bambu, rotan, maupun bahan-bahan serat alam lainnya.

Orchid Enamel Paint termasuk cat water based yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pengecatan indoor maupun outdoor. Sesuai kriteria cat besi terbaik, Orchid Enamel juga dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti karat.

Dampak dari pengaruh perubahan cuaca yang ekstrim tidak memberikan hasil yang berbahaya pada pengaplikasian cat ini pada media. Cat ini bahkan bisa bertahan untuk kebutuhan pengecatan outdoor hingga jangka waktu kurang lebih 3 tahun. Terbukti dari hasil pengecatan bagian teras rumah yang dilakukan menggunakan cat ini.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Cat Besi Orchid Enamel Paint?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui kontak Whatsaap yang tertera pada website ini, atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

5 Kriteria Cat Besi dengan Perlindungan Terbaik yang Layak Digunakan

memilih warna pagar besi
finishing furnitur besi

Menggunakan cat besi dengan perlindungan terbaik tentu punya keuntungan tersendiri. Perlindungan maksimal dengan kualitas terbaik pada media akan diberikan oleh bahan finishing tersebut.

Material besi akan lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Selain itu, perlindungan optimal pada media juga menjadikan tampilannya tetap terjaga. Ditambah lagi dengan berbagai pilihan warna yang menarik sehingga menunjang tampilan produk menjadi lebih menarik.

Pentingnya Menggunakan Cat Besi dengan Perlindungan Terbaik

memilih warna pagar besi

Cat adalah bahan finishing yang paling sering digunakan untuk melapisi dan melidungi media. Berbagai material dapat dilapisi dengan cat, termasuk material besi. Untuk itu, tidak heran jika terdapat beraneka ragam jenis cat yang bisa jadi pilihan untuk Anda gunakan.

Pemilihannya tentu sangat tergantung dengan jenis media yang akan dilapisinya. Apakah kayu, besi, ataupun media lainnya. Selain itu, bahan baku cat juga bisa menjadi faktor penentu mengenai jenis cat apa yang akan digunakan.

Penggunaan cat untuk melapisi media tentu sangat penting. Tak terkecuali saat digunakan untuk melapisi besi. Pada umumnya, cat yang digunakan untuk melapisi besi merupakan jenis cat solvent yang mengandalkan bahan pengencer organik seperti thinner dan sejenisnya.

Adanya cat besi dapat memberikan tampilan yang lebih menarik bagi pagar, pintu maupun teralis yang berbahan dasar besi. Namun, fungsi dari penggunaan cat ini bukan hanya untuk mempengaruhi tampilan media. Melainkan pula untuk melindungi dan merawat media tersebut.

Material besi terutama yang digunakan sebagai produk outdoor seperti pagar tentu akan lebih rentan mengalami kerusakan. Resiko kerusakan akibat pengaruh lingkungan, terjadinya korosi, maupun berbagai kemungkinan lainnya sangat mungkin terjadi.

Sebagai pemilik sekaligus pengguna, Anda tentu ingin memiliki perabot atau sejenisnya yang lebih awet dan tahan lama. Sehingga tidak terlalu sering mengeluarkan biaya untuk pembuatannya. Nah, melalui penggunaan cat besi yang tepat hal tersebut dapat diwujudkan dengan mudah.

Jika mengingat alasan dan kebutuhan tersebut, tentu dapat diketahui mengapa penggunaan bahan finishing untuk melapisi media ini sangat penting.

Kriteria Produk Cat yang Harus Diperhatikan

Untuk mendapatkan bahan pelindung sekaligus pewarna material besi dengan kualitas terbaik, tentu diperlukan pemilihan yang teliti. Anda perlu memilih dengan seksama dan memperhatikan berbagai faktor yang bisa menjadi kriteria untuk mengetahui kualitas produk tersebut secara umum.

Beberapa kriteria yang harus menjadi perhatian di antaranya adalah:

1. Ketahui jenis dan bahan dasar cat

Mengetahui jenis cat yang akan Anda gunakan adalah hal yang sangat penting. Selain bermanfaat untuk membantu mengetahui seperti apa proses aplikasinya. Ada berbagai jenis cat yang dapat diaplikasikan pada berbagai media termasuk besi.

Di antaranya yaitu cat minyak, cat water based, melamin, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga berguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja bahan dasar dari produk tersebut.

Hal ini erat kaitannya dengan keamanan dan kualitas produk. Pada umumnya, cat besi merupakan jenis cat besi yang berbahan dasar lateks. Penggunaan cat lateks memang lebih cepat kering dan lebih aman dari api karena tidak mudah untuk terbakar.

Cat lateks juga mudah untuk dibersihkan dan dilakukan finishing ulang. Tapi penggunaan cat tersebut tidak aman bagi kesehatan dan tidak tahan lama digunakan jika lapisan primernya tidak digunakan. Jika tidak mengaplikasikan lapisan primernya terlebih dahulu, permukaan besi akan lebih mudah berkarat karena cat yang diaplikasikan mudah mengelupas.

2. Pilih cat yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan

Tidak semua jenis cat mampu memberikan kualitas terbaik dan aman untuk digunakan. Sementara penggunaan cat besi memiliki kaitan yang erat dengan kondisi kesehatan manusia. Ada pengaruh nyata yang besar dan dapat mempengaruhi kesehatan manusia jika Anda menggunakan cat yang asal-asalan.

Cat dengan bau menyengat yang biasanya digunakan untuk melapisi besi maupun kayu adalah cat yang berbahaya. Bau tersebut dapat bertahan dalam waktu lama dan membahayakan siapa saja yang menghirupnya. Biasanya ditemukan saat menggunakan jenis cat lateks maupun cat solvent.

Gangguan pernapasan hingga gangguan kerusakan organ tubuh lainnya dapat terjadi dengan mudah. Untuk menghindarinya, gunakan produk-produk yang lebih aman dan ramah lingkungan. Seperti cat water based.

3. Pastikan pilih cat besi dengan perlindungan terbaik yang dilengkapi bahan antikarat

Besi berkarat karena tidak dilapisi cat antikarat

Yang sering menjadi musuh utama pada penggunaan besi sebagai bahan baku pembuatan berbagai produk adalah kemunculan karat. Sehingga sebaiknya, pilih cat untuk melapisi besi yang juga dilengkapi dengan bahan anti karat.

Mencegah dan melapisi besi dengan bahan anti karat menjadi hal yang lebih penting untuk dilakukan daripada harus menyaksikan mebel besi kesayangan Anda rusak karena korosi.

4. Pilih cat dengan bahan antijamur dan tahan dengan berbagai pengaruh cuaca

Karat bukanlah satu-satunya masalah yang kerap dihadapi dan harus diperhatikan saat memilih bahan finishing untuk besi. Karena Sebagian besar mebel besi digunakan pada area outdoor, maka pengaruh dari kondisi lingkungan tentu mampu memberikan dampak langsung.

Resiko kemunculan jamur juga dapat timbul kapan saja dan merusak kondisi mebel. Untuk itu, pilihlah cat yang juga mampu melindungi mebel besi kesayangan Anda dari jamur serta tidak mudah terpengaruh kondisi cuaca.

5. Pilihan warna yang beragam

Meski bukan material alami seperti kayu, penggunaan besi sebagai furniture juga harus dilapisi dengan pilihan warna terbaik. Cat yang digunakan pada mebel dengan material besi sebaiknya memiliki berbagai pilihan warna menarik.

Sehingga Anda dapat memilih untuk mengaplikasikan warna-warna terbaik pada furniture besi kesayangan Anda. Hasil dari finishing mebel juga akan lebih menarik dengan pilihan warna yang lebih beragam dan selaras dengan konsep rumah.

Setelah mengetahui berbagai kriteria bahan pelapis besi yang sebaiknya digunakan, Anda harus lebih cermat dalam memilih produk yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemakaian bahan finishing berkualitas, Anda dapat menggunakan cat besi dengan perlindungan terbaik dari Orchid Enamel Paint.

Produk cat Orchid sudah memenuhi seluruh kriteria yang disebutkan sehingga hasil pemakaiannya akan tetap menarik sekaligus melindungi media dengan baik.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi dengan Perlindungan Terbaik Orchid Enamel Paint?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melaui kontak Whatsaap di website ini, atau, melalui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Advertisement

POPULER