Home Blog

Gunakan 8 Warna Ini untuk Kursi Makan Minimalis, Ruangan Akan Lebih Elegan!

Set kursi dan meja makan minimalis warna putih. Sumber: Tokopedia

Kali ini, kita akan membahas rekomendasi 8 warna kursi makan minimalis yang bisa digunakan untuk membuat ruangan tampak lebih elegan.

Pemilihan warna kursi makan minimalis yang tepat tentu dapat berpengaruh pada suasana ruangan. Entah tampak semakin elegan atau bahkan tampak terasa berbeda.

Apalagi, jika ruangan tersebut punya luas lahan yang terbatas. Berikut adalah pembahasan selengkapnya mengenai rekomendasi warna untuk kursi makan minimalis, simak di sini.

Pentingnya Memilih Warna Kursi Minimalis yang Tepat

Meja dan kursi minimalis. Sumber: Fimela

Pemilihan jenis furniture pada ruang makan adalah salah satu bagian penting. Terlebih, jika ruang makan di rumahmu ternyata memiliki luas yang terbatas.

Bukan hanya dilihat dari segi desain, pemilihan warna dari furniture yang digunakan seperti meja dan kursi makan minimalis juga penting untuk diperhatikan.

Karena warna furniture yang digunakan pada ruangan akan mampu memberikan pengaruh terhadap suasana yang akan diciptakan dari penggunaannya.

Pilihan warna pada kursi minimalis untuk dining room dapat memberi kesan ceria dan menyenangkan.

Selain itu, ada pula pilihan warna yang justru menghadirkan kesan kurang menyenangkan. Jangan sampai salah pilih warna ya!

Rekomendasi 8 Warna Kursi Makan Minimalis

Lantas, apa saja warna kursi makan minimalis yang sebaiknya digunakan? Berikut adalah 8 rekomendasi warna kursi makan minimalis yang bisa digunakan.

1. Warna Putih

Set kursi dan meja makan minimalis warna putih. Sumber: Tokopedia

Putih merupakan warna yang identik dengan kesan minimalis, begitu pula dengan desain minimalis. Selain minimalis, putih juga termasuk warna yang erat kaitannya dengan suasana ceria.

Warna putih juga termasuk warna yang netral. Dengan semua kriteria yang dimilikinya, putih merupakan warna yang cocok digunakan untuk mewarnai kursi pada dining room.

Khususnya, untuk kamu yang mempunyai hunian dengan tema interior dengan kesan colorful.

2. Kursi Makan Minimalis Warna Hijau

Kursi makan warna hijau. Sumber: Ruparupa

Identik dengan kesan asri dan sejuk, hijau juga termasuk warna yang dapat membawa kesan elegan. Hijau memang identik dengan kesan segar, sehingga warna ini akan sesuai jika dipadukan dengan berbagai dekorasi.

Pilihan berbagai jenis perabotan juga bisa digunakan jika kamu menerapkan warna ini. Misalnya, dengan menambahkan karpet abu-abu untuk digunakan pada dining room.

3. Rekomendasi Warna Biru untuk Kursi Makan Minimalis Modern

Kursi makan warna biru. Sumber: Dekoruma

Untuk kamu yang ingin mengedepankan kesan minimalis modern, pemilihan warna yang terang harus jadi andalan. Untuk mendapatkannya, warna biru bisa jadi alternatif yang tepat.

Menerapkan warna biru bisa membuat tampilannya semakin menarik. Padukan kursi warna biru dengan meja makan yang dilapisi dengan warna putih.

Jangan lupa tambahkan karpet dengan warna coklat muda untuk mempercantik tampilan ruang makan.

4. Kursi Makan Terang dengan Warna Pastel

Memilih Cat Kayu dan Besi
Pilihan warna pastel untuk kursi

Warna pastel pasti menjadi warna kesukaan banyak orang, apakah kamu juga? Tampilan warna-warna pastel yang menarik juga bisa jadi pilihan untuk diaplikasikan pada kursi di ruang makan minimalis.

Pilihan warna dengan tone pastel seperti warna biru muda dan pink muda bisa membuat tampilan ruang makan tampak lebih terang dan lebih ceria.

Untuk kamu yang mengaplikasikan konsep Scandinavian pada rumah, pilihan warna ini juga cocok untuk digunakan.

5. Konsep Klasik dengan Warna Krem

Set kursi dan meja makan cream. Sumber: IKEA

Bagi kamu yang suka dengan konsep klasik yang tampak elegan, pilihan warna krem sepertinya cocok untuk digunakan.

Pilihlah kursi makan yang terbuat dari kayu lalu lapisi dengan cat warna krem untuk digunakan pada ruang makan.

Tampilan elegan dan klasik akan lebih tampak jika kamu mampu memadukannya dengan meja makanyang berwarna senada.

6. Kursi Warna Merah

Kursi makan merah. Sumber: Shopee

Merah memang lebih identik dengan tampilan mencolok. Tapi siapa sangka jika ternyata warna merah juga dapat membuat ruangan tampak elegan?

Tampilan ruang makan akan semakin menonjol kesan estetikanya jika menggunakan kursi makan berwarna merah. Kamu bisa menggunakan kursi berbahan suede untuk pilihan warna ini.

7. Warna Abu-Abu dengan Tampilan Tetap Elegan

Kursi makan warna abu-abu. Sumber: Raja Furniture

Penggunaan warna abu-abu untuk konsep minimalis tentu bukanlah hal baru. Tapi tahukah kamu jika menggunakan warna abu-abu juga dapat membuat ruang makan tampak elegan?

Kamu bisa menerapkan warna abu-abu pada kursi makan. Dengan warna ini, perpaduan berbagai furniture lainnya akan lebih mudah.

Kamu juga bisa menggunakan karpet sebagai aksen tambahan untuk membuat suasana ruang makan tampak lebih menarik dan tampak senada. Menarik, bukan?

8. Klasik Minimalis Warna Coklat

Kursi makan coklat. Sumber: Jepara Store

Yang terakhir tentunya sudah cukup banyak digunakan dan masih terus banyak dipilih. Yaitu penggunaan warna coklat untuk set dining table yang membuatnya semakin tampak minimalis.

Suasana ruang makan akan lebih hangat dengan penggunaan kursi yang dilapisi warna coklat. Kesan klasik juga akan terpancar dari penggunaannya. Tentunya, ruangan juga akan tampak lebih elegan.

Itulah rekomendasi 8 warna kursi makan minimalis yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat!

Aneka Perabotan Rumah Minimalis dari Material Besi dan Logam

konsep penataan perabot rumah minimalis
perabot hunian minimalis

Bagi pemilik hunian dengan konsep minimalis, penggunaan perabotan rumah minimalis yang berbahan dasar besi cukup digemari. Konsep minimalis modern pada hunian banyak memanfaatkan material besi, stainless dan sejenisnya.

Hal tersebut menjadi usaha untuk meminimalisir penggunaan kayu. Pilihan berbagai furniture rumah dari bahan besi dianggap menjadi terobosan baru. Hal tersebut juga membuat konsep hunian semakin sesuai dengan era modern.

Pentingnya Menyesuaikan Pilihan Furniture dengan Konsep Hunian

perabot hunian minimalis

Rumah dengan konsep struktur dan desain yang mengedepankan aspek fungsional tentunya hal yang mendasar dan sudah wajib dilakukan. Namun apakah hal tersebut juga terjadi untuk aspek estetika? Sayangnya, tidak semua hunian mementingkannya.

Perkembangan informasi dan teknologi membuat sisi estetika menjadi hal yang tak kalah penting. Berbagai hal yang berkaitan dengan struktural bangunan saat ini sudah banyak dikaitkan dengan tampilan.

Begitu pula saat melakukan pemilihan furniture yang akan digunakan pada hunian.  Selain harus tetap memberikan peran secara fungsional dengan optimal, diharapkan adanya perabotan rumah juga mampu mengakomodasi estetika.

Memilih bentuk furniture yang lebih menarik namun dengan peran fungsional menjadi pilihan yang tepat. Begitu pula dengan penerapan konsep minimalis pada hunian yang marak dilakukan.

Penyesuaian antara penggunaan perabotan dengan desain yang diterapkan tentu menjadi salah satu andil besar untuk hunian nyaman. Terutama pada hunian dengan penerapan konsep desain minimalis modern.

Hunian dengan konsep ini mengedepankan efektifitas untuk membuat penghuni rumah lebih nyaman dalam beraktivitas. Hal tersebut juga dilakukan tanpa menghilangkan sisi estetika dan tentunya kesederhanaan dalam hunian minimalis.

Dalam penggunaan furniturenya, penerapan konsep sederhana pada hunian menjadi ciri khasnya. Less is more menjadi ideologi yang dianut oleh para pemilik hunian minimalis modern. Besi menjadi pilihan material serbaguna yang banyak digunakan pada rumah berdesain minimalis.

Berbeda dengan penggunaan perabot kayu yang memiliki bobot lebih berat dan bentuk  yang pada umumnya lebih kaku. Furniture dari besi dianggap lebih cocok digunakan karena lebih fleksibel dalam proses pembuatan, penggunaan maupun perawatannya.

Bentuknya juga lebih sesuai karena tidak ada ukiran rumit seperti yang biasanya terdapat pada mebel besi.

Perabotan Rumah Minimalis dari Material Besi

Besi dianggap sebagai material yang fleksibel dan simple yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu pengolahannya sebagai mebel dengan berbagai bentuk yang menarik dan ukuran beragam telah membuktikannya.

Pemakaian dan penyimpanan mebel dari material besi juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Memiliki daya tahan lebih lama dan harganya terjangkau juga menjadi sisi keunggulannya. Ada berbagai jenis perbotan rumah minimalis dari material besi yang dapat Anda gunakan, di antaranya:

1.  Meja dan Kursi

meja kursi besi

Jenis perabotan ini tentu selalu ada dan sangat dibutuhkan di setiap rumah. Anda tidak mungkin tidak membutuhkan keduanya. Dengan desain yang sederhana namun tetap kokoh saat digunakan dan fleksibel untuk dipakai di berbagai bagian rumah. Baik meja maupun kursi dari material besi menjadi furniture yang sebaiknya ada di rumah Anda.

Keduanya tentu harus dipilih dengan baik agar Anda dapat menggunakan jenis perabot besi yang tahan lama untuk digunakan. Secara umum, syarat perabot yang baik untuk digunakan tentu layak untuk menjadi pilihan.

Pemakaian meja dan kursi besi dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan Anda di rumah. Kedua perabot tersebut memiliki tampilan minimalis yang erat dengan kesederhanaan dan tidak berlebihan. Namun pemakaiannya tetaplah harus nyaman.

2.  Rak Besi untuk Menyimpan Barang

rak besi serbaguna 4 susun

Area penyimpanan juga tak luput dari penggunaan perabot dengan bahan baku besi. Untuk menyimpan berbagai barang agar lebih rapih, pemakaian rak besi untuk menyimpan barang juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Jenis besi siku dapat menjadi pilihan bahan yang cocok untuk digunakan dalam pembuatan rak. Besi tersebut bukan hanya kokoh, tetapi juga dapat membentuk sudut sehingga pemakaiannya layak digunakan untuk menyimpan berbagai barang dan peralatan yang ada di rumah.

Keberadaan rak penyimpanan barang ini menjadi hal yang penting dan layak untuk ada di rumah. Karena Anda dapat lebih mudah pula saat menyimpan berbagai benda yang fungsional untuk digunakan.

3.  Lemari Perabotan Rumah Minimalis dari Besi

lemari besi

Penggunaan material besi pada furniture juga sering dilakukan untuk pembuatan lemari. Tentunya lemari menjadi salah satu jenis perabot rumah yang wajib ada. Terutama jenis lemari pakaian yang pasti sangat dibutuhkan.

Esensialnya penggunaan lemari seringkali terhalang penggunaannya akibat kerusakan dari serangan hama. Berbeda dengan kayu, besi tentu merupakan material anti rayap yang lebih awet. Kerusakan pemakaian lemari kayu juga dapat terjadi jika terkena api, yang beresiko menyebabkan kebakaran hingga lemari tidak dapat digunakan kembali.

Berbagai resiko kerusakan tersebut dapat lebih diminimalisir jika Anda menggunakan lemari berbahan dasar besi. Lemari besi akan lebih tahan terhadap serangan hama dan tahan api, sehingga akan lebih awet untuk digunakan.

4.  Kitchen Set

Perabotan rumah minimalis dari material besi yang bisa Anda pilih dan gunakan di rumah adalah kitchen set. Tampilan dapur rumah minimalis modern akan semakin menarik dan tetap tertata dengan baik jika Anda dapat menggunakan kitchen set dari material besi.

Besi dapat dibentuk menjadi berbagai kitchen set minimalis dengan tampilan sederhana namun tetap menarik. Fungsinya juga dapat diandalkan secara optimal untuk digunakan sebagai perabotan rumah tempat Anda menyimpan berbagai gelas, piring, dan sejenisnya untuk digunakan sehari-hari.

Untuk mempercantik tampilan perabot rumah minimalis, Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel Paint. Produk cat kayu dan besi water based yang sudah jelas kualitas dan keamanannya. Anda dapat membeli produk ini dengan mudah, melalui cara di bawah ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami di sini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

6 Perabot Serbaguna yang Cocok Dipakai untuk Partisi Ruangan Minimalis

Lemari Pajangan Kaca Kayu Minimalis Putih. Sumber: Sarana Mulya

Menggunakan perabot serbaguna untuk partisi ruangan merupakan salah satu solusi untuk hunian minimalis. Karena sebenarnya, rumah yang ukurannya kecil tidak selalu berarti sempit.

Sebagai pemilik dan pengguna hunian, kita tentu dapat berkreasi untuk membuat ruangan-ruangan di rumah terasa lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan menyatukan dua ruangan menjadi satu.

Untuk mewujudkannya, kita dapat menata perabot serbaguna sebagai partisi ruangan minimalis yang bisa diandalkan. Terlebih, penggunaan perabot serbaguna juga dapat membantu menghemat pengeluaran.

Baca Juga : Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Jenis Perabot Serbaguna untuk Partisi Ruangan Minimalis

Partisi ruangan. Sumber: Tokopedia

Penggunaan perabot serbaguna memiliki model atau desain yang multifungsi sehingga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Contohnya, dapat digunakan untuk menjadi tempat duduk sekaligus sebagai kabinet penyimpanan. Sangat menarik sekaligus bermanfaat, bukan?

Lantas, apa saja jenis perabit serbaguna yang bisa digunakan sebagai partisi ruangan pada hunian minimalis? Berikut ini beberapa contohnya.

Baca Juga : Jenis-jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

1.      Perabot serbaguna sofa bed dengan ruang penyimpanan

Sofa bed. Sumber: dekoruma

Menggunakan sofa bed yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan pada bagian bawahnya dapat bermanfaat sebagai partisi ruangan.

Pengguna perabot ini bisa digunakan pada area ruang makan dan juga ruang keluarga. Selain itu, kamu juga bisa memakai jenis sofa bed multifungsi yang mempunyai 3 fungsi.

Yaitu untuk menjadi tempat duduk, tempat tidur, hingga tempat untuk menyimpan berbagai perlengkapan rumah.

Dengan penggunaan perabotan serbaguna ini ruangan sempit dan minimalis di rumahmu akan lebih rapi sekaligus tampak luas.

Baca Juga : Peluang Bisnis Kerajinan Eceng Gondok Berskala Ekspor, Begini Caranya!

2.      Rak Kayu Minimalis yang serbaguna

Rak kayu minimalis serbaguna warna putih. Sumber: Alibaba

Bukan hanya area penyimpanan, rak kayu minimalis juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan. Tampilan dari kedua ruangan akan lebih cantik dan menarik melalui penggunaan rak ini.

Tampilan minimalis modern dari rak kayu akan jadi partisi ruangan yang unik dan menarik. Untuk menambah kesan unik, pilih desain atau pola rak yang tidak kalah unik.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menyimpan berbagai buku maupun vas bunga dan sebagainya.

Baca Juga : Beragam Kerajinan dari Rotan yang Unik dan Menarik

3.      Rak Buku Serbaguna

Rak buku serbaguna untuk partisi ruangan. Sumber: Tokopedia

Bukan hanya rak kayu minimalis yang bisa menjadi pilihan perabot sebagai partisi ruangan. Rak buku serbaguna juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk menyekat ruangan.

Untuk memakainya, kamu bukan hanya bisa menyimpan buku tetapi juga berbagai benda lainnya. Seperti hiasan, tanaman hias, maupun aneka jenis pajangan lainnya.

Jika memilih untuk menggunakan rak buku serbaguna, sebaiknya pilih rak yang bentuknya fleksibel.

Baca Juga : Pilihan Kayu Terbaik untuk Furniture yang Berkualitas

Sehingga bisa digunakan sebagai area sekat ruangan sekaligus rak sudut karena dapat membentuk huruf L.

Namun pada prakteknya, berbagai desain rak buku juga digunakan. Seperti yang ditampilkan pada gambar adalah desain rak buku dinding.

4.      Lemari Pajangan dari Bahan Kaca

Lemari Pajangan Kaca Kayu Minimalis Putih. Sumber: Sarana Mulya

Punya banyak barang koleksi yang menarik? Untuk kamu para kolektor benda-benada unik seperti piring, guci, vas, action figure Marvel, mobil-mobilan dan semacamnya.

Berbagai hobi dan barang koleksi ini bisa jadi ide menarik untuk menggunakan perabot serbaguna sebagai partisi ruangan.

Baca Juga : Keunggulan dan Kelemahan Pintu Besi, Ketahui Sebelum Memakainya

Gunakanlah lemari pajangan berbahan dasar kaca untuk memajang koleksimu sekaligus menjadikannya sebagai sekat. Lemari ini akan jadi partisi ruangan yang menarik.

Simpan lemari tersebut pada batas antara kedua ruangan agar dapat menjadi sekat atau partisi ruangan. Dengan demikian, maka rumahmu akan terasa lebih luas.

Namun tetap dapat menggambarkan kepribadianmu melalui barang-barang koleksi yang ditampilkan.

Baca Juga : Rekomendasi Warna Cat Tiang Teras Rumah agar Tampilan Hunian Jadi Lebih Estetik dan Menarik

5.      Lemari TV

Lemari TV. Sumber: Picky Best

Pemakaian perabot serbaguna yang satu lagi adalah lemari TV. Lemari ini juga bisa berfungsi sebagai penyekat antara ruang keluarga dengan area dapur.

Dengan pemakaiannya, maka suasana memasak akan semakin menyenangkan karena dapat dilakukan sambil bercengkrama dengan anggota keluarga lain yang sedang berkumpul di ruang TV.

Jika ingin menggunakan jenis mebel ini untuk partisi ruangan sebaiknya pilih mebel dari bahan kayu agar lebih fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai warna perabot lainnya di dalam rumah.

Baca Juga : Mengenal Eceng Gondok, Gulma yang Jadi Bahan Kerajinan Berkualitas

6.      Meja Dapur

Desain Meja Dapur Minimalis. Sumber: Leo Furniture

Jangan lupakan area dapur dan perabotnya yang juga bisa jadi pilihan sebagai partisi ruangan serbaguna. Apalagi untuk kamu yang ingin menyatukan ruang makan dengan dapur.

Pakailah meja dapur sebagai furniture serbaguna yang punya tampilan minimalis namun tetap menarik. Sekat ruangan dengan meja dapur tentunya juga tetap multifungsi. Karena bisa dipakai pula sebagai meja makan.

Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli jenis meja lainnya di tiap-tiap ruangan. Karena akan memenuhi ruangan dan buat suasana rumah jadi lebih sumpek.

Baca Juga : 15 Karakter Pintu Baja, Apakah Lebih Unggul Jika Dibandingkan Pintu Kayu?

Demikian beberapa rekomendasi perabot serbaguna yang dapat kamu gunakan sebagai partisi atau sekat antar ruangan pada rumahmu. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat!

Mengatasi Kerusakan dengan Mengecat Ulang Pagar Besi

memilih warna pagar besi
warna hitam menjadi pilihan warna pagar besi yang netral dan mewah

Mengecat ulang pagar besi dapat menjadi cara mengatasi kerusakan yang dialami oleh pagar. Lapisan cat yang mengelupas, munculnya karat, tampilannya tidak menarik karena warna pudar, semuanya dapat diatasi dengan melakukan refinishing.

Pagar logam tua dan logam eksterior lainnya membutuhkan perawatan dan perhatian rutin untuk mencegahnya dari kerusakan. Jadi, penting untuk memahami tanda-tanda kerusakan dan tindakan apa yang harus diambil untuk mengatasinya secara tepat.

Permasalahan yang Kerap Terjadi pada Pagar Besi

Pagar besi hitam untuk rumah.

Pagar logam tua, gerbang dan logam eksterior lainnya adalah fitur arsitektur penting yang juga memiliki tujuan praktis. Banyak pagar dan gerbang besi asli yang kemudian dicat, sedangkan yang lainnya dibiarkan dalam keadaan alami untuk memamerkan keindahan logam.

Dalam pemakaiannya, baik untuk pagar maupun gerbang, seringkali ditemukan berbagai masalah. Di antaranya yaitu:

  • Lapisan cat yang rusak
  • Cat yang mengelupas dan berubah warna
  • Terjadinya korosi dan menyebabkan sambungan antar sendi mebel menjadi rusak
  • Adanya bagian yang rusak atau hilang
  • Tingginya kelembaban atau kotoran yang terlalu banyak
  • Tumbuhnya lumut atau tanaman pada permukaan pagar maupun gerbang
  • Pewarnaan karat pada render, batu dan permukaan lain yang bersentuhan dengan besi, termasuk pilar dan alas
  • Retak ke batu maupun tembok di mana pagar besi terpasang
  • Gerbang yang mencicit, mengikat, atau kendur

Cari tahu cara memperbaiki, membersihkan dan mengecat ulang pagar dan logam lainnya untuk mempertahankan kualitasnya. Pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan dengan cara melakukan pemeliharaan rumah minimal dalam skala tahunan untuk mengantisipasi masalah sebelum muncul.

Segera membersihkan lumut yang tumbuh pada pagar, yang berpotensi merusak. Anda juga harus mampu mengatasi korosi dan melakukan pengecatan ulang pada bagian cat yang terkelupas. Sehingga dapat menghindari masalah di kemudian hari.

Jika masih ada kerusakan, segeralah untuk memperbaikinya agar biaya perbaikan yang dikeluarkan juga lebih murah.

Cara Membersihkan dan Mengecat Ulang Pagar Besi

Cat Outdoor untuk Pagar besi

Finishing besi secara teratur seperti pada pagar dan gerbang sangat penting untuk dilakukan. Pengaplikasian cat dapat menghindari terbentuknya karat dan pembusukan yang disebabkan oleh udara dan air.

Persiapan kondisi media yang baik sangat penting, pastikan pagar besi sudah dalam keadaan kering dan siap untuk di cat kembali. Jangan lupa untuk menghilangkan seluruh lapisan cat dan karat yang ada pada permukaan pagar terlebih dahulu.

Untuk melakukan pengecatan ulang pada pagar besi, Anda akan membutuhkan:

  • Sikat baja
  • Pengikis
  • Kertas amplas
  • Sabun
  • Gula
  • Kain
  • Selotip
  • Koran,
  • Lembaran besar kardus
  • Cat logam atau gloss (produk yang kami rekomendasikan untuk digunakan adalah Orchid Enamel Paint)
  • Gunakan alat pelindung diri berupa bantalan lutut, kacamata, masker debu, dan sarung tangan kerja.

1.  Bersihkan Lapisan Cat Sebelumnya yang Sudah Mengelupas

memilih warna pagar besi

Gunakan sikat baja untuk menyingkirkan semua lapisan cat sebelumnya yang telah mengelupas. Hal ini penting untuk dilakukan agar lapisan cat baru tidak terikat dengan cat yang sudah ada sebelumnya.

Anda juga dapat melakukan tahap ini dengan menggunakan kertas amplas atau sikat besi. Amplas seluruh permukaan media dengan benar untuk membuat seluruh lapisan cat sebelumnya terkelupas.

Proses ini juga dapat membantu melindungi logam untuk dibersihkan dari karat. Anda juga dapat menyikat alga yang muncul pada permukaan pagar besi. Lakukan perawatan dengan menggunakan larutan sterilisasi, lalu biarkan selama 24 jam kemudian bilas.

2.  Bersihkan Lumut dan Gulma yang Muncul

Periksa bagian bawah pagar besi rumah Anda, jangan lupa untuk mengikis lumut dan membersihkan gulma yang muncul dan tumbuh di sana. Kadang-kadang ada celah antara alas bata dan bar di bagian bawah di mana puing-puing dapat dikumpulkan.

Hal ini menjadi perangkap kelembaban yang mendorong korosi untuk muncul karena logam dalam kondisi tersebut tidak pernah memiliki kesempatan untuk mengering. Periksa dengan teliti dan jika menemukannya, segera bersihkan dengan scraper.

3. Bersihkan dari Minyak serta Kotoran Sebelum Mengecat Ulang Pagar Besi

Dengan mengenakan sarung tangan dan menggunakan kain bersih, cuci pagar rumah Anda secara menyeluru. Cuci dengan menggunakan larutan sabun dan gula yang dilarutkan dalam air panas.

Penggunaan larutan ini akan menyingkirkan semua kotoran bahkan endapan dari berminyak juga. Setelah pagar benar-benar bersih, gunakan kain baru dan bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

4.  Lindungi Tanaman Sekitar Pagar dari Percikan Cat

Gunakan beberapa lembar besar karton untuk menopang bagian belakang pagar agar dapat melindungi tanaman dari percikan cat. Pengaplikasian cat biasanya akan menimbulkan percikan ke sekitarnya.

Dalam hal ini, melindungi tanaman dari kegiatan mengecat ulang pagar besi merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan.

5.  Siapkan Cat yang akan Digunakan dan Lakukan Uji Aplikasi

Setelah memastikan seluruh persiapan telah dilakukan, selanjutnya siapkan pula cat yang akan diaplikasikan. Larutkan cat Orchid Enamel Paint menggunakan air bersih dengan takaran 2 bahan : 1 air. Lalu aduk hingga merata dan jadi larutan homogen.

Kemudian, untuk memastikan konsistensi dan mengetahui hasil dari pengapliaksian cat tersebut, lakukanlah uji coba. Anda dapat melakukan uji aplikasi pada sebagian kecil pagar besi tersebut ataupun menggunakan media lainnya.

6.  Aplikasikan Cat dan Tunggu Kering

Jika hasil uji coba sudah sesuai harapan, Anda dapat langsung melakukan pengecatan. Aplikasikan cat dengan kuas maupun spray gun untuk melapisi pagar besi dengan cat Orchid. Aplikasikan secara merata lalu tunggu hingga mongering.

Lakukan pengamplasan secara ambang kemudian lapisi kembali pagar dengan cat Orchid. Tahap akhir, tunggu lapisan cat enamel ini mongering dengan sendirinya. Lalu pagar besi siap digunakan dengan tampilan yang lebih menarik.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengecat ulang pagar besi beserta permasalahan yang kerap dihadapi.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat untuk Mengecat Ulang Pagar Besi?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami di sini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Pilihan Jenis Cat Terbaik untuk Material Logam yang Anti-karat

Temukan jenis cat terbaik untuk logam yang bisa Anda gunakan baik pada kebutuhan di area indoor maupun outdoor. Dengan penggunaan jenis cat yang sesuai, kebutuhan pengecatan juga dapat dilakukan dengan lebih optimal.

Selain itu, hasil dari pengaplikasian cat juga akan meminimalisir kerusakan dari pemakaian furniture tersebut.

Mengatasi Masalah pada Furniture Logam dengan Pengecatan yang Tepat

furniture logam yang difinishing dengan cat khusus material besi dan logam

Kursi teras logam mulai terlihat agak lecet dan berkarat, bisakah membuatnya tampak baru dan memberikan hasil lebih baik? Tentu saja bisa, tapi apakah bisa pengecatan pada mebel logam tersebut dilakukan dengan menggunakan beberapa sisa cat eksterior yang Anda miliki dari sebuah proyek?

Logam merupakan salah satu material yang sulit untuk dicat karena permukaannya yang licin dan halus. Seringkali, bahan ini langsung digunakan tanpa dilapisi dengan cat.

Saat menyiapkan logam untuk dilapisi dengan cat, Anda harus terlebih dahulu membersihkannya dengan sabun dan air. Anda harus menghilangkan karat yang mungkin ada di permukaannya dengan menggunakan sikat kawat.

Jangan lupa untuk mengamplasnya secara ambang dengan kertas amplas aluminium oxide secara halus. Pastikan kondisinya benar-benar prima untuk dicat kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan sukses melakukan pengecatan dengan penggunaan jenis cat logam khusus atau cat multi-permukaan berlabel untuk digunakan pada logam. Cat yang sering diaplikasikan pada logam dijual dalam basis yang berbeda, ada yang berbasis minyak ada pula yang berbasis air.

Wadah dari cat tersebut juga berbeda-beda, ada yang menggunakan kaleng biasa, namun ada pula yang menggunakan botol semprot. Cat tersebut mengandung formula khusus yang digunakan untuk mencegah karat atau menangani panas yang ekstrem.

Jadi, pastikan Anda mendapat informasi sebanyak mungkin untuk mengetahui pilihan cat yang tepat. Setidaknya, ketahui terlebih dahulu bagaimana jika material logam dilapisi dengan cat minyak dan bagaimana pula jika dilapisi dengan cat air? Cari tahu apakah jenis cat terbaik untuk logam secara teliti.

Gunakan Cat dengan Kriteria Ini untuk Melapisi Bahan Logam

Agar dapat menemukan jenis cat terbaik untuk logam, pastikan cat tersebut telah masuk dalam kriteria di bawah ini.

1.  Mudah untuk diaplikasikan, dapat disemprot

Sebagai cat yang akan diaplikasikan pada bahan logam, kemudahan pengaplikasian tentu menjadi hal penting. Mengingat bahan ini juga cukup sulit untuk dilapisi cat, maka proses pengaplikasian cat juga harus benar-benar fleksibel.

Pilihlah cat yang dapat disemprot dengan mudah dan pengecatan tersebut mampu mencakup seluruh permukaan media. Cat semprot dapat menutupi permukaan logam dengan lebih mudah. Dan pemakaian catnya juga lebih sedikit daripada proses pengecatan dengan kuas.

Melalui cara ini, Anda juga dapat menghindari noda bekas penguasan yang sulit dihilangkan.

2.  Pilih jenis cat terbaik untuk logam yang tahan karat

Karat dapat terbentuk pada logam apa pun yang terbuat dari paduan besi atau besi utuh seperti baja dengan paparan udara dan kondisi lembab yang berkepanjangan.

Jika Anda berencana untuk melapisi furnitur atau dekorasi luar ruangan berbahan logam, atau fitur interior yang secara teratur bersentuhan dengan air atau kelembaban. Maka carilah cat yang dirancang untuk menahan karat. Hal ini dapat membantu menjaga tampilan dan integritas logam tetap terjaga dengan baik.

Cat Berbasis Minyak yang Tahan Lama Digunakan, Apakah Tepat untuk Dipilih?

cat minyak roll

Pilih cat berbasis minyak jika Anda akan mengecat permukaan logam untuk area luar ruangan. Seperti untuk pengecatan pagar, furnitur teras, atau panggangan di halaman belakang. Bisa juga diaplikasikan pada barang-barang dalam ruangan yang banyak digunakan seperti lemari dapur dan bingkai jendela.

Umumnya, cat ini diformulasikan dengan pigmen, alkyds (resin sintetis) atau minyak nabati, dan pelarut (yang memancarkan bau menyengat selama aplikasi). Namun penggunaan cat minyak bagaimanapun juga lebih rentan terhadap retakan atau chipping.

Penggunaannya juga cenderung memudar dari waktu ke waktu. Jadi, pastikan Anda telah mempertimbangkan pemakaian produk ini dengan optimal secara keseluruhan. Anda akan mendapat hasil akhir yang lebih seragam jika saat Anda pertama kali melakukan pengecatan juga menggunakan primer berbasis minyak.

Namun, Anda juga dapat mengaplikasikan cat minyak secara langsung ke material logam karena tidak mengandung air, dan karena itu tidak ada risiko karat.

Melewatkan primer dapat menghemat waktu Anda pada proses pengecatan. Tetapi Anda masih harus menunggu sedikit lebih lama untuk cat ini mengering saat disentuh. Biasanya dapat memakan waktu sekitar enam hingga delapan jam.

Cat Water Based, Pilihan Jenis Cat Terbaik untuk Logam

orchid enamel paint cat water based berkualitas

Anda dapat menggunakan jenis car berbasis air untuk mengecat permukaan logam dalam ruangan yang ringan hingga yang cukup sering digunakan. Seperti sconce dinding, bingkai tempat tidur, atau meja di kamar tamu.

Cat yang berbasis air memiliki harga lebih terjangkau dengan waktu pengeringan lebih cepat daripada cat minyak. Jenis cat ini terbuat dari pigmen, resin akrilik, dan air. Dalam pemakaiannya, cat ini dapat menghasilkan sedikit bau bahkan hampir tidak ada.

Waktu pengeringannya hanya membutuhkan satu hingga dua jam untuk kering sentuh. Cat ini juga lebih tahan terhadap retak, chipping, dan warnanya tidak mudah memudar. Namun, sebagian jenis cat water based memang lebih rentan terhadap penyok, noda, dan lecet.

Cat akrilik water based juga memiliki kandungan bahan organik yang lebih sedikit daripada cat minyak. Sehingga kecil kemungkinannya untuk membentuk jamur pada permukaan media. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk area rawan kelembaban seperti dapur dan pemandian.

Tentunya, ada jenis cat water based yang bisa Anda gunakan untuk mengecat logam dengan kualitas lebih baik. Kami merekomendasikan produk Orchid Enamel Paint untuk kebutuhan ini. Karena produk Orchid Enamel Paint memiliki fitur unggulan yang mampu memudahkan kebutuhan pengecatan logam.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Orchid Enamel Paint untuk Logam?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami di sini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Meja sudut multifungsi. Sumber: Tokopedia

Bukan hanya untuk bersantai, ruang keluarga juga merupakan tempat yang cocok untuk menjadi tempat berkumpul bersama dengan seluruh anggota keluarga. Salah satunya dengan menggunakan furniture minimalis meski ruang keluarga kita berukuran sempit.

Penggunaan furniture minimalis bisa membuat ruangan tampak lebih estetik dan nyaman meski ruangan tampak lebih nyaman.

Sumber: YouTube Bio Paint

Lalu, Apa Saja Furniture Minimalis yang Cocok Digunakan untuk Ruang Keluarga Sempit?

ruangan sempit dengan desain skandinavian yang menarik

Menciptakan suasana ruang keluarga yang lebih nyaman sudah merupakan suatu keharusan, bagaimana pun kondisinya. Termasuk dengan adanya keterbatasan misalnya ukuran ruangan yang sempit.

Keterbatasan termasuk ukuran ruangan keluarga yang sempit sering kali menjadi kendala tersendiri. Terlebih bagi kamu yang ingin memperindah ruangan dengan furniture minimalis.

Padahal, sudah begitu banyak furniture minimalis yang dapat digunakan pada ruangan sempit, termasuk ruang keluarga.

Karena walaupun terlihat sederhana, seluruh perabotan minimalis itu tetap bisa digunakan secara fungsional demi membuat ruang keluarga tampak lebih cantik.

Jika kamu juga mempunyai ruang keluarga yang berukuran sempit, sebaiknya gunakan 4 rekomendasi furniture minimalis berikut ini:

1. Furniture Minimalis Sofa Warna Terang untuk Ruang Keluarga Sempit

sofa minimalis untuk ruang keluarga

Sofa dengan warna yang terang dapat menjadi tempat duduk yang nyaman di ruang keluarga. Terlebih dengan fungsi lainnya untuk memperindah tampilan dekorasi ruangan.

Untuk ruangan yang berukuran sempit, sebaiknya gunakan sofa dengan warna terang agar dapat membuat ruangan tampak lebih cerah dan luas.

Idealnya, sebuah sofa minimalis mempunyai ukuran panjang sekitar 145-150 cm. Tapi, kamu juga bisa menyesuaikan ukurannya agar sesuai dengan luas ruang keluarga supaya tidak terlihat sempit.

Untuk membuatnya menjadi lebih nyaman saat digunakan, sebaiknya tambahkan juga bantal sofa yang lembut dan empuk yang dilapisi dengan warna senada pula.

Sofa dengan warna yang terang dan minimalis dapat membantu memberi kesan luas pada saat digunakan di ruangan sempit.

2. Meja Makan yang Serbaguna

Meja makan lipat minimalis. Sumber: pinterest

Rumah minimalis pada umumnya memang tidak mempunyai ruang makan. Tentu saja hal itu karena mengingat ukuran rumah yang cukup sempit.

Namun, jika kamu ingin menyatukan area makan dengan ruang keluarga, maka impianmu untuk bisa mempunyai ruang makan bisa terwujud.

Untuk mewujudkannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memilih untuk menggunakan jenis meja makan yang serbaguna.

Selain sebagai tempat makan, meja serbaguna tersebut juga dapat digunakan untuk kegiatan lainnya.

Seperti untuk membaca buku, bekerja, maupun kegiatan lainnya. Pilihlah jenis meja makan serbaguna yang berukuran kecil sehingga dapat hemat tempat.

3. Bean Bag

Bean Bag. Sumber: OLX

Bean bag bisa menjadi salah satu alternatif furniture minimalis yang mudah dipindah-pindahkan. Hal ini membuatnya bisa menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perabotan di ruang sempit.

Dengan efektifitas yang ada dari penggunaannya, bean bag bisa menjadi alternatif menarik untuk digunakan sebagai perabot minimalis pada ruangan yang sempit, termasuk ruang keluargamu.

Bukan hanya ringan, bean bag juga cocok digunakan untuk membantu mengisi area kosong pada sudut ruangan. Kamu juga bisa menambahkan bantal kecil agar lebih nyaman saat menggunakannya.

4. Meja Sudut yang Multifungsi

Meja sudut multifungsi. Sumber: Tokopedia

Jika kamu khawatir penggunaan meja tamu akan membuat ruangan terasa makin sempit, pilihan meja yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meja sudut dengan ukuran minimalis dan terletak di sudut ruangan bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk kasus ini. Dengan menggunakan meja sudut, kamu dapat meletakkan camilan maupun pajangan.

Sedikit tips saat memilih meja sudut, sebaiknya pilih meja yang dilengkapi dengan laci dan rak yang bisa digunakan untuk menyimpan barang.

Gunakan Warna Cat Minimalis untuk Melapisi Furniture Minimalis

cat-kayu-furniture-minamalis
Cat untuk furniture warna solid yang menekankan gaya minimalis

Untuk membuat tampilannya semakin menarik, bukan hanya bentuk dan ukuran dari furniture minimalis saja yang harus diperhatikan. Tetapi pilihan warna yang melekat pada furniture tersebut.

Dalam memenuhi kebutuhan ini, kamu sebaiknya memilih untuk melapisi furniture dengan warna cat minimalis pula. Sehingga lebih sesuai antara bentuk dengan warna cat yang digunakan.

Kamu juga bisa mengaplikasikan pilihan warna natural kayu seperti warna kayu jati, mahoni, dan sejenisnya jika ingin mempunyai tampilan furniture natural. Untuk kebutuhan ini, kamu bisa menggunakan cat Biovarnish.

Sebagai rekomendasi, pilihan warna minimalis untuk warna solid yang bisa digunakan adalah putih, cream, abu-abu dan sejenisnya.

Produk yang kami rekomendasikan untukmu adalah produk Orchid Enamel Paint. Cat solid water based serbaguna yang aman dan ramah lingkungan. Pilihan warna solid untuk membuat tampilan furniture minimalis semakin menarik tentunya tersedia.

Demikian informasi mengenai furniture minimalis serbaguna yang bisa digunakan pada ruang keluarga meskipun ukurannya sempit.

Buat ruang keluarga di rumah terasa lebih menyenangkan dan nyaman dengan adanya furniture serbaguna. Semoga bermanfaat!

Jenis-jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

Pintu kayu garis-garis. Sumber: vanacht

Penting untuk mengenal apa saja jenis-jenis material pintu dan apa saja bagian mekanik yang digunakan pada pintu, agar dalam pemilihan bahan dan penggunaannya bisa lebih efektif dan terjaga.

Simak penjelasan mengenai jenis-jenis material pintu dan apa saja bagian mekanik yang digunakan pada pintu selengkapnya di artikel ini.

Apa Saja Jenis-jenis Material Pintu?

Material atau bahan yang digunakan pada pintu sangat beragam. Ada berbagai jenis yang bisa digunakan untuk membuat pintu.

Di Indonesia, penyebutan pintu biasa dikaitkan dengan bahan atau material apa yang digunakan pada pintu tersebut. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Jenis Material Pintu Kayu

Pintu kayu modern

Kayu tentu sudah menjadi pilihan utama yang terlintas saat membicarakan mengenai pembuatan pintu. Material ini sudah lama dipilih sebagai bahan pembuatan pintu sejak ratusan tahun silam.

Kayu tetap menjadi pilihan utama dalam pembuatan pintu karena faktor estetika serta kualitas yang dimilikinya. Selain itu, pemilihan bahan ini juga karena alasan kayu termasuk bahan yang mudah dibentuk.

Pengolahan kayu termasuk dalam hal pemberian motif dan ukiran juga menjadikannya pilihan menarik untuk membuat kayu.

Nilai estetik kayu untuk material pintu dapat menjadi salah satu sisi penting pertimbangan pemakaian bahan ini.

2. Pintu Besi

Kreasi pintu besi di rumah yang elegan menggunakan warna hitam

Besi juga termasuk bahan yang sering digunakan untuk pembuatan pintu. Bahan ini dikenal sebagai bahan yang kuat karena kaku dan kokoh dan tidak berubah bentuk seiring penggunaannya.

Jika kekuatan menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan material pintu, material pintu besi adalah pilihan yang tepat.

Penggunaan pintu besi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kedap suara yang lebih baik jika ditambahkan bahan polyurethane atau material busa lainnya.

Jenis pintu besi biasanya dijual dalam paket yang sama dengan bagian kusen pintunya. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri jika Anda perlu perbandingan antara penggunaan pintu besi atau pintu kayu.

3. Pintu UPVC

Material pintu UPVC mulai dikenal di Indonesia sejak awal tahun 2000an. Pada mulanya, pintu jenis ini hanya diproduksi oleh perusahaan asing saja. Namun, sudah banyak perusahaan dalam negeri yang juga memproduksi jenis pintu ini.

Bahan UPVC adalah turunan dari material polimer plastik sintetis PVC. Material PVC termasuk bahan yang sudah umum digunakan di dunia konstruksi.

Material PVC memiliki sifat yang cukup tangguh terhadap pengaruh sinar uv. Bahan ini juga kuat sekaligus lentur, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan atau keretakan.

Pintu dari bahan UPVC dapat menjadi menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan pintu anti rayap sekaligus anti karat.  Bahan ini adalah jenis bahan yang tahan terhadap segala perubahan cuaca yang bisa terjadi kapan saja.

Seperti pintu besi, pintu upvc juga biasa dijual dengan bentuk modul (paket) yang dikerjakan oleh pihak produsen pabrik. Dalam satu modul tersebut, biasanya sudah lengkap dengan kusen, pintu dan material pintu berupa engsel, handle termasuk kuncinya.

Bagian Mekanik Pintu

Ada beberapa bagian mekanik pintu yang sangat membantu proses penggunaannya serta sedikit lebih sulit jika dihilangkan. Berikut di antaranya:

1. Engsel

Engsel adalah bagian mekanik pada pintu yang paling umum. Adanya engsel akan memberi kemudahan agar pintu dapat dibuka tutup dengan cara didorong atau ditarik dalam satu arah bukaan, dan biasanya tidak dapat dilakukan dari arah sebaliknya.

Bagian engsel pada umumnya dipasang pada bagian vertikal pint, kecuali pada beberapa  jenis pintu khususnya seperti pada pintu garasi di luar negeri yang engselnya dipasang pada bagian horizontalnya.

Adanya engsel menjadi sistem mekanik yang paling populer digunakan, karena prinsip kerjanya yang sederhana, mudah dipasang, diganti dan dirawat, serta lebih murah.

2. Rel Geser

Jika Anda membutuhkan pintu yang dapat membuka secara sempurna, penggunaan sistem rel geser ini bisa jadi alternatif yang cocok diaplikasikan.

Dengan penggunaan rancangan yang tepat, model pintu geser bisa dibuat seakan-akan disembunyikan di antara panel dinding. hal ini akan membuat pintu dapat terbuka secara maksimal saat dibuka.

Rel geser dipasang pada pintu dengan buka tutup menggunakan sistem mekanik geser. Sistem mekanik ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu rel yang terpasang pada dinding atau lantai searah dengan arah pintu dan roda yang terpasang pada pintu.

Pintu dengan desain ini relatif mempunyai sifat mekanik yang lebih rumit dibandingkan sistem engsel. Perawatan pada jenis pintu ini sepenuhnya bergantung pada bagian roda penggerak yang terpasang pada daun pintu.

Roda penggerak tersebut membutuhkan perwatan dengan menggunakan pelumas untuk menjamin kelancaran kerja roda roda bergerak.

3. Pintu Putar

Berbeda dengan mekanisme sebelumnya, jenis mekanisme pintu putar ini memang sangat jarang ada di Indonesia.

Jenis pintu putar menggunakan semacam bearing sebagai media penahan mekanisme statis di lantai dan kusen dengan kinerja dinamis pada bagian daun pintu.

Karena sifat buka tutupnya memakai bagian tengah atau pinggir dari pintu sebagai poros perputaran, maka bidang daun pintu tidak bisa disembunyikan dengan sempurna ketika pintu terbuka.

15 Karakter Pintu Baja, Apakah Lebih Unggul Jika Dibandingkan Pintu Kayu?

Pintu baja motif kayu. Sumber: pintubaja fortreess.co.id

Memahami karakter pintu baja sebelum menggunakannya tentu menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Karena penggunaannya pada rumah-rumah masa kini semakin menarik perhatian dan banyak dibutuhkan.

Lantas seperti apa sebenarnya karakter dari pintu baja? Simak selengkapnya di artikel ini.

Mengenal Karakter Pintu Baja

Pintu baja. Sumber: Pintu Baja Fortress

Untuk memilih jenis pintu, memang ada berbagai material yang bisa digunakan. Salah satunya adalah jenis pintu baja.

Baca juga : Tips Mudah Mengolah Kerajinan Serat Alam

Baja adalah material yang mempunya banyak kelebihan. Tentu saja ada beberapa karakter pintu baja yang juga harus diperhatikan dan menjadi kelemahannya.

Saat ini, sejumlah produsen sudah banyak mengeluarkan produk desain pintu baja di pasaran dengan berbagai harga yang terjangkau.

Penggunaan baja sebagai material pintu secara umum lebih baik jika dibandingkan dengan material dari kayu, PVC, kaca, plastik, maupun bahan lainnya.

Baca juga : Cara Memilih Furniture Outdoor yang Tepat

Tertarik menggunakan jenis pintu baja? Sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya, pastikan ketahui terlebih dahulu seperti apa karakternya.

Simak informasi selengkapnya mengenai karakter pintu baja di artikel ini.

Karakter Pintu Baja 

Secara umum, berbagai sifat atau karakter dari pintu baja tentu harus diketahui sebelum penggunaannya. Namun, seperti halnya bahan lainnya tentu ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari penggunaan bahan ini.

Baca juga : Perbedaan Silica Gel Putih dan Biru

Berikut ini yang termasuk keunggulan pintu baja:

1. Bobotnya Setara dengan Pintu Kayu 

Pintu baja. Sumber: jd.id

Secara umum, bobot dari pintu berbahan dasar baja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pintu kayu. Bahkan, bisa dikatakan bahwa bobot antar keduanya cukup setara.

Sehingga tidak ada perbedaan berarti atau justru jauh lebih berat dibandingkan material kayu.

Baca juga : Efek Negatif Jamur pada Barang Antik

2. Memiliki Ukuran Beragam

Pintu baja mempunyai berbagai ukuran yang beragam. Jangan takut dengan spekulasi ukuran pintu ini akan tidak sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Anda juga bisa melakukan pemesanan secara custom untuk ukuran pintu ini agar sesuai dengan kebutuhan di rumah anda.

3. Punya Tampilan yang Mirip dengan Pintu Kayu

Pintu baja motif kayu. Sumber: pintubaja fortreess.co.id

Pintu dari material baja juga sangat cocok untuk anda yang ingin menggunakan pintu kayu tapi berharap penggunaannya lebih awet. Pintu baja adalah pilihan yang tepat untuk digunakan.

Baca juga : Begini Cara Atasi Jamur Blue Stain pada Kayu Pinus

Jenis pintu ini juga sangat cocok untuk digunakan pada rumah dengan desain rustic, klasik, hingga modern.

4. Lebih Kokoh dan Tahan Lama

Secara kekuatan dan ketahanan, tentu saja material ini lebih kokoh dan tahan lama. Khususnya jika dibandingkan dengan jenis pintu dari bahan kayu.

Dengan penggunaan jenis pintu ini, tentunya anda juga tidak perlu khawatir akan keamanan. Karena pintu ini memang sangat kokoh dan tahan lama untuk digunakan.

Baca juga : Begini Cara Merawat Material Kayu untuk Kamar Mandi

5. Tidak Mudah Mengalami Pemuaian

Pintu dengan bahan kayu terlebih dengan jenis-jenis tertentu, biasanya cukup rawan mengalami pemuaian. Hal itu pula yang menjadi kelemahan dari penggunaan pintu kayu.

Hal tersebut tidak akan anda temui pada penggunaan pintu dari bahan baja. Karena baja merupakan bahan yang aman dan kuat serta tidak mudan mengalami pemuaian.

6. Tidak Mudah Mengalami Penyusutan

Selain pemuaian, kayu juga cukup rawan dengan sifat penyusutan. Memuai dan menyusut bisa menjadi kelemahan bagi bahan kayu untuk digunakan pada pintu.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Pagar Conwood

Pintu baja juga lebih kuat dan lebih tahan lama, termasuk dari sifat penyusutan. Sehingga tidak mudah rapuh dan rusak.

7. Fleksibel dan Modelnya Bervariasi

Model dari pintu baja juga bisa dibuat dengan berbagai desain. Macam bentuk, motif hingga ukuran bisa dihadirkan dari pemakaian jenis pintu ini.

Sehingga fleksibilitas dari pemakaian jenis pintu ini sudah pasti diperoleh. Terlebih untuk rumah-rumah yang sangat mengedepankan desain. Jenis pintu ini tentu menjadi hal yang penting.

Baca juga : 3 Faktor Penyebab Kerusakan Kayu Saat Proses Pengeringan

8. Tahan Api 

Baja merupakan bahan yang tahan api. Sehingga saat digunakan untuk pintu, tentunya karakter pintu tahan api akan melekat.

Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari penggunaan pintu baja yang tidak dimiliki dari penggunaan pintu kayu.

9. Harganya Terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis pintu dari material lainnya, pintu baja dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : Kenali Masalah Pengecatan yang Sering Muncul

Anda sudah bisa mendapatkan dan menggunakan jenis pintu ini mulai dari Rp1,5 juta. Sangat terjangkau bukan untuk kebutuhan pintu dengan berbagai kualitas menarik ini?

10. Tahan Cuaca 

Ketahanan pintu terhadap cuaca karena sinar matahari maupun air hujan tentu menjadi hal yang penting. Terlebih jika anda menggunakannya pada pintu utama yang langsung terkena paparan udara dan kondisi lingkungan sekitar.

Jika memilih bahan yang salah, hal ini tentu akan memperburuk kondisi pintu dan membuatnya mudah rusak. Dengan penggunaan pintu baja, anda akan terhindar dari permasalahan ini.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jamur dari Furniture Kayu

Karena pintu baja diklaim sebagai pintu yang tahan terhadap berbagai pengaruh cuaca ekstrem.

11. Sistem Kunci Seperti Brankas 

Beberapa model pintu baja sudah dilengkapi dengan sistem penguncian yang maksimal, bahkan jika diperhatikan level pengunciannya juga seperti brankas.

Dengan hal ini, resiko rumah dibobol maling juga lebih rendah. Keamanan rumah anda juga lebih terjaga.

Baca juga : Cara Melindungi Garden Furniture

12. Mudah untuk Dibersihkan 

Anda juga bisa membersihkan pintu baja dengan mudah. Cukup dengan menggunakan air hangat dan tambahkan sedikit detergen.

Oleskan pada kain dan gosok lembut atau cukup di lap. Sangat mudah bukan?

13. Tahan Rayap 

Rayap menjadi masalah utama saat anda menggunakan bahan kayu pada pintu. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika anda memilih jenis pintu baja.

Baca juga : Cat Eksterior dan Beberapa Hal Tentang yang Perlu Diketahui Tentangnya

Dengan menggunakan pintu baja, anda tidak perlu khawatir dengan kemunculan rayap yang merusak pintu.

Seperti halnya bahan lainnya, penggunaan pintu baja bukan hanya memiliki kelebihan tapi juga kekurangan. Beberapa hal yang menjadi kelemahannya adalah:

1. Mudah Berkarat

Sejenis dengan besi, baja juga bahan yang mudah berkarat. Sehingga jika tidak dirawat dengan baik maka pintu baja akan mudah berkarat.

Baca juga : Faktor Penyebab Korosi dan Cara Pencegahannya

2. Perlu Dipoles dengan Cat Khusus

Gunakan cat anti karat untuk melapisi pintu baja. Sehingga lebih awet dan terawat.

Demikian beberapa karakter pintu baja, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Keunggulan dan Kelemahan Pintu Besi, Ketahui Sebelum Memakainya

Pintu besi. Sumber: Tokopedia

Keunggulan dan kelemahan pintu besi menjadi hal yang penting dan cukup umum untuk dibahas. Terlebih jika saat ini anda memang sedang mencari bahan yang akan dipakai untuk pembangunan rumah.

Tentunya pembahasan mengenai penggunaan material yang akan digunakan termasuk untuk pintu menjadi hal penting. Berikut ini pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan pintu besi.

Keunggulan Pintu Besi

kreasi pintu rumah
kreasi pintu besi di rumah yang elegan menggunakan warna hitam

Selayaknya material pada umumnya yang pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut ini beberpaa keunggulan atau kelebihan dari pintu besi:

1. Elegan dan Awet

Material besi merupakan bahan yang lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Bahan ini juga membuat tampilan pintu tampak lebih elegan.

Tidak bisa dipungkiri jika bahan pintu dari besi akan lebih awet dibandingkan dengan penggunaan pintu dari bahan lain, terlebih kayu.

Karena konstruksi yang terbuat dari bahan ini akan lebih tahan terhadap hewan-hewan pengganggu yang biasa menjadi musuh utama kayu, seperti rayap.

Bukan hanya itu, dari sisi arsitektur besi juga lebih mudah dan elegan untuk dipadu padankan dengan berbagai material bangungan rumah lainnya.

Sehingga nilai estetika yang dimiliki oleh penggunaan pintu dengan bahan ini akan semakin meningkat. Umumnya pemakaian bahan ini digunakan pada bangunan mewah ataupun yang berkonsep minimalis.

2. Mudah untuk dimodifikasi

Pintu besi. Sumber: Tokopedia

Pintu besi juga lebih mudah untuk dimodifikasi, hal ini menjadi salah satu keunggulan utama yang dimilikinya. Meskipun termasuk bahan logam berat dan tebal, tapi bahan ini juga akan mudah dibentuk setelah dipanaskan.

Sehingga anda bisa mengubahnya menjadi berbagai bentuk yang diinginkan. Lengkap dengan berbagai motif dan kebutuhan.

Dengan kondisi ini, anda juga meminta para pengrajin untuk custom pintu besi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

3. Materialnya Lebih Kuat

Biacara tentang bobot, tentu saja pintu dari bahan besi akan lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Hal ini membuatnya lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Termasuk saat mengalami benturan, dorongan ataupun hal lainnya. Jika sudah demikian, lebih aman pula dari resiko kejahatan karena akan sulit untuk dibobol maling. Pintu besi juga cocok sekali dibarengi dengan penggunaan pagar besi.

Atur desain dan ketebalan yang diinginkan, misalnya dengan mendesain bagian ujung pintu bentuknya runcing mirip dengan mata tombak. Hal tersebut bermangaat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Lebih Hemat Tempat

Tingkat fleksibilitas dari penggunaan pintu besi juga bisa menjadi pertimbangan untuk pemakaiannya. Pintu dengan jenis ini cocok digunakan pada segala kondisi dan fleksible.

Terlebih pada hunian dengan konsep minimalis atau rumah yang dibangun pada lahan sempit. Maka pemakaian bahan ini untuk pintu juga termasuk pilihan yang terbaik.

Pintu dari bahan ini bisa didesain untuk menjadi pintu lipat. Sehingga lebih fleksibel saat digunakan. Terlebih dengan sifatnya yang mudah untuk dibentuk dan tidak mudah rusak.

Tentunya, pintu besi juga bisa dibuat dan didesain agar tampilannya lebih elegan meskipun digunakan pada lokasi dengan lahan kecil.

Kelemahan Pintu Besi

Kelebihan dan kekurangan pintu besi memang perlu diperhatikan supaya tidak kecewa ataupun rugi dimasa mendatang. Selain itu, hal ini juga penting untuk menentukan kostruksi sebuah bangunan.

1. Mudah Berkarat

Peralatan berkarat. Pexels/Rene Asmussen

Tentu saja masalah karat menjadi kendala utama dari penggunaan material besi. Seunggul apapun, tetap saja besi memiliki potensi berkarat yang cukup besar.

Sehingga saat terus menerus digunakan pada cuaca ekstrim, akan berpengaruh pada tampilan dan kualitasnya. Misalnya saat menggunakan pintu besi di bagian paling depan rumah yang langsung terkena sinar matahari.

Begitu pula saat menggunakan pagar besi. Harus tetap ada perlindungan tersendiri yang dilakukan secara rutin agar kondisinya lebih terjaga.

Anda bisa melapisi material besi dengan cat kayu anti karat untuk menjaga kondisinya. Terutama agar dapat terhindar dari karat.

2. Butuh Perawatan Ekstra

Seperti yang sudah disebutkan terkait besi yang mudah berkarat, material ini memang cukup rentan mengalami permasalahan serupa. Oleh karenanya, tidak heran jika penggunaan bahan ini juga butuh perawatan ekstra.

Terlebih untuk menghindari kerusakan jangka panjang, tentu sangat perlu perawatan ekstra. Meskipun terdekar cukup merepotkan, cara melakukan perawatan tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya sesekali, sembari mengisi waktu luang.

Caranya juga mudah, cukup dengan mengelap dan membersihkannya dari lapisan debu. Ataupun dengan melapisinya ulang dengan cat besi anti karat.

Karena jika tidak dirawat dengan baik, dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun saja tidak heran jika material ini akan mudah rusak. Lakukan perawatan rutin agar kondisinya tetap prima.

3. Harganya Lebih Mahal

Berkaitan dengan harga, tentu setiap material yang digunakan juga memiliki harga yang bervariasi. Harga juga menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan dengan matang saat akan memilih bahan yang akan digunakan untuk pintu.

Penggunaan pintu besi sendiri memang menelan biaya lebih tinggi dan cukup mahal dibandingkan dengan penggunaan material lainnya. Namun dengan mengingat kualitas dan keawetan dari penggunaan bahan ini, harga yang lebih mahal dirasa cukup pantas.

Untuk itu, sebenarnya harga yang cukup tinggi dari penggunaan pintu besi bukanlah hambatan besar. Karena perlu diingat manfaat dan kualitas dari penggunaannya yang bisa anda peroleh.

Demikian beberapa hal mengenai keunggulan dan kelemahan pintu besi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan memberikan referensi terbaik bagi anda yang membutuhkan.

Rekomendasi Warna Cat Tiang Teras Rumah agar Tampilan Hunian Jadi Lebih Estetik dan Menarik

Contoh Rumah Minimalis Sederhana Terbaru 2022. Pinterest/dekorrumah.net

Warna cat tiang teras rumah juga jadi bagian penting yang perlu diperhatikan selain kebutuhan cat di area lain. Penggunaan cat pada rumah seringkali difokuskan pada area interior.

Meskipun memperhatikan pula pilihan warna eksterior, area teras terkadang luput dari perhatian. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai rekomendasi warna cat tiang teras rumah yang bisa jadi inspirasi pilihan.

Pentingnya Memilih Cat yang Menarik untuk Tiang Teras Rumah

Model Tiang Teras Rumah Minimalis Sederhana Terbaru 2022. Pinterest/dekorrumah.net

Perhatian pemilik rumah mengenai penggunaan cat seringkali hanya berkutat di area dalam maupun bangunan utama saja. Padahal, pilihan warna cat tiang teras rumah juga perlu diperhatikan.

Karena tampilan rumah dari luar juga menjadi salah satu hal yang akan dilihat oleh orang lain saat pertama kali melihat rumah kita.

Jika penggunaan warna pada area ini keliru dan kurang menarik, tentu akan mengurangi nilai estetika hunian kesayangan kita.

Sebaiknya, pilihlah kombinasi warna yang bagus sehingga mampu membantu untuk memperindah tampilan rumah.

Pastikan pula penggunaan cat untuk area eksterior hunian dipilih dengan tepat. Sehingga kombinasi warna antara tiang teras dengan tembok bagian luar rumah juga lebih serasi.

Jika Anda masih bingung ingin memilih warna apa untuk diaplikasikan pada tiang teras rumah, simak rekomendasi pilihan warna cat yang bisa di pakai untuk tiang teras rumah dalam artikel ini.

Rekomendasi Warna Cat Tiang Teras Rumah

Inilah beberapa warna cat yang direkomendasikan untuk memperindah bagian tiang teras rumah.

1.      Kombinasi Warna Kuning Mustard, Coklat dan Putih

Contoh tiang teras rumah minimalis. Sumber: sumbercenel

Pilihan kombinasi warna ini termasuk pada pemilihan warna cerah untuk area eksterior rumah. Anda dapat mengkombinasikan warna kuning mustard di dinding dengan memberikan aksen warna coklat pada tiang teras.

Sementara itu warna putih bisa digunakan untuk melapisi pintu rumah. Kombinasi dari ketiga warna ini juga lumayan populer untuk digunakan.

2.      Ivory, Turquoise dan Putih

Skema warna cat eksterior rumah ini juga termasuk pilihan warna yang cerah dan dapat dibentuk dengan simetris pada kedua sisinya.

Melalui kombinasi pilihan warn aini, Anda dapat melihat sisi elegan sekaligus romansa nostalgia. Tiang teras yang didominasi warna putih akan bersanding dengan warna cat tembok area eksterior rumah yang akan memberi kesan cerah.

Penggunaan kombinasi warn aini bahkan dapat membuat hunian Anda tampak seperti baru lagi.

3.      Pilihan Warna Vintage

Vintage masih menjadi tren pilihan warna yang banyak diminati hingga saat ini. Begitu pula untuk pengaplikasian pada area eksterior rumah.

Pilihan warna cat dari beige, cream, hingga biru laut atau navy blue juga dapat dicoba untuk memonjolkan kesan warna vintage yang kental.

Pilihan warna cat tiang teras rumah menggunakan warna putih maupun warna natural kayu juga akan sangat cocok untuk menonjolkan kesan vintage.

4.      Warna Hijau Alami Berpadu dengan Oranye

Warna hijau memang seringkali dianggap sebagai pilihan warna dengan kesan gelap yang suram. Tetapi melalui kombinasi antara hijau alami dengan oranye akan menimbulkan warna yang mirip dengan warna alami kayu.

Oleh karena itu, pilihan kombinasi warna ini tentu dapat menjadi pilihan yang bagus. Sebaiknya, gunakan warna kayu alami pada tiang teras rumah agar dapat mendukung warna utama hunian Anda.

5.      Abu-abu dengan Merah Bata, Bisa Jadi Warna Cat Tiang Teras Rumah yang Menarik

Kesan hangat pada hunian Anda akan terpancar dari balutan palet warna abu-abu dan putih yang ditambah dengan sentuhan warna merah bata untuk area tiang teras.

Adanya sentuhan warna merah bata juga berguna untuk membuat warna cat dinding di area outdoor hunian tampak cerah. Sehingga dapat mewujudkan keseimbangan suasana.

Kesan hangat, cerah, nyaman dan tidak monoton akan membalut hunian Anda dengan lebih baik dengan pengaplikasian warna ini.

6.      Kombinasi Warna Peach dengan Putih

Kombinasi dari kedua warna ini dapat membuat rumah Anda terlihat lebih imut. Cat tembok dengan warna peach serta putih pada tiang teras bisa jadi kombinasi palet warna menarik untuk eksterior rumah.

Gabungan kedua warna ini akan menonjolkan kesan pastel seperti pada warna-warna hunian saat era 80-an.

7.      Warna Emas, Buat Tampilan Rumah Lebih Mewah

Desain rumah dengan teras dak beton 2022. Sumber: ruangindpiratif.com

Warna rumah suburban pada umumnya didominasi dengan warna putih dan abu-abu. Agar dapat tampak lebih menonjol, melapisi warna emas pada tiang teras rumah bisa jadi pilihan.

Penggunaan warna emas akan menonjolkan kesan yang mewah dan lebih elegan, khususnya pada bagian eksterior yang akan dilihat pertama kali oleh orang lain.

Penggunaan warna emas juga akan membuat tampilan rumah Anda tampak lebih mencolok di antara yang lain.

Untuk rekomendasi cat eksterior yang bisa digunakan, Anda bisa mengandalkan produk Orchid Enamel Paint. Pilihan warna yang ada juga bisa digunakan untuk melapisi tiang teras rumah.

Itulah beberapa rekomendasi warna cat tiang teras rumah yang bisa jadi pilihan untuk membuat hunian Anda tampak lebih estetik dan menarik.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber: klopmart

Advertisement

POPULER