Perbaikan pada Bak Besi Cor dengan Mengecatnya

106
Bathtub

Melakukan perbaikan dengan mengecat bak besi cor dapat menjadi cara yang jauh lebih murah daripada membeli yang baru. Selain murah, cara ini bisa membuat cak besi yang semula sudah dan karatan bisa kembali tampil bagus. Anda tentu membutuhkan cat dengan kualitas terbaik dan alat serta bahan lainnya yang juga sudah jelas kualitasnya.

Apakah Refinishing Bak Besi Cor Layak Dilakukan?

Bathtub dari besi cor

Banyak toko-toko yang berusaha menyelamatkan ribuan bak dan wastafel tua dengan memperbaikinya dan menjualnya kembali. Perbaikan tentu harus dilakukan dengan benar, baik dilakukan di luar lokasi toko atau di tempat penyimpanan bathub tersebut.

Proses perbaikan dapat dilakukan dengan menyemprotkan lapisan resin uretan akrilik. Melakukan refinishing pada wastafel atau tub adalah solusi yang efektif dan murah untuk memperbaiki porselen yang terkelupas, aus kasar, atau yang warnanya memudar dan lapisan cat terkelupas.

Mengecat bak besi cor tentu menjadi hal yang layak untuk dilakukan sebagai upaya perbaikan kondisi bathub. Demi memperbaiki kualitasnya serta sebagai upaya untuk meningkatkan nilai jual dari bak tersebut.

Bagaimana Proses Perbaikan dengan Mengecat Bak Besi Cor?

Bak air dan bak mandi dari besi cot

Untuk melakukan perbaikan pada bathub atau bak besi cor memerlukan beberapa proses. Di antaranya:

1.  Bersihkan Lapisan Cat Sebelumnya

Untuk mempersiapkan refinishing, pertama-tama Anda dapat mengukir dempul antara bak mandi, dinding dan lantai dengan pisau dempul. Kemudian lepaskan penutup saluran pembuangan dan penutup dari keran. Tepi lapisan akan disembunyikan di balik perlengkapan yang dipasang kembali dengan manik-manik baru.

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan bak mandi untuk menghilangkan kotoran yang dapat menghambat adhesi dari hasil akhir pengecatan yang baru. Anda bisa mengikis sampah sabun dengan pisau cukur. Kemudian menyekanya pada pengemulsi alkali yang biasa digunakan untuk melepaskan lilin dari lantai.

Anda dapat mengikuti proses pembersihan sitrat berbasis asam yang menetralkan pengemulsi. Setelah itu, bilas dan keringkan bak mandi, lalu gosok dengan bersih menggunakan alkohol terdenaturasi.

2.  Mengisi Lubang dan Goresan

Jika ada lubang dan goresan pada beberapa bagian bak besi cor, Anda bisa menggunakan fiberglass putty untuk mengisi area tersebut. Cara ini biasa dilakukan oleh para tukang reparasi bodi mobil saat sedang memperbaiki pintu mobil yang rusak.

Seandainya bak mandi telah banyak mengalami goresan akibat pembersihan dengan pemutih, Anda harus mendempul seluruh permukaan pada bagian dalam. Setelah lapisan fiberglass mengeras, lakukan pengamplasan dengan menggunakan kertas amplas kasar grit 36 untuk menghilangkan bintik-bintik kasar. Dan gunakan kertas amplas grit 80 untuk mempermudah bulu pada area tersebut keluar.

Anda bisa mengisi fiberglass kering dengan dempul kaca polyester. Lalu menunggunya hingga memenuhi lapisan yang dibutuhkan, kemudian amplas dengan cara yang sama dengan sebelumnya.

Setelah menyeka dengan menggunakan kain, Anda perlu memastikan enamel akrilik yang digunakan benar-benar dapat menempel pada permukaan seperti kaca porselen. Banyak refinisher yang pertama kali melakukan roughen pada bagian atas permukaan bak mandi.

Caranya yaitu dengan menyikat larutan asam hidrofluorik sebelum menggunakan agen ikatan. Kritik terhadap etsa asam menunjukkan bahwa asam harus dinetralkan dengan benar sebelum dibuang ke saluran pembuangan atau dapat merusak pipa, serta lingkungan.

3.  Gunakan Tiga Lapis Cat Enamel

orchid enamel paint untuk kebutuhan yang multiguna

Setelah memastikan seluruh lubang dan goresan telah diatasi, selanjutnya Anda dapat melanjutkan dengan proses pengecatan. Anda dapat mengaplikasikan cat Orchid Enamel Paint untuk memenuhi kebutuhan ini.

Proses pengaplikasian dapat dilakukan dengan menggunakan spray gun untuk mempercepat pengecatan. Namun, pastikan untuk menggunakan alat pelindung diri saat melakukan pengecatan. Minimal gunakan masker untuk menghindari adanya uap cat yang Anda hirup.

Meskipun cat yang digunakan merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan, namun menjaga keamanan tetap hal yang penting.

Lakukan pengecatan berulang selama tiga kali atau tiga lapis. Tunggu kering terlebih dahulu setiap satu lapis selesai diaplikasikan. Lalu lanjutkan dengan lapisan cat berikutnya hingga selesai mengaplikasikan 3 lapis cat.

4.  Keringkan Cat dan Bak Besi Cor Siap Digunakan

Setelah permukaan yang telah dilapisi cat mengering, bak mandi sudah siap untuk digunakan. Tampilan dari hasil mengecat bak besi cor tentunya tampak berbeda dengan sebelumnya.

Lebih menarik dan layak pakai, tak jarang para penjual bahkan melakukan hal ini terhadap bak mandi yang belum terjual namun sudah mulai mengalami penurunan kualitas. Dengan cara ini, baik tampilan maupun kualitas bak mandi sudah dapat kembali seperti baru lagi.

Setelah memiliki tampilan seperti baru, tentu harus dibarengi dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Anda bisa menggunakan pembersih nonbrasif dan bebas pemutih saja. Permukaan bak besi cor yang dimurnikan harus bertahan 15 hingga 20 tahun.

Bak Besi akan Tampak seperti Baru

Refinishing mungkin merupakan cara paling praktis untuk memulihkan bak mandi built-in. Tetapi bagi mereka yang cukup beruntung untuk memiliki bak cakar-kaki yang dapat dilepas atau wastafel besi tuang, mimpinya telah lama memberikan hasil akhir baru yang sesuai dengan kekerasan dan daya tahan yang lama.

Custom Ceramic Coatings, dari Lenzburg, Illinois, memelopori metode untuk mengembalikan bak porselen dalam tungku. Dengan cara yang sama perlengkapan ini dapat menghasilkan bagian luar dari bak mandi tampak mengkilap seperti aslinya.

Proses ini melibatkan sandblasting dari hasil akhir yang lama, kemudian memanggang pada lapisan enamel baru pada 1.475 derajat Farenheit selama sekitar empat jam.

Memang diperlukan biaya untuk memperbarui tampilan bak mandi agar seperti baru. Namun jika dibandingkan dengan membeli yang baru, biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih besar.

Dan hal tersebut tentunya akan menambah limbah padahal Anda masih bisa mengecat bak besi cor untuk memperbarui tampilan dan meningkatkan kualitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here