Cara Membersihkan dan Memperbaiki Pagar Besi

677
cat pagar besi
Cat Outdoor untuk Pagar. Sumber: dekoruma

Untuk mempertahankan kualitasnya, ada cara membersihkan dan memperbaiki pagar besi yang benar. Anda harus mampu melakukan perawatan secara rutin jika ingin pagar di rumah Anda kondisinya tetap prima dan terlihat tetap menarik.

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan kondisi pagar besi di artikel ini.

Sejarah Singkat Pagar Besi

Pagar besi hitam untuk rumah.

promo produk biopolish natural oil

Besi tempa mulai banyak digunakan untuk membuat barang-barang yang sangat dekoratif termasuk gerbang dan layar pada abad ke-17 dan ke-18. Sampai kemajuan teknologi dalam Revolusi Industri membawa produksi massal besi tempa dan cor. Barang-barang dibuat dalam skala sederhana oleh pandai besi lokal.

Setelahnya, ketersediaan besi tempa menjadi lebih banyak termasuk dalam sarana kelas menengah yang sedang tumbuh. Hal tersebut segera menjadikan bahan bangunan ini disukai untuk digunakan sebagai batas dekoratif.

Sampai akhir abad ke-19, bahan ini digunakan untuk komponen seperti engsel dan pegangan, pagar dan balkon sebelum sebagian besar digantikan oleh baja pada akhir abad ke-19.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Besi cor menjadi populer setelah penemuan tungku kubah pada abad ke-18. Hal ini memungkinkan besi cair dituangkan dan dilemparkan ke dalam cetakan dalam pengecoran. Coran sering bergabung bersama dengan mur dan baut atau dengan mengunci bagian-bagiannya.

Besi cor rapuh dan lebih lemah dalam ketegangan daripada besi tempa tetapi lebih cepat dan lebih mudah dibuat. Tidak seperti besi tempa, besi cor tidak pernah sepenuhnya digantikan oleh baja.

Besi tempa memiliki penampilan yang lebih halus dan  setiap bagian terbentuk secara individual. Ada lebih banyak potongan jadi untuk sedikit variasi bentuk. Seiring dengan semakin berkembangnya besi tempa, bahan ini juga mulai umum digunakan sebagai pagar besi.

Pagar dari besi tempa dianggap merupakan material yang cocok digunakan. Penggunaan bahan ini untuk material pagar memiliki ketahanan lebih baik karena kekokohannya.

Mengapa Perlu Mempertahankan Kualitas Pagar Besi?

perbaikan kualitas pagar dengan pengecatan ulang menggunakan cat besi

Pagar besi dan logam lainnya rentan terhadap kerusakan karena patah, karat dan bentuk korosi lainnya. Semua barang harus dipelihara secara teratur dan hati-hati dan jika perlu, dibersihkan, dicat dan dilumasi.

Untuk memastikan pendekatan terbaik, cobalah untuk mengidentifikasi jenis logam yang digunakan. Logam besi yang digunakan dalam pagar atau gerbang memang tidak selalu mudah untuk dibedakan.

Terutama karena material aslinya sering disembunyikan di bawah lapisan tebal cat dan logam yang berbeda yang digunakan dalam kombinasi. Misalnya, kepala dekoratif pada pagar besi tempa terkadang terbuat dari besi cor.

Besi merupakan material yang tahan lama dan jika dipelihara secara teratur, akan bertahan selama bertahun-tahun. Tetapi stelah lapisan cat telah aus, paparan air dan udara dapat dengan cepat mengakibatkan karat dan pembusukan.

Ketika besi terkorosi, material ini akan mengembang hingga 10 kali dari ukuran aslinya. Hal tersebut menyebabkan distorsi dan bagian-bagiannya menjadi dipaksa terpisah. Komponen logam yang diatur ke dalam batu bahkan dapat menyebabkan batu patah.

Membersihkan dan Memperbaiki Pagar Besi

cat pagar besi yang sudah berkarat dan mengelupas

Pemeliharaan rutin dan pengecatan ulang pagar dan pengerjaan logam lainnya adalah perlindungan terbaik terhadap karat dan kerusakan. Masalah potensial lainnya termasuk rekahan besi cor karena dampak atau cacat pengecoran, dan distorsi besi tempa.

Di mana kerusakan telah terjadi, besi tempa dapat diperbaiki dengan memotong panjang yang rusak dan pengelasan pada potongan-potongan baru dalam bahan yang sama. Besi tempa daur ulang tersedia tetapi belum ada sumber baru di Inggris sejak tahun 1970-an.

Besi cor lebih mudah diperbaiki dengan jahitan dingin. Perusahaan spesialis dapat mengambil cetakan dari aslinya yang dibersihkan dan menyusun kembali setiap komponen.

Ingatlah bahwa memperbaiki pagar adalah pekerjaan terampil yang membutuhkan keahlian yang cukup besar. Hubungi pandai besi yang akan melakukan pekerjaan baru berdasarkan kebutuhan.

Gunakan potongan besi cor yang tidak rusak untuk memberikan pola untuk coran baru. Pengecoran kontak karena beberapa masih memegang pola tradisional dalam stok. Hal ini dapat dilakukan sebagai cara memperbaiki pagar besi yang bisa dilakukan.

Anda juga perlu membersihkan pagar secara rutin agar tampilannya secara estetika maupun fungsi tetap terjaga.

Mengecat Ulang Jadi Pilihan Cara Memperbaiki Pagar Besi

Cat Outdoor untuk Pagar

Pengecatan ulang juga dapat menjadi salah satu cara membersihkan dan memperbaiki pagar besi yang bisa dilakukan.

Anda dapat selalu mencoba untuk mempertahankan sebanyak mungkin keaslian bentuk maupun pagar yang ada di rumah Anda saat melakukan perawatan maupun pengecatan ulang.

Saat melakukan pengecatan ulang, Anda juga perlu menghapus lapisan cat sebelumnya dari pagar. Detail halus hitam logam sering dikaburkan oleh akumulasi lapisan cat, sehingga perlu dilakukan penghapusan lapisan cat sebelumnya.

Gunakan bahan perontok cat besi atau paint remover sesuai dengan instruksi untuk memudahkan dan mempercepat prosesnya. Saat melepas cat dari pagar, metode peledakan tembakan atau pembersihan api flash mungkin cocok jika dilakukan oleh seorang profesional yang berpengalaman dalam pekerjaan konservasi ini.

Kadang-kadang, di mana ada kerusakan pada kendaraan, misalnya, penggantian mungkin satu-satunya pilihan. Setara dengan besi cor, baja ringan baru dapat dengan mudah diperoleh. Dan jika ditempa dengan hati-hati, baja ringan juga akan sulit dibedakan dari besi tempa asli.

Dalam hal ini, Anda juga dapat melakukan penggantian material besi pada pagar jika memang sudah benar-benar perlu dilakukan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kondisinya agar tetap prima dengan mengaplikasikan cat besi berkualitas.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan melakukan cara membersihkan dan memperbaiki pagar besi dengan benar agar kualitasnya lebih terjaga.

promo produk biovarnish sanding sealer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here