Jenis-jenis Cat untuk Pagar Besi Antikarat

247
pentingnya pengecatan

Cat untuk pagar besi adalah kebutuhan esensial agar pagar tetap terlindungi dengan baik. Kemunculan karat pada material besi menjadi ancaman tersendiri bagi penggunaan pagar dengan bahan ini.

Untuk melindungi pagar agar tetap dapat digunakan dalam jangka waktu pemakaian lebih lama, diperlukan perlindungan yang tepat. Seperti penggunaan cat khusus dapat digunakan untuk melapisi besi. Akan lebih optimal jika dilengkapi pula dengan keunggulan antikarat untuk perlindungan terbaik.

Peran Penting Cat

pentingnya pengecatan pada pagar antikarat

pagar tampil baru dengan Orchid

Pemakaian cat sebagai bahan pelapis dan pelindung bukan hanya dibutuhkan pada dinding maupun perabot di dalam rumah. Untuk kebutuhan eksterior, cat juga sangat dibutuhkan. Contohnya, untuk melapisi sekaligus menjadi pelindung pagar rumah.

Ada berbagai jenis cat yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan perlindungan pagar rumah. Bukan hanya pilihan warnanya yang beragam, cat juga memiliki jenis yang beragam.

Dalam hal ini, kebutuhan tersebut dapat diperoleh dengan penggunaan cat. Namun, akan sangat baik jika dalam cat tersebut sudah terkandung bahan antikarat yang akan melapisi besi dengan optimal.

Agar tidak salah saat memilih jenis cat yang akan digunakan, simak pembahasannya berikut ini.

Jenis Cat untuk Pagar Besi

Kebutuhan bahan pelapis untuk melindungi pagar besi membuatnya semakin penting untuk diperhatikan kualitasnya. Pengecatan pada pagar dilakukan bukan hanya untuk mendapatkan pagar dengan tampilan baru yang lebih menarik, tetapi juga mampu melindungi pagar besi.

Pada umumnya, cat untuk pagar besi menggunakan jenis cat berbasis minyak. Hal itu membuat tampilan pagar tampak lebih mengkilap dan cukup menarik.

Namun secara umum, ada beberapa jenis cat yang bisa jadi pilihan, berikut ini di antaranya.

1. Cat Minyak

cat minyak roll

Cat minyak paling sering dipilih dan digunakan sebagai cat untuk pagar besi, karena harganya terjangkau dan pilihan warnanya juga sangat beragam. Cat minyak juga mudah untuk diaplikasikan. Hasil aplikasinya juga cukup menawan.

Baca Juga :  5 Model Meja Kayu Unik untuk Percantik Hunian Anda

2.  Cat Alkyd

Meski jenis cat besi berbasis minyak yang paling banyak digunakan, ada cat alkyd yang lebih ampuh untuk mencegah karat. Ketersediaan jenis bahan finishing yang satu ini juga cukup tinggi di pasaran, sehingga cukup mudah pula untuk menemukan cat ini di berbagai toko bangunan di sekitar Anda.

Hasil aplikasi dari cat alkyd memang tidak se-mengkilap hasil pengecatan dengan cat minyak. Tapi cat alkyd juga memiliki banyak pilihan warna yang dapat diaplikasikan pada pagar.

Cat alky yang mengandung titanuium dioksida juga lebih mudah kering, sehingga proses pengeringan tidak membutuhkan waktu lama. Harga cat alkyd juga dapat bersaing dengan jenis cat lainnya karena lebih terjangkau.

3.  Epoxy

Cat epoxy juga termasuk bahan finishing yang mengandung bahan antikarat. Cat epoxy diformulasikan khusus untuk melindungi material-material yang rentan terkena serangan karat.

Pagar besi di rumah Anda yang dilapisi jenis cat alkyd tentu akan lebih aman dan tahan dari karat. Untuk perawatan rutin pada pagar rumah Anda, cat ini juga bisa diandalkan. Pilihan warnanya juga beragam, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

4.  Cat Aluminium

Meskipun bernama cat aluminium, cat ini juga bisa Anda gunakan untuk melapisi material lain sejenis aluminium, termasuk besi. Kemudahan aplikasi dan ketahanannya untuk melindungi pagar dari serangan karat juga cukup bisa diandalkan.

Lapisan cat aluminium juga dapat bertahan dengan optimal dan tidak mudah terkelupas. Yang menjadi kekurangannya ada pada pilihan warna. Biasanya cat aluminium hanya tersedia dengan warna perak, sehingga tampak monoton karena tidak punya pilihan warna lain.

5.  Duco khusus untuk cat Pagar Besi

Anda bisa menggunakan jenis cat duco sebagai pelindung pagar besi. Cat ini juga tak jarang digunakan untuk melapisi perabotan di rumah dan kendaraan. Dengan pilihan warna yang beragam, tampilan rumah Anda akan tampak lebih cantik dan menarik.

Baca Juga :  Temukan Rekomendasi Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Gitar Disini!

6.  Cat Water Based

orchid enamel paint cat water based berkualitas

Dari berbagai jenis cat untuk pagar besi yang dapat digunakan, Anda tetap perlu memperhatikan keamanan cat. Memilih bahan pelapis yang aman dan berkualitas, tentu akan lebih baik dan memberikan perlindungan optimal. Baik pada pagar besi, maupun Anda serta keluarga sebagai pengguna.

Untuk itu, Anda sebaiknya memilih jenis cat water based untuk memenuhi kebutuhan ini. Proses aplikasi yang mudah, ditambah lagi dengan pilihan warna beragam dan keamanan yang terjamin membuat cat ini sangat layak untuk digunakan.

Kriteria Cat untuk Pagar Besi Besi

Pemilihan jenis cat untuk melapisi pagar besi perlu dilakukan dengan cermat. Agar tetap mampu memberikan tampilan warna yang menarik dan tahan untuk menempel pada permukaan pagar.

Berikut adalah beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan agar mendapat cat besi berkualitas untuk melindungi pagar dengan optimal.

poses pengecatan pagar dengan cat orchid enamel paint
 
  1. Mengandung bahan antikarat serta antijamur

Cat besi dengan kandungan antikarat dan antijamur akan membantu meminimalisir terjadinya korosi. Sehingga material besi dapat lebih awet, tetap kokoh dan tidak mudah keropos atau rusak karena korosi.

  1. Memiliki banyak pilihan warna

Pilihan warna yang beragam membuat tampilan pagar maupun benda lainnya yang akan dilapisi cat besi dapat lebih menawan. Dengan warna yang tidak monoton, bukan hanya tetap kokoh materialnya namun tampilannya juga tidak membosankan.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Meskipun kerap dianggap sepele, keamanan cat sebenarnya merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan.

Jika cat yang Anda gunakan untuk melapisi pagar mengandung bahan kimia berbahaya seperti halnya formaldehyde, tentu akan sangat membahayakan. Kandungan formaldehyde kerap ditemukan pada cat yang berbasis minyak.

Residu yang tertinggal dari pengaplikasian cat dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Sebaiknya, mulailah beralih ke cat yang lebih aman dan ramah lingkungan seperti cat berbasis air atau cat water based.

Baca Juga :  Pabrik Cat Kayu Mengkilap Orchid Untuk Ceiling
sambut ramadhan bersama biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here