DIY: Cara Membuat Bingkai dari Triplek, Mudah dan Sederhana!

280
mengukur triplek yang akan dijadikan bingkai foto
ukur bingkai

Melakukan kegiatan DIY bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya dengan cara membuat bingkai dari triplek. Pembuatan bingkai yang menggunakan triplek sebagai material utama ini adalah kegiatan yang mudah dan sederhana untuk dilakukan.

Mengingat triplek merupakan material yang serbaguna, penggunaannya diolah untuk menjadi kerajinan. Salah satu produk kerajinan yang dapat dibuat dengan mudah adalah bingkai. Tidak harus seorang professional yang melakukannya. Siapa pun pasti mampu untuk membuatnya jika bisa mengikuti tahapan.

Apa itu Triplek?

jenis triplek dengan ukuran 3 mm
Triplek 3 mm

Pasti Anda sudah sangat sering mendengar kata triplek atau bahkan sudah pernah menggunakannya. Triplek atau yang biasa disebut juga plywood adalah papan kayu yang dibuat oleh pabrikan dengan adanya beberapa lapis veneer kayu yang direkatkan.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

Triplek banyak digunakan karena fleksibel sehingga lebih mudah untuk dibentuk sesuai kebutuhan pengolahan.

Triplek terbuat dari kumpulan lembaran kayu tipis yang direkatkan dengan lem searah serat kayu lalu diatur sedemikian rupa hingga memberikan hasil satu lapisan yang kuat. Pada umumnya, serat pada triplek sengaja ditumpuk dan dibuat bersilangan 90 derajat dengan jumlah ganjil.

Hal tersebut dilakukan agar tidak adanya pembengkokkan yang menyebabkan triplek nantinya justru tidak dapat digunakan. Dengan fleksibilitas yang ada pada pengolahan material ini, tak jarang triplek menjadi salah satu produk andalan banyak pihak.

Penggunaannya untuk digunakan sebagai bahan material bangunan juga dapat diselaraskan dengan pengolahan triplek menjadi beragam produk kerajinan. Ada banyak macam produk yang bisa dihasilkan dari pengolahan triplek.

Salah satu produk kerajinan yang dapat dihasilkan dari penggunaan triplek adalah untuk membuat bingkai. Anda dapat membuat sendiri bingkai foto tersebut dengan berkreasi menggunakan triplek.

Cara Membuat Bingkai dari Triplek

Cara Membuat Bingkai dari Triplek

Untuk membuat dinding semakin terlihat menarik, Anda dapat menggunakan bingkai dari bahan triplek. Pembuatan bingkai dari triplek ini dapat Anda lakukan sendiri sebagai salah satu kegiatan DIY. Sudah banyak tutorial yang memberi tahu tahapan pembuatan bingkai dengan bahan baku triplek ini.

Baca Juga :  Kriteria Cat untuk Decking Kayu yang Aman

Untuk melengkapi referensi Anda mengenai pembuatannya, berikut ini pembahasan mengenai cara membuat bingkai dari triplek yang dapat Anda ikuti.

Alat dan Bahan

Berikut adalah peralatan dan bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk pembuatan bingkai foto ini.

  1. Triplek
  2. Penggaris
  3. Cutter
  4. Lem
  5. Gergaji
  6. Spidol
  7. Cat
  8. Kuas

Setelah seluruh alat dan bahan sudah siap, Anda bisa melanjutkan ke proses pembuatan. Berikut adalah cara membuat bingkai dari triplek yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Tentukan Model

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan membuat bingkai foto ini adalah menentukan model bingkai foto yang akan dibuat. Pembuatan model bingkai sebaiknya menyesuaikan dengan tema interior ruangan tempat bingkai tersebut diletakkan nantinya.

Adanya bingkai ini selain untuk menyimpan dan memajang foto, juga untuk memperindah tampilan ruangan. Bingkai dapat menjadi sarana dekoratif yang membuat suasana dalam ruangan terasa berbeda dan lebih menarik.

Anda dapat menentukan modelnya dengan mencari referensi bentuk atau model sebanyak mungkin. Lalu gambar model yang Anda inginkan di sebuah kertas lalu sesuaikan ukurannya.

  1. Pengukuran

ukur bingkai

Selesai dengan menentukan model bingkai, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan pengukuran. Ukur triplek yang akan digunakan nantinya untuk membuat bingkai foto, pastikan ukurannya sesuai dan pas dengan ukuran foto yang akan dipasang.

Dengan pengukuran yang tepat, tentu akan mempercepat proses pemotongan hingga perakitan bingkai tersebut hingga siap digunakan.

  1. Pemotongan Triplek

Setelah selesai melakukan pengukuran, lanjutkan ke tahap pemotongan bahan. Triplek yang digunakan untuk bingkai dipotong sesuai ukuran yang sudah ditentukan. Agar lebih mudah dan hasilnya lebih rapih, Anda bisa melakukan pemotongan dengan gergaji.

  1. Tahap Perakitan

Saat seluruh alat dan bahan  sudah siap, Anda bisa langsung melakukan perakitan bingkai foto. Rakitlah sesuai dengan konsep atau rencana awal yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk merekatkan antara satu bagian dengan bagian lainnya dengan lem agar dapat merekat lebih optimal.

  1. Lapisi dengan Cat

Akhiri pembuatan bingkai dari triplek ini dengan melapisinya menggunakan cat. Pemilihan warna cat sebaiknya disesuaikan dengan warna yang diaplikasikan pada dinding agar tampak lebih menarik dan serasi.

Baca Juga :  Cat Warna Solid untuk Rak Bunga dari Kayu

Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel Paint yang memiliki 24 pilihan warna solid menarik. Atau bisa juga dengan menggunakan cat Biovarnish untuk mendapat tampilan bingkai yang natural.

Itulah cara membiat bingkai dari triplek yang mudah dan sederhana. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah sebagai kegiatan DIY bersama keluarga.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Cat untuk Melapisi Bingkai dari Triplek?

orchid enamel paint

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini dapat dilakukan melalui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini.

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759

e-mail: [email protected]

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here