Cara Membersihkan Rol Cat Setelah Digunakan, Simak Tipsnya di Sini!

124
Sumber: Unsplash/Sven Brandsma

Penggunaan rol cat dalam proses pengaplikasian bahan finishing menjadi salah satu cara yang banyak dipilih. Cara membersihkan roller juga perlu diperhatikan dengan baik.

Karena perannya yang sangat membantu, pemakaian rol cat harus diimbangi dengan fungsinya yang turut mempermudah dan mempercepat proses pengaplikasian.

Pemakaian Rol Cat dan Betapa Penting untuk Membersihkannya

Rol cat. Sumber: Unsplash

Cat adalah salah satu cara yang paling ekonomis dan cepat untuk mengubah tampilan ruangan atau furnitur. Salah satu alat terbaik untuk sebagian besar proyek pengecatan adalah roller cat.

Baca Juga : Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak Perempuan Terpopuler

Rol cat menutupi lebih banyak area daripada kuas cat dengan upaya yang sama, dan beberapa bingkai rol cat memiliki pegangan yang dapat diperpanjang untuk memperluas jangkauan Anda.

Rol dan bingkai memiliki lebar yang berbeda agar sesuai dengan tugas dan tekstur yang berbeda untuk memberikan hasil yang Anda inginkan. Banyak DIYers mengambil jalan keluar dengan malas dan hanya membuang roller cat saat pekerjaan selesai.

Cara tersebut memang salah satu cara cepat untuk membersihkan karena sekaligus membuangnya. Tetapi biaya pembelian rol baru untuk setiap proyek dapat bertambah, terutama jika Anda berencana mengecat beberapa ruangan atau bagian.

Baca Juga : Penggunaan Lantai Kayu di Rumah dan Cara Memperbaiki Kerusakan yang Timbul

Plus, penutup rol cat berkualitas lebih tinggi yang harganya sedikit lebih mahal (dan Anda ingin menggunakan kembali untuk mendapatkan nilai uang Anda) akan memberi Anda hasil cat yang lebih baik.

Langkah-langkah membersihkan roller cat sederhana jika Anda mengikuti panduan untuk berbagai jenis cat. Kami akan melihat cara membersihkan rol cat, bingkai, dan baki cat sehingga Anda dapat menghemat uang dan peralatan Anda.

Seberapa Sering Membersihkannya?

Rol cat harus dibersihkan pada akhir setiap sesi pengecatan. Pembersihan jauh lebih mudah dan lebih berhasil saat cat basah. Jangan lupa juga untuk membersihkan rangka rol dan baki cat.

Baca Juga : Pagar Lisplang untuk Rumah Tampak Lebih Cantik dan Terjaga

Tips:

Jika Anda perlu istirahat sejenak selama sesi pengecatan, letakkan rol cat di dalam kantong plastik besar dan ikatkan kantong tersebut di sekitar pegangannya.

Selipkan baki cat ke dalam kantong terpisah dan ikat juga. Ini akan mencegah cat mengering sampai Anda dapat kembali bekerja.

Apa saja yang Anda butuhkan untuk kegiatan ini?

Baca Juga : Percantik Furniture Gaya Minimalis dengan Cat Kayu Jati yang Bagus

1. Peralatan / Perkakas

– Keranjang

– Kape

– Sikat berbulu kaku

– Sarung tangan karet

– Perlindungan mata

2. Bahan

– Cairan pencuci piring

– Roh mineral

– Koran

– Kain sisa

– Wadah sekali pakai

Baca Juga : Mengenal Jenis Lantai Kayu dan Cara Membersihkan, agar Awet Digunakan

Cara Membersihkan Rol Cat dari Water Based Paint

cat beserta rol dan kuas

Setelah membantu mempercepat dan mempermudah proses pengecatan, roller yang digunakan tentu harus diperhatikan kebersihannya. Terlebih, saat proses finishing masih akan terus dilakukan dan masih membutuhkan alat ini untuk digunakan.

Agar bisa terus digunakan dalam jangka waktu lebih panjang, menjaga kebersihan khususnya setelah roller digunakan menjadi sesuatu yang benar-benar krusial.

Lantas, bagaimana caranya membersihkan cat berbasis air atau lateks dari rol cat? Simak pembahasannya di artikel ini.

Baca Juga : Mengenal Jenis Lantai Kayu dan Cara Membersihkan, agar Awet Digunakan

1. Hapus Kelebihan Cat

Rol cat menahan jumlah cat yang luar biasa dalam serat penyerapnya. Gunakan pisau dempul untuk mengikis sisa cat dengan hati-hati ke dalam kaleng cat.

Pegang rol secara tegak lurus di atas bukaan kaleng dan kerjakan secara perlahan dan lembut di sekitar permukaan rol dengan gerakan ke bawah.

Akhiri dengan menggunakan sisa cat pada rol untuk menyentuh titik-titik kosong di dinding Anda atau gulung sisa cat di koran sampai rol berhenti mengeluarkan cat.

Baca Juga : Tips Perawatan Rak Buku Minimalis Bebas Rayap dengan Biocide Insecticide

2. Lepas Rol untuk Membersihkan Rangka

Mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda, tarik rol dari rangka. Jauh lebih mudah untuk membersihkan bingkai saat cat di atasnya basah.

Masukkan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam ember. Gunakan lap bekas atau sikat berbulu yang kaku untuk menghilangkan cat dari rangka dan pegangan rol. Sisihkan untuk mengeringkannya dengan udara.

3. Cuci hingga Bersih

Celupkan rol ke dalam ember berisi air hangat dengan beberapa tetes cairan pencuci piring.

Baca Juga : Langkah Kerja untuk Menghilangkan Penyok pada Lantai Kayu

Gunakan tangan Anda untuk memijat cat dari serat rol, pastikan Anda membersihkan setiap permukaan.

4. Bilas sampai Bersih

Gunakan aliran air segar atau seember air segar untuk membilas rol. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Singkirkan kelebihan air.

5. Keringkan Rol

Jangan sekali-kali meletakkan rol pada sisinya hingga kering — ini akan meratakan seratnya. Letakkan tegak di ujungnya atau selipkan di atas gantungan celana agar kering.

Baca Juga : Tips Memilih Kursi Cafe yang Tepat dan Berkualitas

6. Bersihkan Baki

Bilas baki cat dengan seember air sabun. Gunakan sikat berbulu kaku untuk menghilangkan cat kering di sepanjang tepinya.

Jika Anda tidak terburu-buru dan menggunakan baki plastik atau pelapis baki plastik, biarkan cat mengering lalu kupas saja. Metode ini dapat memberikan hasil yang bervariasi.

7. Buang Air Pembersih

Karena air pembersih mengandung serpihan cat, jangan pernah membuangnya ke saluran air hujan. Buang air ke saluran pembuangan yang terhubung ke fasilitas pengolahan air.

Baca Juga : Gunakan Cat Kayu Mengkilap Orchid untuk Daun Pintu dari Distributor Terbaik

Itulah cara membersihkan rol cat setelah digunakan beserta tips yang bisa jadi hal yang dilakukan untuk mempermudah prosesnya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here