Cara Memilih Furniture Outdoor yang Tepat

77
kanopi kaca untuk garden furniture outdoor pada konsep rumah modern

Untuk memahami cara memilih furniture outdoor yang berkualitas, Anda bisa mengikuti tips untuk menemukan mebel dengan kualitas terbaik.

Penggunaan furniture di area luar ruangan tentu berbeda dengan kebutuhan di dalam ruangan. Resiko kerusakan karena pengaruh lingkungan luar dapat berdampak langsung pada furniture.

Cara Memilih Furniture Outdoor

pagar tampil baru dengan Orchid

steel outdoor furniture materials

Menjaga keawetan dan kualitas furniture membutuhkan usaha ekstra. Agar furniture bisa tetap awet dan kualitasnya terjaga, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memilihnya saat akan membeli furniture outdoor.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa menjadi tips andalan Anda saat akan memilih furniture untuk kebutuhan pemakaian di area luar ruangan.

1.  Pilih Material yang Tahan Lama

Pemilihan material untuk furniture akan sangat mempengaruhi kualitas dan ketahanannya. Oleh karena itu, memastikan jenis bahan yang digunakan sudah tepat merupakan hal yang sangat penting.

Kerusakan furniture outdoor tak jarang terjadi karena pemilik keliru dalam memilih material yang digunakan. Jadi, jika Anda ingin memiliki furniture outdoor yang awet digunakan dan kualitasnya dapat tetap terjaga dengan baik, perhatikan pemilihan bahan serta cara perawatannya.

Rusaknya furniture outdoor akibat pengaruh cuaca juga sering terjadi. Sebaiknya, pilihlah bahan yang memiliki ketahanan baik terhadap faktor penyebab kerusakan furniture luar ruangan.

Pilihlah material yang memiliki kualitas tinggi untuk digunakan sebagai bahan furniture taman. Gunakan misalnya, kayu dengan kekuatan dan ketahanan seperti jati, Anda juga dapat menggunakan rotan dari jenis terbaik.

Selain bahan-bahan natural, Anda juga dapat menggunakan besi tempa maupun stainless steel sebagai bahan baku pembuatan furniture outdoor.

2.  Sesuaikan Ukuran Furniture dengan Luas Area Outdoor

Selain menentukan penggunaan bahan baku yang tepat, Anda juga harus menyesuaikan ukuran furniture yang digunakan dengan luas area outdoor. Jangan sampai Anda memilih furniture outdoor yang memiliki ukuran tidak sesuai dengan area penggunaannya nanti.

Baca Juga :  Ayo Membuat Mainan Anak Berbahan Kayu Yang Unik

Menentukan area eksterior yang akan ditempatkan furniture ini dapat dilakukan dengan mengukur luas area outdoor atau teras rumah lalu memilih dan menyeleksi furniture yang nanti akan digunakan.

Sangat penting untuk menghindari kesalahan pemilihan furniture. Jangan sampai Anda memilih furniture dengan ukuran yang terlalu besar ataupun terlalu kecil sehingga terlihat tidak selaras dengan luas area luar ruangan.

3.  Pilih Funiture yang Modelnya Selaras dengan Konsep Rumah

Perkembangan model furniture juga semakin meningkat setiap waktu. Banyaknya pilihan model furniture yang bisa Anda gunakan pada area outdoor mejadi hal yang perlu dicermati. Jangan sampai saat memilih model furniture yang akan digunakan nanti, Anda justru melupakan konsep dari hunian Anda.

Pilih furniture yang dapat menunjang konsep hunian Anda sehingga tampak serasi. Sesuaikan pilihan warna, bentuk hingga ukuran untuk menunjang estetika. Atau, jika Anda bingung untuk memilih warna fruniture, ada acara mudah yang dapat dilakukan.

Anda dapar memilih furniture eksterior dengan warna netral agar menampilkan kesan sederhana dan tidak terlalu mencolok. Cara ini secara umum dapat digunakan untuk segala jenis hunian.

4.  Gunakan Bahan dan Cara Finishing yang Tepat

memilih warna gelap untuk finishing pagar besi

Ketahanan furniture outdoor tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh bahan bakunya. Penggunaan finishing yang diaplikasikan juga memberikan pengaruh yang cukup besar. Untuk membantu menjaga kondisi furniture outdoor, sebaiknya gunakan bahan dan tipe finishing yang tepat.

Contohnya, dengan menggunakan polyurethane (PU) sebagai bahan finishung yang memiliki reputasi bagus terhadap air. Bahan polyurethane juga kuat dan cocok digunakan untuk penggunaan di area outdoor. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan cat water based yang tahan air dengan lapisan film yang kuat.

Baca Juga :  Finishing Rak Wastafel Lebih Cepat Menggunakan Cat Besi Water Based Orchid

Contoh produk yang bisa digunakan adalah cat water based Orchid Enamel Paint yang sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan pengecatan Anda. Cat Orchid dapat digunakan untuk melapisi furniture outdoor dari berbagai material, seperti furniture kayu outdoor, besi, stainless, atau jenis material lainnya. Lapisan film Orchid Enamel Paint ini cukup kuat namun tetap fleksibel.

Selain itu, finishing dengan produk Orchid Enamel Paint juga cukup aman karena kandungan VOC-nya rendah.

5.  Pertimbangkan untuk Memilih Furniture Outdoor yang Multifungsi

Jika Anda memiliki anggaran dana yang terbatas, sebaiknya pertimbangkanlah untuk memilih furniture outdoor yang multifungsi agar bisa lebih ekonomis.

Anda bisa memilih satu set meja dan kursi lengkap yang dapat dilipat untuk digunakan di area taman dan juga bisa digunakan di teras. Atau, Anda juga bisa menggunakan satu set bangku dan meja yang dilengkapi dengan laci untuk menambah tempat penyimpanan ekstra.

6.  Simpan dan Gunakan di Tempat yang Teduh

kanopi kaca untuk garden furniture outdoor pada konsep rumah modern

Meskipun Anda telah memilih furniture outdoor dengan menggunakan bahan yang teruji kualitasnya dan memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya.

Kualitas bahan baku yang optimal tidak serta-merta membuat Anda dapat menempatkan furniture outdoor seenaknya dan disimpan begitu saja pada area dengan paparan cuaca ekstrim yang tinggi secara langsung.

Agar furniture tersebut dapat lebih awet dan tahan lama untuk digunakan, simpanlah pada tempat yang teduh. Selain akan lebih awet, tempat penyimpanan yang lebih teduh juga dapat memudahkan perawatan furniture.

Itulah beberapa cara memilih furniture outdoor yang bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menemukan furniture dengan kualitas terbaik sehingga dapat digunakan dengan lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga :  Grosir Cat Kayu Orchid, Cat Water based Warna Solid
sambut ramadhan bersama biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here