Trik Mengecat dan Memilih Warna Pagar Besi dengan Benar

3398
memilih warna pagar besi
warna hitam menjadi pilihan warna pagar besi yang netral dan mewah

Apakah Anda sudah merasa bosan dengan warna pagar di rumah Anda? Apakah catnya sudah mulai usang? Jika iya ada baiknya Anda melakukan cat ulang pada material pagar. Salah satu material yang perlu dilakukan secara berkala adalah material besi.

Melakukan pengecatan juga harus memperhatikan pemilihan warna pagar besi. Penyesuaian warna cat yang digunakan harus menyelaraskan dengan kebutuhan. Menyesuaikan pula dengan bentuk bangunan

Memilih Warna Pagar Besi dari Cat Berkualitas

pagar besi warna abu-abu
pagar besi warna abu-abu. sumber: idesignarch.com

Material besi adalah material yang sangat populer digunakan sebagai material dalam pembuatan pagar, karena  selain bahannya yang mudah didapat, material besi juga material yang kuat dan mampu melindungi seisi rumah.

pagar tampil baru dengan Orchid

Mengecat pagar lama, berarti anda harus siap dengan warna baru dan nuansa baru yang ingin ditampilkan. Sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum memilih warna cat.

  1. Perhatikan pemandangan dan kondisi di lingkungan sekitar rumah.

Sebelum memilih cat, lihatlah pemandangan sekitar rumah anda. Apakah banyak bunga-bunga cantik yang sayang jika dilewatkan? Pilih warna cat yang mampu menonjolkan warna-warna cantik dari bunga tersebut. Begitu pula dengan kondisi lainnya di sekitar lingkungan Anda. Perhatikan, dan sesuaikan dengan pilihan warna pagar nantinya.

2. Cocokkan warna cat yang akan dipilih dengan jendela

Keberadaan jendela di rumah juga dapat memberikan pengaruh penting terhadap pemilihan warna pagar. Pastikan warna cat dinding Anda yang cocok dengan warna jendela rumah juga dapat sesuai dengan tampilan dan warna pagar rumah.

3. Beranilah berekspresi

Pastikan Anda memikirkan apakah pagar rumah Anda ingin dijadikan sebuah titik fokus atau hanya sekedar aksen saja di halaman rumah? Jika ingin membuat pagar menjadi fokus tampilan rumah Anda dari segi eksterior, pilihan warna harus sesuai dan mampu membuatnya menjadi fokus.

Jika tidak, pilih warna yang sesuai dengan warna umum sesuai dengan warna dasar yang telah diaplikasikan pada rumah Anda.

4. Bisa gunakan lebih dari 1 warna

Pagar Besi 2 Warna. Sumber: 99.co

Pertimbangkan untuk menggunakan beberapa warna jika ingin memunculkan gaya hunian yang berbeda. Pilihan warna-warna pagar dengan tampilan ini juga dapat memberikan kesan menarik.

Baca Juga :  Inspirasi Pagar Besi Minimalis untuk Percantik Rumah

Seperti kombinasi pilihan warna putih dan hitam. Atau, hitam dan abu-abu. Sesuaikan pilihan warna dan kombinasinya berdasarkan tema hunian dan kebutuhan Anda.

Perhatikan Pilihan Warna Cat Pagar Besi

katalog warna orchid
pilihan warna pagar besi dari cat orchid enamel pain

Memilih cat untuk pagar memang tidaklah mudah, karena semuanya bergantung kepada anda selaku pemilik rumah. Bagaimana gaya yang anda inginkan? Ingin warna-warni? Ataukah penuh warna? Bergaya klasik? Semuanya bergantung anda. Jadi, lakukan hati-hati ya.

Apapun yang akan anda lakukan pada pagar anda, baik mengecat yang baru maupun sekedar merapikan pagar, ada baiknya anda menanyakannya pada ahli rumah atau bangunan untuk mencari tahu biaya yang dibutuhkan dan warna yang cocok untuk pagar anda.

Jangan hanya memikirkan rumah anda saja, namun pastikan warna cat pagar bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. Untuk amannya, sebaiknya pilihlah warna netral, namun jika rumah anda memang sebuah penitipan anak, tak ada salahnya anda menggunakan cat warna cerah.

Mengecat tidak hanya sekedar mengecat saja, namun juga dibutuhkan perawatan berkala agar cat dapat menempel secara sempurna. Anda perlu mempertimbangkan pengecatan ulang dalam beberapa waktu kedepan

Satu trik yang dapat anda lakukan untuk menemukan warna cat yang tepat untuk rumah anda adalah dengan mencetak gambar rumah anda, lalu coba cocokkan dengan warna lain. Lihat apakah cocok. Jangan takut untuk memberikan nuansa yang berbeda pada rumah anda ya.

Mengecat Pagar untuk Mendapat Tampilan Lebih Menarik

Melakukan pengecatan pada pagar besi harus dilakukan dengan rutin dan bertahap. Artinya, jika lapisan cat lama sudah mengelupas dan butuh dilapisi dengan lapisan cat yang baru, segera lakukanlah pengecatan ulang.

Diperlukan cara pengecatan pagar yang tepat agar mendapat hasil yang optimal. Terlebih, jika ini merupakan pengecatan ulang. Maka harus benar-benar diperhatikan proses pengecatannya agar mendapat hasil berupa tampilan pagar yang lebih menawan.

Tahap 1. Mengikis Lapisan Cat Lama 

membersihkan pagar besi
membersihkan sisa sisa warna cat sebelumnya

Untuk melakukan pengecatan ulang pada material besi, sebaiknya kelupas dahulu lapisan cat yang lama. Anda bisa melakukan pengikisan ini menggunakan alat bantu berupa spatula atau kape hingga benar-benar bersih. Proses pengikisan ini membutuhkan kesabaran yang cukup ekstra.

Baca Juga :  Harga Cat Kayu 2017 Terbaik

Pengikisan dilakukan dengan tujuan agar hasil cat yang diaplikasikan lebih merata dan tidak muncul gelombang pada permukaan. Lapisan karat yang mungkin sudah muncul pada pagar juga bisa dihilangkan melalui proses ini.

Karena dengan adanya sisa karat justru akan menghasilkan karat yang baru. Jika hal ini dibiarkan, maka akan merusak permukaan cat yang lain.

Tahap 2. Amplas Besi Pagar

memilih warna pagar besi
amplas bersih sisa sisa cat pagar besi sebelumnya

Setelah pengikisan lapisan cat sebelumnya, biasanya masih ada lapisan cat lama yang membandel dan sulit dihilangkan. Proses pengikisan cat menggunakan spatula biasanya tidak bisa benar-benar membersihkan dan menghilangkan lapisan cat sebelumnya maupun  sisa kotoran yang membandel atau debu.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda dapat menggunakan amplas dengan tingkat kekasaran yang medium. Hal ini diperlukan untuk memastikan besi benar-benar bersih dari lapisan cat sebelumnya.

Tahap 3. Aplikasikan Cat Besi

mengecat pagar besi
setelah pagar besi siap, langsung di cat dengan warna sesuai pilihan

Jika proses pengikisan dan pengamplasan sudah selesai, saatnya melapisi pagar besi menggunakan cat untuk besi. Aplikasikan cat secara halus dan merata dengan menggunakan kuas atau spray gun jika ada. Pastikan proses pewarnaan merata.

Setelah selesai, biarkan mengering dengan sendirinya. Jika sudah, lakukan pengamplasan secara ambang, lalu bersihkan debu sisa pengamplasan. Setelahnya, lanjutkan dengan mengaplikasikan cat kembali.

Proses pengulangan ini diperlukan untuk memastikan bahwa pengecatan mendapat hasil yang sesuai harapan. Berupa tampilan yang lebih menawan dari kondisi pagar sebelumnya.

Pengulangan proses pengecatan ini dapat dilakukan sampai mendapatkan ketebalan lapisan cat dan warna yang diharapkan.

Cat Besi Berkualitas yang Sebaiknya Digunakan

kenapa pakai cat orchid
kenapa harus pakai cat orchid?

Melapisi pagar dengan memperhatikan pilihan warna pagar besi agar tampak lebih sesuai dapat dilakukan menggunakan berbagai jenis cat. Namun, untuk hasil yang lebih aman dan optimal hasilnya Anda sebaiknya menggunakan cat Orchid Enamel Paint.

Baca Juga :  Cat Dasar Kayu Yang Bagus Untuk Finishing Tampilan Natural Kayu

Cat ini diformulasikan sebagai cat solid dengan kualitas terbaik dan aman serta ramah lingkungan. Produk yang dibuat dengan memperhatikan standar keamanan internasional dari segi kandungan bahan kimia berbahaya dan VOC content ini dapat menjadi produk terbaik yang Anda butuhkan.

Penggunaannya untuk diaplikasikan pada pagar besi yang akan bersentuhan setiap hari dengan manusia membuat pemilihan jenis cat harus diperhatikan keamanannya. Dengan VOC content di bawah 100 gram per liter, Orchid Enamel Paint termasuk cat water based yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Lalu kenapa harus menggunakan cat Orchid?

kenapa pakai cat orchid detail
kenapa pakai cat orchid?

Cat ini memiliki berbagai keunggulan yang menunjangnya untuk menjadi produk cat terbaik yang aman dan ramah lingkungan. Orchid Enamel Paint memiliki fitur unggulan berupa:

  1. Aman dan ramah lingkungan
  2. Mengandung bahan antikarat dan antijamur
  3. Multipurpose, dapat diaplikasikan pada besi, kayu, dan material sejenisnya
  4. Mudah dan cepat untuk diaplikasikan
  5. Tahan terhadap berbagai pengaruh cuaca
  6. Punya banyak pilihan warna
  7. Dapat digunakan pada berbagai media di area indoor maupun outdoor

Dengan berbagai kualitas unggulannya, tak heran jika cat ini dipilih untuk menjadi andalan sebagai pelapis cat pagar besi. Pilihan warnanya juga beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat yang Memiliki Pilihan Warna Pagar Besi Beragam?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT. Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

sambut ramadhan bersama biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here