Cat Galvalum yang Punya Kualitas Terbaik

249
atap seng dan galvalum
Atap dari seng. Sumber: desain.id

Pemilihan cat dengan kualitas terbaik dibutuhkan untuk menjaga kualitas galvalum. Penggunaan galvalum harus dibarengi dengan perlakuan berupa perawatan yang baik agar penggunaan galvalum dapat awet.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk perawatan jenis material baja ringan ini adalah dengan melakukan pengecatan. Namun, tidak semua cat dapat memberikan hasil terbaik saat diaplikasikan pada galvalum.

Mengenal Galvalum, Material Baja Ringan yang Serbaguna

Galvalum yang digunakan untuk atap rumah

Dikenal dengan nama lain baja ringan, galvalum adalah material yang terbuat dari galvalis serta aluminium. Material penyusunnya secara keseluruhan terdiri dari seng, aliminium dan juga silikon. Penggunaan galvalume sendiri saat ini banyak digunakan pada berbagai industri termasuk di bidang konstruksi bangunan.

Di bidang konstruksi bangunan, material galvalum cukup fleksibel untuk digunakan. Karena dapat dimanfaatkan sebagai kerangka bangunan hingga menjadi material atap. Sebutannya sebagai baja ringan sendiri bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan bobotnya yang memang lebih ringan dibandingkan material baja maupun besi pada umumnya.

Meski memiliki bobot yang lebih ringan, pada nyatanya penggunaan galvalum juga dapat bertahan lama. Keawetan dari penggunaan material ini pula yang menjadikannya sebagai bahan pilihan yang masih banyak digemari, bahkan menjadi material andalan untuk berbagai kebutuhan.

Galvalum juga termasuk bahan yang tahan terhadap pengaruh cuaca secara langsung, dan juga tahan terhadap resiko serangan serangga terutama rayap. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan karakter dari material pilihan lainnya seperti kayu ataupun besi.

Untuk terus menjaga kualitas dari material galvalum agar tetap dalam performa terbaik, cara perawatan yang dapat dilakukan dengan mudah adalah melapisinya dengan cat. Pemilihan cat yang digunakan juga harus diketahui dengan baik kualitasnya agar mampu melindungi galvalum dalam jangka waktu lebih lama.

Keamanan cat yang dipilih juga akan menentukan kualitas dari baja ringan. Anda perlu memastikan cat galvalum yang diaplikasikan telah sesuai dengan kriteria terbaik yang bukan hanya melapisi galvalum, melainkan juga melindunginya.

Kriteria Cat Galvalum yang Sebaiknya Digunakan

Memilih cat untuk melapisi baja ringan sebaiknya dilakukan dengan tepat dan memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa kriteria yang sebaiknya ada pada cat yang digunakan untuk melapisi galvalum:

·  Tahan cuaca

Cat untuk melapisi baja ringan sebaiknya memiliki ketahanan yang baik terhadap pengaruh cuaca. Terlebih jika galvalume digunakan sebagai atap, pengaruh cuaca akan sangat erat dan memberikan pengaruh besar.

Jika tidak dirawat dan dilapisi dengan cat yang tepat kualitasnya, bukan tidak mungkin material galvalum akan lebih cepat mengalami kerusakan. Ketahanan terhadap sinar UV, maupun pengaruh hujan harus dapat terpenuhi dengan baik oleh penggunaan cat yang diaplikasikan.

·  Tahan air

Hujan seringkali menjadi permasalahan yang berkaitan dengan kualitas dari galvalum saat digunakan. Lapisan cat yang diaplikasikan juga dapat luntur jika cat yang diaplikasikan tidak tahan air.

Perlindungan dari lapisan cat harus tetap terjaga dengan baik agar kondisi galvalum dapat tetap optimal untuk digunakan. Sehingga penggunaannya dapat tetap terjadi dalam jangka waktu lebih lama.

·  Antikarat

Rangka atap dari material galvalum

Pada musim hujan, seringnya air hujan yang mengenai lapisan galvalum secara terus menerus dapat berpotensi menimbulkan karat atau permasalahan lainnya. Jika cat yang digunakan tidak memiliki kualitas terbaik dan tidak dilengkapi dengan bahan anti karat, galvalum mungkin saja akan lebih mudah berkarat.

Agar penggunaan galvalum lebih awet, pastikan Anda juga memilih cat yang dilengkapi dengan fitur anti karat.

·  Lapisan filmnya kuat sekaligus fleksibel

Pilih cat yang memiliki lapisan film kuat namun juga fleksibel. Fleksibilitasnya dapat menjadikan lapisan filmnya melindungi seluruh permukaan media galvalum dengan baik dan lebih merata. Namun lapisan filmnya yang kuat juga membantu melapisi dan melindungi galvalum dengan baik dari resiko kerusakan.

Lapisan film tidak mudah terkelupas karena lapisan bondingnya sudah cukup kuat. Hal ini juga yang dibutuhkan dari kualitas cat untuk melindungi media galvalum agar lebih awet.

·  Tidak mudah tergores

Dengan lapisan film yang kuat, tentu membuatnya tidak mudah tergores. Jika lapisan cat mudah tergores, resiko kerusakan galvalum tentunya akan lebih meningkat. Untuk mencegahnya, perlindungan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cat yang memiliki kualitas terbaik.

·  Tidak mudah luntur

Warna cat tentu menjadi daya tarik tersendiri dari pengaplikasiannya. Namun, bukan hanya karena warna, lapisan cat yang berkualitas tentu sangat dibutuhkan untuk tetap bertahan pada media dan tidak mudha luntur.

Dalam hal ini, jika cat mudah luntur juga akan membahayakan kondisi galvalum. Perlindungan yang diberikan pada galvalum tidak akan optimal seperti saat cat masih melapisinya.

Rekomendasi Produk Cat untuk Melapisi dan Melindungi Galvalum

Atap galvalum berwarna tampak lebih menarik

Dari berbagai kriteria yang telah disebutkan di atas, tidak semua cat telah memenuhinya. Namun bukan berarti tidak ada cat yang sudah memenuhi seluruh kriteria tersebut dan layak digunakan untuk melapisi galvalum.

Karena untuk kebutuhan ini, Anda dapat mengandalkan produk Orchid Enamel Paint sebagai cat kayu dan besi yang serbaguna. Pengaplikasian cat ini juga dapat dilakukan pada berbagai media selain kayu dan besi, termasuk pada galvalum.

Sebagai produk water based yang aman dan ramah lingkungan, pengaplikasian produk ini juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Anda hanya perlu menggunakan air bersih sebagai bahan pelarutnya lalu dapat mengaplikasikannya dengan metode penguasan maupun penyemprotan.

Produk ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang sesuai dengan seluruh kriteria cat galvalum. Orchid Enamel Paint adalah cat yang tahan cuaca, tahan air, anti karat, memiliki lapisan film yang kuat sekaligus fleksibel, tahan goresan, dan juga awet digunakan karena tidak mudah luntur.

Penggunaan cat ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan finishing indoor maupun outdoor pada berbagai media. Dengan berbagai keunggulannya, cat ini dapat melindungi galvalum dengan lebih optimal.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Cat untuk Galvalum?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui kontak Whatsapp di website. Anda juga bisa menghubungi kami imelaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]ustries.co.id

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here