Cara Ampuh Menghilangkan Cat pada Besi

    184
    perontok cat besi
    mesin sander digunakna untuk menghilangkan cat besi

    Untuk menghilangkan cat pada besi, dibutuhkan teknik khusus. Penggunaan cat pada besi memang diperlukan untuk melapisinya agar tidak mudah berkarat. Namun, saat akan melapisi besi dengan cat baru atau ada karat yang muncul dan perlu dilapisi ulang, Anda perlu menghilangkan lapisan cat yang terdahulu. Proses ini bisa dilakukan melalui beberapa cara yang terbukti efektif.

    Cara Menghilangkan Cat pada Besi

    menggunakan ampelas untuk menghilangkan cat pada besi

    Cat yang diaplikasikan pada besi seringkali membandel saat akan dibersihkan atau dihilangkan. Hal ini perlu diatasi dengan baik jika Anda akan melapisi besi dengan cat yang baru. Agar hasilnya lebih efektif, ada cara yang tepat untuk menghilangkan lapisan cat di besi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

    1.  Dikerok menggunakan alat pengikis cat

    pagar tampil baru dengan Orchid

    Cara menghilangkan lapisan cat yang paling mudah dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengikis cat. Penggunaan alat ini dapat diaplikasikan pada media apapun untuk menghilangkan lapisan cat yang sudah ada sebelumnya. Termasuk cat pada besi.

    Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mengerok lapisan cat yang menempel pada besi dengan alat pengikis cat. Yang perlu jadi perhatian, lakukan pengerokan dengan teliti, jangan sampai mengerok secara sembrono yang justru menyebabkan hasilnya tidak maksimal, dan tak jarang membuat besi tergores cukup dalam dan menyebabkan permukaannya tidak rata.

    Baca juga: Cat Kayu Terbaik Orchid untuk Finishing Furniture Kayu dan Besi

    Setelah cat dikerok dengan alat pengikis selesai dilakukan, Anda perlu mengampelasnya terlebih dahulu. Lalu mengelapnya menggunakan kain lap kering agar hasilnya lebih optimal.

    2.  Menggunakan soda api

    Soda api bisa digunakan untuk menghilangkan cat pada besi dengan mengoleskan atau menyemprotkannya. Aplikasikan ke seluruh permukaan besi yang ada bekas catnya. Biarkan soda api bereaksi dan merontokkan cat yang ada pada permukaan besi.

    Baca Juga :  Temukan Lokasi Agen dan Distributor Cat Furniture Bioduco Online

    Jika sudah bereaksi, lapisan cat akan mengelupas dengan sendirinya dari permukaan besi. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengampelas dan membersihkannya dengan kain kering yang bersih.

    3.  Menggunakan bensin

    Bensin juga dapat diandalkan untuk menjadi bahan penghilang cat dari permukaan besi. Anda cukup menyiapkan lap kering yang kemudian dibasahi dengan bensin. Setelah itu, lap seluruh permukaan besi yang dilapisi cat dengan lap bensin tersebut.

    Diamkan dan tunggu beberapa saat sampai muncul reaksi dan cat akan terkelupas dengan sendirinya. Untuk memaksimalkan hasilnya, Anda bsa mengampelas dan membersihkannya dengan lap kering yang bersih.

    4.  Menggunakan ampelas

    ampelas untuk menghilangkan cat pada besi

    Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan lain seperti bensin, soda api, atau bahan lainnya, Anda bisa mengandalkan ampelas. Dengan cara ini, Anda hanya perlu menggunakan ampelas dan menggosoknya ke seluruh permukaan besi hingga lapisan cat pada besi rontok.

    Di akhir pengampelasan, jangan lupa untuk bersihkan dengan kain lap kering. Agar rontokan cat yang terkelupas bisa benar-benar bersih dari permukaan besi. Jangan lupa gunakan masker pelindung agar pernafasan tidak terganggu dengan debu dari proses pengamplasan.

    5.  Menggunakan paint remover

    Yang paling mudah dan bisa ditemukan di banyak toko cat adalah paint remover. Anda hanya perlu menyiapkan kuas untuk mengaplikasikan paint remover, lalu kuaskan ke seluruh permukaan besi secara merata. Diamkan beberapa saat sampai cat pada besi mengelupas.

    Baca juga: Cat Besi Antikarat untuk Hasil Finishing Awet dan Berkualitas

    Untuk memaksimalkan hasilnya agar lebih bersih, Anda bisa mengamplasnya untuk membantu menghilangkan sisa cat yang masih menempel, kemudian membersihkan debu dan sisa cat yang sudah terkelupas dengan lap kering.

    6.  Menggunakan thinner

    Thinner juga dapat diandalkan sebagai bahan perontok cat pada besi. Anda bisa menghilangkan cat yang melapisi besi dengan mudah menggunakan tinner. Caranya hampir sama dengan pengaplikasian paint remover, Anda cukup mengaplikasikan tinner ke seluruh permukaan besi yang ada catnya.

    Baca Juga :  5 Jenis Pagar Rumah dan Fungsinya Secara Umum

    Setelah itu, Anda bisa mengeroknya dengan mudah karena tinner dapat membuat lapisan cat menguap dari permukaan besi. Anda bisa menggunakan alat pengikis cat agar proses pengelupasan dan pengikisan cat dari permukaan besi dapat terjadi lebih mudah dan cepat.

    7.  Menggunakan compound

    Anda juga bisa menghilangkan cat pada besi menggunakan compound. Caranya dengan menggunakan lap kering yang telah diusapkan compound lalu menggosok besi dengan lap tersebut. Usap secara merata sampai mendapat hasil yang maksimal lalu biarkan cat pada permukaan besi terkikis dengan sendirinya.

    Anda tidak perlu menggunakan compound terlalu banyak, karena jika terlalu banyak, compound justru dapat berakibat buruk yaitu mengikis besi dan merusaknya. Jadi, sebaiknya gunakan compound secukupnya saja.

    8.  Menggunakan mesin sander

    mesin sander untuk menghilangkan cat pada pagar besi

    Mesin sander juga dapat menjadi alternatif menghilangkan lapisan cat dari besi. Untuk menggunakannya, Anda tentu harus menyambungkan mesin sander terlebih dahulu pada listrik. Setelah itu langsung bisa menempelkannya pada bagian besi yang ingin dibersihkan dari cat.

    Baca juga: Cara Mengatasi Besi Berlumut dengan BioCide Surface Film Preservative

    Gerakkan mesin pada seluruh permukaan besi hingga cat yang diaplikasikan sebelumnya dapat terkelupas. Saat bekerja dengan alat ini, jangan lupa untuk menggunakan masker agar lebih aman dari sisa cat yang terkelupas dari besi. Debu yang ada akibat kegiatan ini juga harus diantisipasi.

    Setelah seluruh lapisan cat terkelupas, Anda bisa membersihkan sisa cat yang masih tersisa menggunakan kuas atau lap kering. Bersihkan agar seluruh sisa cat benar-benar bersih dari besi dan debu dari proses yang telah dilakukan juga dapat terangkat.

    sambut ramadhan bersama biovarnish
    SHARE

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here