Percantik Furniture Gaya Minimalis dengan Cat Kayu Jati

1541
cat-kayu-furniture-minamalis
Cat untuk furniture warna solid yang menekankan gaya minimalis

Furniture gaya minimalis dapat dilapisi dengan warna solid cat kayu jati yang menekankan tampilannya agar semakin menarik. Kualitas kayu jati yang kuat akan semakin terawat dengan penggunaan produk yang lepat untuk melapisinya saat difinishing.

Penerapan gaya minimalis cocok menggunakan pada material kayu jati. Terlebih jika telah didampingi dengan penggunaan produk cat kayu yang tepat dan berkualitas hingga membantu menjadi lapisan pelindungnya.

Desain Minimalis yang Semakin Banyak Diminati

Interior rumah minimalis modern

Baca Juga : Finishing Pagar Besi Minimalis

Gaya minimalis adalah trend yang akhir-akhir ini semakin digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat. Trend gaya interior ini memadukan bahan olahan kayu dengan bahan lain seperti kaca, alumunium maupun besi.

Material kayu yang digunakan tidak terlalu banyak terutama pada jenis kayu jati yang kian hari kian langka keberadaannya. Kayu jati memang kayu yang diakui keawetannya, akan tetapi jenis hardwood ini juga berharga mahal sehingga saat ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu yang memiliki budget tinggi.

Furniture yang dibuat dari kayu jati saat ini juga semakin banyak yang menerapkan gaya minimalis. Biasanya mebel minimalis memadukan warna-warna cerah maupun gelap dengan desain mebel yang sederhana akan membuat nuansa di rumah pun terasa lebih  nyaman.

Gaya minimalis ini yang memadukan kayu dengan bahan lain terlebih dengan besi harus dilindungi dengan cat. Terutama jika Anda penggemar kayu jati harus menggunakan cat kayu jati yang juga bisa digunakan pada besi.

Mengapa? Karena Anda akan mengeluarkan budget lebih jika harus membeli dua cat berbeda padahal terdapat satu jenis cat yang bsia digunakan untuk dua jenis material sekaligus.

Mengapa Kayu Jati Sangat Terkenal?

cat-kayu-furniture-minamalis
Furniture warna solid yang menekankan gaya minimalis

Banyak  alasan mengapa gaya minimalis mengandalkan kayu jati sebagai material utamanya. Kayu jati sendiri termasuk jenis kayu dengan tingkat keawetan dan tingkat kekuatan kelas I. Dengan kelas kayu yang tinggi tersebut maka harga kayu jati juga dibandrol dengan sangat tinggi.

Selain itu, jati juga termasuk kayu yang memiliki kecenderungan pertumbuhan cukup lama karena prosesnya cukup lambat. Jika Anda menginginkan kayu jati dengan kualitas terbaik, artinya Anda harus menggunakan jati tua.

Untuk mendapatkan kayu jati tua, harus memilih pohon yang telah tumbuh selama 40 tahun untuk diambil kayunya. Selama itu, pohon jati akan memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan besar diameter kurang lebih 1.2 meter.

Ukuran kayu jati yang besar tersebut dapat digunakan untuk menciptakan berbagai macam furniture. Seperti meja, lemari, kursi maupun berbagai jenis mebel lainnya. Warna dari kayu jati sendiri pada bagian teras adalah cokelat hingga emas gelap.

Kayu jati emas. Sumber: Seputar Riau

Sedangkan pada bagian gubalnya berwarna krem hingga putih. Kayu jati yang baru saja dibelah biasanya berwarna kemerahan tetapi akan kembali berwarna cokelat setelah dijemur dan terkena sinar matahari.

Warna dari kayu jati sendiri dapat ditutup dengan menggunakan cat kayu warna solid. Terlebih pada furniture minimalis yang menekankan penggunaan warna-warna cerah.  Cat kayu jati warna solid yang mampu memberikan tampilan terbaik dan mudah diaplikasikan.

Tentunya, Anda perlu melakukan pemilihan cat dengan cara yang tepat. Dalam memilih cat, Anda sebaiknya lebih cermat agar tidak salah dalam pemilihannya.

Lantaran kayu jati berharga sangat mahal, akan sayang jika Anda salah menggunakan cat. Karena dikhawatirkan hal tersebut akan berakibat fatal dan dapat merusak serat kayu.

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Jati yang Tepat pada Furniture

set mebel jati cat solid

Kayi jati memang terkenal dengan jenis kayu kelas I, akan tetapi tidak memungkiri bahwa ada kemungkinan rayap dapat menggerogoti serat kayu. Maka tetap dibutuhkan penggunaan cat kayu jati yang memiliki kualitas terbaik sehingga mampu memberikan perlindungan lebih optimal.

Termasuk mampu melindungi furniture dari serangan hama kayu yang paling sering terjadi, yaitu rayap. Selain itu juga cat akan melindungi kayu dari perubahan cuaca dari situasi kemarau ke musim penghujan, maupun sebaliknya.

Tak lupa juga harus mampu melindungi dari air hujan jika furniture diletakan di luar ruangan. Jika furniture di dalam ruangan, cat tetap akan melindungi furniture dari kelembapan. Maka furniture dari kayu tidak akan mudah lapuk dan rusak.

Dari karakteristik yang disebutkan, ada produk cat kayu yang cocok untuk digunakan. Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel Paint. Merk cat kayu ini bisa diandalkan untuk kebutuhan perawatan dan perlindungan mebel jati.

Punya Beragam Fitur Unggulan Membuat Kemudahan Pengaplikasian Orchid Enamel

Sumber: YouTube Bio Paint

Cat ini sangat mudah diaplikasikan, dan tentunya aman serta cepat. Anda dapat mengaplikasikan cat ini setelah dilarutkan dengan ait air bersih. Aduk sampai merata dan aplikasikan menggunakan kuas.

Lapisi seluruh permukaan mebel jati dengan cat Orchid untuk mendapat tampilan minimalis lebih sempurna. Anda bisa mengulangi pengecatan dengan 2 lapisan cat, artinya saat lapisan pertama sudah kering Anda perlu melakukan pengamplasan ambang terlebih dahulu.

Setelahnya, lanjutkan dengan pengaplikasian cat untuk kedua kalinya. Tunggu hingga mengering, lalu Anda bisa langsung menggunakan mebel jati. Pengeringan yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama, hal itu pula yang menyebabkan cat ini lebih cepat untuk diaplikasikan.

Ada berbagai pilihan warna yang tersedia dari penggunaan cat ini. Pilihan warna solid yang termasuk warna-warna utama tentu tersedia dan sangat lengkap, dilengkapi pula dengan pilihan berbagai warna solid lainnya yang beragam.

Dapat Melindungi Mebel dengan Lebih Optimal

orchid enamel paint

Ketahanan cat Orchid Enamel mampu memberikan perlindungan optimal secara menyeluruh pada furniture. Bukan hanya mampu memberikan tampilan yang lebih menarik saja.

Karena, dengan kualitas terbaik dari cat ini membuatnya mampu melindungi media dari berbagai resiko kerusakan. Di antaranya:

  • Dari pengaruh perubahan cuaca
  • Serangan organisme pengganggu seperti jamur dan rayap, karena dilengkapi dengan bahan anti rayap dan anti jamur
  • Terlindungi dari faktor kelembaban lingkungan yang tinggi
  • Sinar matahari langsung
  • Air hujan, terutama saat musim hujan dengan intensitas hujan yang tinggi
  • Jika digunakan pada media besi dan sejenisnya, bahan ini juga mampu melindungi dari karat. Sehingga dapat membantu meminimalisir terjadinya resiko korosi.

Cat ini juga dapat digunakan secara fleksibel pada berbagai media, bukan hanya pada kayu jati. Karena Orchid Enamel Paint dapat diaplikasikan pula pada media besi dan jenis kayu lainnya.

Selain mudah dari segi metode aplikasinya, cat ini juga fleksibel untuk digunakan pada berbagai jenis media. Sehingga tidak salah jika Anda memilih untuk menggunakan Orchid Enamel Paint sebagai cat kayu jati untuk melapisi furniture dengan gaya minimalis.

Perlindungan optimal dan menyeluruh dapat terwujud dengan penggunaan cat serbaguna yang satu ini. Keamanan dan kemudahan dalam proses finishing juga tidak perlu diragukan lagi.

Yuk, gunakan Orchid Enamel Paint untuk memenuhi berbagai kebutuhan finishing Anda.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Kayu Jati untuk Furniture Gaya Minimalis?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here