Cara Megecat Atap Seng dengan Hasil Terbaik

812
Atap dari seng. Sumber: desain.id

Cara mengecat seng yang digunakan untuk atap maupun untuk kebutuhan lainnya harus dilakukan dengan benar. Untuk mendapat hasil yang bagus, diperlukan cara pengecatan yang tepat dan penggunaan bahan finishing yang tepat.

Seng sering digunakan sebagai bahan untuk atap, keberadaannya dibutuhkan untuk melindungi rumah seperti halnya asbes, genteng dan bahan atap lainnya. Tiap bahan yang digunakan memiliki keunggulannya masing-masing. Namun untuk membuat kinerjanya optimal, tetap diperlukan perlindungan terbaik.

Atap Seng yang Fleksibel

Atap dari seng yang sudah dilapisi cat

Sebagai salah satu bagian yang penting dalam bangunan, atap membutuhkan material yang berkualitas. Banyak pilihan bahan yang dapat digunakan, salah satunya yang sudah banyak digunakan yaitu seng.

Ada berbagai bahan yang bisa digunakan untuk menjadi atap dari suatu bangunan. Seperti genteng, galvalum, asbes, dan lain, termasuk seng. Setiap material memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing saat digunakan sebagai atap.

Seperti pada penggunaan seng, bahan ini sebenarnya cukup fleksibel untuk digunakan sebagai atap. Mengingat bobotnya yang cukup ringan, instalasinya mudah, dan juga tahan terhadap karat. Namun secara bentuk dan tampilan, seng tetap perlu untuk dipoles agar lebih menarik.

Untuk membuatnya tampak lebih menarik, Anda bisa melakukan finishing atau pengecatan ketika mood sedang bagu. Tahapan pngecatan perlu dilakukan untuk memperbarui tampilan seng sebagai atap agar bukan hanya fungsional namun tetap memiliki nilai estetika.

Proses pengecatan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan cat water based yang memiliki kualitas terbaik untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh.

Sebelum melakukan pengecatan, tentu diperlukan kelengkapan alat dan bahan. Seperti:

  1. Cat

Anda dapat menggunakan cat water based untuk mendapat hasil terbaik, kami merekomendasikan cat Orchid Enamel Paint.

  1. Kuas

Gunakan kuas busa agar lebih efektif dan tidak meninggalkan brush mark pada media.

  1. Wadah cat

Diperlukan wadah untuk melarutkan cat Orchid terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

  1. Kain lap

Diperlukan kain lap bersih untuk membantu membersihkan alat dan bahan kebutuhan selama proses pengecatan.

Cara Mengecat Seng untuk Atap

Berikut adalah tahapan yang perlu dilakukan untuk mengecat atap seng, yaitu:

1.  Ketahui berapa luas seng yang akan di cat

Penting untuk mengetahui berapa luas seng yang akan dilapisi dengan cat. Dengan mengetahuinya, sehingga kebutuhan akan cat yang dibutuhkan juga bisa diperkirakan.

2.  Siapkan cat yang akan digunakan

 

Sebelum diaplikasikan pada seng, siapkan cat terlebih dahulu. Tuangkan cat ke dalam wadah, lalu larutkan atau encerkan. Jika menggunakan cat Orchid, Anda hanya perlu melarutkannya dengan air bersih.

Larutkan menggunakan air bersih hingga konsentrasi larutan mencapai 20%. Atau setara dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata hingga menjadi larutan yang merata, agar saat diaplikasikan hasilnya dapat lebih optimal.

3.  Pastikan seng dalam kondisi kering dan bersih

Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang lebih optimal, pastikan pula seng sudah dalam keadaan siap finishing. Artinya, seng harus sudah dalam kondisi bersih dan juga kering.

Anda bisa membersihkan dan mengeringkannya terlebih dahulu. Lap dan bersihkan menggunakan kain lap bersih yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di permukaan media.

4.  Cara mengecat seng dengan kuas

Setelah itu, Anda bisa langsung melanjutkan ke tahap pengecatan. Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan kuas seperti halnya saat mengecat media kayu maupun lainnya. Sebaiknya, pilih kuas yang ukurannya sesuai dan mempermudah kegiatan pengecatan.

Anda juga dapat menggunakan kuas busa untuk mempermudah proses pengaplikasian cat. Terlebih, dengan minimnya resiko munculnya brush mark. Lakukan pengecatan secara merata pada seluruh permukaan seng agar hasilnya lebih menawan.

Tunggu hingga kering kurang lebih 60 menit, lalu lakukan ampelas ambang. Anda dapat menggunakan kertas ampelas aluminium oxide No.400.

5.  Lakukan pengecatan ulang

Untuk memaksimalkan hasil pengecatan, Anda sebaiknya mengulangi pengecatan pada seng yang telah dilapisi dengan cat sebelumnya. Proses pengulangan ini bisa dilakukan hingga beberapa kali. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

6.      Lapisi dengan top coat

Bioduco Top Coat

Pada bagian terakhir, untuk memaksimalkan hasil pengecatan yang bagus dan berkualitas, Anda perlu melapisi atap seng ini dengan top coat. Pengaplikasian top coat dilakukan setelah lapisan cat Orchid sudah kering dan siap untuk dilakukan pengecatan Kembali.

Anda dapat menggunakan Bioduco Top Coat untuk memenuhi kebutuhan ini.  Perlindungan maksimal terhadap atap seng dari cuaca, hujan, hingga goresan dapat dilakukan dengan lebih optimal melalui pemakaian produk Bioduco Top Coat.

Cara aplikasinya sama dengan proses pengecatan sebelumnya saat mengaplikasikan Orchid Enamel. Setelah selesai mengaplikasikan top coat, biarkan lapisan top coat mongering dengan sempurna. Tidak perlu dikeringkan dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari langsung. Anda hanya perlu mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi Berkualitas untuk Mengecat Seng?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui email di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT. Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here