Simak 5 Tips Pilihan Furniture Rumah Tangga pada Ruang Sempit di Sini!

105

Untuk kamu yang sedang bingung bagaimana harus memilih dan menata furniture rumah tangga pada ruang sempit, yuk simak tipsnya di sini.

Saat ini semakin banyak masyarakat yang tinggal di rumah dengan konsep minimalis karena kondisi lahan yang terbatas. Hal itu pula yang menimbulkan banyak diperlukannya tips pemilihan dan penataan furniture rumah tangga pada kondisi ruangan yang sempit.

Cerdas dan Fungsional dalam Manfaatkan Ruang Sempit di Rumah

Ruangan sempit dengan desain skandinavian yang menarik.

Dengan kondisi hunian yang punya lahan terbatas, tidak heran jika beberapa ruangan yang ada juga akan punya ukuran sempit. Kendati demikian, bukan berarti kamu tidak bisa menata furniture yang dibutuhkan di dalamnya.

Baca Juga : Gunakan Cat Kayu Mengkilap Orchid untuk Daun Pintu dari Distributor Terbaik

Penataan furniture pada ruang sempit juga memerlukan skill. Jangan asal saat melakukannya karena tetap harus diimbangi dengan cara yang cerdas dan pemilihan furniture yang fungsional.

Agar kondisi ruangan yang sempit bisa dimaksimalkan dengan baik pemanfaatannya saat menyandingkan berbagai furniture yang tepat di dalamnya.

Harapannya, rumah minimalis milikmu akan tetap nyaman dan punya beragam fungsi yang tepat dengan bantuan perabot rumah tangga yang tepat pula.

Kamu bisa memilih furniture rumah tangga yang mempunyai beberapa fungsi sekaligus, sehingga bisa membantumu untuk lebih menghemat ruang. Selain itu, keberadaannya juga lebih bermanfaat karena dapat mengakomodir beberapa kegiatan sekaligus.

Baca Juga : Tips Memilih Kursi Cafe yang Tepat dan Berkualitas

Jangan lupa juga untuk memilih desain perabotan rumah tangga yang minimalis. Agar lebih sesuai dan cocok dengan konsep hunianmu serta kondisi ruang sempit tempatnya nanti digunakan.

Saat ini kamu bisa menemukan berbagai furniture rumah yang di jual secara online. Selain banyak pilihan jenisnya, harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis.

Nah, supaya kamu bisa memilih furniture rumah dengan tepat, simak 5 jenis furniture pilihan yang dapat ditata dan dipakai pada ruang sempit.

Baca Juga : 6 Perabot Serbaguna yang Cocok Dipakai untuk Partisi Ruangan Minimalis

1.      Furniture sofa yang nyaman dan multifungsi

Sofa kasur serbaguna. Sumber: Viku Furniture

Salah satu furniture pertama yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih adalah sofa. Kamu bisa memilih untuk menggunakan sofa yang punya manfaat lain selain digunakan sebagai sofa.

Misalnya, dengan memilih sofa yang bisa dengan mudah diubah untuk jadi tempat tidur yang luas dan nyaman. Cukup dengan melepas bagian bantal punggung dan menarik keluar rangka yang ada di bagian bawahnya.

Lalu seketika kamu bisa menyulap ruang keluarga untuk menjadi kamar tidur hanya dalam sekejap, sangat bermangaat bukan?

Baca Juga : Beragam Kerajinan dari Rotan yang Unik dan Menarik

2.      Tempat penyimpanan serbaguna untuk ruang sempit

Tempat penyimpanan serbaguna untuk ruang sempit. Sumber: Ikea

Adanya tempat penyimpanan serbaguna adalah cara yang tepat untuk dapat menata berbagai benda di rumah Anda dengan lebih rapi namun tetap terlihat modern dan menarik.

Tempat penyimpanan sebaiknya menjadi pilihan karena dapat memberikan solusi serbaguna untuk berbagai kebutuhan di masing-masing tempatnya digunakan. Misalnya bisa digunakan pada ruang keluarga maupun di berbagai ruangan lain yang ada di rumah.

Cukup dengan memanfaatkan bagian dinding vertikal yang digunakan sebagai tambahan penyimpanan, bisa dalam bentuk rak atau lemari contohnya. Adanya solusi ini sangat cocok untuk ada pada ruang dengan ukuran terbatas.

Baca Juga : Aneka Perabotan Rumah Minimalis dari Material Besi dan Logam

Kamu juga bisa lebih menyesuaikan bentuk, ukuran, maupun warna dengan kebutuhan. Bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan dan konsep yang diterapkan.

Keberadaannya bahkan bisa mejadi tambahan aksen menarik yang menyenangkan untuk penggunaan di berbagai ruangan di rumah.

Kamu bisa menyimpanan berbagai koleksi favoritmu seperti buku-buku, souvenier, dan berbagai dekorasi dari kaca. Atau kamu juga bisa menambahkan lampu pada bagian atas dalam lemari agar koleksimu bisa lebih terlihat menarik.

Jangan lupa bentuk tempat penyimpanan sesuai dengan desain yang kamu inginkan sehingga lebih sesuai dengan seleramu. Kamu bebas memilih warna, bentuk rangka hingga panel pintu yang akan digunakan.

Baca Juga : Gunakan 8 Warna Ini untuk Kursi Makan Minimalis, Ruangan Akan Lebih Elegan!

3. Pakai rak yang bisa jadi penyekat antar ruang sempit

Rak buku serbaguna untuk partisi ruangan. Sumber: Tokopedia

Jika kamu mempunyai ruang dengan ukuran sempit dan ingin menyekatnya tapi tidak ingin membuatnya tampak semakin sempit, ada rekomendasi furniture rumah tangga yang cocok digunakan.

Kamu bisa mencoba menggunakan unit rak furniture yang serbaguna. Gunakan unit rak yang bisa diletakkan dengan posisi menempel ke dinding ataupun bisa juga digunakan untuk menyekat ruangan.

Unit rak bisa dipakai dan diletakkan secara vertikal maupun horizontal, bisa disesuaikan dengan selera, ruang, biaya serta kebutuhanmu. Pakailah unit rak yang bisa terlihat menarik dari segala sisi jika ingin memakainya untuk jadi penyekat ruangan.

Ditambah lagi dengan adanya tampilan desain yang sederhana tapi serbaguna, penggunaan unit rak furniture rumah tangga ini akan mampu mengubah suasana di ruangan tempatnya digunakan.

Baca Juga : 4 Cara Merawat Meja Kantor Kayu, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

4. Gunakan meja susun yang praktis

Meja susun praktis. Sumber: Ikea

Selanjutnya ada meja susun yang bisa jadi pilihan praktis untuk ruang keluarga. Meja ini juga bisa difungsikan sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalnya, saat ingin menggunakannya sebagai 3 meja tamu yang disusun secara bersamaan atau bisa juga digunakan untuk meja tamu maupun meja sisi.

Ketika meja ini disusun bersamaan, maka meja dengan ukuran terkecil yang mempunyai tepian lebih tinggi bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tersembunyi. Kamu bisa menyimpan berbagai benda di sana, dari remote control, majalah, maupun benda lainnya yang ukurannya kecil.

Pilih desain meja yang sederhana tapi tetap trendi. Pilih yang punya warna netral agar dapat membuat meja ini cocok untuk ditempatkan di mana saja.

Penggunaan warna netral juga membuatnya akan lebih mudah dipakai untuk berbagai kebutuhan sehingga bisa lebih fleksibel pula untuk dipadukan dengan penggunaan berbagai jenis perabot lainnya.

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Ini untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah, Dijamin Ampuh!

5. Meja tamu dengan tambahan area penyimpanan

Meja tamu dengan area penyimpanan. Sumber: Livien Mall

Terakhir, ada meja tamu yang bisa ditambah dengan tempat penyimpanan. Ingat konsep fungsional, jadi apapun furniture yang ada dalam ruang sempit tetap harus punya beragam fungsi agar lebih bermanfaat.

Pada bagian bawa meja, buatlah area penyimpanan yang bisa difungsikan untuk menyimpan berbagai benda yang diinginkan. Misalnya, majalah, bantal sofa, koran, maupun berbagai benda lainnya yang dibutuhkan.

Jika furniture rumah tangga ini sedang tidak dipakai, maka keunikan desain ini akan tampak menonjol serta dapat memberikan kesan yang lapang.

Tentunya hal ini memang sangat cocok digunakan bagi kamu yang mempunyai kondisi ruangan dengan lahan sempit. Apalagi, jika meja ini juga mempunyai bobot yang ringan sehingga mudah dipindahkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here