Tips Mengecat Furnitur Taman Berbahan Logam

352
mengecat mebel logam dengan spray gun

Apakah Anda sedang berencana untuk mengecat furnitur taman berbahan logam? Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi cuaca saat akan melakukannya.

Agar hasil pengecatan yang Anda lakukan pada furnitur taman berbahan logam dapat memberikan hasil terbaik, ketahui tipsnya di sini.

Finishing Furnitur Taman Berbahan Bahan Logam

furnitur kursi dan meja berbahan logam

Melapisi furnitur taman berbahan logam dengan cat dapat membuat tampilan sekaligus kualitasnya terjaga. Saat merencanakan untuk melakukan pekerjaan tersebut, perhatikan kondisi cuaca. Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi hari dengan cuaca yang kering dan tidak terlalu panas.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan sendiri sebagai kegiatan DIY untuk mengisi waktu di rumah. Dalam prosesnya, saat memulai Anda perlu melakukan pengampelasan untuk memaksimalkan hasil pengecatan yang akan dilakukan.

Pengampelasan dalam persiapan untuk mengecat adalah hal yang penting. Untuk melakukannya, sebaiknya hindari kondisi cuaca yang tidak terlalu terik. Anda juga sebaiknya menghindari kondisi cuaca terlalu lembab.

Kondisi lembab berpotensi menimbulkan banyak lalat dan serangga beterbangan maupun berkerumun di beberapa titik. Hal tersebut kemungkinan besar dapat berpotensi membuat mereka justru mengerumuni pekerjaan Anda saat mengecat furnitur taman berbahan logam. Selain memperhatikan kondisi cuaca, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan.

Tips Mengecat Furnitur Taman Berbahan Logam

mengecat furnitur logam dengan spray gun

Berikut adalah beberapa hal selain pengaruh kondisi cuaca yang perlu diperhatikan saat Anda akan melakukan pengecatan pada garden furniture berbahan logam.

  1. Jika Anda melakukan pengecatan dengan metode semprot, pegang sprayer dengan jarak 15 cm hingga 20 cm dari furnitur.
  2. Saat melakukan pengecatan dengan kuas, pastikan untuk melakukan proses kuas searah. Lakukanlah pengecatan dari kiri ke kanan untuk mendapatkan hasil yang rata.
  3. Jangan pernah mencelupkan seluruh bagian kuas ke dalam cat. Sebaiknya hanya bagian ujung kuas yang dicelupkan pada cat untuk mendapat hasil pengecatan yang sempurna.
  4. Jika mengaplikasikan lapisan cat kedua, baik melalui metode semprot atau pengecatan denga kuas, biarkan setidaknya satu jam di antara lapisan. Atau, pastikan Anda mengikuti instruksi pada kemasan.

Furnitur taman dari material logam akan selalu terlihat bagus lebih lama jika Anda dapat menghindarkannya dari berbagai resiko kerusakan terutama karat. Anda dapat melakukannya dengan menyimpannya di gudang selama bulan-bulan musim hujan atau musim dingin.

Namun, jika Anda kekurangan tempat penyimpanan atau jika furnitur tersebut terlalu berat untuk dipindahkan, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara memastikan furnitur tidak langsung terkena tanah atau rumput.

Gunakan alas untuk melindungi furnitur dari berbagai faktor penyebab kerusakan terutama korosi. Hal tersebut tentunya bisa terjadi jika furnitur bersentuhan langsung dengan kondisi lembab.

Saat akan melakukan pengecatan, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan dan harus diperhatikan agar hasilnya optimal.

1.  Periksa Kondisi Baut

Periksa baut yang ada dan masih terpasang di meja dan kursi taman Anda. Jika ada yang hilang atau berkarat harus segera diganti. Pilih kunci pas agar persis sesuai dengan ukuran mur.

2.  Atasi Baut yang Terkena Karat dan Sulit Diganti

Ketukan dengan palu akan membantu memecah korosi yang mengikat mur dan baut dengan mudah. Tetapi berhati-hatilah saat melakukan proses ini pada besi cork arena material itu lebih rapuh dan mudah retak.

Sebagai upaya terakhir, Anda bisa mengatasi masalah baut besi cork berkarat dengan memotongnya menggunakan gergaji besi. Kemudian gantilah dengan baut yang baru dan tahan korosi.

3.  Atasi Ganggang yang Muncul pada Furnitur Taman

Pastikan untuk menjauhkan anak-anak dan hewan saat membersihkan furnitur taman. Gunakan fungisida atau larutan sterilisasi pada furnitur untuk membunuh ganggang dan spora.

Oleskan dengan sikat atau spons dan biarkan selama 24 jam sebelum dicuci dengan air bersih. Bahan pemutih juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan ini.

4.  Bersihkan Debu dan Kotoran dari Furnitur

Bersihkan permukaan furnitur berbahan logam dari debu atau kotoran yang menempel di atasnya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan menyikatnya menggunakan sikat baja atau scraper. Jangan lupa untuk melakukan pengampelasan setelahnya.

Biarkan lapisan kotoran ataupun debu yang ada di permukaan media mengelupas dengan cara ini. Saat melakukan tahap ini, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker sebagai pelindung diri.

5.  Gosok dan Bersihkan Furnitur Logam

Persiapan menyeluruh secara optimal adalah kunci untuk membuat proses pengecatan dapat bertahan lama. Dalam hal ini, setelah membersihkan debu dan kotoran dengan cara menyikat lalu mengampelasnya, Anda juga harus membersihkan debu yang dihasilkan dari proses tersebut.

Gosok furnitur taman dengan air panas dan deterjen untuk menghilangkan jejak partikel lemak dan debu, kemudian bilas dengan banyak air bersih. Setelahnya, bersihkan dengan spons dan kain untuk mengeringkannya.

6.  Siapkan Proses Mengecat Funitur Taman berbahan Logam

Banyak jenis cat tertentu dapat diterapkan langsung ke furnitur taman logam.  Namun jika logam pada furnitur tersebut merupakan jenis aluminium atau paduan aluminium, diperlukan cat primer.

Beberapa cat ada yang mengharuskan pemakaian primer, namun beberapa lainnya tidak. Anda dapat mengecat furniture taman berbahan logam dengan benar sesuai dengan petunjuk yang tertera dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pilih cat yang berkualitas untuk digunakan agar mampu melindungi furnitur taman dengan optimal seperti Orchid Enamel Paint yang sudah terbukti mampu mengatasi karat pada furnitur dan bahan lainnya yang terbuat dari logam

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here