Model Pintu Minimalis

Pintu merupakan bagian rumah yang sangat penting. Bukan hanya dari sisi fungsi, tapi secara estetika juga berperan besar terhadap hunian. Apalagi jika kita berbicara bagian pintu yang berada di bagian eksterior rumah, terutama pintu utama.

Selain berfungsi sebagai pelindung pertama dan utama rumah, pintu utama juga menjadi titik sentral facade. Desain pintu yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh terhadap desain keseluruhan rumah tersebut. Atau bisa juga sebaliknya. Desain rumah mempengaruhi desain pintu yang digunakan. Semua kembali ke persepsi masing-masing.

Selain memperhatikan desainnya, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kekuatan dari pintu tersebut. Apabila Anda tinggal di daerah yang seringkali terlanda banjir, pastilah ada kekhawatiran yang muncul dengan kondisi hunian yang ditempati. Setidaknya bagian pintu yang terpapar air secara tidak langsung tentu akan terkena imbasnya.

Jika pintu terbuat dari kayu, pasti lama-lama akan rusak juga jika sering terkena banjir. Hal inilah yang memicu banyak orang kini mulai melirik kusen pintu yang terbuat dari bahan non kayu, misalnya saja PVC ataupun aluminium. Atau yang lebih dikenal dengan istilah pintu minimalis.

Kusen pintu minimalis makin hari makin diminati dan menjadi sebuah tren. Akibatnya, banyak orang yang rela merenovasi rumahnya dan mengganti kusen pintu lamanya menjadi model kusen pintu minimalis.

Selain karena sebagai antisipasi dari dampak banjir yang sering melanda, tren pintu minimalis sebenarnya merupakan dampak dari pengaruh tren arsitektur hunian bergaya minimalis yang saat ini sedang digandrungi masyarakat. Terutama masyarakat perkotaan atau pinggiran kota yang memiliki masalah keterbatasan lahan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menentukan Desain Pintu Minimalis

Saat Anda menentukan desain pintu rumah yang akan digunakan, hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah kesesuaian desain pintu tersebut dengan gaya dan bentuk hunian yang Anda tinggali. Selain memperhatikan fungsi, keindahan dari pintu tersebut juga sangat layak untuk dipertimbangkan.

Mengapa penentuan desain ini sangat penting? Sebab bentuk pintu rumah terutama pintu utama rumah biasanya memberikan impresi, kesan pertama bagi siapa pun yang datang berkunjung ke rumah Anda. Itu berarti, jika pintu rumah Anda ternyata tidak match atau tidak sesuai dengan desain rumah, maka akan sangat mencolok. Keindahan tampilan keseluruhan rumah Anda bisa tertanggu.

Jadi, apabila ternyata rumah Anda bergaya klasik, jangan terlalu memaksakan dengan membuat pintu modern. Anda tidak bisa memaksakan menggunakan desain pintu modern ketika desain rumah Anda bergaya klasik.

Karena akan terlihat aneh bila Anda menyandingkan desain klasik di keseluruhan rumah, kemudian pintu utama Anda bergaya modern.

 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah pilihan warna yang digunakan pada pintu. Pemilihan warna pintu rumah paling tidak harus disesuaikan dengan warna interior dan eksterior rumah Anda, termasuk warna furniture dan perabotan lainnya yang Anda gunakan.

Warna-warna gelap dengan balutan finishing opaque solid seperti hitam, hijau tua, biru tua, warna natural kayu maupun putih lebih cocok digunakan pada rumah yang bergaya klasik. Atau bisa juga Sedangkan warna terang ataupun warna pastel dan warna natural lebih cocok jika diaplikasikan pada desain rumah yang bergaya minimalis.

Selain mempertimbangkan desain, Anda juga perlu mempertimbangkan fungsinya. Agar pintu rumah berfungsi baik, empat hal berikut penting untuk Anda perhatikan : (1) Ukurannya sesuai dan mudah untuk aktivitas keluar maupun masuk bagi penghuni ataupun barang; (2) Bahan baku yang tidak mudah rusak oleh perubahan cuaca; (3) Bahan finishing yang digunakan berkualitas; (4) Bentuk dan desainnya mengandung nilai estetika.