Pagar Woodplank Sebagai Alternatif Pengganti Pagar Kayu dan Besi

274
Pagar Woodplank
Pagar Woodplank

Keberadaan pagar woodplank dapat menjadi alternatif pilihan yang bisa digunakan untuk menggantikan material kayu maupun besi. Tampilannya yang menyerupai kayu dan ketahanannya yang tidak diragukan lagi membuatnya menjadi pilihan yang layak untuk digunakan.

Dari segi harga, pemilihan material woodplank juga dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Terlebih jika dibandingkan dengan penggunaan material kayu baik dari harga kayu hingga pengolahan yang perlu dilakukan.

Woodplank untuk Material Pagar

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

Woodplank adalah material fleksibel yang mudah didapat dan harganya terjangkau. Sekilas, tampilannya mirip dengan material kayu yang memiliki serat dan tampak natural. Material ini juga lebih awet jika dibandingkan dengan kayu.

Woodplank terbuat dari Glassfiber Reinforced Cement (GRC) board. GRC adalah bahan konstruksi yang dibuat dari campuran beberapa material lainnya yaitu semen, pasir, fiber glass dan juga air. GRC juga dikenal dengan sebutan papan semen dikarenakan komposisinya sebagian besar menggunakan semen.

Kekuatan dan ketahanan woodplank jelas lebih kuat daripada kayu. Harga dari material ini juga lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kayu yang sering digunakan sebagai pagar, seperti kayu ulin, merbau, ataupun kamper. Banyak orang yang kemudian memilih untuk menggunakan woodplank sebagai bahan pagar.

Penggunaan woodplank untuk pagar juga dapat dikombinasikan dengan material lainnya seperti besi. Pagar dari material woodplank dapat digunakan pada banyak model hunian untuk pagar. Tema hunian dan bangunan dari yang bertema vintage, modern, etnik hingga minimalis dapat menggunakan pagar woodplank.

Penggunaan pagar bangunan dari material woodplank ini juga lebih minim perawatan sehingga lebih hemat.

Keunggulan dan Kelemahan Pagar Woodplank

pagar yang terbuat dari pagar woodplank
Pagar Woodplank

Woodplank sebagai sebagai material pembuatan pagar yang berkualitas memiliki beberapa keunggulan serta kekurangan. Agar lebih memahami karakter bahan woodplank, sebelum menggunakan woodplank untuk pagar ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kelemahannya.

Baca Juga :  Bioduco Primer Coat: Cat Dasar Kayu Non-Toxic Sesuai Standar US-EPA

Keunggulan

  1. Tahan rayap dan anti jamur

Berbeda dengan kayu yang dapat dimakan rayap dan rentan terkena jamur, woodplank dapat lebih tahan terhadap rayap dan jamur.

  1. Minim resiko kebakaran

Woodplank lebih tahan api sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya kebakaran. Saat terjadi kebakaranpun, resiko woodplank terjalar api lebih minim.

  1. Terkesan alami

Tampilannya yang menyerupai kayu dengan adanya serat pada motifnya membuatnya memiliki nilai estetika lebih tinggi.

  1. Ramah lingkungan

Dibuat dari jenis material tertentu, woodplank termasuk bahan yang ramah lingkungan. Dalam komposisinya tidak ada kandungan asbes.

  1. Bentuknya stabil

Tidak seperti kayu yang memiliki resiko mudah retak, melengkung, atau bahkan memuai dan menyusut. Woodplank termasuk bahan yang lebih stabil sehingga akan lebih cocok jika digunakan sebagai bahan pagar.

  1. Mudah dipasang

Proses pemasangan pagar dari bahan woodplank cenderung mudah dan cepat. Hal ini berlaku untuk pemasangan pada rangka besi maupun kayu.

  1. Lebih terjangkau

Dari harga material, biaya pemasangan, hingga biaya perawatannya pagar woodplank  lebih terjangkau.

Kelemahan

pagar dengan kombinasi besi dan woodplank
pagar woodplank

Meski memiliki keunggulan yang dapat memberikan keuntungan saat digunakan, woodplank juga tetap memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya berkaitan dengan bobotnya yang cukup berat. Rangka pagar dan desain yang disiapkan harus kuat agar mampu untuk menopang woodplank saat digunakan.

Ketahanan material woodplank pada goresan juga menjadi pertimbangan. Woodplank tidak tahan pada goresan maupun benturan, sehingga sangat rawan tergores jika tidak digunakan dan dirawat dengan baik.

Adanya goresan tentu akan mengurangi keindahan dari pagar yang seharusnya meningkatkan tampilan eksterior rumah. Untuk mengatasi permasalahan ini, sangat penting menggunakan lbahan pelapis yang mampu menjaga tampilan permukaan woodplank.

Cara untuk mengatasinya bisa menggunakan cat yang mampu melindungi seluruh permukaan pagar agar tampilannya lebih optimal. Woodplank juga dapat lebih terlindungi dan tidak mudah tergores sehingga dapat lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Baca Juga :  Cat untuk Atap Galvalum Agar Lebih Awet

Cat untuk Melapisi Pagar Woodplank

pagar dari woodplank yang menggunakan cat orchid enamel paint

Penggunaan woodplank sebagai bahan untuk pagar di rumah menjadi alternatif menarik. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu atau besi.

Yang tak kalah menarik, Anda bisa melapisi woodplank dengan pilihan warna menarik. Jika Anda tertarik untuk melapisi pagar dengan tampilan solid, Orchid Enamel Paint merupakan cat yang Anda butuhkan.

Orchid Enamel Paint termasuk produk water based yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan, sehingga tetap memberikan perlindungan yang tepat, bukan hanya sekadar memberikan tampilan yang menarik dengan pewarnaannya.

Salah satu permasalahan besar yang mengganggu penggunaan woodplank adalah karena bahan ini cukup rawan dengan goresan. Lapisan film dari pengaplikasian cat Orchid dapat memberikan perlindungan maksimal agar bahan ini tidak mudah tergores.

Kekuatan dan fleksibelitas lapisan film yang dihasilkan dari pengaplikasian Orchid akan menjadi perisai utama yang melindungi woodplank, sehingga tampilan pagar akan tetap menarik dan terjaga dengan baik.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Cat untuk Pagar Woodplank yang Berkualitas?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here