Tips Pintar Memilih Meja Makan Minimalis

2477
Trik Pintar Memilih Meja Makan Minimalis
meja makan minimalis dengan kaki tinggi untuk kesan ruangan lebih luas

Untuk memilih meja makan minimalis perlu disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan Anda.

Perlu pertimbangan dari segi luas ruangan yang Anda miliki untuk meletakkan meja makan tersebut pula. Serta masih banyak aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan agar pemilihan meja makan bisa lebih efisien.

Ingin tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih meja makan minimalis? Temukan tips memilih dan menemukannya di artikel ini.

Esensi Dining Table di Rumah

furniture untuk rumah minimalis
meja makan expanding atau yang bisa diperlebar untuk furniture rumah minimalis

Dining table atau meja makan adalah salah satu furnitur yang sangat penting keberadaannya, terutama untuk ruang makan. Di ruang makan inilah suasana hangat dan akrab pada sebuah keluarga akan lebih mudah tercipta. Karena pada kesempatan itulah seluruh anggota keluarga akan berkumpul dan menikmati nikmatnya masakan ibu.

Tentunya ada beberapa pertimbangan dalam memilih meja makan yang perlu Anda ketahui. Mengingat secara fungsi mebel ini juga memiliki peranan yang cukup penting pada sebuah hunian.

Penggunaan meja makan sendiri tidak harus selalu memilih yang berukuran besar. Anda juga perlu menyesuaikan dengan kondisi bangunan rumah Anda dan jumlah anggota keluarga yang akan menggunakannya.

Tak perlu ruangan yang besar, meja makan minimalis dapat diletakkan didekat dapur bersama dengan ruang keluarga. Selain dapat lebih menghemat ruang, penataan ruang seperti ini justru akan membuat suasana makin hangat.

Memilih Meja Makan untuk Rumah Minimalis

Trik Pintar Memilih Meja Makan Minimalis
meja makan minimalis dengan kaki tinggi untuk kesan ruangan lebih luas

Saat ini, desain rumah minimalis memang sedang menjadi trend di kalangan pemilik hunian. Selain karena lahan yang mulai terbatas, pemilik hunian lebih menginginkan fungsi dan desain yang sederhana, namun tetap elegan.

Nuansa ruangan nan simpel dan modern dapat tercipta berkat banyaknya produsen funitur yang menawarkan perabotan minimalis dengan harga bersaing. Ruang makan juga memang sebaiknya di desain khusus.

Baca Juga :  Tips Interior Rumah Untuk Ruangan Yang Sempit

Agar tempat berkumpulnya keluarga ini dapat nyaman dan akrab. Salah satu kenyamanan ini didukung dengan adanya meja makan minimalis yang tepat. Maka tidak salah jika ada pertimbangan matang yang perlu dilakukan untuk menemukan dining table yang nyaman untuk digunakan.

Bagaimana cara memilih meja makan minimalis untuk ruang makan? Simak tips memilihnya dibawah ini.

Tips Memilih Meja Makan Minimalis

Berikut ini beberapa tips yang penting untuk Anda ketahui dan Anda terapkan saat memilih meja makan minimalis:

Pilih model meja makan

Salah satu pertimbangan dalam menentukan ukuran meja makan adalah ukuran ruangan. Meja makan minimalis biasanya di desain dengan bentuk bundar maupun persegi, namun biasanya pemilik hunian rumah minimalis lebih memilih bentuk kotak.

Hindari pemilihan meja makan berbentuk persegi panjang jika memang ruang makan Anda tidak terlalu luas. Akan lebih tepat jika Anda memutuskan untuk memilih meja berbentuk bulat layaknya meja kafe.

Pilih material atau bahan yang digunakan

Gaya minimalis biasanya identik dengan kesan vintage dan unik. Untuk mendapatkan kesan vintage dan unik, maka material kayu dan logam dapat anda jadikan pilihan. Berbeda jika Anda ingin menimbulkan kesan klasik, Anda dapat memilih bahan kayu jati.

Maka material kayu dan sejenisnya seperti rotan maupun bambu juga masih bisa digunakan sebagai pilihan bahan baku dining table. Selain itu, Anda juga bisa memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada material besi, aluminium dan sejenisnya.

Selain lebih minimalis, material-material tersebut juga cenderung lebih netral digunakan. Bisa disesuaikan untuk tema minimalis maupun industrial.

Gunakan warna yang mendukung konsep minimalis

Trik Pintar Memilih Meja Makan Minimalis
memilih meja makan berdasarkan material dari meja yang digunakan

Konsep minimalis memang identik dengan kesan sederhana. Salah satunya adalah dengan pemilihan warna dan furnitur pendukung lainnya. Agar suasananya nyaman dan rapi, maka jangan lupa pertimbangkan kondisi ruangan dan konsep ruang makan yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Tips Memilih Cat Besi untuk Pagar Rumah

Sebagai pertimbangan untuk menyesuaikan dengan segala warna cat tembok maupun tema hunian, ada beberapa warna yang bisa menjadi pilihan Anda. Diantaranya seperti putih,, dan abu-abu untuk tema finishing solid.

Atau bisa juga dilakukan dengan mengaplikasikan cat natural pada media finishing yang menggunakan bahan baku alami sejenis kayu.

Perhatikan tata letak penyimpanan meja

Tata letak penyimpanan meja makan juga merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Biasanya rumah minimalis menggabungkan dapur beserta ruang makan. Agar penyajian makanan menjadi lebih mudah, maka meja persegi dapat Anda jadikan pilihan.

Jika memang ingin mendapatkan kesan hunian yang lebih luas, Anda bisa menjadikan meja makan sebagai pembatas antara ruang makan dan dapur.

Ide Bentuk Meja Makan Minimalis

Trik Pintar Memilih Meja Makan Minimalis
meja makan kayu untuk ruang minimalis

Untuk menyiasati ruang makan yang sempit, memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selain mengetahui trik pintarnya dan mengaplikasikannya, sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa bentuk meja makan minimalis.

Berikut ini beberapa bentuk dining table yang bisa Anda pilih, diantaranya:

  1. Meja Rendah

Ruangan sempit akan terasa lebih sempit jika penuh dengan furnitur. Terlebih jika furniture yang dipilih juga berbentuk cukup tinggi dan berukuran besar. Begitu pula yang terjadi jika Anda memilih menggunakan dining table yang besar dan tinggi pada hunian minimalis.

Untuk itulah, pemilihan meja rendah dirasa bisa menjadi solusi yang tepat. Selain itu, penggunaan meja yang rendah ini dapat membuat ruangan nampak lebih luas.

  1. Meja Lipat

meja lipat dinding

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga tampilan hunian minimalis tetap menarik. Anda juga tetap bisa menggunakan furniture untuk memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari di dalam rumah.

Caranya mudah, Anda bisa menggunakan meja dan kursi model lipat yang menyatu dengan dinding. Selain meja, Anda juga bisa menggunakan lemari lipat atau bentuk lemari yang menyatu dengan dinding.

Baca Juga :  Tips Dekorasi Kamar Anak Dengan Furiture Yang Tepat

Hal ini bisa dilakukan untuk menghemat ruangan, karena saat tidak digunakan aneka furniture lipat ini dapat dilipat dan disimpan.

  1. Meja Lonjong

Bagi Anda yang menginginkan meja dengan ukuran yang cukup besar juga ada solusinya. Jika ingin meja yang tidak terlalu kecil, meja lonjong adalah pilihan meja yang unik dan tepat.

Karena dengan penggunaan meja jenis ini tentu dapat membantu menghemat ruang. Jika dibandingkan dengan meja lingkaran dengan ukuran besar tentu meja ini lebih efisien untuk digunakan. Terutama dalam hal pemaksimalan ruang sempit.

  1. Meja Menempel Dinding

Ada pilihan meja sejenis meja lipat dinding yang juga bisa jadi alternatif pilihan. Model meja yang satu ini juga cocok digunakan untuk Anda yang masih memilih meja makan minimalis. Anda bisa memilih meja yang salah satu sisi atau bagian ujungnya menempel pada dinding.

Meja minimalis panjang yang salah satu ujungnya menempel di dinding juga akan tampil menawan jika digunakan. Saat sedang tidak digunakan, kursi makan dapat diletakkan pada bagian bawah kolong. Sehingga ruang makan juga akan tetap rapi.

Jenis meja ini cocok sekali untuk digunakan pada ruang makan minimalis di rumah Anda.

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here