Begini Cara Mengecat Jendela Aluminium Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

124

Mengecat jendela aluminium harus dilakukan dengan teknik dan cat yang tepat agar hasilnya lebih awet. Bahan aluminium sendiri sebenarnya merupakan material yang sering digunakan untuk banyak kebutuhan manusia.

Untuk memenuhi kebutuhan interior maupun eksterior dalam hunian, bahan ini juga sering digunakan. Salah satu bagian dari rumah yang sering mengandalkan aluminium adalah jendela. Terutama pada konsep hunian era modern, penggunaan bahan ini semakin sering digunakan.

Agar bisa mendapatkan hasil cat terbaik dan awet, ada langkah khusus yang perlu dilakukan. Cara mengecat jendela aluminium yang benar harus dibantu dengan penggunaan cat yang berkualitas. Ingin tahu seperti apa cara pengecatan yang benar dan merek cat apa yang sebaiknya digunakan?

Mengenal Aluminium Sebagai Bahan Serbaguna untuk Berbagai Kebutuhan

Aluminium termasuk bahan yang umum digunakan untuk digunakan sebagai bahan interior atau eksterior. Benda-benda yang sering menggunakan bahan pelapis aluminium di antaranya yaitu pintu, jendela, hingga rangka wastafel.

Contoh Material Aluminium

Bahan aluminium termasuk bahan yang sejenis dengan besi, sehingga masih ada resiko untuk berkarat jika tidak dirawat. Penggunaan bahan aluminium untuk jendela dipilih untuk menyiasati penggunaan jendela kayu yang mudah keropos. Oleh karena bahan ini sejenis besi, masih dianggap lebih awet untuk digunakan.

Namun, tentu saja ada resiko tersendiri dari penggunaan material ini, yaitu kemunculan karat. Selain itu, aluminium juga dikenal tidak terlalu mudah untuk dilapisi dengan cat. Sementara untuk membantu mencegah korosi, dibutuhkan bahan pelapis atau cat yang mampu melindungi aluminium.

Resiko terjadinya pengelupasan dari cat yang diaplikasikan bisa diminimalisir jika Anda menggunakan cat yang berkualitas. Dan tentunya cat yang digunakan juga sebaiknya mampu memberikan perlindungan maksimal termasuk melengkapi kebutuhan anti karat bagi aluminium.

Jika dilengkapi dengan fitur anti karat, penggunaan aluminium sebagai bahan untuk jendela bisa lebih maksimal. Penggunaan jendela berbahan aluminium ini juga diharapkan akan lebih awet untuk digunakan hingga jangka waktu lebih lama dibandingkan dengan jendela berbahan kayu.

Rekomendasi Merk Cat untuk Melapisi Jendela Aluminium

Setelah mengetahui karakteristik aluminium secara umum, Anda tentu membutuhkan cat yang tepat sebagai lapisan pelindungnya. Selain untuk mempercantik tampilan jendela aluminium, pengecatan juga harus mampu dilakukan untuk memberikan perlindungan pada aluminium yang digunakan.

Untuk medapatkan tampilan yang lebih menarik, tentunya Anda juga membutuhkan pilihan warna cat yang beragam untu diaplikasikan. Saat ini, Anda tidak perlu bingung untuk memilih cat yang bisa diaplikasikan. Karena ada cat enamel dari Orchid yang bisa menjawab kebutuhan finishing jendela berbahan aluminium milik Anda. Cat ini juga mampu melekat dengan baik pada berbagai material termasuk aluminium.

Tidak perlu khawatir mengenai keamanan produk karena cat ini merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan untuk Anda gunakan. Dengan rendahnya kandungan VOC pada cat ini yaitu kurang dari 100 gr/lt tentu membuktikan keamanan bahan pelapis serbaguna ini.

Anda bisa mengaplikasikan Orchid Enamel Paint pada media kayu maupun besi, tentunya bisa juga digunakan pada bahan sejenisnya. Oleh karena itu pemilihan cat ini sebagai bahan finishing untuk jendela aluminium adalah pilihan yang tepat.

Tak perlu khawatir pada pilihan warna yang bisa Anda gunakan, karena cat ini sudah tersedia dengan 24 pilihan warna. Anda bisa bereksplorasi agar mendapatkan tampilan jendela aluminium yang terbaik. Atau bisa menyesuaikan pilihan warna yang ada dengan tema hunian Anda agar telihat lebih menarik.

Langkah Mudah Mengecat Jendela Aluminium

Tahap selanjutnya yang harus Anda pelajari setelah mengetahui merk cat yang akan digunakan, selanjutnya ketahui cara aplikasinya. Untuk mengaplikasikan Orchid Enamel Paint sebenarnya tidak diperlukan cara yang sulit.

Anda juga bisa mengaplikasikan cat Orchid Enamel untuk kebutuhan finishing maupun re-finishing. Dalam proses finishing ulang, Anda tentu harus memastikan lapisan cat yang dahulu sudah benar-benar bersih agar hasilnya lebih maksimal. Cara menghilangkan lapisan cat sebelumnya bisa dilakukan dengan melakukan pengamplasan.

Jika ada bagian cat yang sulit mengelupas, Anda bisa mengandalkan penggunaan perontok cat untuk mempercepat prosesnya. Namun secara keseluruhan, sebelum memulai proses pengecatan Anda perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan:

  • Cat Orchid Enamel Paint sesuai dengan warna yang telah dipilih
  • Siapkan kuas atau spray gun yang akan digunakan untuk mengaplikasikan cat
  • Wadah untuk mengencerkan cat
  • Alat pengaduk
  • Kain lap kering

Tahapan Mengecat Jendela Aluminium dengan Orchid Enamel Paint

Sumber: YouTube Bio Paint

Ada beberapa tahap atau langkah aplikasi yang perlu dilakukan, yaitu:

Siapkan jendela aluminium yang akan difinishing

Sebelum dilapisi dengan cat Orchid Enamel, material aluminium pada jendela harus dipersiapkan terlebih dahulu. Yang paling penting, pastikan kondisi aluminium dalam keadaan kering lalu lakukan pengamplasan.

Hal ini perlu dilakukan agar seluruh permukaan jendela aluminium yang telah difinishing menghasilkan lapisan yang maksimal. Setelah seluruh permukaan aluminium diamplas, jangan lupa bersihkan dengan kain lap kering yang bersih.

Pastikan seluruh debu sisa pengamplasan sudah hilang dan kondisi aluminium menjadi bersih kembali. Selanjutnya, lanjutkan dengan proses persiapan bahan finishing yang akan diaplikasikan.

Larutkan cat Orchid Enamel Paint dengan air dan sesuaikan perbandingannya

Yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah cat Orchid Enamel yang telah Anda pilih warnanya. Larutkan dengan air bersih hingga mecapai konsentrasi 20%. Atau bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan perbandingan 2 cat : 1 air.

Masukkan cat ke wadah pengencer yang telah Anda siapkan kemudian tambahkan air sesuai dengan kebutuhan. Aduk hingga menjadi larutan yang homogen dengan menggunakan alat pengaduk. Jika sudah homogen, Anda bisa langsung mengaplikasikannya.

Aplikasikan cat ke seluruh permukaan jendela aluminium

Tahap selanjutnya, Anda bisa langsung mengaplikasikan cat enamel yang telah diencerkan ini pada jendela aluminium. Anda bisa menggunakan kuas ataupun spray gun sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan alat yang Anda miliki. Jika menggunakan kuas sebaiknya gunakan kuas busa agar tidak meninggalkan brush mark.

Aplikasikan cat dengan tipis namun merata ke seluruh permukaan media agar mampu memberikan hasil yang maksimal. Tunggu hingga lapisan mengering kurang lebih 30 hingga 60 menit setelah selesai diaplikasikan. Lalu amplas secara ambang menggunakan kertas amplas nomor 400.

Untuk mendapat hasil terbaik, Anda bisa mengulang langkah aplikasi ini agar lapisan cat yang dihasilkan lebih maksimal.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi untuk Finishing Aluminium?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui Whatsapp yang tertera di website ini Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here