Kenali Masalah Pengecatan yang Sering Muncul

341
cat kayu mengelupas

Ketidaksempurnaan cat dapat muncul dari masalah pengecatan yang mungkin saja dilakukan, sehingga membuat permukaan media yang difinishing tidak memiliki tampilan menarik sebagaimana yang seharusnya.

Terkadang, masalah juga hanya timbul pada bagian tertentu pada kayu, tidak pada seluruh permukaan. Sebanyak atau sesedikit apapun masalah yang timbul, sebaiknya segera lakukan penanganan jika terjadi.

https://www.youtube.com/watch?v=ePwtik2-kAc

Beberapa Masalah Pengecatan yang Sering Muncul

Berikut adalah beberapa permasalahan yang sering muncul dari proses pengecatan, di antaranya:

Baca Juga : Bahan Finishing Kayu Terbaik

Efflorescence (Pengkristalan)

kerusakan yang terjadi saat pengecatan yang tidak sempurna
Mengecat kayu sebelum terjadi efflorescence

Kristal garam putih berkerak mungkin terlihat menarik pada pretzel, tetapi tidak pada pasangan bata yang dicat di rumah Anda. Efflorescence (juga dikenal sebagai mottling) muncul ketika garam yang melekat pada batu bata, beton, cinderblock, dan mortar larut dalam kelembaban dan kemudian larut ke permukaan.

Apa yang menyebabkan efflorescence?

Berbagai faktor berkontribusi terhadap kemunculannya, termasuk:

  • Waktu pengawetan yang tidak cukup untuk semen atau mortar selama konstruksi;
  • Migrasi kelembaban dari dalam rumah;
  • Penetrasi air tanah dari ruang bawah tanah;
  • Persiapan permukaan yang tidak memadai untuk menghilangkan efflorescence sebelumnya
  • Mengecat di atas lubang, retakan, atau penunjukan yang tidak diperbaiki.

Perbaikan dan Pencegahan

Agar masalh pengecatan ini bisa diatasi ada beberapa hal yang perlu dilakukan hilangkan kondisi kelembaban berlebih secara eksternal dengan waterproofing dan memperbaiki retakan. Anda bisa mengatasinya kembali, dan menyegel di sekitar jendela dan pintu dengan butil karet kuali.

Cara lain untuk menghilangkan pengkristalan adalah perlunya menggunakan kombinasi teknik yang difokuskan masing-masing pada luas dan tingkat keparahannya. Anda bisa menggunakan peralatan sikat kawat, scraper, mesin cuci bertekanan rendah dan/atau membersihkan dengan cuka putih encer atau larutan trisodium fosfat (TSP).

Menggunakan sealant hidrofobik impregnasi ke permukaan media dapat mencegah penyerapan air dan menjaga kelembaban. Hal tersebut dapat membantu agar air maupun faktor kelembaban lainnya tidak masuk ke dalam material.

Bahan yang tahan air ataupun pengaruh kelembaban yang tidak berwarna dapat mencegah efflorescence berulang. Seperti halnya pada lapisan silikon atau akrilik. Biarkan benar-benar kering sebelum melakukan pengecatan ulang.

Mengerut Seperti Kulit Buaya

masalah cat yang mengkerut setelah kering
Cat mengerut saat kering

Mungkin istilah ini adalah paling kreatif untuk masalah cat. Pengerutan yang terjadi mengacu pada pola yang benar-benar menyerupai kulit buaya.

Masalah ini dimulai sebagai munculnya kerutan halus, kemudian berkembang menjadi retakan persegi panjang yang lebar. Pengimbangan cenderung lebih umum dengan cat berbasis minyak.

Apa yang menyebabkannya?

Secara alami, cat mengembang dan berkontraksi sebagai respons terhadap fluktuasi suhu. Seiring waktu, hilangnya elastisitas dapat mengakibatkan pengurapan.

Prosesnya dapat dipercepat melalui kesalahan langkah seperti menerapkan lapisan cat yang lebih kaku, seperti halnya pengaplikasian cat enamel minyak di atas lapisan yang lebih lembut dan lebih fleksibel (misalnya, cat lateks atau primer lateks).

Perbaikan dan Pencegahan

  1. Hapus lapisan yang mengerut dan membentuk sisik sehingga membuatnya tidak sedap dipandang. Lakukan dengan cara mengikis, mengampelas, mengoleskan remover cat dari bahan kimia, atau menggunakan cara lainnya.
  2. Selanjutnya bilas untuk membuang kotoran dan debu, lalu biarkan kering sepenuhnya. Setelah benar-benar kering dan bersih, lanjutkan dengan melakukan pengecatan ulang.

Masalah Pengapuran pada Pengecatan yang Sering Muncul

Pengapuran juga kerap muncul sebagai salah satu masalah langganan saat pengecatan. Adanya zat putih halus dan menyerupai tepung yang terbentuk pada area eksterior yang dicat ini sering menjadi masalah.

Bagian yang berkapur paling sering terlihat di daerah beriklim kering dan cerah. Pengapuran ini cenderung terlihat pada cat yang berwarna pucat.

Kemungkinan pengapuran terjadi pada bahan berpori yang tidak dilapisi cat dengan benar. Dan dapat terjadi pula pada aluminium berkualitas buruk maupun produk pabrikan yang berkualitas buruk.

Apa yang menyebabkan cat berbentuk menyerupai kapur?

Pigmen dalam cat dilepaskan secara alami ketika terjadi perubahan cuaca, sehingga beberapa bagian cat akan mengalami perubahan bentuk menyerupai kapur dengan sendirinya dari waktu ke waktu.

Namun, kasus serius biasanya disebabkan oleh penggunaan produk yang salah baik pada cat interior atau cat eksterior berkualitas rendah yang mengandung extender tingkat tinggi (cat putih dan tepung).

Cat yang terlalu menipis sebelum aplikasi juga dapat menyebabkan hasil yang berkapur.

Perbaikan dan Pencegahan

Hilangkan semua cat yang membentu kapur dengan mencuci atau menanganinya dengan larutan TSP, lalu membilasnya.

Biarkan kering secara menyeluruh sebelum dicat ulang dengan cat eksterior yang berkualitas tinggi.

Rekomendasi Produk Cat Berkualitas

kenapa pakai cat orchid
Kenapa harus pakai cat orchid?

Untuk memenuhi kebutuhan pengecatan terutama pada material kayu dan besi serta sejenisnya, Anda bisa mengandalkan Orchid Enamel Paint. Produk ini bisa digunakan untuk kebutuhan pengecatan bagi media interior maupun eksterior.

Lapisan film yang dihasil Orchid Enamel Paint tidak mudah mengelupas, menguning, ataupun mengerut. Penggumpalan atau pengkristalan juga bisa diminimalisir dengan menggunakan cat ini.

Kebutuhan pengecatan bisa dilakukan dengan lebih aman dan nyaman menggunakan Orchid Enamel Paint. Cat enamel water based yang aman dan ramah lingkungan yang tidak berbau ini bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan pengecatan Anda.

Berbagai masalah pengecatan yang sering muncul bisa diminimalisir dengan penggunaan produk ini.

Dapatkan Cat Kayu Berkualitas Orchid Enamel Paint

Produk Orchid tidak hanya aman tetapi juga memiliki berbagai macam pilihan warna. Setelah Anda mengaplikaskannya pada daun pintu Anda tidak perlu takut antar warna sisi pintu outdoor dan indoor.

Cat Orchid mampu bertahan di outdoor bahkan warna jarang memudar hingga 3 tahun. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT. Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here