Cara Melindungi Garden Furniture

53

Dengan melindungi garden furniture dari berbagai kondisi lingkungan dapat membuatnya menjadi lebih terkontrol. Baik secara kualitas untuk peran fungsionalnya maupun dari tampilan.

Ada banyak cara melindungi furniture kayu yang digunakan di luar ruangan sebagai garden furniture dari pengaruh lingkungan. Beragam unsur seperti kelembaban, hujan, dan sinar matahari, tentu memberikan peran terhadap kualitas furniture taman.

Pentingnya Melindungi Kualitas Garden Furniture

wood garden furniture

pagar tampil baru dengan Orchid

Saat memiliki furniture kayu, tentu Anda berharap untuk dapat menggunakannya dalam waktu lama. Namun, tidak semua keinginan tersebut dapat terwujud, karena tak jarang justru furniture tersebut cepat mengalami kerusakan.

Terlebih untuk jenis garden furniture yang kerap digunakan di area outdoor yang tentunya langsung berinteraksi dengan pengaruh lingkungan luar. Kerusakan pada furniture akibat paparan lingkungan luar secara langsung dan intensitasnya tinggi bukanlah hal baru.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kayu di kondisi luar ruangan seperti sinar matahari dan hujan. Pada intensitas tinggi yang terjadi hampir setiap hari, ada dampak langsung yang akan berpengaruh pada kondisi furniture.

Anda dapat melindungi garden furniture dengan berbagai metode, terutama dengan penggunaan bahan pelapis untuk perlindungan garden furniture. Kegiatan ini tentu penting dan memiliki dampak besar pada kelangsungan kegiatan woodworking.

Penggunaan cat kayu berupa pernis dan plitur memiliki peran penting dalam hal ini. Anda juga dapat mengandalkan sealer kayu untuk memberikan proteksi lebih pada material furniture.

Beberapa cara melindungi garden furniture yang lain juga dapat dilakukan untuk melindungi kondisi furniture. Di antaranya dengan cara memindahkan furniture atau memberikan lapisan pelindung untuk mengcover furniture agar tidak langsung bersentuhan dengan sinar matahari atau air hujan.

Pengaruh Sinar Matahari pada Garden Furniture dan Cara Mengatasinya

Kursi taman kayu

Adanya interaksi langsung antara furniture kayu dengan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan. Yang dimaksud dengan sinar matahari di sini adalah panas dan juga sinar UV.

Baca Juga :  Keunggulan dan Kelemahan Atap Seng untuk Rumah

Panas dari matahari dapat membuat kayu kering dari waktu ke waktu. Jika dibiarkan begitu saja, tentu kerusakan pada furniture tidak dapat terhindarkan.

Meskipun Anda menggunakan jenis kayu yang kuat dan kokoh, namun jika tidak Anda beri perlindungan tentu akan menyebabkan kerusakan cepat atau lambat. Untuk mencegah kerusakan terjadi pada furniture, Anda dapat melindungi furnitur kayu luar ruangan dari panasnya matahari dengan beberapa cara. Di antaranya,

  • Menutupi furnitur
  • Mengubah lokasi penggunaan atau penyimpanannya
  • Memindahkan furnitur

Sinar UV dapat menyebabkan perubahan warna furnitur kayu dan tentunya hal itu akan merusak kayu. Anda dapat melindungi furnitur kayu luar ruangan dari sinar UV matahari dengan cara,

  • Mengecat furnitur
  • Melapisi furniture dengan bahan pelapis seperti wax atau natural oil
  • Gunakan pernis kayu

Untuk menjaga furnitur kayu yang Anda gunakan di luar ruangan dapat bertahan lama, memilih kayu berkualitas tinggi sangat penting. Sebaiknya, pilih jenis kayu yang cenderung tidak memudar dari waktu ke waktu.

Cara Melindungi Garden Furniture dari Hujan

Hujan dianggap sebagai salah satu hal utama yang dapat merusak furnitur kayu lebih cepat. Jadi, perlindungan dari hujan adalah suatu keharusan untuk menjaga kondisi garden furniture tetap prima.

Untuk melindungi furnitur kayu outdoor dari hujan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Mengecat furnitur
  • Menyegel furniture dengan sealer kayu
  • Menggunakan pernis furnitur
  • Menutupi furnitur
  • Mengubah lokasi penempatan atau penyimpanan gaden furniture

Mengecat, menyegel, dan penggunaan pernis, akan dapat membuat lapisan kayu tahan air. Dengan menutupi dan mengubah lokasi furnitur, Anda dapat menghindari kayu dari pengaruh hujan secara langsung.

Mencegah furnitur terkena hujan secara langsung adalah hal yang penting dilakukan untuk melindungi furnitur. Jika furnitur terlalu berat atau tidak bisa dipindahkan, cukup lakukan waterproofing pada garden furniture.

Baca Juga :  DIY: Ide Membuat Tempat Perkakas Agar Workshop Menjadi Lebih Rapi

Tetesan air ketika hujan akan berada di atas permukaan garden furniture, dan akan cenderung menembus ke dalam melalui struktur pori kayu. Hal ini tidak dapat dihindari secara alami karena setiap jenis kayu secara alami menyerap air.

Molekul air yang masuk ke pori kayu akan bertahan lama di dalam pori kayu dan mulai membuat kayu membusuk. Pada akhirnya, garden furniture Anda yang indah akan rusak dengan sendirinya dari dalam.

Melakukan tindakan preventif tentunya merupakan hal yang lebih baik untuk mempertahankan kondisi kayu. Contohnya, dengan mengambil langkah-langkah yang relevan untuk mencegah tetesan air hujan masuk ke dalam kayu.

Cara Membuat Garden Furniture Kayu Tahan Air

Membuat garden furniture tahan air dapat dilakukan dengan menggunakan minyak tung atau minyak biji rami dikenal sebagai cara termudah. Cara ini juga dikenal sebagai yang paling terjangkau, dan tercepat untuk membuat furnitur kayu tahan air meski digunakan di luar ruangan.

Anda juga dapat mengecat garden furniture dengan cat Orchid Enamel Paint. Cat ini membantu furniture kayu menjadi tahan air karena memiliki keunggulan waterproofing and water repellent.

Anda dapat mengaplikasikan cat Orchid pada furniture baru atau untuk menecat ulang garden furniture.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Orchid Enamel Paint untuk Melindungi Garden Furniture?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Baca Juga :  Rekomendasi Merek Cat untuk Pagar Besi Anti Karat yang Bagus

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

sambut ramadhan bersama biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here