Buat Furnitur Kayu Lebih Berwarna Jelang Lebaran

133
aplikasi cat pada kayu pinus dengan kuas

Jelang suasana lebaran, furnitur kayu lebih berwarna akan tampak lebih menarik. Nuansa fitri di hari kemenangan akan lebih terasa dengan beragam warna yang membuat furnitur tampak seperti baru lagi.

Semangat menyongsong hari baru pada nuansa fitri di hari raya bisa Anda representasikan juga terhadap mebel kayu di rumah. Yang bisa Anda lakukan adalah mengecat ulang untuk memperbarui warna dan tampilan pada furnitur kesayangan Anda.

Lalu apa saja tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat furnitur kayu lebih berwarna menjelang lebaran?

Pentingnya Mempunyai Furnitur Kayu Lebih Berwarna

kombinasi furnitur berwarna biru

Menjelang hari raya nan fitri, tak jarang banyak masyarakat yang memilih untuk mengecat ulang dinding rumah mereka. Upaya ini dilakukan semata-mata untuk turut memeriahkan suasana menjelang hari lebaran.

Akan semakin menarik jika dalam suasana lebaran, rumah Anda juga tampil dengan nuansa baru melalui cat yang melapisi rumah. Nah, ada cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk menambah suasa lebaran semakin meriah, yaitu memperbarui warna pada furnitur kayu yang ada di rumah Anda.

Memperbarui warna furnitur kayu memberikan andil yang cukup besar pada nuansa hunian Anda. Selain membuat furnitur kayu lebih berwarna, nantinya tidak akan ada lagi pemandangan yang mengganggu seperti ditemukannya furnitur kayu kusam di ujung ruangan.

Jika Anda juga memutuskan untuk melakukan pengecatan terhadap dinding, maka pengecatan ulang pada mebel kayu ini bisa sejalan dan menghasilkan suasana baru menjelang lebaran yang lebih menarik.

Selain berkaitan dengan suasana, sebenarnya melapisi mebel kayu dengan warna cat baru sebaiknya mempertimbangkan keamanan penggunaan cat. Pertimbangan ini selain terkait dengan kemanan kayu, juga berkaitan dengan sarana perawatan pada mebel kayu.

Baca Juga :  Tips Dekorasi Kamar Anak Dengan Furiture Yang Tepat

Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membuat Furnitur Kayu Lebih Berwarna

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari pengecatan ulang untuk warna baru pada furnitur, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal ini diperlukan untuk menjaga seluruh proses dan hasilnya berjalan sesuai dengan harapan.

Beberapa hal tersebut di antaranya:

¤ Pilih merek cat kayu dengan kualitas terbaik

cat-kayu-furniture-minamalis
Cat untuk furnitur warna solid yang menekankan gaya minimalis

Melakukan pengecatan ulang harus dibarengi dengan harapan mendapatkan kualitas terbaik. Cat yang melapisi furnitur kayu sangat penting diusahakan agar kualitasnya lebih baik dibandingkan cat sebelumnya. Minimal setara tapi jangan sampai Anda justru mengaplikasikan cat kayu dengan kualitas yang lebih buruk.

Karena pengaruh dari pemilihan cat yang digunakan juga akan berkaitan dengan kualitas furnitur nantinya. Jangan sampai Anda menggunakan bahan pelapis furnitur yang justru bisa merusak atau memberikan efek buruk bagi kondisi furnitur Anda. Termasuk, pengaruh aplikasinya pada kesehatan Anda.

¤ Gunakan pilihan warna yang sesuai dengan tema ruangan atau tema hunian

Saat memilih jenis cat yang akan digunakan, Anda juga harus memilih warna yang akan diaplikasikan. Pemilihan warna yang akan diaplikasikan bisa memberikan efek penting pada suasana ruangan atau hunian secara umum.

Terlebih jika furniture kayu milik Anda kerap menjadi sarana untuk memfasilitasi kegiatan di ruangan tersebut. Sebisa mungkin, usahakan untuk memilih warna cat yang sesuai dengan tema yang diterapkan pada ruangan ataupun hunian tersebut.

Menjaga keserasian tema dilakukan agar suasana pada ruangan tempat mebel tersebut digunakan tetap terjaga dengan baik.

¤ Pastikan bekas cat sebelumnya sudah terkelupas semua

menghilangkan lapisan cat sebelumnya saat akan finishing ulang

Sebelum melakukan refinishing atau pengecatan ulang, sudah pasti Anda akan berhubungan dengan bekas cat lama yang telah diaplikasikan terlebih dulu. Untuk mewujudkan proses pengecatan ulang dengan baik, Anda juga perlu memastikan lapisan cat sebelumnya sudah benar-benar hilang.

Baca Juga :  Bermain Menggunakan Cat Warna Putih

Pastikan seluruh bekas atau lapisan cat sebelumnya telah terkelupas seutuhnya. Agar seluruh bagian furnitur kayu bisa menghasilkan lapisan cat baru yang hasilnya sama dan merata.

Jika membutuhkan proses pengelupasan lebih maksimal pada mebel kayu, Anda bisa melakukan pengampleasan. Atau jika memang diperlukan Anda juga bisa menggunakan bahan perontok yang membantu lapisan cat sebelumnya terkelupas lebih optimal.

¤ Jangan ada residu ampelas yang tersisa

Pada proses penghilangan atau pengelupasan lapisan cat sebelumnya, pasti ada residu yang ditinggalkan. Terutama saat Anda menggunakan pengampelasan untuk mempercepat proses pengangkatan lapisan cat yang sebelumnya.

Bisa jadi, ada sisa-sisa baik debu maupun lapisan cat yang masih menempel jika Anda tidak melakukan proses ini dengan baik. Untuk mendapatkan kualitas yang lebih optimal, sebaiknya Anda melakukan pembersihan atau pengamplasan pada mebel kayu sebanyak dua kali.

Membersihkan residu sisa pengampelasan mungkin terkesan sederhana dan sepele untuk dilakukan. Tapi terbukti, jika tidak dilakukan dengan baik hal ini juga akan berepengaruh pada hasil pengecatan ulang yang akan dilakukan nantinya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat ingin mempunyai furniture kayu yang lebih berwarna menjelang lebaran. Suasana lebaran akan terasa lebih khidmat dan hangat dengan tampilan baru yang lebih segar pada mebel kayu kesayangan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here