Pentingnya Penggunaan Paint Remover Sebelum Finishing Ulang Besi

400
Paint remover. Sumber: bhg.com

Penggunaan paint remover besi adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk melakukan finishing ulang. Pemakaian material besi pada pagar, bangku taman, dan berbagai benda lainnya yang Anda gunakan untuk pelengkap kebutuhan hunian.

Besi digunakan sebagai material yang fleksibel untuk berbagai kebutuhan. Namun, resiko besi mengalami korosi cukup tinggi. Untuk meminimalisirnya, dilakukan pengecatan sebagai lapisan pelindung besi. Jika tampilan pagar atau kursi taman besi sudah kusam, diperlukan pengecatan ulang.

Pentingnya Melakukan Pengecatan Ulang

perontok cat besi

Pengecatan adalah tahapan akhir dari kegiatan persiapan sebuah produk sebelum digunakan, seperti pada pengolahan kayu maupun besi menjadi furniture.

Baca Juga : Cat Besi Antikarat untuk Hasil Finishing Awet dan Berkualitas

Melakukan pengecatan sama halnya dengan memberi lapisan pelindung pada media agar tetap terjaga dengan baik kualitasnya. Pengaplikasian cat seharusnya dapat memberikan perlindungan optimal pada media. Termasuk perlindungan dari resiko paparan lingkungan maupun dari serangan hama pengganggu.

Oleh karena itu, memastikan baiknya kualitas cat yang digunakan tentu merupakan hal yang penting. Karena kebutuhan akan perlindungan menyeluruh dari pengaplikasian cat menjadi tujuan utama selain berupa keindahan hasil pengecatan tersebut.

Baca Juga : Tips Memilih Cat Kayu dan Cat Besi yang Berkualitas untuk Furniture

Menjaga lapisan cat tetap terjaga dengan baik dan melindungi seluruh permukaan media juga suatu keharusan. Jika lapisan cat sudah mulai luntur atau tidak merata pada permukaan media, segeralah lakukan pengecatan ulang.

https://www.youtube.com/watch?v=jlOMG_W5TkY

Lapisan cat harus bisa melindungi material besi agar dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Tentunya untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan pengecatan ulang sesegera mungkin jika lapisan cat yang lama sudah memudar dan bermasalah.

Baca Juga : Produk Cat Besi untuk Tangga dengan Perlindungan Terbaik

Esensi melakukan pengecatan ulang sama halnya dengan saat melakukan pengecatan pertama kali pada media, karena sama-sama bertujuan untuk melindungi agar kondisi media tetap baik dan dapat memberikan manfaat maksimal.

Krusialnya Penggunaan Paint Remover Besi

perontok cat besi mesin sander digunakna untuk menghilangkan cat besi

Mengingat betapa pentingnya pengecatan ulang, hal ini tentu berkaitan dengan pembersihan lapisan cat lama terlebih dahulu. Anda harus benar-benar menghilangkan lapisan cat yang masih menempel dari hasil pengecatan sebelumnya. Begitu pula saat akan melakukan pengecatan ulang pada media besi.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda membutuhkan bantuan paint remover besi. Adanya penggunaan paint remover besi membuat proses penghilangan atau perontokan lapisan cat sebelumnya menjadi lebih mudah dilakukan.

Terkadang, ada bagian-bagian permukaan besi yang terkena korosi karena pengaruh lapisan cat yang terkelupas. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan pengecatan ulang namun harus benar-benar memastikan bahwa lapisan cat sebelumnya sudah hilang.

Karena jika tidak benar-benar hilang, dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil pengecatan selanjutnya. Permukaan yang tidak halus dan rata, maupun adanya sisa-sisa karat yang menempel pada besi juga termasuk hal-hal yang harus dihindari.

Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, diperlukan bantuan dari penggunaan paint remover besi. Tak heran jika adanya produk ini dianggap krusial karena memiliki peran yang penting dalam kegiatan pengecatan ulang.

Cara Menggunakan Cairan Perontok Besi

perontok cat besi

Setelah mengetahui peran esensial dari penggunaan cairan perontok besi ini, Anda juga harus memahami bagaimana cara penggunaannya. Penggunaan bahan ini juga bermanfaat bagi Anda yang sengaja melakukan renovasi ulang untuk memperbarui tampilan hunian.

Dengan menggunakan paint remover cat, Anda tidak perlu membeli mebel atau perabotan baru untuk digunakan di rumah. Karena masih bisa memanfaatkan material lama dan memperbaruinya hingga mendapat tampilan seperti baru.

Anda dapat melakukan ini pada pagar, kursi taman, pintu dan berbagai perabot lainnya di rumah Anda yang menggunakan material besi.

Untuk mendapatkan hasil pengecatan ulang yang optimal, ketahui cara menggunakan paint remover besi berikut ini:

1.  Aplikasikan cairan perontok besi pada seluruh permukaan media

Sebelum memulai finishing atau pengecatan ulang pada media, bersihkan lapisan cat yang lama terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan tampilan cat yang lebih optimal dari segi warna maupun tampilannya.

Anda dapat menghilangkan lapisan cat lama dengan menggunakan paint remover. Produk ini dapat Anda beli di toko bangunan dengan harga serta tingkatan yang beragam. Cara kerja paint remover sebenarnya mirip dengan cat biasa. Yaitu diaplikasikan atau disapukan pada dinding secara merata dengan menggunakan kuas.

2.  Tunggu sampai lapisan cat yang lama mengelupas

Paint remover dapat membuat lapisan cat sebelumnya terkelupas dengan sendirinya setelah diaplikasikan. Oleh karena itu, pastikan pengaplikasian cairan perontok cat besi ini sudah dilakukan dengan merata ke seluruh media.

Anda hanya perlu menunggu sekitar 1-3 jam untuk cairan perontok cat besi ini bekerja. Hingga lapisan cat sebelumnya berhasil mengelupas.

3.  Bersihkan Lapisan Cat yang Mengelupas

Selanjutnya saat paint remover besi sudah berhasil membuat cat terkelupas, Anda harus membersihkannya. Karena biasanya ada beberapa bagian yang hanya membuat permukaan menggelembung namun lapisan catnya tidak terkelupas.

Agar lebih bersih dan hasilnya merata, Anda perlu mengerok atau mengelupasnya dengan menggunakan sikat. Atau bisa juga dengan menggunakan kape.

Kerok bagian yang menggelembung hingga benar-benar bersih dan cairan perontok cat besi yang sudah diaplikasikan juga tidak tersisa lagi.

4.  Tunggu kering, lalu lanjutkan dengan pengecatan ulang

perontok cat besi dengan tepat kemudian cat kembali

Jika proses pengerokan lapisan cat yang menggelembung sudah selesai, pastikan seluruh permukaan cat juga sudah terkelupas dari seluruh permukaan media. Saat sudah dipastikan selesai, tunggu hingga permukaan media benar-benar kering.

Kemudian, barulah Anda dapat melanjutkan dengan proses pengecatan ulang. Jangan lupa untuk menggunakan jenis cat yang aman dan ramah lingkungan untuk mendapatkan hasil pengecatan terbaik.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here