Keunggulan dan Kelemahan Bahan Logam untuk Kebutuhan Outdoor Furniture

179
baja

Bahan logam untuk outdoor furniture memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Karakteristik dan material penyusun masing-masing bahan logam menjadi satu dari sekian banyak sebab bahan logam punya kelebihan dan kelemahan.

Logam Sebagai Bahan Furniture

material logam

Logam adalah salah satu bahan yang paling tahan lama dan serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan pembuatan furnitur luar ruangan. Karena bahan ini sangat fleksibel, dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk dan gaya.

Hal ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan berbagai tema estetika apa pun. Sebagian besar furnitur logam dikombinasikan dengan bahan furnitur lainnya, seperti pemakaian bantal kain dan sandaran untuk menambah kenyamanan.

promo produk biopolish natural oil

Banyak manufaktur yang telah menemukan teknik untuk menghasilkan furnitur logam tanpa perlu menggunakan baut atau sekrup. Dengan cara tersebut, tentunya mengurangi seberapa besar kemungkinannya untuk rusak dan perlu dilakukan perbaikan atau penggantian di kemudian hari.

Beberapa jenis logam bisa menjadi sangat panas di bawah sinar matahari. Jadi penting untuk Anda mempertimbangkannya sebelum melakukan pembelian. Mari kita lihat lebih dekat mengenai karakteristik unik dari setiap jenis furnitur logam.

  • Aluminium

bahan aluminium untuk kebutuhan outdoor

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Aluminium adalah bahan logam terbaik untuk outdoor furniture yang sering digunakan. Hal ini karena karakter bahan ini yang tahan karat, ringan, dan sangat serbaguna. Dari semua pilihan furnitur luar ruangan logam, bahan ini adalah salah satu yang paling populer.

Karena dari segi harga, gaya, dan daya tahannya. Berikut adalah beberapa pro dan kontra teratas dari material aluminium:

Pro

✅ Furnitur aluminium tersedia dalam banyak gaya

Banyaknya gaya atau model yang bisa dibuat dari material ini menyebabkan sulitnya untuk tidak menemukan sesuatu yang akan terlihat bagus di luar rumah Anda. Logam yang fleksibel namun kokoh ini dapat dimanipulasi dan diekstrusi menjadi hampir semua bentuk.

✅ Ramah Anggaran

Banyak pemilik rumah memilih aluminium daripada bahan furnitur luar ruangan lainnya karena lebih ramah anggaran. Material ini adalah yang paling banyak digunakan dari semua bahan furnitur luar ruangan yang terbuat dari logam. Dan umumnya, harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan luar ruangan lainnya.

✅ Perawatan Rendah

Furnitur aluminium tidak memerlukan perawatan yang intens karena tahan terhadap hampir semua masalah terkait cuaca. Sangat mudah untuk menghilangkan kotoran dan berbagai hal lain akibat pengaruh luar ruangan lainnya dari furnitur aluminium Anda.

Kontra

❌ Ringan dan Rentan Terbalik

Aluminium cukup ringan, yang membuatnya mudah untuk dipindahkan dan memudahkan untuk mengatur ulang posisinya di teras Anda. Tapi bahan ini juga sangat ringan sehingga pada kondisi terlalu berangin, maka furnitur aluminium Anda kemungkinan akan terbalik.

Tips Perawatan

  1. Tutup atau simpan di dalam saat tidak digunakan
  2. Bersihkan segera jika ada tumpahan air dan sebagainya
  3. Bersihkan debu secara teratur dengan kain kering
  4. Hindari pembersih abrasif dengan amonia, asam, cuka, atau lemon
  5. Lindungi furnitur dari barang-barang tajam dengan coaster, trivet, dan sebagainya.
  • Baja

material baja yang sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan furniture outdoor

Salah satu bahan logam terbaik untuk outdoor furniture yang bisa Anda pilih adalah baja. Logam yang sangat kuat dan tahan lama ini sangat bagus untuk potongan furnitur yang lebih berat seperti meja dan sofa.

Bahan baja tahan terhadap kerusakan dari suhu ekstrim (meskipun masih menjadi panas saat disentuh) dan tahan terhadap karat dan korosi. Baja menawarkan gaya modern yang ramping yang dapat menambah kelas estetika untuk area outdoor Anda. Berikut adalah pro dan kontra teratas yang harus Anda pertimbangkan saat memilih material baja.

Pro

✅ Perawatan Rendah

Baja tahan terhadap sebagian besar jenis karat atau korosi, jadi Anda tidak perlu terlalu sering membersihkan furnitur Anda.

✅ Menolak Angin

Banyak pemilik rumah memilih baja karena terlalu berat untuk tertiup angin. Tetapi bahan ini masih cukup ringan untuk dipindahkan dengan mudah.

✅ Ramah lingkungan

Baja sering dibuat dengan bahan daur ulang.

Kontra

❌ Harga

Jika Anda mencari sesuatu yang ramah anggaran, baja tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Namun, karena sangat tahan lama, bahan ini bisa lebih lama digunakan daripada kebanyakan bahan luar ruangan lainnya.

Tips Perawatan

  • Tutup atau simpan di dalam saat tidak digunakan
  • Bersihkan segera saat ada tumpahan
  • Bersihkan debu secara teratur dengan kain kering
  • Hindari pembersih abrasif dengan menggunakan amonia, asam, cuka, atau lemon
  • Besi Tempapagar besi tempa untuk kebutuhan pagar rumah

Besi tempa populer untuk furnitur luar ruangan karena sangat bisa digunakan dan sering dibuat dengan berbagai desain yang rumit. Beahan ini adalah logam terkuat yang digunakan dalam furnitur luar ruangan. Tetapi seringkali terlalu berat dan membutuhkan lebih banyak perawatan untuk membuatnya bebas karat.

Pro

✅ Tahan lama

Besi tempa adalah bahan kuat, dengan perawatan yang tepat dapat bertahan hingga 100 tahun. Namun, karena kerentanannya terhadap karat, kami memberikan besi 2 dari 3 untuk daya tahan ketika mempertimbangkan kondisi semua cuaca.

✅ Resists Wind

Besi tempa sangat cocok untuk daerah berangin karena sangat berat. Namun, hal ini juga bisa membuatnya sangat sulit untuk bergerak dan dipindahkan.

Kontra

❌ Perawatan Tinggi

Karat dapat dengan mudah menumpuk pada furnitur besi tempa. Jadi penting untuk mengeluarkannya dari genangan air setelah hujan dan menutupinya saat tidak digunakan. Beberapa varietas besi tempa yang lebih baru diperlakukan dengan hasil akhir yang tahan cuaca untuk mengurangi karat. Membiarkan kotoran menumpuk di kursi atau meja Anda dapat membuatnya sulit untuk dihilangkan nanti.

❌ Tidak nyaman

Karena besi tempa sangat kaku dan tidak nyaman, banyak set furnitur juga akan mencakup kursi kain dan sandaran. Besi tempa juga menyerap suhu yang sama dari lingkungannya, membuat furnitur Anda panas di musim panas dan dingin di musim dingin.

Tips Perawatan

  • Bersihkan kotoran dan debu secara teratur dengan sabun dan air ringan dan segera keringkan
  • Periksa karat secara berkala
  • Hilangkan kalsium yang ada di permukaan mebel dengan larutan air dan cuka.
promo produk biovarnish sanding sealer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here