Finishing Kusen dengan Cat Kayu Antirayap

2816
cat anti rayap

Kusen merupakan ‘pondasi’ bagi pintu dan jendela, namun kusen sendiri sangat rentan terhada rayap. Diperlukan cat kayu antirayap untuk melindungi kusen namun tidak mengubah tampilan kayu kusen.

papan kayu berlubang akibat rayapKusen terbilang sebagai ‘pondasi’ bagi pintu atau jendela karena memiliki fungsi yang sangat penting. Kusen bertujuan untuk menyangga pintu atau jendela sehingga memudahkan untuk berdiri dan digunakan. Tampilan kusen pada umumnya seragam dengan jendela atau pintu sehingga cat yang digunakan juga perlu memiliki tampilan yang sama.

Karena kusen merupakan bagian yang sangat mudah terserang rayap maka diperlukan cat kayu antirayap sehingga kusen akan tetap terjaga dan tampilannnya pun tetap menarik.

Finishing Kusen Menggunakan Cat Kayu Antirayap

Kusen biasanya akan satu set dengan jendela atau pintu sehingga tampilannya pun akan seragam. Tampilan yang digunakan untuk kusen biasanya adalah warna natural kayu. Tampilan ini akan mempertajam warna asli kayu namun tetap menampilkan serat asli dari kayu tersebut.

Pastikan Anda menggunakan cat kayu yang tepat untuk kusen terlebih pada kusen pintu utama atau yang berhubungan langsung dengan luar.

Kusen yang terletak antara penghubung dalam dan luar rumah akan cenderung rawan terpapar sinar matahari dan air hujan, hal ini menyebabkan kusen mudah diserang rayap. Agar tidak mudah terserang rayap dan kayu terjaga dengan baik maka gunakan cat kayu antirayap yang tepat, salah satunya adalah Biovarnish. berikut cara aplikasi Biovarnish  untuk menghasilkan warna natural kayu yang indah:

  1. Pastikan permukaan kusen sudah bersih, halus dan rata. Jika belum, ampelas permukaan kusen dengan kertas ampelas no. 250. Kemudian bersihkan dari sisa ampelas.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori pada kayu sehingga akan mempermudah proses finishing selanjutnya.
  3. Gunakan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampurkan dengan air dan aplikasikan ke seluruh kusen menggunakan kuas. Diamkan di tempat teduh kurang lebih 60 menit, setelah kering ampelas halus permukaan kusen
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan selama semalam untuk hasil yang maksimal.

Cat Kayu yang Bagus dan Eco-Friendly Untuk Kusen

Cat kayu antirayap di pasaran memiliki banyak varian dan kualitas yang berbeda-beda. namun tidak semua jenis cat kayu tersebut aman untuk digunakan. Jenis cat kayu yang dikenal berbahaya adalah cat solvent based. Cat tersebut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang mampu menyebabkan gangguan pada kesehatan maupun lingkungan. Selain itu, cat solvent based juga mengandung VOC yang tinggi.

varian biovarnishKandungan VOC yang tinggi sangat memperburuk lingkungan karena menjadi salah satu faktor dari rusaknya lapisan ozon. Maka dari itu, mengingat latar belakang masalah ini diciptakan cat kayu dengan teknologi tercanggih saat ini yaitu cat water based.

Cat ini mengandungan VOC yang sangat rendah sehingga tidak menyebabkan lingkungan sekitar rusak bahkan tidak mengganggu kesehatan. Salah satu cat water based yang sudah dipastikan aman dan rendah VOC adalah Biovarnish. Cat kayu antirayap ini juga telah memenuhi standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Untuk informasi lebih lengkap atau pemesanan langsung, silakan menghubungi kontak yang tertera di website ini atau melalui email di [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here