Tips Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Furniture Outdoor agar Menarik

94
Meja “Romane” Warna Rosemary, kursi “Dune Premium” warna Rosemary dan Lagoon Blue dan meja alas “Happy Hours” Lagoon Blue. Sumber: fermobpeople.com

Saat dihadapkan dengan susunan bagan warna untuk memilih warna cat furniture outdoor pasti cukup membingungkan.

Mungkin, kamu juga merasa kesulitan untuk memilih kombinasi warna cat yang tepat untuk mempercantik furniture outdoor.

Pertanyaan Mendasar Sebelum Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Furniture Outdoor

ilustrasi furniture outdoor

Lantas, apakah kamu akan dapat membuat keputusan yang tepat? Bagaimana jika warna yang telah dipilih justru akan memudar dengan cepat?

Nah, untuk menjawab kekhawatiran tersebut, berikut adalah tips memilih warna cat yang tepat untuk furniture outdoor menurut Mathilde dan Marion, merchandiser visual dari Fermob.

Baca Juga : Aneka Perabotan Rumah Minimalis dari Material Besi dan Logam

Untuk membantumu membuat keputusan yang tepat, kamu harus menjawab beberapa pertanyaan sederhana namun penting tentang lingkungan tempat tinggalmu:

  1. Apakah kamu membeli furniture outdoor tersebut untuk rumah, kebun, atau untuk teras?

Pada akhirnya, langit adalah batas di luar ruangan. Tapi karena taman adalah ruangan tersendiri, kami tidak ingin membawa kamu memilih jalan yang salah.

Terkadang kamu dapat menggunakan warna dinding, tanah, atau bahkan daun jendelamu  sebagai titik awal untuk furnitur. Dan area tempat tinggal bahkan bisa menjadi pertimbangan penting.

Baca Juga : 6 Perabot Serbaguna yang Cocok Dipakai untuk Partisi Ruangan Minimalis

2. Di mana harus memulai? Apa warna utama yang harus dipilih untuk furnitur?

Sebagai aturan praktis, kamu harus mulai dengan memilih warna meja. Karena meja adalah jenis furnitur yang bentuknya paling besar di set tersebut.

Selanjutnya, kamu juga harus memfokuskan pada warna kursi. Kami sangat menyarankanmu untuk memiliki setidaknya 2 kursi.

Aplikasikan dengan warna yang sama dengan meja, untuk memastikan kamu mendapatkan keseimbangan yang tepat. Ini adalah titik awal untuk kombinasi warnamu.

Baca Juga : Mengatasi Kerusakan dengan Mengecat Ulang Pagar Besi

Meja “Romane” Warna Rosemary, kursi “Dune Premium” warna Rosemary dan Lagoon Blue dan meja alas “Happy Hours” Lagoon Blue. Sumber: fermobpeople.com

Bagaimana Jika Memilih Warna Cat yang Cerah pada Furniture Outdoor?

Memang benar bahwa mode termasuk pada furniture juga berubah dengan sangat cepat. Akankah tren hari ini bertahan dalam jangka waktu tertentu?

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Ini untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah, Dijamin Ampuh!

Menurut para ahli dari Fermob, sebaiknya aplikasikan penggunaan warna-warna cerah pada kursi dan warna yang lebih netral untuk meja.

Sementara pada item yang lebih kecil seperti meja alas dan dudukan lampu juga ideal untuk menambahkan nada cerah, ceria, dan penuh warna.

Penggunaan warna cerah bisa menjadi karakter kuat tersendiri yang cukup awet digunakan dalam jangka waktu tertentu. Contohnya pada penerapan warna cat untuk set furniture outdoor di bawah ini.

Sumber: fermobpeople.com

Baca Juga : Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Apakah Ada Jumlah Maksimum Warna yang Digunakan?

Berbicara mengenai apakah ada jumlah maksimum warna yang digunakan, itu semua kembali ke selera dan kondisi.

Selain itu, ukuran meja juga bisa menjadi pengaruh dalam mengaplikasikan warna. Karena idealnya, untuk set empat tempat duduk, kamu harus dapat membatasi diri pada dua warna.

Sementara untuk set yang lebih besar, kamu dapat memilih hingga tiga warna sekaligus saat diaplikasikan pada satu set furniture.

Baca Juga : Jenis jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

Tetapi demi menjaga konsistensi dan gaya, sebisa mungkin menghindari pencampuran terlalu banyak warna dari titik yang berbeda pada spektrum.

Cara Memilih dan Menggabungkan Warna Cat Furniture Outdoor

Pilihan warna pada furniture outdoor yang cukup banyak digunakan adalah palet monokrom modern, warna-warna bertema alam, atau pilihan warna yang lebih hangat.

Rona hijau seperti Rosemary, Cactus, Willow Green, dan Cedar Green akan memberikan tampilan bertema tanaman yang alami.

Sebaliknya, jika kamu ingin menonjolkan lini produk, pilihan yang lebih modern seperti warna-warna Deep Blue dan Liquorice adalah pilihan utama.

Baca Juga : Rekomendasi Warna Cat Tiang Teras Rumah agar Tampilan Hunian Jadi Lebih Estetik dan Menarik

Sementara itu, jika kamu ingin menambahkan kehangatan pada tampilan furniture, kami merekomendasikan untuk menggunakan warna-warna hangat namun cukup berani. Seperti kombinasi warna merah dengan crem.

Terakhir, ada pula pilihan warna dengan nada pastel yang bisa dicoba. Tren dan marak digunakan terutama pada tahun 2020, tak ada salahnya memilih palet warna ini sekarang.

Sangat bagus untuk menambahkan sentuhan yang lebih cerah dan lebih halus. Gunakan warna dengan hasil Clay Grey, Ice Mint, dan Frosted Lemon.

Bisakah Memilih Tampilan Monokrom?

Inspirasi warna monokrom pada perabot outdoor. Sumber: fermobpeople.com

Tentu saja bisa! Tampilan monokrom sangat cocok jika kamu menyukai salah satu warna kami. Mengapa repot-repot mencari warna lain ketika kamu sedang jatuh cinta dengan warna ini?

Selain membuat pernyataan karakter yang kuat, menggunakan warna monokrom berarti akan memudahkanmu untuk memvariasikan model kursi.

Dan bahkan akan lebih mudah juga untuk memadupadankan dari beberapa koleksi. Karena ketika kamu konsisten pada pemilihan warna, maka kamu tidak harus konsisten pada gaya!

Ada banyak pembicaraan tentang taman yang menjadi ruangan tersendiri. Pastikan kamu dapat menentukan pilihan warna furniture outdoor yang tepat untuk digunakan pada area ini.

Sekian informasi tentang tips memilih warna cat yang tepat untuk furniture outdoor. Semoga bermanfaat!

Sumber: fermobpeople.com

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here