Keunggulan dan Kelemahan Pintu Besi, Ketahui Sebelum Memakainya

65
Pintu besi. Sumber: Tokopedia

Keunggulan dan kelemahan pintu besi menjadi hal yang penting dan cukup umum untuk dibahas. Terlebih jika saat ini anda memang sedang mencari bahan yang akan dipakai untuk pembangunan rumah.

Tentunya pembahasan mengenai penggunaan material yang akan digunakan termasuk untuk pintu menjadi hal penting. Berikut ini pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan pintu besi.

Keunggulan Pintu Besi

kreasi pintu rumah
kreasi pintu besi di rumah yang elegan menggunakan warna hitam

Selayaknya material pada umumnya yang pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut ini beberpaa keunggulan atau kelebihan dari pintu besi:

Baca Juga : Cat Eksterior dan Beberapa Hal Tentang yang Perlu Diketahui Tentangnya

1. Elegan dan Awet

Material besi merupakan bahan yang lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Bahan ini juga membuat tampilan pintu tampak lebih elegan.

Tidak bisa dipungkiri jika bahan pintu dari besi akan lebih awet dibandingkan dengan penggunaan pintu dari bahan lain, terlebih kayu.

Karena konstruksi yang terbuat dari bahan ini akan lebih tahan terhadap hewan-hewan pengganggu yang biasa menjadi musuh utama kayu, seperti rayap.

Baca Juga : Tips Memilih Obat Anti Jamur untuk Rotan dan Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya

Bukan hanya itu, dari sisi arsitektur besi juga lebih mudah dan elegan untuk dipadu padankan dengan berbagai material bangungan rumah lainnya.

Sehingga nilai estetika yang dimiliki oleh penggunaan pintu dengan bahan ini akan semakin meningkat. Umumnya pemakaian bahan ini digunakan pada bangunan mewah ataupun yang berkonsep minimalis.

2. Mudah untuk dimodifikasi

Pintu besi. Sumber: Tokopedia

Pintu besi juga lebih mudah untuk dimodifikasi, hal ini menjadi salah satu keunggulan utama yang dimilikinya. Meskipun termasuk bahan logam berat dan tebal, tapi bahan ini juga akan mudah dibentuk setelah dipanaskan.

Baca Juga : Penuhi Kebutuhan Finishing Garden Furniture dengan Cat Kayu Jepara Berkualitas

Sehingga anda bisa mengubahnya menjadi berbagai bentuk yang diinginkan. Lengkap dengan berbagai motif dan kebutuhan.

Dengan kondisi ini, anda juga meminta para pengrajin untuk custom pintu besi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

3. Materialnya Lebih Kuat

Biacara tentang bobot, tentu saja pintu dari bahan besi akan lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Hal ini membuatnya lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga dan Mencegah Peralatan Rumah Berkarat, Jangan Sampai Kecolongan!

Termasuk saat mengalami benturan, dorongan ataupun hal lainnya. Jika sudah demikian, lebih aman pula dari resiko kejahatan karena akan sulit untuk dibobol maling. Pintu besi juga cocok sekali dibarengi dengan penggunaan pagar besi.

Atur desain dan ketebalan yang diinginkan, misalnya dengan mendesain bagian ujung pintu bentuknya runcing mirip dengan mata tombak. Hal tersebut bermangaat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Lebih Hemat Tempat

Tingkat fleksibilitas dari penggunaan pintu besi juga bisa menjadi pertimbangan untuk pemakaiannya. Pintu dengan jenis ini cocok digunakan pada segala kondisi dan fleksible.

Baca Juga : Orchid Enamel Paint bisa untuk Pintu Baja

Terlebih pada hunian dengan konsep minimalis atau rumah yang dibangun pada lahan sempit. Maka pemakaian bahan ini untuk pintu juga termasuk pilihan yang terbaik.

Pintu dari bahan ini bisa didesain untuk menjadi pintu lipat. Sehingga lebih fleksibel saat digunakan. Terlebih dengan sifatnya yang mudah untuk dibentuk dan tidak mudah rusak.

Tentunya, pintu besi juga bisa dibuat dan didesain agar tampilannya lebih elegan meskipun digunakan pada lokasi dengan lahan kecil.

Kelemahan Pintu Besi

Kelebihan dan kekurangan pintu besi memang perlu diperhatikan supaya tidak kecewa ataupun rugi dimasa mendatang. Selain itu, hal ini juga penting untuk menentukan kostruksi sebuah bangunan.

1. Mudah Berkarat

Peralatan berkarat. Pexels/Rene Asmussen

Tentu saja masalah karat menjadi kendala utama dari penggunaan material besi. Seunggul apapun, tetap saja besi memiliki potensi berkarat yang cukup besar.

Sehingga saat terus menerus digunakan pada cuaca ekstrim, akan berpengaruh pada tampilan dan kualitasnya. Misalnya saat menggunakan pintu besi di bagian paling depan rumah yang langsung terkena sinar matahari.

Begitu pula saat menggunakan pagar besi. Harus tetap ada perlindungan tersendiri yang dilakukan secara rutin agar kondisinya lebih terjaga.

Anda bisa melapisi material besi dengan cat kayu anti karat untuk menjaga kondisinya. Terutama agar dapat terhindar dari karat.

2. Butuh Perawatan Ekstra

Seperti yang sudah disebutkan terkait besi yang mudah berkarat, material ini memang cukup rentan mengalami permasalahan serupa. Oleh karenanya, tidak heran jika penggunaan bahan ini juga butuh perawatan ekstra.

Terlebih untuk menghindari kerusakan jangka panjang, tentu sangat perlu perawatan ekstra. Meskipun terdekar cukup merepotkan, cara melakukan perawatan tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya sesekali, sembari mengisi waktu luang.

Caranya juga mudah, cukup dengan mengelap dan membersihkannya dari lapisan debu. Ataupun dengan melapisinya ulang dengan cat besi anti karat.

Karena jika tidak dirawat dengan baik, dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun saja tidak heran jika material ini akan mudah rusak. Lakukan perawatan rutin agar kondisinya tetap prima.

3. Harganya Lebih Mahal

Berkaitan dengan harga, tentu setiap material yang digunakan juga memiliki harga yang bervariasi. Harga juga menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan dengan matang saat akan memilih bahan yang akan digunakan untuk pintu.

Penggunaan pintu besi sendiri memang menelan biaya lebih tinggi dan cukup mahal dibandingkan dengan penggunaan material lainnya. Namun dengan mengingat kualitas dan keawetan dari penggunaan bahan ini, harga yang lebih mahal dirasa cukup pantas.

Untuk itu, sebenarnya harga yang cukup tinggi dari penggunaan pintu besi bukanlah hambatan besar. Karena perlu diingat manfaat dan kualitas dari penggunaannya yang bisa anda peroleh.

Demikian beberapa hal mengenai keunggulan dan kelemahan pintu besi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan memberikan referensi terbaik bagi anda yang membutuhkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here