6 Perabot Serbaguna yang Cocok Dipakai untuk Partisi Ruangan Minimalis

387
Lemari Pajangan Kaca Kayu Minimalis Putih. Sumber: Sarana Mulya

Menggunakan perabot serbaguna untuk partisi ruangan merupakan salah satu solusi untuk hunian minimalis. Karena sebenarnya, rumah yang ukurannya kecil tidak selalu berarti sempit.

Sebagai pemilik dan pengguna hunian, kita tentu dapat berkreasi untuk membuat ruangan-ruangan di rumah terasa lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan menyatukan dua ruangan menjadi satu.

Untuk mewujudkannya, kita dapat menata perabot serbaguna sebagai partisi ruangan minimalis yang bisa diandalkan. Terlebih, penggunaan perabot serbaguna juga dapat membantu menghemat pengeluaran.

Baca Juga : Rekomendasi 4 Furniture Minimalis yang Cocok untuk Ruang Keluarga Sempit

Jenis Perabot Serbaguna untuk Partisi Ruangan Minimalis

Partisi ruangan. Sumber: Tokopedia

Penggunaan perabot serbaguna memiliki model atau desain yang multifungsi sehingga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Contohnya, dapat digunakan untuk menjadi tempat duduk sekaligus sebagai kabinet penyimpanan. Sangat menarik sekaligus bermanfaat, bukan?

Lantas, apa saja jenis perabit serbaguna yang bisa digunakan sebagai partisi ruangan pada hunian minimalis? Berikut ini beberapa contohnya.

Baca Juga : Jenis-jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

1.      Perabot serbaguna sofa bed dengan ruang penyimpanan

Sofa bed. Sumber: dekoruma

Menggunakan sofa bed yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan pada bagian bawahnya dapat bermanfaat sebagai partisi ruangan.

Pengguna perabot ini bisa digunakan pada area ruang makan dan juga ruang keluarga. Selain itu, kamu juga bisa memakai jenis sofa bed multifungsi yang mempunyai 3 fungsi.

Yaitu untuk menjadi tempat duduk, tempat tidur, hingga tempat untuk menyimpan berbagai perlengkapan rumah.

Dengan penggunaan perabotan serbaguna ini ruangan sempit dan minimalis di rumahmu akan lebih rapi sekaligus tampak luas.

Baca Juga : Peluang Bisnis Kerajinan Eceng Gondok Berskala Ekspor, Begini Caranya!

2.      Rak Kayu Minimalis yang serbaguna

Rak kayu minimalis serbaguna warna putih. Sumber: Alibaba

Bukan hanya area penyimpanan, rak kayu minimalis juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan. Tampilan dari kedua ruangan akan lebih cantik dan menarik melalui penggunaan rak ini.

Tampilan minimalis modern dari rak kayu akan jadi partisi ruangan yang unik dan menarik. Untuk menambah kesan unik, pilih desain atau pola rak yang tidak kalah unik.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menyimpan berbagai buku maupun vas bunga dan sebagainya.

Baca Juga : Beragam Kerajinan dari Rotan yang Unik dan Menarik

3.      Rak Buku Serbaguna

Rak buku serbaguna untuk partisi ruangan. Sumber: Tokopedia

Bukan hanya rak kayu minimalis yang bisa menjadi pilihan perabot sebagai partisi ruangan. Rak buku serbaguna juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk menyekat ruangan.

Untuk memakainya, kamu bukan hanya bisa menyimpan buku tetapi juga berbagai benda lainnya. Seperti hiasan, tanaman hias, maupun aneka jenis pajangan lainnya.

Jika memilih untuk menggunakan rak buku serbaguna, sebaiknya pilih rak yang bentuknya fleksibel.

Baca Juga : Pilihan Kayu Terbaik untuk Furniture yang Berkualitas

Sehingga bisa digunakan sebagai area sekat ruangan sekaligus rak sudut karena dapat membentuk huruf L.

Namun pada prakteknya, berbagai desain rak buku juga digunakan. Seperti yang ditampilkan pada gambar adalah desain rak buku dinding.

4.      Lemari Pajangan dari Bahan Kaca

Lemari Pajangan Kaca Kayu Minimalis Putih. Sumber: Sarana Mulya

Punya banyak barang koleksi yang menarik? Untuk kamu para kolektor benda-benada unik seperti piring, guci, vas, action figure Marvel, mobil-mobilan dan semacamnya.

Berbagai hobi dan barang koleksi ini bisa jadi ide menarik untuk menggunakan perabot serbaguna sebagai partisi ruangan.

Baca Juga : Keunggulan dan Kelemahan Pintu Besi, Ketahui Sebelum Memakainya

Gunakanlah lemari pajangan berbahan dasar kaca untuk memajang koleksimu sekaligus menjadikannya sebagai sekat. Lemari ini akan jadi partisi ruangan yang menarik.

Simpan lemari tersebut pada batas antara kedua ruangan agar dapat menjadi sekat atau partisi ruangan. Dengan demikian, maka rumahmu akan terasa lebih luas.

Namun tetap dapat menggambarkan kepribadianmu melalui barang-barang koleksi yang ditampilkan.

Baca Juga : Rekomendasi Warna Cat Tiang Teras Rumah agar Tampilan Hunian Jadi Lebih Estetik dan Menarik

5.      Lemari TV

Lemari TV. Sumber: Picky Best

Pemakaian perabot serbaguna yang satu lagi adalah lemari TV. Lemari ini juga bisa berfungsi sebagai penyekat antara ruang keluarga dengan area dapur.

Dengan pemakaiannya, maka suasana memasak akan semakin menyenangkan karena dapat dilakukan sambil bercengkrama dengan anggota keluarga lain yang sedang berkumpul di ruang TV.

Jika ingin menggunakan jenis mebel ini untuk partisi ruangan sebaiknya pilih mebel dari bahan kayu agar lebih fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai warna perabot lainnya di dalam rumah.

Baca Juga : Mengenal Eceng Gondok, Gulma yang Jadi Bahan Kerajinan Berkualitas

6.      Meja Dapur

Desain Meja Dapur Minimalis. Sumber: Leo Furniture

Jangan lupakan area dapur dan perabotnya yang juga bisa jadi pilihan sebagai partisi ruangan serbaguna. Apalagi untuk kamu yang ingin menyatukan ruang makan dengan dapur.

Pakailah meja dapur sebagai furniture serbaguna yang punya tampilan minimalis namun tetap menarik. Sekat ruangan dengan meja dapur tentunya juga tetap multifungsi. Karena bisa dipakai pula sebagai meja makan.

Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli jenis meja lainnya di tiap-tiap ruangan. Karena akan memenuhi ruangan dan buat suasana rumah jadi lebih sumpek.

Baca Juga : 15 Karakter Pintu Baja, Apakah Lebih Unggul Jika Dibandingkan Pintu Kayu?

Demikian beberapa rekomendasi perabot serbaguna yang dapat kamu gunakan sebagai partisi atau sekat antar ruangan pada rumahmu. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here