Memilih Cat yang Paling Cocok untuk Gitar Elektrik

1012
mengecat gitar

Kecocokan produk cat untuk gitar elektrik harus dipilih dengan baik di antara banyaknya jenis dan merek cat di pasaran karena tidak semua cat yang ada di pasaran cocok digunakan untuk melapisi gitar listrik.  Penggunaan gitar sebagai instrumen musik akan semakin apik dengan tampilan gitar yang menarik.

Untuk mewujudkannya, diperlukan pengaplikasian cat yang cocok sehingga mampu membuat gitar tampil lebih elegan. Bukan hanya itu, cat yang digunakan juga sebaiknya tidak sembarangan dipilih. Karena kualitas cat yang diaplikasikan juga harus jelas dan pasti sehingga dapat menjaga kondisi gitar sekaligus melapisinya dengan baik.

Baca Juga : Temukan Rekomendasi Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Gitar Disini!

Sejarah Gitar Elektrik

gitar listrik yang dilapisi cat Orchid Enamel Paint

Penggunaan gitar sebagai salah satu instrumen musik sudah dilakukan sejak dulu. Seiring dengan perkembangan teknologi, gitar juga mengalami perkembangan, dari bentuk hingga jenisnya. Salah satu jenis gitar yang saat ini masih banyak digandrungi adalah jenis gitar listrik.

Gitar elektrik merupakan jenis gitar yang mengandalkan penggunaan beberapa pick sebagai pengubah bunyi maupun getaran dari string untuk menjadi arus elektrik. Dari situ kemudian akan dikuatkan menggunakan amplifier serta pengeras suara.

Baca Juga : Kegiatan Kreatif dengan Cat Sambut Kemerdekaan RI

Pemanfaatan instrumen listrik dalam penggunaan jenis gitar ini tentu cukup besar. Hal ini pula yang membedakan dengan jenis gitar non-elektrik sebagai generasi awal gitar. Penggunaan jenis gitar listrik banyak dilakukan oleh para pemain aliran musik jazz dengan cara memakai bantuan hollow bodied agar mendapat suara lebih keras.

Jika dirunut dari sejarahnya, gitar elektrik pertama yang dibuat oleh pabrikan Rickenbacker muncul di tahun 1931. Secara umum, jenis gitar ini juga turut membantu dalam perkembangan musik di era 1940-an. Begitu juga perkembangan musik dengan aliran blues rock, rock and roll dan sejenisnya sekitar tahun 1962.

Baca Juga : Jenis jenis Cat untuk Pagar Besi Antikarat

Gitar elektrik pada awalnya dibuat oleh pembuat gitar yang merupakan pecinta elektronika serta pabrikan peralatan musik. Perkembangan gitar elektrik terus ada dan digunakan hingga saat ini untuk kebutuhan bermusik di berbagai genre.

Bersamaan dengan instrumen musik yang lain, penggunaan gitar menjadi komponen penting untuk menciptakan alunan musik yang indah. Keindahan dari alunan musik tersebut tentunya akan lebih menarik jika ditunjang dengan tampilan gitar yang menarik pula.

Baca Juga : tips memilih plitur kayu dengan hasil paling bagus untuk kayu

Pengecatan menjadi kunci penting tampilan gitar menjadi semakin menarik. Dalam hal ini, kebutuhan akan pengecatan juga harus ditunjang dengan baik menggunakan produk yang berkualitas.

Cat yang Bagus untuk Gitar Elektrik

mengecat rangka gitarelektik menggunakan cat Orchid Enamel Paint

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar kualitas tetap terjaga adalah dengan memaksimalkan dan menjaga tampilan gitar agar tetap terlihat menarik. Selain melakukan perawatan rutin dengan membersihkan dan menyimpannya dengan baik, Anda juga perlu menjaga tampilannya dengan melakukan pengecatan.

Saat mengecat gitar, pemilihan merek cat untuk gitar sebaiknya dilakukan dengan seksama. Membuat tampilannya benar-benar berkualitas tentu diperlukan, sehingga kualitas melodi serta tampilannya juga saling mendukung. Pemilihan cat yang aman dan berkualitas juga sangat diperlukan.

Pastikan cat yang Anda gunakan untuk melapisi gitar merupakan produk yang aman dan berkualitas. Tidak berbau, tampilannya menarik, dan mampu melapisi serta melindungi gitar dalam jangka waktu lebih lama. Jika diperhatikan dari jenis cat yang ada, Anda bisa memilih untuk menggunakan cat water based seperti Orchid Enamel Paint.

Diformulasikan sebagai multiple purpose water based stain, produk Orchid Enamel Paint dapat digunakan untuk melapisi banyak media, terutama pada media kayu dan besi serta media sejenis. Gitar yang terbuat dari material kayu tentu dapat dilapisi dengan cat Orchid Enamel ini.

Penggunaan gitar yang akan sering bersentuhan langsung dengan kulit harus dipastikan keamanannya. Dalam penggunaan cat Orchid Enamel Paint, tidak ada bau menyengat yang dihasilkan seperti pada penggunaan cat kayu dengan merek lainnya.

Dengan pemilihan cat Orchid untuk melapisi gitar, perlindungan pada gitar elektrik akan lebih optimal. Ada banyak pilihan warna solid dari cat Orchid yang menarik yang dapat dipilih untuk menunjang tampilan gitar agar lebih menarik dan awet digunakan.

Perlindungan gitar dari ancaman jamur juga dapat lebih diminimalisir karena cat Orchid sudah dilapisi dengan bahan anti jamur. Keamanan cat Orchid dapat menjaga kondisi gitar elektrik secara keseluruhan. Hal ini tentu menjadi jaminan tersendiri untuk menunjang bahkan menjaga kondisi gitar agar lebih optimal.

Mengecat Gitar Elektrik dengan Cat Serbaguna Orchid Enamel Paint

Cat serbaguna Orchid Enamel paint untuk melapisi gitar elektikAplikasi cat Orchid pada gitar elektrik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah pengecatan yang dilakukan:

  1. Bersihkan permukaan gitar elektrik yang akan dicat. Pastikan sudah dalam kondisi kering dan bersih.
  2. Siapkan cat Orchid Enamel yang akan digunakan. Larutkan dengan air bersih menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga merata.
  3. Aplikasikan cat pada seluruh permukaan gitar. Anda dapat melakukannya menggunakan alat semprot (spray gun) agar lebih mudah dan cepat. Atau dapat pula dilakukan dengan menggunakan kuas. Aplikasikan secara merata pada seluruh permukaan media.
  4. Tunggu lapisan cat mengering lalu ampelas ambang menggunakan kertas ampelas nomor 400. Bersihkan debu sisa pengampelasan kemudian aplikasikan kembali lapisan cat yang kedua. Cara aplikasi yang dilakukan sama dengan proses aplikasi cat pada lapisan pertama.
  5. Tunggu hingga lapisan cat kembali mengering dengan sempurna untuk dapat menggunakan gitar.

Cat Orchid juga merupakan pilihan yang tepat untuk segala kebutuhan pengecatan, termasuk sebagai cat untuk gitar elektrik kesayangan Anda. Hal ini karena cat Orchid merupakan produk cat dengan banyak keunggulan, di antaranya yaitu:

  • Tampilan hasil akhirnya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda
  • Dapat digunakan untuk kebutuhan finishing outdoor maupun indoor
  • Bisa diaplikasikan untuk kebutuhan pengecatan banyak media, di antaranya kayu, besi, dan media sejenis
  • Tahan air
  • Tidak mengandung bahan beracun dan tidak berbau
  • Dilengkapi bahan antijamur
  • Mengandung bahan antikarat
  • Tidak mudah terkena goresan
  • Cepat kering
  • Mudah diaplikasikan
  • Metode aplikasinya fleksibel, dapat diaplikasikan dengan kuas dan juga alat spray

Pengecatan gitar dapat dilakukan lebih mudah, cepat dan aman dengan menggunakan cat serbaguna Orchid Enamel Paint.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat untuk Gitar Elektrik yang Berkualitas?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melalui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here