Cat untuk Galvalum yang Berkualitas dan Hasilnya Menarik

338
Atap Galvalum. Sumber: Dekoruma

Kebutuhan cat untuk galvalum harus terpenuhi dengan baik, sehingga harus dipilih dengan benar agar hasilnya optimal. Dan penggunaan cat yang berkualitas akan mampu memberikan hasil yang menarik sesuai dengan keinginan.

Tampilan galvalum yang lebih menarik tentu dapat menjadi nilai tambah dari segi estetika. Namun, yang lebih penting lagi, galvalum yang sudah dicat diharapkan akan lebih awet digunakan dan dapat terlindungi dengan baik. Untuk mencapai harapan tersebut, diperlukan penggunaan cat yang memiliki kualitas terbaik.

Baca juga : Rekomendasi Cat untuk Atap Seng Galvalum Agar Awet dan Menawan

Memilih Cat untuk Galvalum

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

Atap galvalum yang sudah dicat dengan Orchid Enamel Paint

Ada banyak merek cat yang dapat diaplikasikan untuk melapisi galvalum. Dengan karakterisitik yang mirip besi, beragam merek cat besi dengan berbagai warna menarik bisa digunakan untuk melapisinya.

Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemilihan merek dan jenis cat tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus memastikan kualitas cat yang digunakan benar-benar mampu memberikan hasil yang diharapkan.

Baca juga : Pilihan Merek Cat untuk Galvalum, Nomor 3 Jadi Andalan!

Saat memilih cat untuk galvalum, sebaiknya Anda menggunakan jenis cat water based yang lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan jenis cat lainnya. Pemilihan cat enamel water based yang akan diaplikasikan untuk melapisi galvalum juga harus dilakukan dengan benar dan memenuhi beberapa kriteria penting.

Hal ini diperlukan demi mampu menjaga kondisi baja ringan dengan baik dan lebih awet digunakan.

Baca juga: 8 Kelebihan Atap Galvalum

Berikut adalah beberapa kriteria yang sebaiknya terpenuhi dan ada pada cat galvalum yang dipilih:

  • Gunakan cat yang tahan panas
  • Gunakan cat yang tahan air
  • Gunakan cat cat yang tahan terhadap pengaruh cuaca ekstrim
  • Cat dilengkapi bahan antikarat
  • Cat tidak mudah luntur
  • Cattidak mudah tergores
  • Lapisan film cat yang kuat
  • Cat yang awet dan tahan lama
Baca Juga :  5 Ciri Wood Filler Tahan Air Cocok Untuk Finishing Furnitur

Banyak produk cat water based enamel yang bisa dipilih untuk melapisi galvalum. Namun, tidak semuanya memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas. Ditambah lagi dengan terbatasnya pilihan warna cat yang dapat diaplikasikan pada baja ringan tersebut yang juga memiliki peran untuk memperindah tampilannya.

Untuk memenuhi kebutuhan pengecatan pada galvalum, Anda dapat mengandalkan produk Orchid Enamel Paint. Produk cat serbaguna ini dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pengecatan pada galvalum, besi dan material sejenisnya dengan hasil terbaik.

Baca juga : Rekomendasi Cat untuk Atap Galvalum Agar Tetap Awet

Rekomendasi Cat Galvalum yang Berkualitas

Cat Orchid Enamel Paint untuk melapisi bahan besi, galvalum dan bahan lainnyaSebagai produk cat water based yang serbaguna, Orchid Enamel dapat melapisi dan melindungi material galvalum dengan baik.

Orchid Enamel Paint adalah produk multipurpose water based acrylic enamel paint dengan keamanan yang tidak diragukan lagi. Anda bisa menggunakan cat besii Orchid untuk melapisi berbagai media di area indoor maupun outdoor, untuk kebutuhan interior maupun eksterior.

Proses formulasi Orchid Enamel Paint dilakukan dengan baik, memperhatikan standar keamanan penggunaan bahan kimia berbahaya yang bisa berpengaruh nyata pada kualitas cat. Salah satu yang menjadi perhatian penting adalah sedikitnya kandungan VOC (volatile organic compound) yang juga berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan penggunaan cat.

Dengan kandungan VOC content mengikuti standar regulasi dari US-EPA, maksimal sebesar 350 gram per liter. Sementara dalam Orchid Enamel Paint, kandungan VOC-nya berada di bawah 100 gram per liter. Jauh di bawah ambang batas dari kadar maksimum yang telah ditetapkan.

Dengan hal ini, cat Orchid menjadi produk yang tidak berbau menyengat untuk diaplikasikan, sehingga lebih nyaman untuk Anda saat mengaplikasikannya. Yang menjadi keunggulan lain dari cat ini adalah fleksibilitasnya. Anda dapat mengaplikasikan cat ini pada berbagai media termasuk galvalum. Kayu, besi dan media sejenis lainnya dapat dilapisi dengan cat ini.

Baca Juga :  Tips Mengecat Menggunakan Kuas Agar Hasilnya Maksimal

Hasil akhir penggunaan cat Orchid Enamel juga akan membuat media tampak lebih menarik. Dalam hal ini, Anda bisa membuat tampilan galvalum lebih mengkilap. Karena cat ini memiliki tingkat glossy 60% yang membuat hasil akhir media tampak lebih mengkilap.

Baca juga : Finishing Mudah dengan Cat Kayu Orchid Tahan Air

Pengecatan Galvalum dengan Orchid Enamel

Sumber: Youtube Bio Paint

Penggunaan cat Orchiddilakukan dengan mudah serta memberikan hasil yang optimal. Anda cukup membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya, tidak membutuhkan thinner maupun bahan pelarut anorganik lainnya yang berpotensi meningkatkan biaya pengecatan.

Proses pengaplikasiannya bisa dilakukan dengan menggunakan metode penguasan maupun penyemprotan (spray gun atau media lainnya). Berikut adalah cara pengecatan galvalum dengan Orchid Enamel Paint:

1.       Siapkan media dan bahan yang akan digunakan

Tahap paling awal yang diperlukan tentu saja mempersiapkan media yaitu galvalum yang akan dicat dan juga cat Orchid. Pilih warna cat yang akan diaplikasikan terlebih dahulu lalu encerkan dengan air bersih. Encerkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk merata.

Galvalum yang akan dicat harus dipastikan dalam keadaan bersih dan kering. Anda bisa mengelapnya terlebih dahulu untuk membersihkan debu maupun kotoran yang menempel pada permukaannya lalu memastikannya dalam keadaan kering.

2.       Aplikasikan

Tahap selanjutnya, Anda bisa langsung mengaplikasikan cat Orchid pada galvalum dengan menggunakan kuas, spray gun, maupun roll. Sesuaikan dengan kebutuhan pengecatan dan luas media yang akan diaplikasikan.

Aplikasikan ke seluruh permukaan galvalum hingga merata. Pastikan seluruh permukaan galvalum dilapisi cat dengan baik. Tunggu mengering lalu lihat hasilnya, jika ada yang belum maksimal, Anda bisa mengulangi proses pengecatan sampai 2 hingga 3 kali.

Baca Juga :  Cat Besi Anti Karat untuk Hasil Finishing Awet dan Berkualitas

3.       Re-coating

Proses selanjutnya seperti yang sudah disebutkan yaitu pengecatan kembali atau re-coating. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil pengecatan agar hasilnya lebih menarik.

Untuk melakukan pengecatan kembali, Anda perlu lebih dulu mengampelas lapisan cat yang telah mengering sebelumnya. Gunakan kertas ampelas aluminium oxide nomor 400 secara halus dan merata untuk membuka pori pada lapisan cat sebelumnya.

Selanjutnya, bersihkan debu sisa pengamplasan. Lalu Anda bisa mengaplikasikan cat kembali seperti langkah pengecatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat untuk Galvalum?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melalui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here