8 Kelebihan Atap Galvalum

91
Atap Galvalum. Sumber: Dekoruma

Terdapat kelebihan atap galvalum yang bisa membantu jadi nilai plus saat kita menggunakannya. Material ini semakin banyak digunakan dan dianggap sebagai alternatif bahan yang berkualitas untuk atap. Berikut ini 8 keunggulan atau manfaat yang akan Anda dapatkan saat menggunakan atap galvalum.

Mengenal Pengguaan Galvalum untuk Material Atap

Galvalum adalah termasuk material baja ringan dengan lapisan zincalume, zinc atau seng, aluminium serta silikon. Dengan proporsi 55 % zincalume, 1,5 % zinc, atau seng, 1,5 % silikon, dan aluminium sebanyak 43,5 %.

Adanya campuran dari berbagai zat tersebut yang mampu menjadikan galvalum sebagai bahan anti karat. Bahan ini populer dan mulai digunakan sebagai bahan bangunan dari tahun 2000 dan masih banyak digunakan hingga kini.

Sesuai dengan golongannya, galvalum memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan besi atau baja. Namun, bahan ini lebih tangguh untuk digunakan sebagai atap jika dibandingkan dengan galvalis, sang pendahulunya.

Meski terkesan sebagai bahan yang lebih fleksibel untuk digunakan, kita tetap perlu melakukan perawatan terhadap bahan ini. Lakukan pengecatan (coating) sebagai cara perlindungan terhadap bahan ini. Coating dilakukan untuk menjaga dan melindungi galvaum dari proses oksidasi.

8 Kelebihan Atap Galvalum

Sebelum benar-benar memilih dan menggunakan galvalum sebagai bahan bangunan, lebih tepatnya sebagai atap, ada baiknya memahami karakter galvalum. Berikut ini informasi mengenai 8 kelebihan dari penggunaan atap galvalum yang perlu kita ketahui.

1.  Berbeda dengan Atap Seng Biasa

Atap galvalum
Atap galvalum

Meski mengandung seng sebagai bahan penyusunnya, galvalum bukanlah material yang sama dengan seng. Walau punya bentuk yang sekilas mirip dengan seng, galvalum berbeda. Galvalum terbuat dari bahan-bahan yang lebih kompleks. Dari zat yang menjadi campurannya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, material ini memiliki lapisan yang lebih istimewa dibandingkan dengan seng biasa.

Baca Juga :  Hal Penting Yang Sering Anda Lupakan Saat Memilih Kursi Tamu

2.  Material Galvalum Lebih Fleksibel

Galvalum lebih cocok untuk digunakan pada banyak kebutuhan, karena material ini lebih fleksibel dan tidak terkesan sebagai bahan yang kaku seperti asbes. Sangat wajar jika saat ini banyak bangunan yang menggunakan material galvalum.

Dengan banyaknya desain bangunan modern saat ini, hal tersebut memerlukan material yang cocok untuk melengkapi terbentuknya bangunan sesuai rancangan. Tidak sedikit yang memanfaatkan galvalum untuk kebutuhan tersebut. Salah satunya untuk atap.

Bentuk atap dengan material galvalum sendiri sangat beragam, tidak hanya lembaran lurus. Ada juga yang berbentuk melengkung. Pilihan warna yang tersedia juga cukup beragam. Atau, jika warna galvalum yang kita inginkan tidak tersedia, kita bisa mengakalinya dengan melakukan pengecatan terlebih dahulu untuk menyesuaikan warna atap galvalum dengan konsep bangunan yang diinginkan.

3.  Bobotnya Ringan untuk Rangka dan Konstruksi

Rangka atap galvalum
Rangka atap galvalum.

Seperti namanya, baja ringan ini juga memiliki massa yang ringan dibandingkan dengan material lainnya. Saat digunakan sebagai rangka, galvalum tentu juga memiliki bobot yang lebih ringan.

Pemilihan material pada atap akan mempengaruhi penggunaan rangka dan konstruksinya pula. Karena bobot pada atap yang ringan akan membuat beban yang ditanggung oleh konstruksi dan rangka juga menjadi lebih ringan.

          Baca Juga: Cat yang Berkualitas untuk Galvalum

4.  Tahan Terhadap Pengaruh Cuaca dan Serangan Rayap

Berbeda dengan rangka atap dari kayu yang mudah rusak akibat serangan rayap ataupun pengaruh cuaca, atap galvalum lebih awet. Galvalum tidak mudah rusak karena dimakan rayap maupun terkena penyusutan akibat pengaruh cuaca. Bahan ini juga tidak bersifat merambatkan api sehingga lebih aman untuk digunakan.

5.  Atap Galvalum Tidak Mudah Berkarat

Karena terbuat dari berbagai material termasuk aluminium, galvalum juga memiliki keunggulan lain, yaitu tidak mudah berkarat. Aluminium dan seng membuat material baja pada galvalum terlindungi dari terjadinya proses oksidasi. Penyebab kerusakan dan karat pada galvalum, termasuk dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun dapat diminimalisir dengan kelebihan ini.

Baca Juga :  Kegiatan Kreatif dengan Cat Sambut Kemerdekaan RI

6.  Cocok Digunakan untuk Garasi

Dengan kemampuannya sebagai material yang tahan korosi, galvalum bukan hanya dapat digunakan untuk atap rumah, tetapi berbagai kebutuhan lainnya karena termasuk bahan yang multifungsi. Salah satunya adalah digunakan sebagai bahan untuk atap garasi.

Garasi yang sering terkena paparan cuaca secara langsung sangat cocok dilapisi dengan bahan ini. Galvalum juga cocok digunakan sebagai atap pada ruko, lapangan futsal, bahkan untuk halte bus.

7.     Tipe Material yang Modern

Atap galvalum berwarna tampak lebih menarik
Atap galvalum berwarna tampak lebih menarik.

Selain kuat menahan beban dan memiliki bobot yang ringan, atap galvalum juga dapat memberikan kesan modern. Apalagi jika yang digunakan adalah atap galvalum yang berwarna.

Adanya lapisan silikon pada galvalum membuat bahan ini menjadi tampak lebih cerah dan mengkilap. Penggunaan atap dari material ini semakin populer digunakan pada berbagai jenis bangunan.

Saat-saat ini, galvalum hanya pada rumah, ruko, kantor, kafe, dan berbagai bangunan lainnya juga sudah mulai menggunakan galvalum. Material ini juga dapat mudah disesuaikan dengan desain yang kekinian, modern, dan bisa digunakan pada bangunan-bangunan dengan desain minimalis.

8.     Harganya Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis atap dari material lainnya, atap dengan bahan galvalum dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Dengan harga yang lebih ramah untuk kantong, kita bisa mendapatkan atap galvalum dengan kualitas terbaik.

Secara ukuran dan berat, bahan ini memiliki proporsi yang cukup seimbang sehingga dapat mempercepat proses pemasangan. Lebih hemat secara biaya, lebih hemat pula untuk waktu pengerjaan.

Itulah beberapa manfaat yang akan  bisa kita peroleh saat menggunakan atap galvalum. Dengan berbagai kelebihan atap galvalum ini, galvalum bisa dipertimbangkan untuk menjadi atap rumah atau bangunan yang kita inginkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here