Cara Mudah dan Efisien Mengecat Atap Galvalum Antikarat

463
atap rumah dari bahan seng
rumah dengan atap seng

Mengecat atap galvalum antikarat biasanya dilakukan untuk menjaga lapisan tahan karat pada galvalum tetap terjaga.

Galvalum dikenal sebagai media yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap karat. Hal ini karena adanya lapisan yang menjadi barier atau pelindung agar karat tidak bisa secara langsung menempel pada galvalum.

Memiliki bahan berupa campuran besi dan juga alumunium membuat lapisan besi bisa terlindungi oleh alumunium. Wajar jika material galvalum dikenal dengan ketahanannya yang baik terhadap karat.

promo produk biopolish natural oil

Penyebab Mengikisnya Lapisan Tahan Karat pada Galvalum

Atap Galvalum yang sudah diberi cat khusus galvalum dari Orchid Enamel Paint

Galvalum dikenal sebagai material yang tahan karat. Itu berarti galvalum punya semacam lapisan yang membuatnya tidak bisa berkarat. Namun, apa jadinya jika lapisan alumunium yang selama ini menjadi barier tersebut terkikis?

Lalu apa saja yang terjadi jika lapisan karat muncul pada permukaan galvalum?

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Terdapat goresan

Rangka atap dari material galvalum

Lapisan tahan karat pada galvalum sangat mudah terkikis jika terdapat goresan atau baret pada beberapa bagiannya. Dengan adanya baretan akan membuat lapisan tahan karat juga lebih mudah terkikis bahkan hingga benar-benar hilang.

Maka, sebisa mungkin pastikan kondisi galvalum tetap dalam kondisi yang prima. Hindarikan galvalum dari hal yang dapat memicu terbentuknya goresan atau baret karena akan mempermudah terbentuknya lapisan karat pada galvalum.

Terkena adonan semen

Penggunaan galvalum untuk pemenuhan kebutuhan konstruksi bangunan tentu erat kaitannya dengan penggunaan semen. Adonan semen kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam pembangunan gedung atau tempat tertentu.

Namun, tahukah Anda bahwa adonan semen yang sangat penting untuk kebutuhan pembangunan ini justru menimbulkan masalah bagi penggunaan galvalum? Anda sebaiknya menghindari kontak langsung antara baja ringan ini dengan adonan semen.

Lakukan hal ini jika tidak ingin lapisan baja ringan kehilangan lapisan tahan karatnya dan menjadi lebih mudah terkena korosi.

Kontak langsung dengan larutan asam

Selain adonan semen, ada kontak langsung dengan bahan lain yang juga tak kalah penting untuk dihindari. Jangan biarkan baja ringan yang Anda gunakan mengalami kontak secara langsung dengan larutan asam.

Sifat asam dari kandungan bahan kimia tentu akan mempercepat hilangnya lapisan tahan karat pada galvalum. Dari manakah larutan asam yang dimaksud? Jawabannya tentu bisa dihasilkan dari banyak hal.

Jika Anda menggunakan galvalum untuk kebutuhan atap atau kerangka bangunan di rumah, ada beberapa produk yang berpotensi memiliki menjadi sumbernya. Larutan asam yang dimaksud bisa berasal dari larutan produk pembersih lantai, pembersih keramik dan sebagainya.

Pengaruh cuaca

Yang tak kalah penting untuk mempengaruhi lapisa tahan karat pada galvalum adalah cuaca. Cuaca memberikan pengaruh yang cukup besar pada ketahanan karat sebuah galvalum.

Terlalu sering terkena panas matahari dalam waktu berkepanjangan akan menyebabkan lapisan tahan karat pada galvalum lebih cepat terkikis. Begitu juga yang terjadi jika galvalum terlalu sering terkena hujan. Resikonya untuk berkarat justru akan lebih besar terjadi.

Maka sangat besar potensi galvalum berkarat  akibat pengaruh cuaca. Sehingga penggunaan cat atau lapisan yang mampu melindungi galvalum dari pengaruh cuaca jelas sangat diperlukan.

Rekomendasi Cat Antikarat untuk Mengecat Galvalum

Sumber: YouTube Bio Paint

Setelah mengetahui beragam penyebab terkikisnya lapisan tahan karat pada galvalum tentunya Anda juga harus mampu mengatasinya. Dalam proses pencegahan galvalum terkena korosi tentu bisa dilakukan melalui beberapa cara. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengecatan.

Melapisi galvalum dengan cat akan membuat kondisi galvalum lebih baik dan lebih terawat. Terlebih jika cat yang digunakan tersebut juga dilengkapi dengan fitur anti karat. Saat ini Anda tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk menemukan cat dengan fitur anti korosi karena Orchid Enamel Paint adalah jawabannya.

Cat kayu dan besi Orchid Enamel merupakan cat yang sangat cocok digunakan untuk diaplikasikan pada galvalum. Seluruh permukaan galvalum akan lebih terawat dan terhindar dari potensi terjadinya korosi. Cat ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk melapisi atap galvalum karena bisa digunakan sebagai cat ootdoor.

Tentunya ada beragam keunggulan yang dimiliki oleh produk ini jika dibandingkan dengan cat sejenis lainnya. Apa saja fitur unggulan yang dimiliki cat ini? Berikut ini beberapa diantaranya

  • Cocok untuk kebutuhan outdoor maupun indoor
  • Mudah dan cepat diaplikasikan
  • Tahan air
  • Antikarat
  • Bisa diaplikasikan pada beragam media finishing
  • Awet untuk digunakan
  • Lapisan film yang dihasilkan kuat sekaligus fleksibel
  • Aman dan ramah lingkungan
  • Punya banyak pilihan warna menarik

Melakukan Pengecatan untuk Membuat Atap Galvalum Anti Karat

Sangat mudah melakukan pengecatan pada atap galvalum anti karat dengan cat Orchid. Berikut ini 3 langkah mudah yang perlu dilakukan:

1.  Siapkan media dan bahan finishing

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai proses finishing pada atap galvalum adalah persiapan. Lakukan persiapan pada media finishing yaitu galvalum maupun pada bahan finishing yang akan digunakan yaitu cat Orchid.

Amplas galvalum terlebih dahulu agar hasil finishing lebih halus dan permukaannya rata. Proses pengecatan juga bisa lebih cepat dilakukan. Pastinya Anda juga tidak boleh melupakan persiapan bahan finishing.

Encerkan terlebih dahulu cat yang akan Anda gunakan dengan air bersih. Encerkan hingga mencapai konsentrasi 20% atau dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata sampai menjadi larutan homogen.

2.  Lakukan pengecatan

Sumber: YouTube Bio Paint

Jika galvalum maupun cat yang akan diaplikasikan sudah siap, Anda bisa langsung melakukan pengecatan. Tahap ini bisa dilakukan melalui metode penguasan maupun penyemprotan karena cara aplikasi cat Orchid ini juga sangat fleksibel.

Anda bisa mengaplikasikan cat Orchid secara merata hingga seluruh permukaan galvalum tercover. Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan halus dan merata agar seluruh permukaan galvalum bisa terlapisi cat dengan baik.

Setelahnya, tunggu hingga lapisan tersebut mengering sekitar 30 hingga 60 menit setelah diaplikasikan.

3.  Aplikasikan kembali

Selesai dengan aplikasi tahap pertama, sebaiknya Anda melakukan re-coating atau pengecatan ulang. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapat hasil finishing terbaik pada galvalum sehingga bisa mempercantik tampilan sekaligus menjaga dari korosi dengan lebih sempurna.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk untuk Mengecat Atap Galvalum yang Antikarat?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melalui Whatsapp yang tertera di website ini, atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

promo produk biovarnish sanding sealer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here