Triplek Untuk Bahan Baku yang Diandalkatriplek

101
triplek
Triplek 3mm. Sumber: sukakayu

Sebagai bahan baku pengganti kayu solid, triplek adalah pilihan yang sering menjadi andalan dan banyak disukai untuk digunakan. Bahan triplek dapat dimanfaatkan sebagai material untuk pembangunan rumah maupun bahan lainnya.

Triplek memiliki bobot yang ringan sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra saat membawanya. Fleksibilitas dari penggunaan bahan ini menjadi alasan kenapa material ini banyak disukai dan dipilih.

Triplek Adalah Bahan yang Fleksibel

Triplek adalah salah satu bahan bangunan yang sangat populer dan sering digunakan.

pagar tampil baru dengan Orchid

Berbicara mengenai kebutuhan bahan baku konstruksi, triplek tentu termasuk di dalamnya. Bahan ini termasuk yang menjadi andalan dan banyak diminati. Triplek adalah papan pabrikan (plywood) yang terbuat dari lapisan kayu veneer yang saling direkatkan satu sama lain hingga menjadi susunan papan.

Material triplek juga banyak diandalkan untuk banyak kebutuhan. Orang-orang berminat untuk menggunakan bahan ini adalah karena fleksibilitasnya. Bobotnya yang lebih ringan dari kayu solid juga membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan dan diolah menjadi bentuk menarik.

Secara konstruksi, triplek dibuat dari kumpulan beberapa lembar kayu tipis yang direkatkan menggunakan lem kayu. Arah serat juga diatur sedemikian rupa agar tampilannya terbaik.

Serat triplek biasanya disusun secara bersilang satu sama lain dengan arah 90 derajat. Lalu ditumpuk dengan jumlah ganjil, yang dilakukan agar tidak ada pembengkokan dan warping sehingga dapat membuat triplek menjadi tidak dapat digunakan nantinya.

Plywood untuk Pembangunan Rumah

Penggunaan plywood ini juga sangat populer sebagai material untuk kegiatan pembangunan rumah. Ada banyak manfaat yang bermunculan dari penggunaan bahan ini sebagai material pembangunan rumah. Di antaranya adalah:

  1. Dapat digunakan sebagai material utama untuk pembuatan tembok luar rumah sekaligus sebagai partisi ruangan di area indoor rumah
  2. Bisa digunakan untuk menjadi aneka jenis mebel yang ada di rumah Anda
  3. Triplek dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pintu rumah
Baca Juga :  Cat Kayu yang Bagus untuk Kandang Burung Modern

Plywood atau triplek ini memang termasuk bahan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Pemilihan material ini juga memiliki beragam manfaat serta harga yang lebih terjangkau.

Keterbatasan bujet yang Anda alami dapat diatasi dengan mudah saat Anda memilih untuk menggunakan material ini.

Jenis Triplek yang Bisa Digunakan

Triplek berukuran 3mm

Triplek adalah material yang memiliki beberapa tingkatan kualitas berbeda. Berikut beberapa di antaranya:

  • Grade A

Ini adalah tingkatan tertinggi dari triplek. Pada grade ini, permukaan triplek sangat lembut dan halus. Hal ini membuatnya sangat mudah dan cocok untuk dilapisi dengan cat.

  • Grade B

Pada kategori ini, triplek memiliki permukaan yang keras dan solid. Kualitasnya memang tidak sebaik plywood yang termasuk pada Grade A, namun masih tetap tampak halus dan rapi.

  • Grade C

Selanjutnya, ada triplek yang masuk dalam grade C. Pada tingkatan ini, umumnya warna serta kualitas tekstur kayunya berbeda dan tidak tampak rata serta halus. Lebih keras dan kasar dari grade B tentunya.

  • Grade D

Terakhir sekaligus tingkatan yang keempat yaitu grade D, adalah jenis triplek yang hanya dapat digunakan untuk menjadi panel pada bagian dalam saja. Triplek dalam grade ini memiliki tekstur yang kasar dan tidak terlalu rapi.

Tiap jenis triplek juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Serat kayu serta lapisan veneer yang disusun secara berbeda dengan ukuran beragam juga membuatnya memiliki daya tahan beragam. Berikut adalah beberapa jenis yang dapat Anda temui di pasaran:

1.  MDF (Medium Density Fiberboard) 

MDF adalah jenis papan kayu yang terbuat dari campuran serat kayu yang lunak dan keras lalu ditempel dan direkatkan menggunakan lem. Papan MDF memiliki pori-pori yang rapat sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan mebel.

Baca Juga :  Tips Memilih Kuas untuk Finishing Kayu

2.  Teakblock

Teakblock terbuat dari tumpukan lembaran papan kayu jati. Karena terbuat dari kayu jati yang memiliki karakter kuat serta tahan serangan rayap, teablock punya harga jual yang cukup tinggi.

Teakblock pada umumnya digunakan untuk melapisi papan kayu karena tahan dengan benturan serta perubahan cuaca.

3.  Melaminto

Triplek melaminto adalah salah satu jenis triplek yang juga dikenal sebagai decorative plywoodBahan dari melaminto adalah salah satu jenis kayu lapis yang digunakan untuk menghias serta mempercantik papan kayu.

Melaminto memiliki permukaan yang juga dilapisi dengan melanin serta polyester, sehingga membuatnya memiliki tekstur luar yang mulus dan rapi.

4.  Triplek Meranti

Selanjutnya, ada triplek meranti atau blockboard. Jenis triplek ini terbuat dari susunan 3 jenis kayu yang berbeda. Memiliki lapisan luar yang cukup tipis, bahan ini didukung lapisan dalam yang tebal dan terbuat dari kayu akasia yang kuat dan solid.

5.  WPC (Wood Plastic Composite)

WPC adalah jenis triplek yang memiliki keunggulan tersendiri, terutama dalam kaitannya dengan daya tahan terhadap benturan. Jenis WPC triplek adalah yang memiliki ketahanan terhadap air dengan baik serta lebih mudah untuk difinishing.

Biasanya jenis triplek WPC ini dipilih untuk diaplikasikan pada area kamar mandi.

6.  Jenis Multiplek

Papan kayu jenis multiplek terbuat dari lapisan kayu yang telah dipress menggunakan mesin dengan tekanan tinggi, sehingga membuat material ini memiliki tekstur yang rapat dan solid.

Multiplek adalah jenis triplek yang memiliki pori kayu sangat kecil, sehingga termasuk dalam jenis triplek yang tahan air.

sambut ramadhan bersama biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here