Tips dan Trik Finishing Furniture Kayu Karet

1564
kayu karet

Kayu karet banyak digunakan untuk kebutuhan bahan baku kitchenette. Agar tampilan kitchenette bagus, maka Anda perlu mengetahui tips dan trik finishing furniture tersebut.

Kayu karet merupakan jenis kayu yang banyak dijumpai di Asia Tenggara, sedangkan di Indonesia sangat mudah ditemukan di tanah Jawa. Kayu karet memiliki warna kecoklatan sehingga sangat bagus digunakan untuk interior ruangan terutama bagian kitchenette.

Untuk memberikan tampilan furniture menjadi lebih bagus, maka lakukan tips dan trik finishing furniture berikut.

Tips dan Trik Finishing Furniture Kayu Karet

pagar tampil baru dengan Orchid

kayu karet untuk kebutuhan kitchenetteKayu karet biasanya digunakan untuk bahan baku furniture setelah kayu tersebut sudah tidak mengeluarkan getah. Pada umumnya, kayu karet akan berwarna kekuningan atau krem namun lama-kelamaan akan berwarna kecoklatan. Karena kayu karet ini memiliki tampilan yang coklat muda atau lebih krem kekuningan, maka warna yang bagus untuk finishing furniture kayu karet adalah warna jati.

Sebelum lebih jauh untuk mengetahui tips dan trik finishing furniture kayu karet, alangkah baiknya memilih cat kayu yang harus digunakan terlebih dahulu. Gunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan sebab cat tersebut lebih dianjurkan oleh regulasi keamanan internasional. Cat kayu yang aman adalah cat water based.

Cat ini tergolong baru di Indonesia namun penggunaannya sudah lama digunakan di luar negeri. Sebab, tidak semua negara menggunakan cat kayu solvent based. Diantaranya adalah negara bagian Amerika dan Eropa yang memiliki standarisasi keamanan internasional.

Cat water based yang sudah dijamin aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish. bahkan bahan-bahan yang digunakan pada Biovarnish telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Kedua regulasi ini merupakan regulasi yang mengawasi dan menetapkan batas keamanan bahan kimia dan kandungan VOC. VOC (Volatile Organic Compound) merupakan senyawa beracun yang mudah menguap ke udara, sebenarnya semua jenis bahan finishing menggunakan kandungan VOC yang membedakan keamanannya adalah kadar VOC yang terkandung dalam cat.

Baca Juga :  Tips Pintar Memilih Meja Makan Minimalis

Untuk mempermudah proses finishing furniture kayu karet, berikut tips dan trik finishing furniture yang tepat:

  1. Pastikan Anda menggunakan cat water based seperti Biovarnish warna kayu jati
  2. Sebelum dilapisi cat, sebaiknya di ampelas terlebih dahulu. Gunakan ampelas no. 250 dan ampelas ke seluruh permukaan kayu.
  3. Setelah dirasa permukaan kayu rata maka aplikasikan Biovarnish Wood Stain dengan warna kayu jati. Aplikasikan menggunakan kuas atau disemprot, sesuaikan perbandigan yang digunakan agar cat tidak terlalu cair. Sebaiknya gunakan perbandingan 2:1 untuk mendapatkan kekentalan yang pas. Keringkan di tempat teduh selama satu jam.
  4. Langkah terakhir agar tampilan terlihat semakin maksimal, aplikasikan topcoat yaitu Biovarnish Clear. Anda dapat menggunakan kuas atau semprot untuk mengaplikasikannya, kemudian diamkan selama semalam.

Biovarnish series untuk tampilan natural kayuBiovarnish sangat bagus diguankan untuk finishing furniture dengan tampilan natural kayu sebab memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang bagus. Selain itu, Biovarnish juga bisa digunakan pada berbagai jenis kayu, MDF, plywood, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Tips dan trik finishing furniture kayu karet di atas diharapakan bisa menjadi rujukan bagi Anda untuk mendapatkan tampilan natural kayu. Gunakan finishing yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda.

Informasi dan pemesanan Biovarnish, silahkan menghubungi kontak di website ini atau melalui email di [email protected]

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here