Kriteria Cat untuk Decking Kayu yang Aman

    74
    decking kayu
    decking kayu

    Untuk mendapat decking yang kayu aman dan mewah, diperlukan penggunaan cat kayu outdoor terbaik. Selain pemilihan bahan baku yang digunakan untuk lantai decking hal utama lainnya adalah soal kualitas cat kayu yang baik.
    Tampilan mewah juga tentu saja menjadi harapan untuk lebih meningkatkan estetika tempat lantai kayu berada.

    Kriteria Cat Kayu Outdoor Terbaik untuk Decking Kayu

    Menggunakan kayu sebagai bahan utama pada lantai untuk area outdoor tentu saja memiliki resiko kerusakan. Sama halnya dengan bahan lainnya seperti semen, beton dan material lainnya. Permasalahannya adalah kerusakan pada material kayu dikhawatirkan lebih cepat terjadi karena kayu merupakan material organik. AKhirnya, kerusakan yang terjadi pada kayu lebih banyak disebabkan oleh faktor alami. Bisa karena kondisi alam, kerusakan akibat organisme pengganggu, ataupun karena hal lainnya.
    Untuk meminimalisir kerusakan yang bisa terjadi dengan mudah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cat kayu. Terutama pada decking kayu yang penggunaan di area outdoor. Berikut ini beberapa kriteria cat kayu yang dibutuhkan untuk decking kayu yang ditempatkan di area outdoor.

    1. Produk Cat Water Based

    Bau khas cat solvent pada jenis cat kayu sangat khas. Namun, tidak semua cat kayu berjenis solvent based. Anda bisa menemukan jenis yang lebih aman untuk digunakan karena hanya menggunakan air bersih sebagai bahan pelarutnya.
    Kandungan VOC pada cat solvent dengan bau menyengat seringkali lebih tinggi daripada standar keamanan VOC pada cat. Berbeda dengan VOC pada cat water based yang lebih rendah sehingga bau yang ditimbulkan juga tidak menyengat bahkan kadang sangat samar.

    2. Cat Tahan Terhadap Sinar UV

    Ketahanan cat terhadap papapran sinar UV setiap hari menjadi penyebab kerusakan pada lapisan cat. Pilih cat dengan ketahanan optimal yang dapat tetap bertahan meski terkena paparan sinar matahari setiap hari.
    Tak sedikit cat yang mudah pudar karena terlalu sering terkena paparan sinar UV. Pastikan jika cat yang Anda pilih dapat bertahan dengan baik jika digunakan pada area outdoor. Terutama terhadap ketahanannya pada sinar matahari.

    Baca Juga :  Seberapa Berani Anda Berkreasi Menggunakan Cat Warna Emas?

    3. Tahan Guyuran Air Hujan

    Pada musim hujan, guyuran air hujan juga berpotensi besar mempengaruhi ketahanan cat pada lantai kayu.
    Cat dengan kualitas buruk akan dengan mudah terkelupas dan membutuhkan refinishing setiap selesai musim hujan. Tentunya hal tersebut akan memakan waktu dan biaya tambahan karena perlu selalu melakukan pengecatan ulang setiap tahun.

    4. Dilengkapi Bahan Antijamur

    Jamur adalah salah satu jenis tumbuhan yang kerap muncul dan menimbulkan masalah pada kayu.
    Kerusakan pada kayu akibat kemunculan jamur bisa berpengaruh secara fungsional maupun secara estetika. Usahakan untuk meminimalisir kemunculan jamur pada lantai kayu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan penggunaan cat kayu yang dilengkapi fungisida. Pilih cat yang mengandung antijamur.

    5. Tidak Mudah Terkelupas

    Kriteria cat berkualitas saat diaplikasikan pada media kayu seharusnya tidak mudah terkelupas karena memiliki ketahanan yang baik. Meskipun berada di luar ruangan yang merupakan area heavy duty, tetap saja keberadaannya bisa maksimal.
    Ketahanan lapisan cat pada material kayu harus menjadi prioritas karena cara tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk menjaga keadaan kayu agar tetap prima.

    Cat Decking Kayu Natural yang Aman

    Ada beberapa pilihan warna yang bisa digunakan untuk mengecat decking kayu. Pilihan yang paling sering adalah dengan menggunakan cat kayu warna natural sehingga menambah kesan eksotis dan alami.
    Mengingat kriteria dari cat kayu yang sebaiknya digunakan untuk melapisi decking, tentunya Anda tidak boleh memilih merk cat dengan asal. Pastikan cat yang Anda pilih bisa memberikan hasil maksimal bagi kondisi lantai decking.
    Untuk lantai kayu dengan tampilan natural, Anda bisa mengandalkan produk Biovarnish. Anda bisa memilih menggunakan Biovarnish Liquid Stain maupun Biovarnish Wood Stain yang dilengkapi dengan 24 pilihan warna natural kayu.
    Cara aplikasinya yang mudah dan cepat juga sangat membantu. Masalah keamanan tidak perlu menjadi kekhawatiran, karena produk Biovarnish adalah water based. Hanya dengan air bersih, Anda bisa mengencerkan cat ini dan langsung mengaplikasikannya.

    Baca Juga :  Memahami Penggunaan Cat Kayu Dan Aplikasinya

    Tampilan Solid Menarik untuk Lantai Kayu

    Selain warna natural, Anda juga bisa mengandalkan pilihan warna solid. Untuk kebutuhan tersebut Anda bisa menggunakan cat Orchid Enamel Paint. Sama dengan Biovarnish, Orchid Enamel Paint juga dilengkapi dengan 24 pilihan warna solid yang menarik.
    Cat ini bisa diaplikasikan pada material kayu maupun besi dan bahan sejenisnya, sehingga sangat cocok dan aman jika digunakan pada lantai kayu. Penggunaan cat ini pada area outdoor juga aman karena tahan terhadap berbagai pengaruh di lingkungan outdoor.
    Dengan keunggulannya yang antijamur, perlindungan terhadap lantai kayu juga akan lebih optimal. Orchid Enamel Paint juga termasuk produk water based yang kadar VOC-nya berada di bawah 100 gr per liter. Masih berada jauh di bawah ambang batas maksimal penggunaan VOC pada cat menurut US-FDA.

    Perlindungan Optimal untuk Lantai Kayu

    Selain penggunaan cat sesuai warna keinginan yang harus diperhatikan, ketahanannya juga tetap menjadi perhatian penting. Pada kebutuhan heavy duty seperti decking kayu outdoor, sebaiknya aplikasikan Biothane sebagai top coat.
    Gunakan Biothane PU 2K yang tujuannya untuk kebutuhan perlindungan heavy duty agar ketahanan cat yang telah diaplikasikan bisa lebih optimal. Produk ini tidak beracun, tidak berbau, serta tidak mempengaruhi warna dari cat yang telah diaplikasikan sebelumnya.
    Penggunaan Biothane mampu membuat cat yang sudah diaplikasikan sebelumnya lebih tahan lama. Tidak mudah terkelupas saat terkena goresan, memiliki daya rekat yang kuat serta lapisan filmnya sangat lentur.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here