Cara Mendempul Kayu Yang Benar

Furniture dari bahan kayu sering mengalami cacat karena beberapa faktor, sehingga perlu mendempul kayu yang rusak agar cacat tersamarkan.

Furniture merupakan salah satu dekorasi rumah yang selalu digunakan. Bahan furniture yang paling banyak peminat adalah kayu. Sebab kayu memiliki tampilan serat yang indah dan tekturnya yang kuat serta tahan lama.

Walaupun kayu memiliki serat kayu yang indah, namun seringkali dijumpai beberapa cacat kayu yang disebabkan oleh beberapa faktor alami sepert usia, cuaca ataupun hewan liar semacam burung pelatuk. Untuk mengatasi masalah cacat tersebut perlu mendempul kayu agar tersamarkan dan mudah untuk difinishing

Mendempul Kayu Dengan Cara Yang Tepat

Finishing merupakan tahapan akhir yang digunakan pada furniture kayu agar terlihat lebih maksimal. Kayu memiliki tampilan serat yang indah namun tetap saja diperlukan finishing agar memperkuat warna asli dari kayu. Selain itu, prose dasar finishing sangat penting untuk menyamarkan cacat pada kayu seperti lubang atau retak. Sehingga akan mempermudah proses finishing selanjutnya.

Mendempul kayu merupakan tahap dasar pada finishing guna menyamarkan cacat ataupun menutup pori-pori kayu sehingga mempermudah finishing kayu selanjutnya. Dengan pori-pori tertutup, cat dapat melekat dengan mudah.

Berikut proses mendempul kayu yang tepat agar hasil akhir lebih maksimal:

  1. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran ataupun sisa minyak yang masih menempel pada kayu sehingga lebih mudah diaplikasikan dempul.
  2. Untuk menyamarkan cacat kayu, aplikasikan dempul kayu pada bagian yang cacat menggunakan pisau palet.
  3. Keringkan kurang lebih 30 menit, kemudian ampelas menggunakan kertas ampelas no. 240.

Dempul Kayu Terbaik di Indonesia

Dempul yang bagus digunakan untuk mendempul kayu adalah dempul yang dapat melekat dengan baik pada permukaan kayu dan tidak alot ketika diampelas. Dempul yang tersebar di pasaran sangat banyak dan memiliki varian merk yang banyak sehingga Anda harus jeli dalam memilih dempul kayu yang tepat.

Dempul yang terdapat di pasaran biasanya memiliki dua jenis bahan yaitu dempul berbahan dasar solvent dan berbahan water based. Kedua dempul ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sama untuk mendempul kayu. Perbedaan terdapat pada bahan yang digunakan, alangkah baiknya Anda menggunakan dempul kayu yang menggunakan bahan water based.

Dempul dengan bahan water based jauh lebih aman daripada dempul dengan bahan solvent based. Dempul tersebut tidak menggunakan bahan-bahan kimia dan cenderung memiliki kandungan VOC yang rendah. Salah satu dempul kayu yang menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini sangat cocok digunakan untuk hasil akhir natural kayu.

Fiture yang ditawarkan lebih menguntungkan proses finishing Anda sebab dempul ini sangat mudah melekat pada permukaan kayu, ringan dan tidak alot ketika diampelas, dan sangat mudah diaplikasikan baik menggunakan pisau palet ataupun kuas. Kekentalan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan finishing pada kayu.

Biovarnis h Wood Filler sangat aman digunakan karena menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi VOC US Enviromental Protection Agency dan Euorpean Chemical Agency. Sehingga dempul ini tidak berbahaya ketika digunakan, tidak beracun dan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Pastikan Anda mendempul kayu dengan cara yang tepat, alangkah baiknya untuk menggunakan dempul kayu dengan bahan yang aman sehingga tidak mengganggu kesehatan ataupun lingkungan sekitar Aanda.