Cara Merawat Furniture Stainless Steel

232
kitchen set stainless steel

Salah satu hal yang harus dipahami pemilik furniture adalah teknik perawatan bahan stainless steel yang tepat untuk menjaga kondisinya dan meminimalisir kerusakan. Stainless steel sendiri adalah bahan yang sudah lama digunakan untuk pembuatan berbagai produk untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengolahan produk ini tak luput juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Stainless steel adalah lembaran baja yang memiliki ketahanan terhadap pengaruh korosi. Hal ini menjadikannya sering diandalkan sebagai bahan alternatif untuk pembuatan berbagai furniture untuk kebutuhan rumah tangga.

Apa itu Plat Stainless Steel?

Plat Stainless Steel

Stainless steel merupakan paduan logam yang terbuat dari material kromium dan besi. Material ini dikenal juga dengan sebutan baja tahan karat karena memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap karat. Bahan ini sering diandalkan untuk membuat berbagai peralatan dapur maupun aneka furniture rumah tangga.

Pemakaian stainless steel untuk membuat peralatan makan juga sudah sangat lazim dilakukan. Hal tersebut karena paduan logam ini tidak akan mempengaruhi rasa makanan saat bersentuhan langsung dengan makanan. Penggunaan material ini juga banyak disukai karena permukaannya juga tidak sulit untuk dibersihkan.

Ketahanan material ini dari berbagai pengaruh korosi terjadi karena adanya interaksi antara bahan-bahan penyusunnya dengan kondisi alam. Stainless steel terbuat dari campuran besi, krom, karbon, silikon, molybdenum serta nikel.

Seluruh bahan tersebut dapat berinteraksi secara alami dengan oksigen yang ada di alam lalu membentuk lapisan tipis yang stabil untuk melindunginya dari proses korosi.Ā  Harga jual dari bahan ini cukup terjangkau sehingga pemakaiannya semakin populer.

Namun, tetap harus diperhatikan bahwa dengan minimnya kerusakan yang terjadi pada bahan ini bukan berarti membuatnya tidak bisa rusak. Anda tetap perlu merawatnya dengan baik agar penggunaannya dapat tetap optimal.

Begitu pula yang terjadi jika Anda memiliki furniture dari bahan baja tahan karat ini. Anda perlu memahami bagaimana cara merawat furniture stainless steel yang benar agar mebel tersebut dapat tetap terawat dengan baik.

Merawat Furniture Stainless Steel

kitchen set dari bahan stainless steel

Cara yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan pada mebel dari bahan stainless steel sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin lalu menyimpannya pada tempat yang tepat dan minim paparan sinar matahari langsung.

1. Merawat Furniture Stainless Steel dengan Mencuci Bersih Setelah Selesai Digunakan

Membersihkan peralatan makan maupun peralatan dapur lainnya setelah selesai digunakan adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini juga berlaku pada pemakaian berbagai jenis mebel atau furniture, termasuk yang berbahan baku baja anti karat.

Sebaiknya, usahakan untuk selalu membersihkan furniture dari debu secara rutin. Anda dapat melakukannya dengan memakai lap bersih agar debu yang menempel pada permukaan furniture tetap terjaga kebersihannya.

Karena dengan adanya tumpukan debu yang dibiarkan begitu saja, tentu akan menyebabkan keindahan furniture menjadi berkurang. Sementara untuk alat makan dari stainless steel, Anda tentu harus langsung membersihkannya dengan cara dicuci setelah selesai digunakan.

Cuci dengan bersih, jangan sampai ada kotoran yang masih menempel dan tertinggal. Karena jika ada, maka kotoran tersebut berpotensi dapat mengoksidasi bahan tersebut sehingga dapat menyebabkan terjadinya korosi.

2. Lakukan Penyimpanan di Suhu Ruang untuk Menghindari Terjadinya Korosi

Korosi dapat terjadi karena adanya paparan udara akibat kandungan polutan yang berbahaya. Adanya mineral korosif menjadikan proses korosi terjadi dengan lebih cepat. Hal-hal seperti itu dapat terjadi dengan lebih mudah jika Anda menyimpannya di dalam ruang penyimpananatau tempat yang mengandung mineral korosif.

Hal tersebut bisa terjadi karena pengaruh suhu ruang pula. Dengan adanya proses oksidasi yang terjadi, furniture stainless steel akan lebih mudah mengalami korosi.

3. Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung Secara Berlebihan

Adanya paparan suhu tinggi dengan intensitas tinggi pula tentu dapat memberikan pengaruh nyata terhadap kondisi furniture stainless steel. Anda dapat merawat furniture stainless steel dengan cara menjaga ketahanannya agar tetap prima dan menjauhkannya dari suhu serta intensitas tinggi.

Contohnya dari adanya paparan sinar matahari yang terjadi secara langsung dalam intensitas yang tinggi. Kondisi suhu yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada lapisan krom. Karena faktanya, adanya lapisan krom pada stainless steel dapat membantu mencegah furniture mengalami korosi.

Keunggulan Furniture Berbahan Plat Stainless Steel

furniture stainless steel

Pastinya, ada berbagai macam alasan yang menjadi latar belakang seseorang memilih untuk menggunakan mebel baja stainless. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki material tersebut, tentu menjadi bahan perimbangan. Berbagai keunggulan yang dimiliki di antaranya:

  1. Memiliki Ketahanan yang Baik Terhadap Karat

Seperti namanya, stainless steel memang memiliki keunggulan yang baik terhadap karat atau proses korosi. Bahan ini dilapisi dengan lapisan krom yang mampu menjaganya dari proses korosi yang dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu, pemakaian furniture dari bahan ini juga lebih aman dan tidak membahayakan.

Ketahanan terhadap penyebab terjadinya korosi yang dimiliki oleh material baja stainless memang lebih baik jika dibandingkan dengan besi dan sejenisnya. Meski memiliki ketahanan yang baik terhadap karat, merawat furniture stainless steel tetap harus dilakukan.

  1. Bahan yang Kuat dan Kokoh

Baja stainless merupakan bahan anti karat yang kuat dan kokoh. Dengan struktur demikian, bahan ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan aneka jenis furniture maupun peralatan makan hingga peralatan dapur.

  1. Material yang Tidak Mudah Bengkok

Stainless steel memiliki bentuk lembaran secara fisik, namun saat dibentuk bahan ini tidak mudah bengkok. Bahan ini kuat dan kokoh sehingga bentuknya juga cenderung stabil.

  1. Tahan Pengaruh Cuaca

Penggunaan baja stainless sebagai bahan anti karat ini memiliki ketahanan yang baik pula terhadap berbagai pengaruh cuaca. Namun, tetap harus diingat bahwa Anda perlu menghindarinya dari pengaruh suhu tinggi pada intensitas tinggi pula yang memungkinkan penggunaan furniture semakin awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here