Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir Punah

248
Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir Punah

Kayu dikenal sejak lama menjadi bahan utama furniture dari masa ke masa, sehingga beberapa jenis kayu dikhawatirkan hampir punah keberadaannya. Berikut 5 jenis kayu yang nilai komoditasnya tinggi tetapi hampir punah jika tidak dijaga reboisasinya.

Kayu merupakan bahan alami yang sudah dikenal sejak jaman dahulu untuk berbagai bahan bangunan dan juga mebel. Kayu dengan berbagai jenis dan juga kualitas tentu saja akan menjadi para buruan bagi para pengrajin kayu. Kayu dengan kualitas yang bagus tentu saja akan menghasilkan produk atau kerajinan yang berharga tinggi. Selain itu, kayu yang berkualitas juga memiliki nilai komoditas yang sangat tinggi.

Dari beberapa jenis kayu dengan kualitas yang baik, maka dapat dipastikan kayu tersebut tentu saja semakin lama akan habis dan terancam punah. Jenis kayu apa saja yang bernilai komoditas tinggi dan hampir punah? Simak informasi berikut ini.

5 Jenis Kayu yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir Punah

  1. Kayu cendana

Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir PunahKayu cendana merupakan kayu dengan kualitas yang sangat baik dan juga jenis kayu yang indah dan khas. Kayu cendana banyak diburu karena harganya dan juga nilai jual yang tinggi. Kayu ini dapat menghasilkan aroma wangi yang berbeda dengan jenis kayu yang lainnya. Kayu ini menghasilkan resin yang sangat berguna untuk pembuatan parfum, pewangi sabun dan juga yang lainnya.

Selain digunakan sebagai bahan pargum, kayu cendana juga digunakan untuk bahan pembuatan dupa, aromateraphy, sangkur keris dan yang lainnya. Kayu cendana biasanya berwarna kuning belerang dan coklat tua. Kayu ini bertekstur halus dan seratnya lurus. Kayu ini juga termasuk jenis kayu kelas II, dengan tingkat pengejaan yang agak sulit. Namun, kayu ini tetap saja menjadi primadona.

  1. Kayu ulin

Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir PunahKayu ulin merupakan salah satu kayu dari Kalimantan dengan kualitas yang sangat bagus. Kayu ini juga menjadi salah satu jenis kayu primadona dengan banyak penggemar. Kayu ini biasa mendapat sebutan sebagai kayu besi dikarenakan tingkat kekuatan dan keawetannya yang sangat super. Kayu ulin termasuk jenis kayu kelas I dan banyak digunakan untuk berbagai bahan konstruksi bangungan, mebel atau furniture mewah dan yang lainnya. Kayu ini sangat keras sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk konstruksi utama atau berat.

  1. Kayu bayur

Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir PunahKayu bayur merupakan salah satu jenis kayu dengan nilai tinggi. Kayu ini banyak digunakan dalam industri pertukangan seperti mebel, furniture, ukiran, kerajinan tangan, dan yang lainnya. Kayu bayur berwarna merah pucat dan merah muda untuk bagian teras, sedangkan untuk bagia gubalnya kayu ini berwarna putih. Kayu ini memiliki tekstur yang kasar dengan serat yang lurus. Kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang sedang namun tidak gampang retak. Selain itu, kayu ini juga merupakan jenis kayu yang kuat yang dapat dijadikan sebagai bahan bangunan utama. Kayu ini juga tahan terhadap serangan jamur ataupun hama pemakan kayu seperti rayap, teter dan juga bubuk.

  1. Kayu trembesi

Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir PunahKayu trembesi biasanya digunakan sebagai bahan baku furniture atau yang lainnya dengan nilai tinggi. Kayu trembesi termasuk jenis kayu yang berat, namun kayu ini memiliki daya kekuatan dan keawetan pada tingkat yang sedang. Kayu ini berwarna putih pada bagian gubalnya, sedangkan pada bagian teras kayu ini berwarna coklat dan terkadang hitam. Bagian gubal dan teras dari kayu ini mudah dikenali dikarenakan warnanya yang kontras.

  1. Kayu jati

Mengenal 5 Jenis Kayu Yang Nilai Komoditasnya Tinggi Tetapi Hampir PunahKayu jati merupakan jenis kayu primadona yang diekspor sampai ke luar negeri. Kayu ini memiliki kualitas yang sangat super sehingga banyak memiliki penggemar. Kayu jati banyak digunakan untuk produk olahan yang mewah dan juga elegan. Kayu ini termasuk jenis kayu kelas I dengan tingkat keawetan yang tinggi. Kayu ini tahan terhadap serangan hama pemakan kayu dan jamur.

Itulah 5 jenis kayu yang nilai komoditasnya tinggi tetapi hampir punah apabila tidak dibarengi dengan proses penanaman kembali yang terencana. Sudah saatnya kesadaran penanaman kembali pohon-pohon yang digunakan sebagai kayu ini harus dibangun di masyarakat kita. Apalagi untuk jenis pohon dengan nilai komoditas yang cukup tinggi. Mari menanam pohon agar tercipta keseimbangan yang selaras.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here