5 Kriteria Cat Besi dengan Perlindungan Terbaik yang Layak Digunakan

84
memilih warna pagar besi
finishing furnitur besi

Menggunakan cat besi dengan perlindungan terbaik tentu punya keuntungan tersendiri. Perlindungan maksimal dengan kualitas terbaik pada media akan diberikan oleh bahan finishing tersebut.

Material besi akan lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Selain itu, perlindungan optimal pada media juga menjadikan tampilannya tetap terjaga. Ditambah lagi dengan berbagai pilihan warna yang menarik sehingga menunjang tampilan produk menjadi lebih menarik.

Pentingnya Menggunakan Cat Besi dengan Perlindungan Terbaik

memilih warna pagar besi

Cat adalah bahan finishing yang paling sering digunakan untuk melapisi dan melidungi media. Berbagai material dapat dilapisi dengan cat, termasuk material besi. Untuk itu, tidak heran jika terdapat beraneka ragam jenis cat yang bisa jadi pilihan untuk Anda gunakan.

Pemilihannya tentu sangat tergantung dengan jenis media yang akan dilapisinya. Apakah kayu, besi, ataupun media lainnya. Selain itu, bahan baku cat juga bisa menjadi faktor penentu mengenai jenis cat apa yang akan digunakan.

Penggunaan cat untuk melapisi media tentu sangat penting. Tak terkecuali saat digunakan untuk melapisi besi. Pada umumnya, cat yang digunakan untuk melapisi besi merupakan jenis cat solvent yang mengandalkan bahan pengencer organik seperti thinner dan sejenisnya.

Adanya cat besi dapat memberikan tampilan yang lebih menarik bagi pagar, pintu maupun teralis yang berbahan dasar besi. Namun, fungsi dari penggunaan cat ini bukan hanya untuk mempengaruhi tampilan media. Melainkan pula untuk melindungi dan merawat media tersebut.

Material besi terutama yang digunakan sebagai produk outdoor seperti pagar tentu akan lebih rentan mengalami kerusakan. Resiko kerusakan akibat pengaruh lingkungan, terjadinya korosi, maupun berbagai kemungkinan lainnya sangat mungkin terjadi.

Sebagai pemilik sekaligus pengguna, Anda tentu ingin memiliki perabot atau sejenisnya yang lebih awet dan tahan lama. Sehingga tidak terlalu sering mengeluarkan biaya untuk pembuatannya. Nah, melalui penggunaan cat besi yang tepat hal tersebut dapat diwujudkan dengan mudah.

Jika mengingat alasan dan kebutuhan tersebut, tentu dapat diketahui mengapa penggunaan bahan finishing untuk melapisi media ini sangat penting.

Kriteria Produk Cat yang Harus Diperhatikan

Untuk mendapatkan bahan pelindung sekaligus pewarna material besi dengan kualitas terbaik, tentu diperlukan pemilihan yang teliti. Anda perlu memilih dengan seksama dan memperhatikan berbagai faktor yang bisa menjadi kriteria untuk mengetahui kualitas produk tersebut secara umum.

Beberapa kriteria yang harus menjadi perhatian di antaranya adalah:

1. Ketahui jenis dan bahan dasar cat

Mengetahui jenis cat yang akan Anda gunakan adalah hal yang sangat penting. Selain bermanfaat untuk membantu mengetahui seperti apa proses aplikasinya. Ada berbagai jenis cat yang dapat diaplikasikan pada berbagai media termasuk besi.

Di antaranya yaitu cat minyak, cat water based, melamin, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga berguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja bahan dasar dari produk tersebut.

Hal ini erat kaitannya dengan keamanan dan kualitas produk. Pada umumnya, cat besi merupakan jenis cat besi yang berbahan dasar lateks. Penggunaan cat lateks memang lebih cepat kering dan lebih aman dari api karena tidak mudah untuk terbakar.

Cat lateks juga mudah untuk dibersihkan dan dilakukan finishing ulang. Tapi penggunaan cat tersebut tidak aman bagi kesehatan dan tidak tahan lama digunakan jika lapisan primernya tidak digunakan. Jika tidak mengaplikasikan lapisan primernya terlebih dahulu, permukaan besi akan lebih mudah berkarat karena cat yang diaplikasikan mudah mengelupas.

2. Pilih cat yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan

Tidak semua jenis cat mampu memberikan kualitas terbaik dan aman untuk digunakan. Sementara penggunaan cat besi memiliki kaitan yang erat dengan kondisi kesehatan manusia. Ada pengaruh nyata yang besar dan dapat mempengaruhi kesehatan manusia jika Anda menggunakan cat yang asal-asalan.

Cat dengan bau menyengat yang biasanya digunakan untuk melapisi besi maupun kayu adalah cat yang berbahaya. Bau tersebut dapat bertahan dalam waktu lama dan membahayakan siapa saja yang menghirupnya. Biasanya ditemukan saat menggunakan jenis cat lateks maupun cat solvent.

Gangguan pernapasan hingga gangguan kerusakan organ tubuh lainnya dapat terjadi dengan mudah. Untuk menghindarinya, gunakan produk-produk yang lebih aman dan ramah lingkungan. Seperti cat water based.

3. Pastikan pilih cat besi dengan perlindungan terbaik yang dilengkapi bahan antikarat

Besi berkarat karena tidak dilapisi cat antikarat

Yang sering menjadi musuh utama pada penggunaan besi sebagai bahan baku pembuatan berbagai produk adalah kemunculan karat. Sehingga sebaiknya, pilih cat untuk melapisi besi yang juga dilengkapi dengan bahan anti karat.

Mencegah dan melapisi besi dengan bahan anti karat menjadi hal yang lebih penting untuk dilakukan daripada harus menyaksikan mebel besi kesayangan Anda rusak karena korosi.

4. Pilih cat dengan bahan antijamur dan tahan dengan berbagai pengaruh cuaca

Karat bukanlah satu-satunya masalah yang kerap dihadapi dan harus diperhatikan saat memilih bahan finishing untuk besi. Karena Sebagian besar mebel besi digunakan pada area outdoor, maka pengaruh dari kondisi lingkungan tentu mampu memberikan dampak langsung.

Resiko kemunculan jamur juga dapat timbul kapan saja dan merusak kondisi mebel. Untuk itu, pilihlah cat yang juga mampu melindungi mebel besi kesayangan Anda dari jamur serta tidak mudah terpengaruh kondisi cuaca.

5. Pilihan warna yang beragam

Meski bukan material alami seperti kayu, penggunaan besi sebagai furniture juga harus dilapisi dengan pilihan warna terbaik. Cat yang digunakan pada mebel dengan material besi sebaiknya memiliki berbagai pilihan warna menarik.

Sehingga Anda dapat memilih untuk mengaplikasikan warna-warna terbaik pada furniture besi kesayangan Anda. Hasil dari finishing mebel juga akan lebih menarik dengan pilihan warna yang lebih beragam dan selaras dengan konsep rumah.

Setelah mengetahui berbagai kriteria bahan pelapis besi yang sebaiknya digunakan, Anda harus lebih cermat dalam memilih produk yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemakaian bahan finishing berkualitas, Anda dapat menggunakan cat besi dengan perlindungan terbaik dari Orchid Enamel Paint.

Produk cat Orchid sudah memenuhi seluruh kriteria yang disebutkan sehingga hasil pemakaiannya akan tetap menarik sekaligus melindungi media dengan baik.

Di Manakah Anda bisa Menemukan Produk Cat Besi dengan Perlindungan Terbaik Orchid Enamel Paint?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami melaui kontak Whatsaap di website ini, atau, melalui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here