Ingin Hunian Yang Berkesan? Berkreasilah Dengan Pintu Rumah

283
kreasi pintu rumah
berbagai macam warna yang digunakan untuk kreasi pintu rumah

Pintu adalah suatu elemen dalam sebuah hunian. Tanpa adanya pintu, maka hunian akan terasa pengap, dan pemilik rumah pun tidak akan memiliki akses untuk memasuki rumah. Selain sebagai akses untuk memasuki hunian, saat ini pintu juga berfungsi sebagai estetika sebuah hunian. Dari desain pintu, dapat terbayang bagaimana gaya hunian di dalamnya.

Banyak arsitek dan desainer interior justru menonjolkan desain si pintu ini baik melalui warna maupun bentuk pintu sendiri. Namun, untuk menghemat budget, biasanya pemilik hunian maupun desainer lebih memilih untuk mengecat pintu dengan teknik berbeda-beda untuk menonjolkan gaya sebuah hunian.

Memilih Warna Cat Pintu Hunian

Pemilihan cat pintu tidak bisa diabaikan, apalagi pintu depan rumah. Pintu menggambarkan pemilik hunian dan membuat tamu berimajinasi, bagaimana ruangan yanga da di dalamnya. Banyak sekali warna yang bisa digunakan untuk mengecat pintu dan disadari atau tidak sebenarnya pilihanw arna ini sangat menggambarkan anda selaku pemilik hunian, diantaranya :

  1. Abu-abu

Warna abu-abu seringkali dipilih untuk mengecat pintu, karena cenderung netral, sehngga akan cocok dengan perabotan yang ada di dalam rumah. Warna abu juga akan selalu trendy dan tidak akan ketinggalan jaman. Warna abu-abu biasanya dipilih oleh sosok yang percaya diri suka dengan semua hal yang serasi.

  1. Kuning

Warna kuning mungkin jarang sekali digunakan dalam hunian, karena warna kuning memang seringkali dipilih oleh pemilik hunian yang memiliki kepribadian mencolok. Rumah anda pastilah akan tampil berbeda diantara rumah lainnya.

  1. Pink
kreasi pintu rumah
pintu warna pink memberikan kesan feminim

Pemilik hunian yang menggunakan wana pink untuk huniannya cenderung gemas jika menghadapi orang yang memiliki pemikiran sempit dan orang yang tidak berani untuk mengambil resiko.

  1. Biru Muda

Biru muda merupakan bentuk kerinduan pemilik hunian terhadap laut. Si biru ini sangat menyukai hal yang berbau seni. Pemilihanw arna biru juga dapat memuat mata rileks,s ehingga tak perlus ering-sering liburan ya

  1. Oranye

Pemilik hunian yang memilih warna oranye ini sangat cocok dengan hal yang berbau modern dan sangat detaild alam memperhatikan suatu hal. Ia pun sosok yang disukai teman-temannya, karena selalu berpembawaan yang ceria.

  1. Hitam
kreasi pintu rumah
kreasi pintu dirumah yang elegan menggunakan warna hitam

Pemilik hunian yang mengecat intunya berwarna hitam bukan berarti memiliki kepribadian yang tertutup lho. Pemilih hitam ini cenderung memiliki  keunikan dalam dirinya dan selalu chic dalam segala hal.

  1. Hijau

Hijau bisa jadi tidak terpikir sama sekali untuk digunakan sebagai warna cat pintu bukan? Coba saja menggunakannya, karena hijau adalah cara sederhana untuk membuat tampilan rumah lebih segar. Jika anda tidak memiliki cukup ruang untuk meletakkan tanaman, maka pilihan warna hijau bisa dijadikan pilihan.

Kreatif Mengaplikasikan Cat Pintu

Walaupun pintu hanya dicat saja, namun ada banyak cara untuk mengecat pintu agar tampilannya semmakin menari, karena bagaimanapun pintu ini adalah inti dari desain sebuah ruangan. Walaupun hanya berfungsi sebagai akses untuk lalu lalang, namun pintulah yang pertama kali akan dilihat seseorang saat memasuki sebuah bangunan. Ada beberapa kreatif untuk mengecat pintu, diantaranya :

  1. Motif garis dan simetris

Alah satu cara kreatif mengecat pintu yang paling mudah. Anda hanya perlu mengikuti pola yang sudah terbentuk dengan memilih kombinasi warna yang cocok dan senada.

  1. Motif Non Garis

Berani melukis dengan media pintu? Tak ada salahnya memberikan motif seperti bunga maupun abstrak dengan memanfaatkan media pembentuk atau langsung saja menggambar polanya langsung pada pintu.

  1. Beda Warna Beda Sisi
kreasi pintu rumah
garis simetris untuk kreasi pintu rumah

Yuk tonjolkan kedua sisi pintu warna dengan mengecatnya menggunakan warna solid yang berbeda pada tiap sisinya. Akan membuat efek kejutan terhadap tau yang datang lalu masku. Cukup pilih warna yang cocok.

  1. Warna Solid

Suka sesuatu yang praktis dan menghindari hal yang repot? Cat saja pintu menggunakan warna solid untuk pintu anda.

  1. Warna Natural

Coba cek apakah pintu anda menggunakan material kayu? Kayu sendiri pun sebenarnya sudah indah mengapa perlu dicat? Cocok bagi anda yang ingin menonjolkan nuansa alam di rumah. Cukup berikan finishing transparan untuk melindungi kayu

  1. Warna Antik

Jika warna solid dan natural sudah terlalu biasa, anda bisa mencoba menggunakan warna patina, rustic, maupun washed. Warna ini akan memberikan kesan lawas, namun antik yang membuat pintu menjadi berkelas.

  1. Decoupage
kreasi pintu rumah
kreasi decopage untuk pintu rumah

Memang mungkin decoupage tidak bisa disebut sebagai teknik pengecatan. Decoupage memang membutuhkan proses pelapisan yang melibatkan varnish atau clear coat, namun hasilnya tak mengecewakan lho. Bisa dicoba untuk anda yang suka tampil beda.

  1. Warna Gradasi

Warna gradasi juga sangat unik jika diterapkan pada pintu. Memang tak mudah untuk mengecatnya menjadi gradasi, namun jika teknik dan pilihan warnanya tepat, maka tampilan pintu bisa menjadi sangat cantik.

  1. Warna Metal

Warna metal bukan berarti untuk penyuka metal atau yang bergaya metal ya. Namun, pemilik hunian bisa memilih warna emas atau perak untuk mengecat pintu. Wah, hunian nampak mewah.

  1. French Polish

Ingin pintu yang mengkilap dan bling-bling? Coba saja membuat pintu dengan finishing seperti kaca dengan nama finishing French Polish.

Mengecat Pintu Agar Nampak Baru

kreasi pintu rumah
pintu warna ungu yang terkesan misterius dan unik

Mungkin jika pintu baru, anda tidak akan kesulitan untuk mengaplikasikan cat pintu, namun jika anda ingin merubah cat pintu lama anda, harus dilakukan beberapa tahapan agar hasilnya maksimal.

  • Pastikan anda membersihkan pintu lama anda. Bersihkan lapisan coatingnya hingga permukaan pintu benar-benar bersih. Jika memang kotoran pada pintu terlalu sulit untuk dibersihkan, gunakan alat bantu cutter secara perlahan agar lapisan pintunya tetap terjaga.
  • Tidak semua bagian pintu akan dicat nantinya, terutama bagian knob atau engsel. Karena itu gunakan lakban kertas untuk menutupnya agar bagian yang tidak ingin dicat tetap terlindungi.
  • Untuk memberikan hasil yang rapi dan halus, maka gunakan wood filler. Jika ada bagian kayu yang cacat, isilah menggunakan wood filler dengan pisau palet. Jika memang permukaan pintu sudah halus, maka gunakan wood filler yang sudah diencerkan menggunakan air dan gunakan kain katun bersih sembari tekan perlahan agar filler dapat masuk ke dalam pori kayu dengan baik
  • Jika memang anda bukanlah seorang teknisi yang sering menggunakan alat-alat untuk mengecat seperti spray gun atau kompressor, sebaiknya pilih saja cat yang diaplikasikan dengan kuas, karena jika tidak terbiasa hasilnya justru akan kurang baik.
  • Pengecatan harus dilakukan beberapa kali, karena jika hanya dilakukans ekali pengecatan, warnanya belum akan terlihat. Di sinilah perlu dilakukan pengecatan beberapa kali agar hasilnya maksimal. Namun, yanghrus diingat adalah jika semakin banyak aplikasinya maka warna yang dihasilkan akan semakin tua.
  • Lapisan terakhir, cobalah untuk menggunakan top cat agar terbentuk lapisan film yang kuat dan mampu melindungi pintu dari panas, hujan, serangga, jamur, dan sebagainya.

 

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here