Desain Interior Minimalis Modern

139

Desain interior minimalis modern menjadi konsep rujukan untuk desan rumah di era modern ini. Teori minimalis sehubungan dengan arsitektur adalah membangun sebuah desain yang tampak lebih bergaya masa kini melalui kesederhanaan bentuk, ruang, materialitas, detail, warna dan furniture. Dalam penataan desain minimalis tidaklah gampang. Anda perlu berhati-hati dan berfikir keras dalam mengatur konsep interiornya. Tentunya, hal tersebut untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahan dan mendapatkan hasil yang sesuai setelah proyek selesai dikerjakan.

Sebagian orang menilai bahwa desain interior minimalis modern akan terasa sesak dan kurang nyaman ketika dihuni karena identik dengan ukurannya yang sempit. Jika Anda mengetahui beberapa aturan main dari konsep ruangan gaya ini, pedapat Anda mungkin berubah. Setidaknya, Anda perlu mengetahui beberapa karakteristik dari konsep desain rumah minimalis modern.

Memiliki rumah berukuran kecil tidak lantas membuat Anda perlu berkecil hati. Anda bisa menyulap rumah kecil berkesan lapang dengan desain interior yang tepat. Dalam membangun sebuah hunian yang berukuran sempit, beberapa karakter dalam desain minimalis modern sangat tepat bila Anda terapkan. Interior ruangan akan tampak lebih luas dan lega, tidak berantakan serta rapi dan bersih dengan detail yang tidak terlalu berlebihan.

Selain itu, pemilihan furniture juga sangat berpengaruh. Sebaiknya pilihlah furniture yang multifungsi. Dengan furniture multifungsi, maka akan menekan jumlah perabotan yang diletakkan dalam ruangan. Sehingga, di dalam ruangan hanya terdapat sedikit furniture dan interior jelas tampak lebih luas. Ini akan membuat rumah minimalis Anda lebih nyaman, tenang dan indah ketika dihuni.

Apa saja karakter dari desain interior minimalis modern yang perlu Anda ketahui? Berikut adalah urutan dan penjelasannya:

  1. Kesederhanaan dalam bentuk dan fungsinya

Banyak desain interior minimalis modern mempunyai rencana tata letak yang sederhana, dan efisien dengan jumlah ruang. Perabotan yang tidak banyak, namun multifungsi, contohnya pada dapur. Dapur bisa digunakan sebagai dua tempat, yaitu sebagai tempat untuk mengolah makanan sekaligus sebagai ruang makan. Hal ini menciptakan kejelasan dalam perencanaan penataan, di mana ruang dapat tampak lebih sederhana, luas dan tidak rumit.

Contoh lainnya, Anda bisa menjadikan ruang tidur tamu sebagai ruang kerja. Toh tamu tidak akan datang setiap hari dan menginap di rumah Anda. Tak ada salahnya menjadikannya ruang kerja, dengan penataan yang sesimpel mungkin. Sehingga saat ada tamu datang, Anda pun bisa membereskan ruang kerja dengan cepat dan menyulapnya menjadi kamar tidur yang nyaman. Pemanfaatan furniture multifungsi dan desain interior yang simpel menjadi kuncinya.

  1. Aksen Ruangan

Anda bisa melakukan penekanan-penekanan pada furniture untuk menciptakan desain interior minimalis modern. Kunci yang menentukan dari desain rumah minimalis adalah denah yang terbuka dan dipenuhi dengan cahaya alami. Ini membantu ruang akan terasa lebih besar, dan karena itu lebih terbuka. Jendela besar dan pintu geser kaca adalah dua cara untuk memungkinkan jumlah maksimum cahaya masuk yang masuk ke dalam rumah Anda. Banyak rumah minimalis memilih untuk tidak menggunakan penutup jendela atau gorden. Namun, jika Anda ingin privasi tambahan untuk menutupi jendela, bisa menggunakan gordn dengan dahan roller sederhana. Hal ini menambah kesan minimal dan tidak mengganggu desain lain disekitarnya.

  1. Warna yang sederhana

Kebanyakan orang memikirkan desain rumah minimalis dengan membayangkan palet warna hitam dan putih yang begitu ketat. Hal ini bisa mengintimidasi dan bisa membuat ruangan terasa tak menarik. Pikirkan palet warna netral yang menarik, bukan kontras yang mencolok. Seperti bagian dinding, gunakan warna putih sebagai warna yang lebih terang. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan yang lebih bersih. Jika hitam terlalu definitif sesuai dengan keinginan Anda, maka gunakan warna Abu-abu. Jenis warna ini lebih lembut dan tidak akan terla

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here