Cat Kayu Yang Bagus Untuk Jenis Kayu Buatan

545
cat-kayu-untuk-polywood

Material kayu buatan saat ini sedang trend di luar negeri, bahan finishingnya pun harus dipilih dengan cat kayu yang bagus agar penampilannya mewah.

Kelangkaan kayu membuat manusai sadar agar lebih bisa berkreatifitas dalam mengolah bahan dasar kayu. Ada dua jenis kayu yang sering digunakan sebagai material olahan yaitu kayu solid dan kayu buatan. Kayu solid adalah kayu gergajian berupa kayu log yang kemudian digergaji menjadi panel sesuai dengan kebutuhan dan langsung diolah menjadi furniture. Sedangkan kayu buatan adalah kayu log yang kemudian diolah terlebih dahulu dengan mesin dan bahan perekat menjadi material siap untuk diolah lagi menjadi furniture. Jika kayu solid akan menimbulkan banyak limbah, sebaliknya kayu buatan tidak, kayu buatan ada juga yang memanfaatkan limbah kayu solid untuk dijadikan material dasar. Contoh kayu buatan antara lain MDF, HDF, Particel Board dan juga plywood.

Jenis kayu buatan dan fungsinya sangat berbeda dengan kayu solid. Untuk furniture outdoor kayu solid memang rajanya dan belum ada yang bisa mengalahkan. Sedangkan kayu buatan karena bahannya dari serbuk kayu atau kayu tipis yang dirtekatkan maka tidak mampu digunakan sebagai material furniture outdoor. Kelebihan dari kayu butan adalah dari tampilannya. Serta kayu buatan bisa dibentuk sedngkan kayu solid tidak. Untuk tampilan wajib menggunakan cat kayu yang bagus agar kayu buatan memiliki tampilan mewah, berkelas dan terlihat hampir sama dengan kayu solid.

Jenis Kayu Buatan Yang Bagus, Plywood

Contoh kayu buatan yang telah disebutkan sebelumnya salah satunya adalah plywood. Jenis plywood adalah kayu yang paling sering digunakan karena berbagai fungsinya yang menguntungkan. Plywood sering digunakan sebagai material pembuat interior mobil, sebagai sekat pembatas di dalam rumah, sebagai langit-langit rumah, sebagai furniture. Plywood diciptakan agar tahan benturan dan pukulan, memiliki dimensi yang stabil atau rata agar tidak mudah melengkung ketika digunakan, ketebalannya lebih tebal dibandingkan kayu papan bias, dan perekat tipis yang merekatkan plywood akan menjaga dari air. Walaupun bahan perekat mnampu menahan air plywood tetap tidak bisa digunakan sebagai furniture outdoor.

cat-kayu-untuk-polywood

Plywood dibuat dari vaneer (lapisan kayu tipis) yang ditumpuk dengan serat menyilang. Kemudian direkatkan dengan bahan perekat dan ditekan dengan mesin bertekanan tinggi yang dipanasi. Serat kayu harus ditumpuk bersilang agar bahan perekat dapat menyerap dengan baik. Lapisan veneer yang ditumpuk selalu berjumlah gasal. Untuk plywood yang memiliki tiga lapisan disebut dengan triplek sedangkan tiga lapisan lebih disebut dengan multiplek. Semakn kuat daya tekan dalam pembuatan plywood maka semakin kuat plywood menahan benturan dan juga pukulan.

Finishing plywood bisa menggunakan dua jenis bahan cat baik itu cat minyak atau solvent dan juga cat water  based. Kedua cat iini merupakan kriteria cat kayu yang bagus yang akan memberikan permukaan plywood tampilan mewah dan berkelas. Anda hanya memilih aplkiasi yang paling mudah apakah menggunakan kuas atau alat semprot.

Menentukan Finishing Plywood Dengan Cat Kayu Yang Bagus

Walaupun cat kayu solvent dan cat kayu water based tergolong cat bagus akan tetapi cat solvent memiliki kelemahan yang tidak dimiliki cat water based yaitu bau menyengat. Plywood yang menggunakan bahan perekat biasanya memiliki kandungan formalin yang cukup tinggi. Sehingga ketika Anda menggunakan cat solvent yang juga mengandung formalin maka akan berbahaya bagi kesehatan Anda. Sehingga pilihan cat kayu yang bagus untuk plywood adalah cat kayu water based. Finishing dengan cat kayu water based pun sangat mudah yaitu dengan campuran air dan juga kuas saja. Untuk pilihan warna, cat kayu besi Orchid memiliki pilihan warna metalik dan warna solid. Anda bisa memilih warna sesuai tema, gaya dan kesukaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here