Cat Kayu Water Based Warna Solid

836

Memberikan teknik finishing yang tepat tidak cukup jika tidak didukung dengan cat kayu water based dengan pilhan warna solid yang tepat.

Jenis cat kayu yang saat ini sedang trend dikalangan woodworking dan sering digunakan adalah cat berbasis water based.  Cat ini merupakan cat hasil dari pembuatan formula baru yang tidak berbahayan karena mamanfaatkan air sebagai bahan utama. Bagaimana bisa air menjadi bahan utama pembuatan cat? Sedangkan air sendiri adalah carian yang tidak memiliki warna dan juga bukan benda yang bisa dipadatkan? Buktinya sekarang sudah banyak merek cat kayu water based yang berada di pasaran. Kelebihan utama dari cat water based adalah aman dan ramah lingkungan. Berbeda jika dibandingkan dengan cat solvent yang masih sering digunakan pengrajin kayu. Bahan air dan minyak jelas berbeda. Bahan solvent untuk cat kebanyakan mengandung toxic yang cukup tinggi sehingga mampu mempengaruhi kesehatan. Cat water based saat ini bukan hanya cat yang memiliki pemilihan warna natural saja seperti pernis tetapi terdapat juga cat yang berwarna  solid. Warna solid ini akan lebih memberikan warna yang terang dan menutup warna asli kayu sehingga tercipta nuansa yang baru pada furniture. Terlebih jika kayu yang digunakan memiliki banyak cacat warna. Jika cacat warna menggunakan warna natural susah dihalngkan dengan pilihan warna solid tentu akan tertutup dengan baik. Menutup warna kayu asli tidak cukup dengan satu tahap dan satu produks aja ada tiga produk yang harus Anda pahami kemampuannya masing-masing sehingga menciptakan finishing warna solid dnegan baik.

Produk Cat Kayu Water Based Untuk Finishing Warna Solid

Finishing kayu untuk mewujudkan warna solid, tentu saja jenis cat yang digunakan harus dipilih. Seperti cat kayu water based dengan pilihan warna solid merk Orchid. Cara aplikasinya sangat mudah yaitu dengan kuas saja, bahan pencampurnya adalah air dan juga memeiliki kelebihan lain sepeti cepat kering, tahan gores, dll. Seri produk Orchid harus didukung dengan produk lain agar mencapai hasil finishing yang memuaskan seperti berikut ini:

  1. Primer Coat. Jenis produk ini termasuk sebagai maincoat. Fungsinya untuk menutup warna natural kayu pertama kalinya. Selain itu juga berfungsi sebagai lapisan intermediate antara lapisan dibawahnya dan diatasnya agar mengikat dengan baik. Sedangkan cara aplikasinya sangat mudah yaitu dengan menggunakan kuas saja karena bentuknya yang cair. Primer coat sangat efektif dalam menutup warna asli kayu sehingga serat kayu tidak akan terlihat dan memudahkan pengecatan selanjutnya menggunakan warna solid.
  2. Cat Orchid adalah jenis cat enamel yang dapat digunakan pada dua material yaitu besi dan juga kayu. Pilihan warna solid bervariasi sangat memungkinkan anda jika ingin memberikan nuansa full colour pada ruangan anak misalnya. Kemudahan proses aplikasi juga menggunakan kuas dan behan pencampur air karena kosnep utamanya adalah cat kayu water based. Warna solid yang tersedia seperti red, green, pearl, dark blue, orange, dll.
  3. Clear Coat, Tampilan adalah tahapan akhir yang harus dilakukan dalam finishing furniture. Terdapat lima tampilan yang bisa Anda pilih sesuai selera mulai dari gloss, semi gloss, doff, death matt dan juga matt. Kelima tingkat glossy tersebut akan berhasil jika proses pengeringannya dilkukan semalaman atau bisa juga dilapisi hingga dua kali. Agar cat kering benar dan memberikan laspisan perlindungan tahan gores.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here