Tips Merawat Furniture Kayu

47

Merawat furniture kayu sangat penting agar tidak mudah rusak. Lakukan perawatan kayu secara berkala untuk menjaga tampilan furniture tetap terjaga.

Furniture memiliki peran yang snagat penting untuk rumah. Dalam memilih furniture, sampai saat ini banyak orang yang memilih untuk menggunakan kayu sebagai bahan baku. Selain terkesan berkelas, kayu juga dapat bertahan lebih lama.

Merawat furniture kayu tidaklah semudah merata furniture yang terbuat dari plastik maupun besi. Anda harus merawat furniture tersebut secara rutin.

Cara Merawat Furniture Kayu Yang Tepat

Kayu merupakan salah satu material organik yang banyak digunakan untuk bahan baku furniture. Jenis kayu untuk furniture pun beragam dan memiliki keunggulan masing-masing, tergantung kebutuhan dari industri woodworking. Tidak semua jenis kayu dapat memiliki keawetan yang sama, pada umumnya apabila kayu tidak dirawat dengan tepat akan mudah rusak karena beberapa faktor diantaranya kelembaban udara, jamur, serangga perusak, cuaca ataupun faktor lainnya.

Untuk merawat furniture kayu,  Anda harus melakukannya dengan cara tepat, kebiasaan yang sering dilakukan adalah membersihkan bagian yang kotor dengan kain basah. Cara ini justru sebuah kesalahan, sebab air yang terdapat pada kain akan menyebabkan kelembaban pada kayu berubah. Hal ini justru tidak baik untuk kayu karena dapat memicu tumbuhnya jamur atau serangga untuk merusak kayu tersebut.

Berikut tips merawat furniture kayu yang tepat:

  1. Rawat Furniture Kayu Secara Rutin

Anda dapat membersihkan debu yang menempel pada kayu secara rutin baik seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jika terdapat kotoral membandel, alangkah baiknya untuk membersihkannya dengan kain. Untuk  hasil yang maksimal, gunakan wax khusus kayu agar tampilan lebih mengkilap dan kayu terjaga dengan baik. Wax kayu tidak hanya membersihkan debu atau kotoran pada permukaan furniture saja melainkan juga dapat sebagai pelindung kayu dari gangguan jamur atau serangga perusak.

  1. Letakkan Furniture Kayu Dengan Perlahan

Ketika Anda memindahkan furniture kayu, pindahkan furniture dengan perlahan dan jangan sampai kayu terkikis karena lantai. Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan alas kain atau keset untuk menggeser furniture. Cara ini cukup efektif agar bagian alas tidak terkikis karena lantai.

  1. Letakkan Furniture di Tempat Kering

Peletakan furniture sangat penting untuk Anda ketahui. Sebab jika Anda meletakkan pada tempat yang salah akan menyebabkan kayu mudah rusak. Letakkan furniture kayu di tempat yang kering agar kelembaban pada kayu terjaga dengan baik. Jangan letakkan furniture di tempat yang lembab sebab jamur atau serangga perusak seperti rayap tidak akan segan merusak serat-serat kayu.

  1. Gunakan alas karet atau kain Pada Furniture

Sebaiknya meletakkan furniture tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Selain kelembaban ruangan yang selalu berubah, furniture yang bersentuhan dengan lantai juga cenderung mudah rusak. Alangkah baiknya untuk memberikan lapisan karet atau kain bagian alas furniture agar lebih aman dan terlindungi.

  1. Bersihkan Noda Air Sesegera Mungkin

Kadangkala kita sering menjumpai furniture seperti meja atau kursi ketumbahan air minum. Sebaiknya segera mungkin Anda lap menggunakan kain bersih agar bekas air tersebut tidak membekas. Jika terlalu lama, air akan menyerap da membuat bekas pada meja ataupun furniture lainnya, hal ini tentu akan mengganggu tampilan furniture. Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecat ulang furniture Anda.

Merawat furniture kayu terkesan sangat mudah dilakukan, namun jika Anda tidak teratur dalam merawat funiture Anda maka furniture mudah rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here