Mengenal Gazebo dan Sejarah Perkembangannya

59
Gazebo minimalis. Sumber: Pinterest

Mengenal sejarah dan perkembangan gazebo adalah hal yang menarik, mengingat keberadaan dan penggunaan gazebo yang cukup masif. Menggunakan gazebo akan lebih menarik jika Anda juga mengetahui seperti apa makna maupun sejarah di balik gazebo.

Mengenal Gazebo

Gazebo adalah fasilitas yang terdapat di ruang-ruang terbuka yang biasa digunakan untuk tempat berkumpul. Area ini juga biasa digunakan untuk bersantai. Biasanya gazebo terletak di taman untuk tempat berteduh dan menikmati suasana taman yang sejuk dan nyaman.

Gazebo banyak digunakan di wilayah perkantoran, pabrik, fasilitas publik seperti taman kota, hingga di rumah. Khusus Gazebo di rumah, keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lebih fleksibel. Bersantai bersama keluarga, menerima tamu, tempat kerja, semuanya bisa dilakukan dengan cukup fleksibel di gazebo.

Namun, kenyamanan menggunakan gazebo di rumah kembali lagi pada bentuk serta kelengkapan fasilitas yang ada pada gazebo tersebut. Saat menyelenggarakan acara dan mengundang kerabat atau teman-teman terdekat, gazebo bisa diandalkan sebagai spot utama acara.

Untuk membuatnya, dibutuhkan beberapa persiapan. Taman atau tanah kosong untuk lokasi pendiriannya, material bangunan yang digunakan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kita bisa menggunakan gazebo dari bahan dasar kayu solid seperti jati, merbau, dan lainnya. Gazebo juga bisa dibangun dari bahan lain seperti bambu sebagai bahan pengganti kayu.

Sejarah Gazebo

Gazebo sejuk di samping kolam renang
Gazebo sejuk di samping kolam renang.

Jika diperhatikan dari bentuk serta sebutannya, gazebo memiliki sejarah menarik dan berbeda-beda di tiap negara. Kondisi iklim di suatu negara biasanya mempengaruhi keberadaan gazebo di negara tersebut. Pada zaman dahulu, banyak masyarakat yang memilih menikmati pemandangan sekitar di luar ruangan baik pada siang maupun malam hari melalui bangunan kecil bernama gazebo ini. Gazebo dan keberadaannya sudah digunakan untuk bersantai sejak dahulu kala.

Baca Juga :  Produk Finishing Di Tempat Grosir Cat Kayu Jati Orchid

Ketika daratan Amerika masih menjadi tanah jajahan Inggris, gazebo hanya ada pada hunian kaum bangsawan dan orang kaya. Bentuknya yang unik dan punya banyak instrumen juga banyak digemari. Berbeda lagi pada masa penjajahan kolonial Belanda di Indonesia, gazebo biasanya dibangun untuk keperluan menikmati musim panas.

Masyarakat Belanda pada masa itu menyebut gazebo dengan sebutan summer house. Biasanya, meraka bisa menghabiskan waktu seharian di gazebo karena pada masa itu belum ada masyarakat yang menggunakan AC. Tak heran saat musim panas tiba, mereka yang merasa kepanasan berusaha mencari angin sejuk.  Salah satunya dengan cara duduk dan bersantai di gazebo.

Kebutuhan dari penggunaan gazebo yang berbeda-beda pada tiap negara ini masih terjadi hingga saat ini. Tetapi yang pasti, keberadaan gazebo saat ini sudah lebih banyak dan mudah ditemui. Bahkan rumah yang menggunakan gazebo bukan hanya mereka yang berasal dari keturunan bangsawan saja.

Perbedaan Gazebo, Saung dan Pagoda

Gazebo desain paviliun pagoda
Gazebo desain paviliun pagoda.

Istilah gazebo sendiri dikenal masyarakat umum berdasarkan andil dua arsitek asal Inggris yaitu William dan rekannya John Halfpenny. Keduanya mulai menulis mengenai arsitektur China yaitu gazebo yang tampak seperti pagoda. Sebenarnya, pagoda sama saja dengan gazebo tetapi di Asia terdapat perbedaan struktur antara pagoda dengan gazebo.

Pagoda biasanya digunakan dan dibuat sebagai tempat untuk sembahyang, sedangkan gazebo tidak. Gazebo biasanya dibuat bertingkat lalu didekorasi dengan berbagai hal untuk kebutuhan bersantai.

Gazebo dan saung pada dasarnya memiliki kesamaan dari segi fungsi bahkan bentuk yang serupa. Hanya saja, kata saung sudah lebih akrab dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia karena keberadaan saung sudah ada dan digunakan oleh nenek moyang bangsa kita sejak berabad yang lalu. Gazebo lebih populer di wilayah Eropa, yang biasa disebutkan oleh para arsitek dan pengembang perumahan.

Baca Juga :  Ayo Membuat Mainan Anak Berbahan Kayu Yang Unik

          Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Gazebo Minimalis

Penggunaan kata gazebo mungkin dianggap lebih populer dan keren saat ini. Namun jika dilihat dari bentuk hingga fungsinya, pada dasarnya gazebo ataupun saung punya fungsi yang sama.

Berbagai Tipe Gazebo

Gazebo minimalis segi enam. Sumber: designingidea.com

Seperti yang telah diketahui, gazebo memang banyak ditemukan di berbagai negara dengan beragam fungsi yang berbeda sesuai sejarahnya. Hal tersebut ternyata berpengaruh secara langsung pula terhadap tipe atau model dari gazebo yang digunakan.

Gazebo di Amerika Serikat contohnya, bisa digunakan untuk kebutuhan publik ataupun personal. Seperti contohnya, gazebo yang digunakan untuk mengadakan pesta dan kegiatan publik lainnya maka memiliki ukuran yang lebih luas. Biasanya gazebo untuk kepentingan ini dibuat luas dan memiliki bentuk persegi enam. Ditambah lagi, gazebo ini juga memiliki bukaan yang lebar.

Berbeda lagi dengan gazebo yang digunakan untuk kebutuhan pribadi. Biasanya dibuat dengan bentuk minimalis dan cenderung private. Jika dilihat dari ukurannya, tipe gazebo ini memiliki ukuran setengah dari gazebo pernikahan. Untuk menjaga privasi penggunanya, gazebo personal ini dibuat tertutup dengan menggunakan jendela yag dipasangi dengan jaring.

Selain kedua tipe gazebo yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis atau tipe gazebo yang lainnya. Tetapi pada dasarnya, gazebo modern saat ini yang lebih sering dijumpai adalah tipe minimalis dengan aksen yang sederhana.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here