Plitur Kayu Jati Untuk Tampilan Natural

383

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu pada furniture kayu jati maka diperlukan lapisan plitur kayu jati yang memiliki transparansi warna yang baik.

Furniture kayu jati sangat banyak diminati karena tampilannya yang indah. Kayu jati dikenal sebagai primadonannya kayu karena kualitasnya yang paling tinggi daripada jenis kayu lainnya. kayu jati memiliki serat yang rapi dan indah selain itu jenis kayu ini juga tahan terhadap serangan jamur ataupun rayap bahkan tingkat pemuaian atau menyusutnya juga baik sehingga sangat bagus digunakan untuk keperluan furniture di negara yang memiliki perubahan suhu yang ekstrim.

Furniture kayu jati pada umumnya menggunakan tampilan natural kayu karena bertujuan untuk menampilkan serat asli dari kayu tersebut. Agar serat kayu jati terlihat menonjol dan warnanya terkesan natural gunakan plitur kayu jati.

Aplikasi Plitur Kayu Jati Yang Tepat

Kayu jati tergolong jenis bahan baku yang sangat diminati oleh penghobi atau sekedar penikmat furniture. Selain memiliki tampilan yang indah, kayu jati juga sangat mudah untuk difinishing karena permukaannya yang halus dan rata. Sehingga wajar jika kayu jati digunakan untuk segala kebutuhan furniture, interior ruangan ataupun bangunan.

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu, Anda bisa menggunakan plitur kayu jati yang diformulasikan  untuk tampilan natural kayu. Sebaiknya untuk menggunakan plitur yang ramah lingkungan seperti Biovarnish. Selain aman digunakan, tampilan Biovarnish juga maksimal dengan tingkat glossy mencapai 80%. Adapun cara aplikasi plitu kayu Biovarnish sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan kayu jati untuk menghilangkan sisa minyak, kotoran serta meratakan kayu.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu (jika diperlukan)
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air, ke seluruh permukaan kayu jati menggunakan kuas atau semprot. Diamkan selama kurang lebih 60 menit, kemudian ampelas halus permukaan kayu menggunakan kertas ampelas no. 400
  4. Terakhir agar hasil lebih maksimal, aplikasikan Biovarnish Clear kemudian diamkan selama semalam.

Plitur Kayu Ramah Lingkungan

Plitur kayu jati tidak semua aman digunakan, sebab terdapat beberapa jenis cat kayu yang masih meggunakan bahan kimia berbahaya seperti tiimbal, merkuri atau formalin. Biasanya cat kayu yang menggunakan bahan kimia tersebut adalah cat solvent based, cat yang menggunakan bahan pelarut solvent seperti thinner, spiritus, ethanol dll.

Sedangkan cat kayu yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya adalah cat water based. Cat ini tergolong jenis cat kayu yang ramah lingkungan karena rendah VOC. Salah satu cat water based yang sudah diakui keamanan dan kualitasnya adalah Biovarnish. Plitur kayu jati ini menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Kedua regulasi ini mudah Anda jumpai apabila barang yang Anda produksi masuk ke pasar ranah internasional. Jika Anda menargetkan untuk masuk pasar internasional, maka diperlukan cat kayu yang rendah VOC dan tanpa bahan kimia berbahaya seperti yang disebutkan di atas.

Yang biasanya Anda tidak nyaman dengan bau yang menyengat ketika aplikasi cat, berbeda dengan Biovarnish yang cenderung tidak berbau sehingga lebih nyaman ketika diaplikasikan ataupun furniture sudah siap digunakan. Informasi lebih lengkap mengenai produk, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here