Desain Furniture Ruang Tamu Bergaya Klasik

Ruang tamu merupakan bagian rumah yang sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa? Bisa dikatakan ruang tamu merupakan focal point dari sebuah rumah. Tempat dimana kita menerima tamu ataupun keluarga dan sanak famili yang berkunjung ke rumah. Nah, oleh karena itu menjadi sangat penting untuk mendesain ruang tamu agar siapapun yang berkunjung ke rumah kita bisa merasa nyaman dan betah.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan desain furniture yang digunakan. Desain furniture ruang tamu bergaya klasik merupakan jenis desain yang saat ini kembali banyak dilirik oleh masyarakat, terutama pecinta desain klasik. Desain klasik memang tak lekang oleh waktu. Bahkan semakin klasik, semakin tinggi nilainya, semakin banyak orang tertarik.

Bicara tentang furniture bergaya klasik, ada banyak ide yang bisa dikembangkan. Jika kita mengacu pada periode dan tempat awal desain berkembang, kita mengenal beberapa jenis furniture. Sebut saja furniture klasik Victorian, Scandinavian, Romawi, Yunani, Turki ataupun furniture bergaya klasik timur ala Jepang dan China yang cukup populer. Di Indonesia sendiri, furniture klasik lebih dikenal berdasarkan suku. Misalnya furniture Jawa klasik, furniture Bali klasik, furniture Sunda klasik, dan lain sebagainya.

Desain furniture dari era 60-an hingga 80-an bahkan era sebelum itu pada akhirnya masuk dalam kategori desain furniture klasik. Namun, desian furniture di era tersebut saat ini justru menjadi kiblat banyak desainer dalam menciptakan desain-desain furniture yang menjadi mahakarya mereka. Sehingga tak salah jika banyak orang yang saat inipun menyukai konsep furniture bergaya klasik ini.

Ciri Desain Furniture Ruang Tamu Bergaya Klasik

Desain furniture ruang tamu bergaya klasik biasanya digunakan sebagai identitas atau penanda utama sebuah ruangan bergaya klasik. Memang ada variable lain yang seringkali juga digunakan sebagai ciri khas ruangan berdesain klasik. Warna dinding biasanya juga dimaksudkan untuk hal tersebut. Namun, ciri utama biasanya tetap terletak pada furniture. Jadi, pemilihan jenis furniture yang digunakan menjadi sangat krusial.

Desain furniture klasik sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai macam jenis. Seperti telah disampaikan di awal, ada banyak ragam desain furniture klasik. Hal ini mempengaruhi pilihan orang terhadap furniture klasik. Ada yang menyukai desain furniture yang sederhana dan natural. Ada juga yang menyukai desain yang rumit seperti furniture Victorian.

Desain furniture ruang tamu bergaya klasik biasanya dicirikan dengan bahan yang kuat dan tahan lama. Oleh karena itu, penggunaan kayu sebagai bahan dasar furniture menjadi ciri khas lainnya. Kayu dikenal sebagai salah satu bahan furniture yang mampu bertahan lama. Tentu saja jenis kayu yang digunakan merupaka kayu solid yang kuat, misalnya saja yang terkenal adalah kayu jati . Penambahan aksesories ruangan seperti lampu gantung dan lukisan di dinding serta vas bunga besar di atas meja akan memperkuat kesan klasik pada ruang tamu.

Desain furniture ruang tamu bergaya klasik bisa diwujudkan dengan trik finishing jaman sekarang. Jenis finishing faux finish seperti finishing whitewash bisa digunakan untuk menghasilkan furniture bergaya klasik. Trik ini bisa membantu Anda mendapatkan furniture klasik tapi dengan harga lebih ramah kantong. Mintalah pada produsen furniture tempat Anda memesan untuk menggunakan teknik finishing ini jika Anda ingin menghadirkan furniture bergaya klasik namun terkendala dengan biaya. Tentu saja trik ini tidak akan membantu bagi para pecinta furniture klasik sejati.