Bermain Menggunakan Cat Warna Putih

71
tips menggunakan cat warna putih
ruangan dengan warna putih dapat dikombinasikan dengan warna lain

Memiliki hunian impian tentu menjadi impian setiap orang. Setiap orang memiliki hunian idamannya masing-masing. Apakah nuansa rumah impian anda?

Salah satu warna yang menjadi favorit dalam membangun hunian adalah warna putih. Warna putih hampir mendominasi seluruh hunian dan nampaknya menjadi warna yang lazim untuk digunakan. Sayangnya, banyak pemilik hunian yang kurang pintar dalam menyiasati si putih ini, sehingga warnanya terkesan monoton.

Warna putih sebenarnya warna yang netral dan bisa dikombinasikan dengan warna lainnya. Pemilik hunian bisa berkreasi.

Mengetahui Kelebihan Warna Putih

Walaupun warna nya netral, tapi pemilik hunian bisa mendapatkan keuntungan dengan memilih warna putih ini. Apa saja kelebihan warna putih ini?

  • Memunculkan kesan minimalis

Warna putih dapat memberikan nuansa minimalis, namun tetap modern pada setiap sudut rumah. Walaupun begitu, warna putih akan menimbulkan nuansa berbeda jika dipadukan dengan warna lain.

Warna putih juga dapat membantu memberikan suhu yang diinginkan. Mislanya saja jika kita ingin ruangan bernuansa panas atau hangat, maka padukan warna putih denganw arna merah, namun jika menginginkan nuansa dingin dalam sebuah ruangan bisa padukan putih dengan warna biru.

  • Ruangan lebih luas

Ruangan berwarna putih di klaim mampu memberikan kesan ruangan yang lebih luas karena efek cerah dari warna putih mampu membuat ruangan tidak pengap, sehingga warna  putih akan sangat cocok jika diaplikasikan pada rumah berukuran kecil.

  • Perabotan berkelas

Selain membuat ruangan nampak lebih luas, penggunaan warnaputih pada dinding akan membuat perabotan menjadi berkelas.

Walaupun demikian, anda harus teliti dalam memilih produk bukan berarti memilih sembarang produk. Pemilihan perabot tetap menjadi poin penting dalam membangun nuansa hunian. Lalu sebaiknya pilih perabotan yang seperti apa? Cobalah memilih perabotan denganw arna hitam atau yang terbuat dari material kayu.

  • Meningkatkan kreativitas

Warna putih yang cenderung netral ini tentu membuat pemilik hunian harus berfikir lebih keras untuk menemukan warna kombinasi yang tepat untuk mendampingi si putih ini.

  • Menonjolkan vocal point

Jika anda ingin menonjolkan salah satu bagian ruangannya,maka pemilihan cat warnaputih merupakan langkah yang tepat. Dengan begitu anda dapat dengan mudah menonjolkan warna-warna cerah.

Membuat Interior Rumah Cerah Dengan Si Putih Ini

tips menggunakan cat warna putih
tembok warna putih dengan kombinasi warna cerah pada pintu

Warna putih yang bersih tanpa adanya noda akan membuat pemilik hunian harus berkreasi agar warna cat putih dapat tampil memikat dengan perpaduan warna yang tepat. Memang tidak serta merta menggunakan warna putih akan membuat ruangan menjadi cerah,namun memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat ruangan menjadi lebih cerah.

  • Pilihan warna

Warna putih pun bukan hanya sekedar warna saja, namun putih memiliki tone yang berbeda-beda. Bahkan beda merk cat pun juga akan memberikan warna putih yang berbeda. Karena itulah hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih warna putih yang sesuai.

Saat cat habis, pastikan membeli cat dengan merk yang sama agar didapat tone yang sama pula.

  • Memilih Perabot Putih

Siapa bilang jika dinding yang telah dicat menggunakan warna putih membuat pemilikhunian tidak bisa berkreasi menggunakan warna lain? Anda bisa memilih warna lain, namun anda bisa juga memilih warna puti untuk perabot. Biar tidak monoton,pilih warna putih yang memiliki tone berbeda dengan warna dinding.

Hindari menggunakan warna putih dengan tone yang sama dan cobalah mengkonbinasikanw arna putih dengan warna putoh dengan tone lain,s eperti putih gadng,maupun krem.

Menggunakan Cat Warna Putih Untuk Mengecat Furniture Kayu

tips menggunakan cat warna putih
furnitur kayu warna putih dikombinasikan dengan ruangan berdinding putih

Jika anda memiliki furniture yang sudah usang dan ingin membuangnya, sebaiknya anda bersikap bijak dengan mendaur ulang furniture yang akan anda buang agar nampak seperti baru. Mendaur ulang tentu akan membantu anda untuk menhemat pengeluaran dibandingkan dengan membeli furnitur yang baru.

Anda bisa mengecat furnitur lama anda menggunakan cat warna putih dengan teknik khusus :

Gunakan koran atau karton sebagai alas untuk menempatkan furnitur yang akan anda daur ulang agar lantai anda tidak kotor nantinya. Lalu lepaskan semua aksesori yang berbahan aluminum, engsel, dan ornamen lainnya menggunakan bantuan obeng. Letakkan di tempat terpisah.

Haluskan permukaan mebel yang akan anda cat menggunakan amplas baik amplas manual maupun listrik. Gosok amplas searah dengan serat kayunya agar tampilan serat kayunya tetap terjaga baik. Selesai diamplas, gunakan lap basah untuk menghilangkan sisa kotoran dan debu.

Langkah selanjutnya lakukanlah pengecatan pertama menggunakan cat primer berwarna putih dan diamkan hingga mengering. Ulangi kembali proses pengecatan cat primer agar cat benar-benar menempel dan tahan lama pada mebel.

Setelah cat primer kering, mulailah pengecatan menggunakan cat kayu berwarna putih. Aplikasikan cat searah serat kayunya. Jika hasil cat rata dan halus, maka biasanya hanya dibutuhkan dua layer untuk mebel anda.

Setelah cat putih mengering, maka anda bisa menambahkan cat pernis sebagai perlindungan tambahan. Ini membuat furnitur anda lebih berkilau, namun pastikan dahulu cat benar-benar kering sebelum dilapisi pernis.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here