Inspirasi dan Cara Desain Kamar Kos Kecil

Mendesain sebuah kamar yang sempit merupakan sebuah tantangan. Sebuah kamar pastinya akan berhubungan dengan furniture dan peletakannya. Bagi mereka yang tinggal di kamar kos dan jauh dari orang tua, tentunya harus mendesain kamar kos agar nyaman dan seperti tinggal di rumah sendiri. Kamar kos yang terkesan sempit terkadan akan menyulitkan bagi penghuninya untuk meletakkan barang-barang.

Kamar kos yang nyaman dan juga rapi akan membuat penghuninya merasa nyaman ketika berada di dalam kamar. Kamar kos bukan hanya sekedar tempat tidur atau istirahat, akan tetapi juga merupakan sebuah tempat tinggal dan harus nyaman. Mendeseain sebuah kamar kecil atau kamar kos sebenarnya berhubungan denga trik-trik yang tepat agar kamar kos terkesan lebih luas. Berikut ini inspirasi dan cara desain kamar kos kecil agar tampak lebih luas.

  1. Konsep dengan matang

Perencanaan yang matang tentu saja akan menghasilka kamar kos yang nyaman dan juga menarik. Konsep ini menyangkut tentang warna dari kamar kos, furniture dan juga peletakan furniturenya. Pastikan konsep yang benar-benar sempurna dan kenali ukuran dari kamar kos anda agar furniture yang dipilih tidak salah.

  1. Kamar kos yang sempit bukan masalah

Kamar kos yang terkesan semmpit memang terkadang akan membuat penghuninya merasa sumpek dan juga tidak betah. Kamar kos yang sempit ini memang butuh sentuhan seni yang cocok agar tampak lebih luas.

  1. Warna

Warna yang tepat memang dapat membuat kesan kamar kos menjadi lebih luas. Kamar sempit sebaiknya memilih warna yang terang dan cerah. Bagi yang menyukai putih, maka dapat memilih tema kamar kos putih. Pilih cat dinding putih dengan perabotan yang serba putih pula. Jangan terlalu memberikan banyak warna pada kamar kos yang sempit karena akan membuat kesan kamar yang buruk dan sempit malahan lebih sempit dari aslinya.

  1. Furniture minimalis

Furniture minimalis memang cocok untuk kamar tidur dengan ukuran yang sempit. Jangan gunakan furniture dengan ukuran yang besar. Furniture minimalis biasanya dilengkapi dengan rak atau laci, sehingga anda tidak perlu repot-repot menambahkan furniture pada kamar kos.

  1. Pencahayaan

Faktor yang lainnya yang dapat membuat kesan kamar tambah luas adalah pencahayaan yang baik. Pastikan sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar dan juga cahaya matahari dapat masuk kedalam kamar kos dengan pemanfaatan jendela. Selain itu, lampu putih juga akan menambah kamar kos lebih cantik dan menarik.

  1. Tambahkan cermin

Cermin memang akan berfungsi untuk kamar tidur dengan ukuran kecil, seperti kamar kos. Pilih sebuah cermin yang cukup besar dan pasangkan pada dinding. Bagi kamar kos anak perempuan, pastinya akan membutuhkan cermin ini.

  1. Tanaman hias

Untuk memunculkan kesan ruangan yang segar, maka anda dapat menambahkan tanaman hias dengan ukuran yang kecil untuk ditempatkan di dalam kamar kos. Tempatkan tanaman hias anda dekat dengan jendela. Pilih tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari dengan perawatan yang mudah.

  1. Tirai

Berikan aksen pada jendela dengan memberikan tirai sederhana yang menerawang. Tirai ini akan cocok dengan kamar tidur atau kamar kos dengan ukuran kecil.

Demikian beberapa cara untuk mendesain kamar kos yang kecil untuk inspirasi anda. Pastikan kamar kos adalah kamar yang nyaman dan juga menarik. Pilih perabotan yang memang diperlukan saja. Atur perabotan dengan rapi.