Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan

94

Puasa ramadhan tidak hanya mengajarkan kepada kita untuk menahan lapar, haus dan nafsu namun banyak hal yang dapat kita petik sebagai pembelajaran.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang banyak dinantikan oleh umat Muslim di dunia begitupula dengan muslim di Indonesia. Pada bulan ramadhan, maka kita akan benyak melihat momen-momen yang tidak bisa kita lihat di bulan-bulan lainnya. Momen tersebut diantaranya banyak orang yang menjual atau membagikan takjil, terawih di masjid, mendengarkan ceramah, tadarus bersama dan banyak kegiatan lainnya.

Puasa ramadhan di Indonesia serentak jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Berpuasa tidak hanya mengajarkan kita untuk menahan lapasa, dahaga dan nafsu, melainkan banyak hal yang dapat kita jadikan sebuah pembelajaran.

Hikmah Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan

Pada puasa ramadhan, maka kita akan banyak melihat orang melakukan kebaikan seperti bersedekah, mengaji, shalat berjamaah ataupun ibadah lainnya. Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan dimana amal seseorang akan mudah diterima dan dosa terampuni bagi siapa saja yang ia kehendaki.

Tidak hanya untuk menahan lapasa, dahaga dan nafsu saja, puasa di bulan ramadhan juga memberikan banyak pembelajaran bagi yang menyadarinya. Agar tidak lesu dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, berikut hikmah yang dapat kita ambil selama melaksanakan ibadah  puasa:

  1. Mengajarkan Unruk Sabar

Dengan menahan lapar, haus dan nafsu secara tidak langsung kita harus belajar dalam menahan sesuatu. Banyak hal yang sering dilakukan di masyarakat seperti memfitnah, berprasangka buruk ataupun membicarakan orang. Sedangkan puasa ramadhan, mengajarkan kepada umat muslim untuk menghindari perbuatan tersebut dengan cara menahan dan menghindari perbuatan tersebut. inilah salah satu perbuatan sabar yang dapat mendorong seseorang melakukan hal yang baik.

  1. Belajar Bersabar

Jika pada umumnya, kita sering melakukan hal yang sia-sia seperti membicarakan orang, berprasangka buruk atau pun yang lainnya. dengan puasa ramadhan maka kita harus menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal tersebut dan mengubah untuk lebih positif lagi.

 

  1. Mempererat Silaturahmi

Dalam Islam terdapat persuadaraan antara sesama muslim, hal ini akan jauh lebih terlihat ketika kita berada di bulan ramadhan. Pada puasa ramadhan, maka kita akan sering melihat orang membagikantakjil, shalat berjama’ah di masjid, orang yang berkumpul mendengarkan ceramah dan banyak lagi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here